Manfaat ITSM untuk Perusahaan

Manfaat ITSM untuk Perusahaan

Definisi ITSM

Information Technology Service Management atau disingkat ITSM adalah serangkaian kebijakan, proses, dan prosedur pengelolaan sistem IT yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan IT terhadap perusahaan dan manfaat ITSM. Secara sederhana ITSM adalah kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Hal ini berlawanan dengan praktik manajemen IT lain yang biasanya lebih terfokus pada teknologi, seperti perangkat keras, jaringan, atau sistem.

Cek Produk Router dari NetData disini :

Apa manfaat ITSM pada Perusahaan?

ITSM menawarkan berbagai kerangka kerja bagi perusahaan untuk menciptakan standar manajemen seputar layanan IT dan praktik layanan pelanggan. Hal tersebut mencakup manajemen kualitas, rekayasa perangkat lunak, manajemen perubahan, manajemen keamanan informasi, serta standar kerangka kerja manajemen yang sudah populer sejak lama, seperti ISO 9000, ITIL, dan ISO/ IEC.

Pada praktik di lapangan, pertanyaan sebenarnya bukan pada apa manfaat ITSM pada perusahaan, melainkan lebih kepada apa yang dapat dilakukan perusahaan saat menggunakan kerangka bekerja yang telah disisipi oleh disiplin ITSM.

ITSM dirancang untuk menyelaraskan tujuan IT agar tetap sesuai dengan kebutuhan dan tujuan utama dari perusahaan. Lebih lagi, ITSM juga dapat digunakan sebagai panduan perusahaan dalam rangka menyelaraskan tujuan IT dan tujuan perusahaan. Penggunaan disiplin ITSM akan sangat terasa efeknya, apalagi bagi perusahaan yang titik fokusnya berada pada layanan pelanggan. Jika perusahaan anda telah menggunakan manajemen perubahan, maka anda sudah berada di jalur yang tepat dalam membangun lingkungan kerja berbasis ITSM.

ITSM Vs ITIL

Meskipun terkadang digunakan secara bergantian, ITSM dan ITIL bukanlah hal yang sama – ITIL adalah kerangka kerja yang memberi tahu cara menerapkan ITSM dengan cara sebaik mungkin. Tidak seperti ITIL, ITSM lebih fokus pada pengalaman pemberian layanan yang sifatnya tidak teknis. Meskipun begitu, ITSM dapat didukung dengan metodologi dari ITIL, yang dirancang untuk membimbing organisasi melalui implementasi ITSM.

ITSM Service Desk

Salah satu disiplin utama yang berada di bawah ITSM adalah service desk. ITIL memandang service desk sebagai Single Point of Contact (SPOC) yang dapat menyederhanakan komunikasi dalam organisasi atau unit perusahaan. Service desk bertindak sebagai pusat bagi pengguna dan pelanggan untuk saling berhubungan, sebagai jalur utama engineer yang sudah terlatih untuk dapat mengelola masalah secara terorganisasi dan terkoordinasi.

Service desk dipandang sebagai fungsi IT utama pada manfaat ITSM, sebagai penyedia SPOC untuk mengakomodasi dan mengelola pengguna, staf IT, pelanggan, dan tujuan IT. Service desk IT, call center, atau helpdesk merupakan pusat dari berkumpulnya tiket permasalahan, permintaan layanan, pertanyaan, masalah internal, serta layanan klien dan pelanggan. Oleh karena itu, adanya service desk sangat penting ditekankan dalam disiplin ITSM serta kerangka kerja.

Proses ITSM

Proses pada IT secara erat memang terlihat spesifik untuk teknologi saja. Oleh karena itu, sebagai cara untuk mengintegrasikan tujuan IT dengan tujuan perusahaan pada umumnya, ITSM menggeser bahasa yang digunakan untuk menggambarkan proses IT ini menjadi lebih bersahabat untuk digunakan oleh umum. Alasannya, agar dapat membantu memperkuat gagasan bahwa layanan-IT adalah inti dari perusahaan.

IT Tradisional menjadi Proses ITSM
Technology focus Process focus
Fire-fighting Preventative
Reactive Proactive
Users Customers
Centralized, done in-house Distributed, sourced
Isolated Integrated, enterprise-wide
adhoc Repeatable, accountable
Informal processes Formal best practices
IT internal perspective Business perspective
Operational specific Service orientation

ITSM Tools

Untuk mendukung keseluruhan proses ITSM, ada banyak sekali opsi aplikasi atau perangkat lunak yang bisa digunakan, dari mulai menangani tiket, layanan, insiden, peningkatan, perubahan, atau masalah apa pun. Biasanya, aplikasi atau perangkat lunak ini dipasarkan sebagai solusi ITSM yang fokusnya adalah untuk mendukung manajemen alur kerja IT. Aplikasi perangkat lunak ITSM ini berisi semua yang dibutuhkan perusahaan untuk bekerja dalam kerangka pilihan mereka, sekaligus menawarkan fleksibilitas bagi perusahaan untuk dapat menerapkan semua fitur yang mereka butuhkan.

Aplikasi ITSM yang populer digunakan, diantaranya:

  1.     Atlassian Jira
  2.     Freshworks
  3.     Ivanti
  4.     SolarWinds
  5.     ServiceNow
  6.     Spiceworks
  7.     TOPdesk
  8.     Zendesk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup