Cara Crimping RJ45 Cat 6 (Panduit RJ45) yang Benar

Cara Crimping RJ45 Cat 6 (Panduit RJ45) yang Benar

Cara Crimping RJ45 Cat 6 – Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan ethernet? Mungkin Anda sudah tahu karena sering sekali melihat jaringan dari ethernet ini bahkan seringkali menggunakannya pada keseharian Anda. Ethernet ini merupakan sebuah jaringan yang ditransmisikan dengan menggunakan kabel, berbeda dengan Wi-Fi yang menggunakan pancaran sinyal atau isitilahnya adalah wireless atau nirkabel (tanpa kabel).

Kabel Ethernet digunakan untuk menyediakan koneksi internet, menghubungkan perangkat ke jaringan lokal. Mereka terhubung ke port Ethernet di berbagai perangkat. Penggunaan paling umum untuk kabel Ethernet adalah menghubungkan router atau modem WiFi ke port entri internet atau saluran telepon.

Namun, apakah Anda tahu jika ethernet ini menggunakan kabel dengan sebutan kabel RJ45? Apa yang dimaksud dengan kabel RJ45 ini?

RJ45 adalah jenis konektor fisik standar untuk kabel jaringan, yang khusus digunakan untuk jaringan Ethernet. Dan “45” adalah nomor standar antarmuka. Baru-baru ini, konektor RJ45 biasa terlihat dengan kabel Ethernet dan kabel jaringan. Kabel Ethernet dan konektor RJ45 disebut juga kabel RJ45, bisa dikatakan sama saja. 

Kabel Ethernet modern memiliki colokan plastik kecil di setiap ujung kabel. Steker dimasukkan ke jack RJ45 perangkat Ethernet. Pernahkah Anda mengalami kebingungan tentang bagaimana cara membuat kabel RJ45? Dan apa saja tipe dan juga fungsi dari RJ45? Itulah yang akan kita bahas hari ini.

Cara Crimping RJ45 Cat 6

Kabel RJ45 ini terdiri dari berbagai kabel yang jika Anda lihat, memiliki warna yang berbeda-beda. Dan total dari kabel kecil yang ada adalah 8 warna. Diantaranya adalah:

  1. Putih hijau
  2. Hijau
  3. Putih orange
  4. Orange
  5. Putih biru
  6. Biru
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Sebenarnya, cara untuk mengurutkannya ada berbagai macam, dan dengan urutan yang berbeda juga menghasilkan kabel RJ45 dengan fungsi yang berbeda juga. Sangat menarik bukan?

Cara untuk mengurutkan kabel-kabel yang ada pada RJ45 itu adalah crimping. Dan cara crimping itu sendiri juga memiliki teknik tersendiri. Bagaimanakah caranya? Dan apa saja yang harus disiapkan untuk melakukan crimping kabel RJ45?

Alat-alat yang harus Anda siapkan untuk Cara Crimping RJ45 Cat 6:

  1. Tang RJ45
  1. Kabel UTP
  1. LAN Tester
  1. RJ45

Urutan warna saat Crimping RJ45

Sudah dikatakan diatas, jika urutan warna yang berbeda untuk kabel UTP ini akan membuat fungsinya berbeda. Maka dari itu, perhatikan urutan warna ini dan aplikasikan sesuai dengan kebutuhan kabel RJ45 yang Anda inginkan.

Untuk membuat kabel straight, sususan warnanya adalah:

  1. Putih orange
  2. Orange
  3. Putih hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Untuk membuat kabel Crossover urutan warnanya adalah:

  1. Putih hijau
  2. Hijau
  3. Putih orange
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Orange
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Untuk teknik crimpingnya adalah sebagai berikut:

  1. Kupas kulit kabel selebar 2 cm.
  2. Susun rapi delapan kabel yang terdapat didalam layak dengan gambar dan penjelasan diatas.
  3. Luruskan kabel yang masih kusut.
  4. Ratakan ujung kabel dengan memotong nya memakai tang crimping.
  5. Sesudah yakin urutan warna benar dan ujung kabel sudah rata, usul kabel kedalam konektor RJ-45 , pastikan ujung kabel menyentuh ujung RJ-45, dan jepitlah memakai Tang Crimping.
  6. Sesudah mengatasi kedua ujung kabel, uji memakai Lan tester, sekiranya segala lampu menyala, berarti kabel tersebut sudah di crimping dengan benar dan bisa digunakan.

Beberapa Tipe kabel RJ45

Urutan warna diatas membuat kita tahu jika ada 2 tipe dari kabel RJ45, yaitu adalah dengan tipe Straight dan juga Crossover. Lalu, apa saja yang membuat kedua tipe dari kabel tersebut berbeda? Dan apa perbedaan yang mendasar jika kita lihat dari segi kegunaannya?

Kabel UTP jenis Crossover

Kabel Ethernet crossover adalah jenis kabel Ethernet yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputasi secara langsung. Tidak seperti kabel straight through, kabel crossover RJ45 menggunakan dua standar kabel yang berbeda: satu ujung menggunakan standar kabel T568A, dan ujung lainnya menggunakan standar kabel T568B.

Pengkabelan internal kabel crossover Ethernet membalikkan sinyal pengiriman dan penerimaan. Ini paling sering digunakan untuk menghubungkan dua perangkat dengan tipe yang sama: misalnya dua komputer (melalui pengontrol antarmuka jaringan) atau dua switch satu sama lain.

Kabel UTP jenis Straight-through

Kabel straight through adalah jenis kabel twisted pair yang digunakan di jaringan area lokal untuk menghubungkan komputer ke hub jaringan seperti router. Jenis kabel ini juga kadang-kadang disebut kabel patch dan merupakan alternatif untuk koneksi nirkabel di mana satu atau lebih komputer mengakses router melalui sinyal nirkabel. 

Pada kabel straight through, pin kabel cocok. Kabel straight through menggunakan satu standar kabel: kedua ujungnya menggunakan standar kabel T568A atau kedua ujungnya menggunakan standar kabel T568B. Gambar berikut menunjukkan kabel straight through yang kedua ujungnya disambungkan sebagai standar T568B.

Fungsi kabel RJ45

Jika bertanya menggunakan kabel UTP jenis Straigh-though atau Crossover, jawabannya adalah sesuai dengan fungsi apa yang ingin Anda gunakan. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda pastinya. 

Fungsi kabel UTP jenis Crossover

Intinya adalah menghubungkan antar device, device tersebut adalah:

  • Switch to switch
  • Switch to hub
  • Hub to hub
  • Router to router
  • Router Ethernet port to PC NIC
  • PC to PC

Fungsi kabel UTP jenis Straight-though

Gunakan kabel langsung melalui Ethernet untuk kabel berikut:

  • Switch to router
  • Switch to PC or server
  • Hub to PC or server

Dapatkan Tips dan Cara Crimping RJ45 CAT6 di NETDATA

Apakah Anda masih bingung dengan Cara Crimping RJ45 Cat 6? Dan Anda membutuhkannya untuk kebutuhan perusahaan Anda? Mungkin Anda bisa mempercayakannya kepada NETDATA untuk tips dan cara untuk Cara Crimping RJ45 Cat 6 yang dijamin baik dan benar.

Anda bisa mengehtahui kebel dengan tipe apa yang cocok untuk RJ45 sesuai dengan kebutuhan Anda di NETDATA. Cara Crimping RJ45 Cat 6 agar tidak terjadi masalah yang oleh kabel RJ45 CAT6 yang Anda butuhkan tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup