Solusi Rental Switch Indonesia Terpercaya

Solusi Rental Switch Indonesia Terpercaya

Rental Switch Indonesia – Di era digital membuat alur bisnis di dunia semakin fleksibel bahkan bisa dilakukan melalui platform digital dengan perputaran uang yang cukup besar.

Hal ini tentu akan membuat para pelaku bisnis mau tidak mau melebarkan sayapnya di platform digital.

Dengan begitu perusahaan akan membutuhkan peralatan atau infrastruktur jaringan internet yang dapat diandalkan.

Salah satu peralatan yang paling penting dalam infrastruktur jaringan adalah switch. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang apa itu switch, manfaat switch bagi bisnis hingga apa solusi Rental Switch Indonesia terbaik bagi perusahaan.

Apa itu Switch?

Pertama kita harus mengetahui apa itu switch terlebih dahulu, switch adalah alat jaringan yang bertugas untuk menjadi penghubung, penyekat, pembagi, dan pengalih jaringan dengan melihat alamat MAC atau biasa disebut dengan MAC address.

Switch pada jaringan dipakai untuk menghubungkan komputer ke dalam satu area jaringan. Switch juga berperan sebagai penghubung data atau data link yang bekerja sebagai jembatan dengan beberapa port atau multi-port bridge.

Jenis-Jenis Switch

Perlu diketahui bahwa switch juga di bagi beberapa jenis, jika menurut OSI yakni Open System Interconnection yang mana ada dua jenis layer switch yakni switch layer 2 dan switch layer 3.

Switch dengan 2 layer merupakan jenis switch yang memiliki lapisan model OSI pada operasi data link layernya. Switch ini dapat meneruskan paket data dengan melihat alamat MAC, juga switch 2 layer memilik peran sebagai bridge antar segmen-segmen LAN atau local area Network. Hal ini membuat switch langsung mengirimkan paket-paket data dengan cara melihat alamat yang ditujukan tanpa harus melalui protokol jaringan yang digunakan.

Switch dengan 3 layer merupakan switch yang terletak pada Network layer yang ada pada lapisan model OSI. Pada jenis ini switch meneruskan paket data melalui IP address. Switch jenis ini juga disebut dengan switch routing atau switch multilayer.

Selain itu ada juga beberapa jenis switch lain seperti penjelasan berikut ini :

ATM Switch

ATM merupakan singkatan dari Asynchronous Transfer Mode yang mana merupakan jenis switch dengan metode transfer berupa sel-sel. Asingkronus di sini adalah mengulang sel yang 

ISDN Switch

ISDN Integrated Services Digital Network Switch atau bisa disebut juga Frame Relay Switch Over ISDN adalah jenis switch yang sering digunakan oleh service provide namun memiliki perbedaan pada interface yang digunakan yakni dalam bentuk ISDN card atau ISDN router.

Ethernet Switch

Switch Ethernet adalah jenis LAN yang menghubungkan beberapa perangkat yang bekerja pada lapisan data-link atau lapisan dua dari model OSI, switch ini biasanya berperan sebagai bridge namun memiliki kemampuan dalam menghubungkan segmen LAN yang lebih banyak serta memiliki kemampuan manajemen yang lebih banyak pula.

LAN modern semakin media bersama diaktifkan, dengan melakukan instalasi switch ethernet dan bridge pada hub dan repeater.

Logic partition switch adalah lalu lintas ke perjalanan hanya beberapa segmen jaringan pada jalur antara sumber dan tujuan. 

Hal tersebut akan membuat bandwidth berkurang supaya tidak hilang pada saat pengiriman paket data ke bagian jaringan yang tidak perlu menerima data. 

DSLAM Switch

Digital Subscriber Line Access Multiplexer switch adalah merupakan jenis switch yang menggunakan telepon kabel yang membuat koneksi cepat ke internet.

Digital Subscriber Line Acces Multiplexer switch merupakan perangkat jaringan, yang mana tersedia di penyedia koneksi telepon. 

Penyedia layanan yang terhubung ke beberapa pelanggan DSLs dengan kecepatan yang tinggi maka biasanya memiliki memakai multiplexing teknik.

Biasanya DSLAM di tempatkan di daerah terpencil dengan koneksi telepon, perusahaan penyedia line telepon menyediakan layanan DSL ke tempat tersebut pada luar jangkauan efektif. 

Fungsi Dari Switch

Setelah mengetahui jenis switch diatas mungkin kita bertanya fungsi swtich yang sebenarnya apalagi jika digunakan pada perusahaan yang memiliki jaringan internal.

Switch sendiri adalah sebagai pusat atau cabang dari jaringan komputer dengan topologi bintang. Namun fungsi switch sendiri digolongkan beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

Looping Avoidance

Fungsi switch loopong avoidance meupakan manfaat ketika sebuah data yang diterima tidak dikenali tujuannya, maka dari itu biasanya disebabkan oleh kesalahan pada saat kabel yang terhubung pada port-port switch.

Pada saat itu terjadilah looping atau data hanya berputar-putar saat pada port-port switch ini. Dengan demikian ada upaya pencegahan yang bisa dilakukan seperti memblokir atau menutup salah satu port yang terkoneksi ke perangkat lainnya. Sehingga data yang diterima langsung diteruskan ke alamat yang ditujukan. 

Address Learning

Address Learing merupakan jenis switch memiliki kemampuan dalam mencatat alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung dengan switch.

Switch dengan kemampuan untuk mencatat alamat MAC address dari perangkat jaringan yang terhubung maka akan diteruskan oleh switch jika sudah dipelajari kemana data tersebut akan di teruskan.

Meneruskan dan Menyaring Data Frame

Selain sebelumnya dapat mencatat alamat MAC dari perangkat yang terhubung ke switch, switch ini juga dapat melakukan penyaringan dan meneruskan paket data yang diterima ke alamat yang menjadi tujuan sesuai dengan alamat MAC dan portnya.

Dengan demikian maka data yang akan diteruskan terhindar dari tabrakan data yang menyebabkan hambatan di dalam jaringan. 

Cara Kerja Switch

Selain itu kita juga mungkin perlu mengetahui cara kerja switch itu sendiri, dimana switch ini sangat perperan penting dalam melakukan hubungan jaringan internal perusahaan. 

Berbeda dengan Hub, switch ini memiliki cara kerja yang jauh lebih baik dan kompleks sehingga harga jualnya pun cukup mahal.

Cara kerja switch yakni perangkat akan menerima data dari perangkat lain yang terhubung langsung. Lalu switch akan melihat dan mencocokkan alamat MAC tujuan pada label data yang dimiliki.

Lalu perangkat switch akan melakukan koneksi logic dengan port yang terhubung ke perangkat tujuan.

Maka data yang dikirim akan diteruskan ke port tujuan dan port lain dipastikan untuk tidak menerima data tersebut.

Upaya ini berdampak supaya tidak adanya data yang bertabrakan pada jaringan karena switch sendiri sebagai pengendali dan konsentrator.

Butuh Rental Switch Indonesia?

Pada ulasan ini pengertian switch, fungsi, cara kerja pun sudah kita ketahui, maka saatnya Anda membeli switch yang berkualitas yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Jika tidak ingin membeli switch yang notabene cukup mahal maka Anda bisa melakukan rental atau sewa switch saja dengan harga yang relatif sangat terjangkau.

Dimana Rental Switch Indonesia yang terpercaya? Hanya di NETDATA yang menyediakan sewa switch yang paling murah dan terpercaya di Indonesia.

Dengan pilihan brand switch yang lebih banyak, Anda juga akan mendapatkan dukungan pemeliharaan jaringan switch yang digunakan dengan ahli IT profesional dari NETDATA.

Maka dari itu butuh Rental Switch Indonesia? Di NETDATA saja, dijamin paling murah, mudah, dan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup