Fortigate Indonesia Solusi Keamanan Jaringan

Fortigate Indonesia Solusi Keamanan Jaringan

Kebutuhan akan bisnis digital di era modern memang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Fortigate Indonesia melihat bahwa jaringan komputer sangatlah penting untuk menjaga dan menjamin jaringan komputer yang aman dan terstruktur.

Berbicara soal fortigate Indonesia, firewall dalam jaringan komputer adalah suatu komponen yang tidak bisa dihilangkan. Maka dari itu terciptalah produk firewall fortigate yang canggih untuk memenuhi kebutuhan keamanan.

Fortigate adalah sebuah solusi andalan yang ditawarkan oleh Fortinet. Fortigate sendiri merupakan platform keamanan yang sudah menggunakan standar keamanan IT terbaik dengan perpaduan ASIC Accelerated, kecepatan respon terhadap multi ancaman secara terpadu.

Terkait dengan apa itu firewall dan seberapa pentingnya untuk jaringan internal untuk perusahaan. Mari kita simak artikel berikut ini.

Definisi dari Keamanan Jaringan

Sistem keamanan jaringan merupakan sebuah proses untuk mengidentifikasi dan mencegah pihak yang tidak sah pada suatu jaringan komputer.

Kegunaan dari keamanan jaringan tentu tidak jauh dari mencegah dan mengantisipasi semua resiko ancaman berupa pencurian data penting hingga merusak fisik dari komputer dalam jaringan itu sendiri.

Jenis Gangguan Keamanan Jaringan

Fortigate Indonesia mampu mengatasi berbagai macam jenis gangguan keamanan jaringan antara lain:

Hacking

Hacking atau peratasan merupakan metode perusakan pada infrastruktur komputer pada jaringan yang sudah disusupi.

Carding

Carding atau pemalsuan data kartu perbankan merupakan salah satu gangguan yang cukup merugikan bagi perusahaan. Dengan mencuri nomor kartu kredit untuk dibelanjakan untuk kebutuhan pribadi.

Deface

Metode untuk merubah tampilan website sesuai dengan keinginan si peretas.

Physing

Physing metode peretasan dengan mengintip identitas pengguna dan mencuri data pengguna hingga password login untuk masuk ke dalam suatu jaringan atau komputer tertentu.

Macam-macam Keamanan Jaringan

Macam-macam gangguan keamanan jaringan sudah dibahas maka saat ini macam-macam keamanan jaringan yang juga dapat ditangani fortigate Indonesia berikut ini.

Keamanan Fisik

keamanan fisik adalah keamanan yang ditekankan pada sebuah komputer atau perangkat keras. Keamanan fisik berorientasi untuk mengamankan perangkat keras dari ancaman serta bertanggung jawab untuk kondisi perangkat keras menjadi tetap prima dan bisa beroperasi dengan lancar.

Proteksi Virus

virus merupakan sebuah ancamana yang paling umum dalam merusak komputer. Serangan virus komputer ini dapat masuk dalam jaringan melalui port yang terbuka. Maka dari itu dibutuhkanlah firewall fortigate Indonesia yang dapat menutup port-port yang tidak dibutuhkan.

Selain itu juga komputer bisa dilengkapi dengan antivirus tambahan yang dapat mengamankan komputer dari virus.

Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan memang menjadi salah satu hal yang wajib kita ketahui agar dapat terhindar dari berbagai gangguan keamanan jaringan pada komputer kita.

Jenis keamanan ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak ataupun perintah tertentu seperti menggunakan firewall atau proxy untuk dapat memilah-milah akses yang jaringan internal perusahaan.

Otorisasi Akses

Otorisasi akses berkaitan dengan akses ke sistem jaringan komputer itu sendiri berupa password atau kata sandi.

Dengan memberlakukan sistem keamanan jaringan dengan kata sandi atau password untuk mengakses sesuatu pada sebuah jaringan maka kita dapat memastikan pengguna akses yang sah yang dapat mengakses sebuah jaringan yang sesuai izin.

Penanganan Bencana

Terkadang gangguan keamanan jaringan tidak selalu terjadi dalam bentuk digital namun juga dapat terjadi akibat bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan lain sebagainya yang dapat merusak sistem jaringan dalam bentuk fisik.

Jika terjadi gangguan bencana alam bisa merusak komputer hingga data yang ada dalam komputer server hilang atau rusak.

Sehingga untuk itu fortigate Indonesia juga menciptakan sebuah solusi dengan firewall yang canggih untuk dapat mengembalikan data yang hilang.

Fungsi Fortigate Firewall Untuk Jaringan Kantor

Perlu Anda ketahui bahwa dalam menginstalasi sistem komputer sudah terdapat perangkat lunak firewall bawaan. Firewall bawaan ini sayangnya belum cukup untuk mengatasi kebutuhan keamanan jaringan dikarenakan lemahnya penangkalan serangan yang masih rendah.

Memang firewall bawaan ini disertakan lebih baik ada daripada tidak ada sama sekali sistem keamanan jaringannya.

Firewall ini berfungsi untuk mencegah berbagai akses yang tidak sah hingga mencegah virus masuk ke dalam sistem komputer Anda. Firewall ini menjadi gerbang pertama yang dapat mencegah berbagai data yang ingin masuk ke komputer kita.

Fortigate hadir dalam produk firewallnya yang dikembangkan oleh Fortinet. Perusahaan layanan keamanan jaringan yang terletak di negara Amerika Serikat yang sudah berpengalaman setidaknya 20 tahun terakhir.

Dengan reputasi yang baik serta layanan keamanan jaringan yang profesional fortigate menjadi pilihan banyak perusahaan untuk mengatasi permasalahan keamanan jaringan di Indonesia bahkan di dunia sekalipun. 

Mengapa menggunakan fortigate? Berikut adalah 5 alasan mengapa memilih fortigate bagi perusahaan.

Fleksibilitas Manajemen

Perangkat manajemen keamanan seperti fortigate mampu bekerja dengan berbagai merk perangkat jaringan yang berbeda-berbeda.

Dengan begitu kita tidak perlu repot untuk melakukan setting kembali perangkat jaringan yang sudah ada untuk menyesuaikan perangkat keamanan yang mana hanya melakukan setting awal pada saat perangkat jaringan tersebut pertama kali dipasang.

Fortigate memiliki banyak fitur yang dapat diandalkan seperti router firewall, gateway, VPN, antivirus, dan lain sebagainya. Selain itu fortigate juga memiliki fitur monitoring lewat internet browser ataupun baris perintah.

Memiliki fitur virtual domain

Fortigate memiliki fitur virtual domain yang memberikan akses menuju beragam perusahaan dengan akses administrator yang berbeda dalam satu perangkat yang sama.

Hal ini mempermudah admin untuk melakukan konfigurasi yang spesifik tanpa perlu takut terjadinya kesalahan konfigurasi masing-masing.

Adanya fasilitas FortiASIC

Fasilitas FortiASIC adalah layanan Fortinet yang dapat mendeteksi dan meminimalisir secara realtime pada ancaman yang terpadu.

Tak hanya ancaman atau serangan kecil tetapi Fortinet juga sanggup mengatasi ancaman dalam skala yang lebih kompleks dengan kinerja yang prima. Tentu hal ini sangat dibutuhkan pada jaringan perusahaan yang kompleks.

Tambahan Proteksi Fortiguard

Fortiguard adalah layanan bantuan terhadap pembaruan firmware pada setiap perangkat fortigate secara berkelanjutan untuk menjamin keamanan jaringan komputer.

Layanan ini terintegrasi dalam jutaan basis data situs yang kemudian dikategorikan dalam beberapa kategori yang diperlakukan secara berbeda. Staff admin memiliki tugas untuk memonitoring atau pemblokiran situs-situs tertentu.

Fortiguard juga memiliki fitur pengendalian bandwidth internet sehingga dapat diatur sesuai dengan kebijakan perusahaan serta mencegah terjadinya kebocoran informasi penting kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Perlindungan jaringan adalah hal yang sangat vital dan harus dimiliki oleh semua perusahaan. Tetapi sayangnya tidak semua perusahaan yang menginvestasikan modalnya pada aspek ini. Padahal firewall adalah hal yang wajib dimiliki.

Kesimpulan?

Itulah bahasan kita tentang fortigate Indonesia dan tentang pentingnya firewall untuk perusahaan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang fortigate Indonesia Anda bisa mengunjungi website NetData di nds.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup