Bagaimana Mengatasi Lisensi Microsoft Office yang Hilang?

Bagaimana Mengatasi Lisensi Microsoft Office yang Hilang

Lisensi Microsoft Office – Terkadang, ketika kita ingin membuka Microsoft Word, Anda jadi tidak bisa mulai mengetik karena ada peringatan bahwa lisensi Microsoft Office telah habis. Hal ini tentunya membuat kita menjadi jengkel. Namun, apakah Anda harus melakukan tindakan illegal dengan cara meng-crack nya? Tentu saja jangan!

Apakah Anda tahu jika melakukan tindakan cracking bisa ditindak pidana? Di Indonesia sendiri sudah ada Undang-Undang yang mengatur itu.

Hal tersebut diatur dalam pasal 30 dan pasal 46 mengenai hukuman yang akan diterima. Berikut ini isi dari pasal tersebut:

Pasal 30

  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun.
  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan tujuan untuk memperoleh Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.
  • Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan (cracking, hacking, illegal access).

Pasal 46

  • Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah).
  • Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp700.000.000,00 (tujuh ratus juta rupiah).
  • Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun dan/atau denda paling banyak Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah). 

Berbahaya sekali bukan jika Anda melakukan aktivitas cracking? Maka dari itu, jika lisensi dari Microsoft Office yang ada pada desktop Anda sudah habis, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah membeli lisensi Microsoft Office.

Apa Itu Lisensi Microsoft Office?

Jika dilihat dari pengertiannya, lisensi adalah hak untuk pemberian izin, hal ini juga termasuk sebuah perjanjian.

Jadi, bisa dikatakan pengertian dari lisensi Microsoft Office adalah pemberian izin dari pihak Microsoft untuk bisa menggunakan softwarenya yaitu Microsoft Office untuk bisa menggunakannya dengan jangka waktu tertentu.

Pembajakan Dan Jenis-Jenisnya

Bagaimana jika Anda menggunakan Microsoft Office namun tidak menggunakan lisensi secara resmi? Simple saja, Anda berarti melakukan aktivitas pembajakan. Aktivitas tersebut tentunya sangat illegal dan harus Anda hindari. 

Pembajakan tersebut tentunya sangat tidak bisa dihindari, bahkan sekarang ini saja masih marak untuk pihak-pihak yang melakukan pembajakan. 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda waspadai dalam proses instalasi dan penggunaan software Microsoft Office yang perlu Anda ketahui agar tidak termasuk pembajakan:

  • End User Copying

End User Copying ialah kegiatan penggandaan software tanpa mengaplikasikan lisensi yang sah dari pihak developer. Biasanya pihak yang mengerjakan penggandaan ini memperbanyak software tersebut via berbagai media, baik online maupun offline seperti internet atau mungkin penyebaran via CD dan flashdisk. Software yang disebarkan pun juga melebihi jumlah lisensi yang dimiliki oleh pihak penyebar.

  • Hard Disk Loading

Salah satu kegiatan pembajakan yang sekali-sekali tidak kita sadari yaitu Hard Disk Loading. Apa sebetulnya Hard Disk Loading hal yang demikian? HDD Loading yaitu aktivitas pembajakan yang dilakukan dengan cara penggandaan satu lisensi yang legal ke dalam harddisk dari PC atau notebook Anda. Dan yang lebih celakanya lagi, PC atau notebook hal yang demikian di perjual belikan.

  • Counterfeiting

Counterfeiting merupakan pembajakan perangkat lunak dengan membuat kemasan perangkat lunak secara tiruan dan kemudian memasarkannya. Penjualan yang dikerjakan dari hasil pembajakan ini tidak disertai dengan media dan dokumentasi pendukung yang resmi.

Bagi Anda yang pernah memakai sistem operasi Windows bajakan, pasti pernah memperhatikan sebuah kalimat “you maybe the victims of software counterfeiting”, kalimat tersebut melambangkan bahwa Anda sudah menjadi salah satu korban dari pembajakan. Sepatutnya, Anda bergegas untuk mengganti Windows Anda dengan Windows yang mempunyai lisensi.

  • Internet Piracy

Aktivitas ini memakai media internet untuk mengerjakan pelaksanaan distribusi, penjualan, pengiklanan dari software yang sudah dibajak.

  • Mischanneling

Kegiatan ini yakni pelaksanaan memasarkan perangkat lunak ke pasar dengan memakai lisensi yang dimaksudkan terhadap golongan tertentu (pemerintahan, lembaga akademik, lembaga non keuntungan) ke pihak lain yang tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh ketentuan lisensi hal yang demikian.

Daftar Lisensi Microsoft

Ketika Anda ingin membeli lisensi Microsoft Office, nantinya Anda akan dihadapkan akan berbagai pilihan lisensi. Dan tentunya pada daftar ini, ada kegunaan yang berbeda-beda. Apa saja lisensi Microsoft Office tersebut?

  • OEM (Original Equipment Manufacturer)

Lisensi berjenis OEM memiliki ciri-ciri stiker yang diletakkan pada PC atau notebook Anda. Biasanya, lisensi berjenis OEM ini sudah bundle tersendiri dengan perangkat keras yang ada.

Apabila terjadi kerusakan pada perangkat keras yang sudah terpasang perangkat lunak berlisensi OEM, lalu mewajibkan adanya pergantian hardware (seandainya pada perangkat komputer hardware utama seperti motherboard), karenanya lisensi tersebut menjadi tidak berlaku lagi alias hangus.

  • OLP (Open License Program)

Lisensi berjenis OLP memiliki harga yang relatif lebih mahal seandainya dibandingi dengan OEM. Lisensi OLP mewajibkan seorang pembelinya untuk melaksanakan pembelian sebanyak minimal 5 lisensi dan biasanya pada lisensi microsoft OLP ini, Anda akan menerima CD atau media kit untuk pemasangannya.

Lisensi OLP ini sangat tepat seandainya diterapkan untuk perusahaan atau organisasi yang menerapkan 5 komputer atau lebih. Atau setidaknya menerapkan 5 jenis perangkat lunak yang berbeda atau mungkin sama

  • FPP (Full Packet Product)

Variasi lisensi FPP biasanya dijual dalam wujud paket berupa box, isinya terdapat CD, buku manual dan lisensi yang terdapat dalam box.

Mirip dengan OEM, tiap-tiap satu pembelian akan menerima satu lisensi untuk diterapkan di satu komputer. Bedanya jenis FPP masih bisa diterapkan meski berganti komputer, namun tentu saja tetap hanya boleh di install di satu komputer saja. Dan lisensi jenis FPP ini jauh lebih mahal dari lisensi OEM.

Cara Mengaktifkan Microsoft Office

Setelah Anda mengehtahui daftar dari lisensi Microsoft Office, sekarang Anda perlu tahu juga bagaimana cara untuk mengatifkan lisensi tersebut sebelum Anda benar-benar sudah membeli lisensinya.

Bagaimana caranya?

Masuk untuk mengunduh dan menginstal Office

 Cara yang pertama adalah Anda harus masuk ke akun Microsoft yang Anda miliki. Jika ingin menggunakannya pada PC kantor, maka Anda bisa juga untuk masuk dengan menggunakan akun yang dimiliki oleh perusahaan.

Jika ada perintah seperti dibawah ini, ikuti saja langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan aktifasi.

1

Mengaktifkan Office yang sudah terinstal sebelumnya di perangkat Windows 10 baru

2

Untuk menggunakan Office di perangkat baru, Anda bisa mengaktifkan Office sebagai uji coba selama 1 bulan Microsoft 365 Family. Anda juga bisa Office, menambahkan Office ke langganan Microsoft 365 yang sudah ada, atau memasukkan kunci produk dari kartu kunci produk baru. Kalau memiliki salinan Office yang lebih lama, Anda bisa menginstalnya. 

Mengaktifkan kunci produk Office terbaru

3

Jika sudah ada pesan seperti ini, maka lisensi yang Anda beli sudah bisa diterapkan pada Microsoft Office Anda, jadi dijamin aman.

Syarat Lisensi Perangkat Lunak untuk Microsoft Office

Selama Penyetelan Microsoft Office, harap tinjau syarat lisensi dan centang kotak “Saya menerima syarat perjanjian ini untuk melanjutkan menyetel Microsoft Office”.

Anda juga dapat membaca syarat lisensi nanti di program Microsoft Office dengan mengklik File > akun > perihal nama program (seperti misalnya Word) > tampilan syarat lisensi perangkat lunak Microsoft.

4

3 Cara Mengatasi Hilangnya Microsoft Office Anda

Mungkin ada moment dimana lisensi Microsoft Office Anda hilang entah karena update atau Anda melakukan upgrade pada hardware yang Anda gunakan. Namun, tenang saja jika Anda sudah membeli lisensinya, ada 3 cara untuk mengatasi hilangnya lisensi Microsoft Office yang Anda miliki. Caranya adalah:

Lakukan pencarian fisik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pencarian secara fisik. Maksudnya adalah Anda sendiri yang harus mencari lisensinya dengan mengingat-ingatnya.

Jika Anda membeli lisensi Microsoft Office dengan membeli CDnya, Anda bisa mencari wadah CD tersebut, dibelakang wadah CD tersebut ada kode lisensinya yang bisa Anda masukkan lagi.

Dan jika Anda membelinya secara online, Anda bisa mencarinya baik via e-mail maupun mungkin Anda membelinya dari pihak ketiga Anda bisa mencarinya melalui history chat dengan pihak dimana Anda membeli lisensinya.

Menggunakan aplikasi Cocosenor Product Key Tuner

5

sudah mencoba mencarinya namun masih saja belum ketemu? Tenang saja, ada aplikasi yang bisa mengehtahui lisensi Microsoft Office yang Anda miliki, adalah dengan menggunakan aplikasi Cocosenor Produst Key Tuner.

Dimana Beli Lisensi Miscrosoft Office yang Terpercaya?

Apakah Anda memiliki masalah pada microsft Office Anda yang tidak bisa berjalan karenatidak memiliki lisensi? Tenang saja, Anda bisa membeli lisensi Mocrosoft Office dengan cara yang mudah, legal, dan pastinya dengan harga yang jauh lebih murah daripada Anda membelinya ditempat lain, adalah di NETDATA.

NETDATA adalah pilihan yang sangat tepat jika Anda ingin beli lisensi Microsoft Office dengan harga yang murah. Lisensi yang diberikan oleh NETDATA adalah lisensi yang asli. Anda dijamin tidak akan pada saat menggunakan Microsoft Office Anda, malah terdetect dari Microsoft bahwa lisensinya adalah lisensi yang tidak asli.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup