Cara Mengatasi Unidentified Network Pada Jaringan Internet                  

Browsing atau berselancar di dunia maya tentu memerlukan jaringan internet yang lancar. Namun terkadang terjadi masalah ketika kita berusaha untuk menyambung ke jaringan internet seperti No Internet Access, Unidentified Network. Berikut ini kita akan membahas cara mengatasi unidentified network yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Pengertian Internet

Sebelum membahas cara mengatasi unidentified network kita harus mengetahui pengertian internet terlebih dahulu yakni suatu jaringan komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu perangkat ke perangkat lainnya dengan tepat dan cepat.

Jaringan internet ini dapat menghubungkan komputer serta dapat mengirim informasi melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang sudah disesuaikan.

Untuk dapat mengirimkan data, internet memiliki aturan atau protokol yang sudah disesuaikan secara global yakni TCP/IP atau (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

TCP/IP adalah bentuk protokol pertukaran data yang di sudah memenuhi standar global. Setelah itu dilakukanya proses untuk menghubungkan rangkaian internet yang disebut internetworking.

Internet memiliki banyak kegunaan dalam mengakses aplikasi seperti website, email, atau voip.

Manfaat Internet

Internet memang banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari antara lain :

Bidang Bisnis

Internet saat ini menjadi sebuah fasilitas yang sangat penting dalam dunia bisnis di era modern seperti saat ini.

Hal ini terbukti banyak perusahaan dan industri mulai melakukan digitalisasi bisnis dengan memanfaatkan internet seperti company profile, e-commerce, bisnis startup, dan industri kreatif lainnya.

Faktor penting yang diperhatikan internet dalam manfaat bisnis adalah membuat perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya menjadi lebih luas.

Bidang Pendidikan

Terkait dalam cara mengatasi unidentified network, internet memang sangat diperlukan dalam bidang pendidikan.

Yang mana dengan mengakses internet dapat memberikan banyak informasi terkait modul, artikel, jurnal, dan ilmu pengetahuan umum.

Maka dari itu diperlukan akses internet yang lancar dan stabil sesuai dengan artikel ini.

Bidang Informasi

Seperti yang sudah disebut sebelumnya bahwa internet juga dapat menjadi sebuah fasilitas untuk mengakses berbagai bidang informasi.

Dapat menggunakan cara mengatasi unidentified network Anda dapat menggunakan internet dengan lebih stabil dan lancar.

Sesuai dengan pengertian internet sendiri di dunia yang modern ini banyak media informasi digital yang dapat diakses dengan internet.

Sehingga informasi seperti berita, informasi cuaca, olahraga, dan informasi lainnya dapat diakses dengan lebih mudah dan lebih luas.

Bidang Kesehatan

Internet tidak hanya menjadi fasilitas mengakses informasi saja, Anda juga dapat mencari berbagai kebutuhan kesehatan seperti obat, resep, ilmu gaya hidup sehat, dan rujukan rumah sakit lewat media internet.

Bidang Sosial dan Hiburan

Dalam bidang sosial dan hiburan juga banyak dimanfaatkan oleh generasi millenial dengan memanfaatkan internet dengan berbagai situs dan media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, dam masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Unidentified Network

Masalah Unidentified Network biasa terjadi karena adanya kesalahan dalam konfigurasi network atau pengaturan jaringan yang salah.

Dalam cara mengatasi unidentified network kali ini saya akan merangkum beberapa solusi yang dapat Anda coba berikut ini.

Putuskan dan Sambungkan Lagi Koneksi

Untuk cara yang pertama pada jaringan Anda adalah dengan melakukan connect dan disconnect secara berulang.

Cara mengatasi unidentified network ini mungkin terdengar sangat sederhana namun tak jarang dapat memperbaiki masalah ini.

Dengan melakukan connect ulang yang terjadi sebenarnya adalah perangkat Anda akan melakukan permintaan IP address yang baru dari router atau server.

Menginstal Ulang Aplikasi Mobile Partner

Untuk cara yang kedua ini memerlukan aplikasi sebagai penyambung koneksi internet yakni Mobile Partner.

Dengan menginstal ulang aplikasi ini biasanya dapat mengatasi beberapa permasalahan internet seperti error dan kesalahan konfigurasi jaringan.

Cara mengatasi unidentified network juga membuat router atau modem melakukan refresh sehingga sangat dianjurkan untuk mencobanya.

Memakai CMD untuk Mengatur IP

Untuk cara yang ketiga sedikit rumit karena Anda memerlukan aplikasi CMD untuk mengubah IP perangkat Anda.

Memang IP akan diatur secara otomatis oleh sistem Operasi Windows. Dengan cara ini kita akan berupaya untuk memperbaharui IP yang sudah ditentukan oleh OS.

Caranya seperti ini:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboar Anda, dan ketikan CMD lalu tekan enter.
    1
  • Setelah jendela CMD terbuka maka ketikan perintah “ipconfig/release” > kemudian Enter.
  • Kemudian ketik perintah “ipconfig/renew” > Tekan Enter lagi.

Fungsi perintah di atas:

ipconfig/release  Untuk reset konfigurasi IP yang sudah berjalan.
ipconfig/renew Untuk memberikan IP baru dan menggantikan IP yang lama.

Catatan:

  • Cara ini sangat efektif bagi Anda yang menggunakan jaringan LAN maupun LAN yang terhubung ke router.
  • Jika muncul pesan an error occurred while releasing interface wifimaka Anda dapat menggunakan perintah baru di CMD berikut ini.
No Perintah CMD
1 netsh winsock reset
2 netsh int ip reset
3 ipconfig/release
4 ipconfig/renew
5 ipconfig/flushdns

Langkah terakhir yakni cek kembali apakah koneksi internet Anda sudah kembali atau belum.

Memakai IP Static di Konfigurasi Internet

Jika cara sebelumnya belum berhasil. Maka ada kemungkinan IP dinamik yang diberikan oleh provider mengalami kesalahan.

Solusinya kita bisa mengganti IP dinamik dengan IP statik yang harus kita setting secara manual dengan cara berikut ini:

  • Buka jendela Control Panel > Pilih Network and Internet.
  • Pilih Network And Sharing Center > kemudian pilih menu Change adapter settings disebelah kiri layar.
    3
  • Kemudian pilih koneksi yang dipakai, klik kanan > pilih menu Properties.
  • Cari pilihan pengaturan Intenet Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > Lalu klik Properties seperti gambar berikut ini.
  • Setelah itu muncul kolom-kolom IP address dan coba Anda isi dengan IP address seperti contoh gambar dibawah ini.

Jika Anda masih bingung berapa IP yang akan dimasukan maka Anda dapat melihat daftar IP address yang diberikan oleh provider Anda.

 

Mengatur DNS

Jika mengganti IP address statik maka cara yang lain adalah mengisi kolom IP DNS seperti gambar dibawah ini.

DNS atau Domain Name Service ini berfungsi untuk memberikan daftar nama domain dan IP website yang dapat diterjemahkan oleh komputer kita.

Biasanya DNS pada provider mengalami masalah sehingga komputer tidak dapat mengakses website walaupun komputer sudah terkoneksi ke internet.

Adapun beberapa DNS yang bisa Anda pakai berikut ini:

Preferred DNS 8.8.8.8
Alternate DNS 8.8.4.4

Uninstall Driver di Device Manager

Unidentified network juga bisa disebabkan karena driver modem pada komputer Anda mengalami masalah atau error.

Driver ini berperan sebagai pengenal perangkat ke komputer Anda, jika drive mengalami error maka perangkat seperti wifi receiver, modem, dan perangkat jaringan lainnya tidak dikenali komputer sehingga internet tidak bisa terkoneksi dengan baik.

Cara yang berikutnya adalah dengan menginstal ulang driver perangkat jaringan pada komputer Anda dengan cara berikut ini :

  • Anda bisa membuka jendela Device Manager dengan cara klik kanan pada Menu START di kiri bawah Desktop untuk sistem operasi Windows 10.
  • Ketika jendela Device Manager sudah terbuka maka klik Network Adapters > cari perangkat internet yang digunakan.
  • Klik kanan > pilih Uninstall.

Anda perlu merestart komputer Anda agar driver dapat terintal kembali secara otomatis. Kemudian cek apakah internet sudah kembali

Matikan Firewall

Untuk Anda yang memakai jaringan LAN memang jarang sekali terjadi masalah akibat Unidentified Network ini.

Namun pengaturan firewall juga dapat berpengaruh terhadap koneksi menggunakan kabel LAN misalnya firewall tidak sengaja memblokir koneksi jaringan pada komputer Anda.

Adapun cara adalah menonaktifkan firewall berikut ini :

Caranya:

  • Ketik Firewall pada kolom Search Windows.
  • Pilih Properties pada menu sebelah kanan.
  • Pada tab Profile > ubah Firewall State menjadi Off.

Reinstall Windows Anda

Jika cara mengatasi unidentified network diatas tidak manjur sama sekali. Maka solusi yang terakhir adalah menginstall ulang sistem operasi windows Anda.

Memang merepotkan namun cara ini terbilang efektif untuk mereset semua sistem yang ada pada komputer atau laptop Anda sehingga fungsi-fungsi yang error bisa berjalan normal kembali.

Coba Ganti Perangkat Jaringan

Jika masih tidak bisa juga, maka ada kemungkinan perangkat jaringan atau internet Anda mengalami kerusakan.

Cara mengujinya pertama kali cek dulu apakah provider internet Anda mengalami gangguan atau tidak misalnya adanya perbaikan menara sinyal di daerah Anda.

Jika iya, maka tunggu beberapa saat untuk internet Anda normal kembali.

Jika tidak maka cara mengatasi unidentified network yang lain adalah mengganti perangkat jaringan Anda baik itu modem, router, atau wifi receiver Anda.

Untuk Penjelasan Lebih Lengkapnya Kunjungi NDS

Itulah beberapa penjelasan tentang cara mengatasi unidentified network yang dapat Anda terapkan di sistem operasi Windows 10.

Jika Anda masih merasa bingung akan tutorial diatas, Anda dapat melihat berbagai tutorial yang berkaitan dengan permasalahan internet di website nds.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup