Mari Kita Ulik Perbedaan Access Point dan Router

Mari Kita Ulik Perbedaan Access Point dan Router

Access point dan router, adalah sebuah perangkat keras yang sering kali kita temui jika berada di sebuah tempat yang menyediakan koneksi internet seperti kantor, kampus, sekolah, atau dimanapun koneksi internet tersebut berada. Namun, memang jika dilihat secara sekilas tidak ada perbedaan access point dan router. Padahal, kedua hardware ini memiliki fungsi yang berbeda walaupun memang gunanya adalah untuk menghubungkan antar satu perangkat dan perangkat lain agar bisa saling terkoneksi.

Perbedaan mendasar antara kedua perangkat ini cukup sederhana, tetapi ada perbedaan kecil lainnya, namun tetap penting. Untuk itulah kita harus tahu perbedaan keduanya agar mungkin ketika Anda bekerja di sebuah jaringan perusahaan jadi mengerti sebuah kondisi mana yang membutuhkan router atau access point.

Pengertian dan Penjelasan Access Point dan Router

Mari kita bahas terlebih dahulu pengertian antara kedua hardware ini beserta fungsinya. Mungkin ketika Anda sudah tahu fungsinya atau bahkan pengertian dari kedua perangkat ini Anda menjadi tahu perbedaannya.

Pengertian Access Point

Access point adalah perangkat jaringan nirkabel yang bertindak sebagai portal bagi perangkat untuk terhubung ke jaringan area lokal. Access point digunakan untuk memperluas jangkauan nirkabel dari jaringan yang ada dan untuk meningkatkan jumlah pengguna yang dapat terhubung ke jaringan tersebut.

Kabel Ethernet berkecepatan tinggi berjalan dari router ke access point, yang mengubah sinyal kabel menjadi sinyal nirkabel. Konektivitas nirkabel biasanya merupakan satu-satunya pilihan yang tersedia untuk access point, membuat tautan dengan perangkat akhir menggunakan Wi-Fi.

Fungsi Access Point

Ada beberapa fungsi penting dari access point yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

Penyebar Sinyal Internet

Access point bisa berfungsi sebagai range extender. Sesuai namanya, range extender memperpanjang jangkauan jaringan Wi-Fi yang ada. Karena range extender terhubung secara nirkabel ke router Wi-Fi, mereka harus ditempatkan di tempat yang sinyal router Wi-Fi sudah kuat, bukan di dead spot yang sebenarnya. Misalnya, jika router Anda berada di ruang bawah tanah gedung berlantai dua, memasang range extender di lantai dasar (di mana jangkauan dari router Wi-Fi masih kuat) akan menghilangkan potensi dead spot di lantai dua.

Penghubung Antar Jaringan

Access point juga memiliki fungsi sebagai penghubung antar jaringan. Bagaimana caranya? Singkatnya adalah access point bisa memiliki kegunaan untuk menghubungkan jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel seperti wifi, Bluetooth, dan yang lainnya.

Dapat Digunakan Untuk Mengatur IP Address Secara Otomatis

Access point bisa berfungsi sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server yang mampu memberikan IP address di setiap perangkat yang terhubung.

Pengaman Jaringan

Walaupun memang terlihat sangat sederhana fungsi dari access point ini, faktanya access point juga bisa menjadi pengaman jaringan. Caranya adalah dengan memberikan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wireless Application Protocol). Ini merupakan pengamanan jaringan nirkabel dengan otentifikasi kecocokan kunci yang di berikan client pada access point. Sedangkan WAP merupakan metoda keamanan yang dibuat untuk melengkapi metoda WEP dengan menambahkan decryption.

Pengertian Router

Router adalah perangkat switching untuk jaringan, yang mampu merutekan paket jaringan, berdasarkan alamatnya, ke jaringan atau perangkat lain. Antara lain digunakan untuk akses Internet, untuk jaringan coupling atau untuk menghubungkan kantor cabang ke kantor pusat melalui VPN (Virtual Private Network).

Fungsi Router

Ada dua fungsi utama dari router, kedua fungsi tersebut adalah:

Menghubungkan 2 Network

Router memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lain untuk membentuk jaringan area lokal terkelola. Local Area Network (LAN) dapat diatur hanya dengan menggunakan router dan menghubungkan satu atau beberapa perangkat ke sana. Router modern memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat baik melalui kabel Ethernet atau secara nirkabel (menggunakan Wi-Fi).

Menyediakan Akses Internet ke Semua Perangkat yang Kompatibel yang Terhubung ke Router

Router memiliki fungsi untuk menyediakan akses internet ke perangkat yang terhubung dengannya dan juga bisa saling mengirimkan data ke berbagai perangkat tersebut. Namun, agar router dapat mendistribusikan dan mengirimkan data ke perangkat dalam LAN, router harus terhubung ke peralatan tempat pelanggan (CPE) penyedia layanan Internet melalui kabel Ethernet.

Selain menyediakan platform untuk berbagai perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain, router juga memiliki fungsi firewall dan perlindungan kata sandi. Hal ini memastikan bahwa perangkat nirkabel yang terhubung dilindungi dari segala ancaman yang mungkin timbul dari luar LAN.

Perbedaan Access Point dan Router Berdasarkan Fiturnya

Mari kita membahas ke pembahasan utama yaitu mengenai perbedaan access point dan router. Kali ini kita akan membedakannya berdasarkan fiturnya. Apa maksudnya? Berikut ini adalah perbedaannya:

Router Access Point
Dengan menghubungkan router terlebih dahulu ke kabel provider dan mengonfigurasinya satu kali, Anda tidak perlu mengkonfigurasi setiap komputer atau laptop yang terhubung setelahnya di jaringan rumah/kantor secara terpisah. Perangkat yang terletak setelah access point dalam jaringan perlu dikonfigurasi dengan pengaturan penyedia .
Anda dapat dengan mudah mengatur jaringan rumah Anda: router akan bertindak sebagai server dhcp, mendistribusikan alamat IP dalam jaringan, Anda hanya perlu menghubungkan perangkat ke router yang dikonfigurasi – ia akan melakukan sisanya. Anda harus ikut ribet lagi dengan pengaturan jaringan rumah, termasuk, mungkin, mendapatkan alamat IP tambahan dari penyedia.
Router memiliki fungsi firewall jaringan, firewall built-in, dan karena itu memberikan perlindungan jaringan yang lebih baik. Access point tidak memiliki fungsi pelindung, kecuali enkripsi lalu lintas yang paling sederhana.
Jika Anda memerlukan koneksi berkecepatan tinggi untuk tugas-tugas tertentu, Anda selalu dapat menghubungkan komputer Anda ke router dengan kabel jaringan dan mendapatkan kecepatan maksimum dari penyedia. Sebagian besar access point tidak memiliki interface transmisi data kabel ke perangkat akhir, dan kecepatan koneksi nirkabel tidak cocok untuk semua aplikasi.
Beberapa program/interface yang sangat khusus mungkin mengharuskan Anda untuk mengonfigurasi penerusan porta pada router karena alamat IP internal perangkat tidak tersedia “di luar”, dari subnet router. Acces point menerjemahkan lalu lintas secara transparan, dan ini bagus untuk beberapa tugas yang sangat khusus. Alamat IP perangkat akhir dapat diakses dari luar tanpa konfigurasi tambahan

Fitur yang Tidak Terdapat Pada Access Point

Jika kita lihat sekilas perbedaan keduanya, maka ada beberapa point dimana ada fitur yang terdapat di router namun tidak ada di access point, diantaranya adalah:

Fungsi DHCP

Access point itu mirip dengan hb/switch. Access point memiliki kemampuan untuk mendistribusikan alamat IP ke wireless user yang lain secara otomatis. Dan juga, wireless router bisa juga menjadi DHCP Server. Dimana biasanya DHCP Server ini dijalankan di perangkat router maupun di server.

Bandwitch Control

Router bisa berguna sebagai bandwidth control atau mengatur kecepatan lalu lintas pengiriman dan penerimaan data. Sedangkan di access point tidak ada fungsi ini.

Parent Control

Apa maksud dari parent control? Maksudnya adalah dimana kita sebagai client bisa mengatur atau memfilter mana website yang bisa diakses atau diizinkan mana yang tidak oleh user.

Internet Access Control

Internet access control adalah tindakan menjaga pengguna dan perangkat yang tidak sah keluar dari jaringan pribadi. Internet access control adalah salah satu aspek keamanan jaringan.

Kesimpulan

Dalam kebanyakan kasus, untuk mendistribusikan Internet ke beberapa perangkat rumah seperti komputer, laptop, atau smartphone, lebih baik membeli router WiFi dan menghubungkan kabel penyedia ke sana. Apalagi jika routernya murah. Untuk tujuan lain: penerimaan lalu lintas dari penyedia melalui koneksi nirkabel, pengaturan jaringan WiFi tanpa batas di kantor, HotSpot di café atau hotel, Anda memerlukan access point. Jika Anda memerlukan saran, NDS akan membantu Anda menemukan solusi untuk setiap tugas tertentu seperti pengaturan router maupun pemasangan access point yang tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup