Manajemen Kabel? Panduit Solusinya

Manajemen Kabel Panduit Solusinya

Manajemen Kabel? Panduit Solusinya – Perusahaan besar saat ini minimal pasti memiliki satu server khusus yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internal maupun untuk menghubungkan perusahaan cabang.

Menata kabel koneksi jaringan mungkin bukan hal yang mudah bagi beberapa orang. Maka dari itu kali ini kita akan membahas sedikit tentang manajemen seputar kabel mulai dari apa jenis koneksi kabel yang diperlukan hingga cara manajemen yang benar.

Salah satu produk manajemen tentang kabel yang terkenal adalah Panduit. Panduit adalah perusaahan infrastruktur listrik dan jaringan industri.

Yang mana manajemen seputar kabel atau infrastruktur server merupakan pondasi strategis yang dapat membantu pengembangan bisnis masa depan.

Panduit menawarkan berbagai solusi manajemen seputar kabel dan konektivitas yang cerdas, yang dapat diskalakan, dan efisien di pasar global yang terus berkembang. Berikut adalah beberapa produk Panduit yang ditawarkan:

  • Cable Manager, Cabinets, Thermal, Management, Rack & Enclosures
  • Wire Termination
  • Copper System
  • Fiber Optic Systems
  • Grounding & Bonding
  • Power, Environmental, Security & Connectivity Hardware
  • Signs, Labels & Identification
  • Safety & Security
  • Wire Routing, Management & Protection
  • Audio Video Systems
  • Monitoring and Services

Apa itu Manajemen Kabel?

Manajemen kabel merupakan proses pengaturan kabel listrik atau optik dalam lemari atau instalasi. Istilah ini dapat digunakan untuk produk, pengerjaan, dan perencanaan dalam melakukan penataan kabel konektivitas.

Kabel merupakan penghantar baik data maupun listrik yang terbuat dari berbagai material seperti material tembaga, koaksial, maupun fiber.

Kabel ini memiliki sifat yang fleksibel maka mudah kusut atau malah membuatnya putus sehingga tidak bisa digunakan.

Maka dari itu dibutuhkanlah penataan kabel atau istilah khususnya adalah manajemen kabel. Tujuannya sendiri adalah agar kabel tidak berantakan, mudah untuk melakukan maintenance, dan terlihat rapi. 

Bagaimana Memilih Manajemen Kabel

Pilih manajemen kabel yang sesuai dengan kebutuhan. Manajemen ini diharuskan untuk memiliki kemampuan untuk membuat perutean kabel dengan rapi dan benar, dapat melindungi kabel dari berbagai kerusakan.

Manajemen horisontal dan vertikal merupakan dua tipe yang paling umum untuk arah pemasangan kabel yang berbeda.

Sebelum menggunakan manajemen horisontal dipastikan terlebih dahulu ketinggian rak dan kepadatan kabel yang didukung harus ditentukan.

Penggunaan kabel vertikal dengan panel patch miring, kabel diizinkan untuk langsung masuk ke manajemen vertikal untuk menghilangkan kebutuhan untuk manajemen horisontal.

Hal ini dimaksudkan untuk menghemat ruang rak untuk peralatan aktif lainnya. Selain itu ada beberapa jenis manejemen kabel untuk penerapan yang berbeda. 

Namun apapun kebutuhan Anda pastikan Anda memilih pengaturan kabel yang cerdas dalam meninggalkan sedikit ruang untuk pertumbuhan dan permintaan pemasangan kabel di masa depan.

Manajemen Kabel Jaringan

Dalam penggunaan pengaturan kabel jaringan biasanya menggunakan sebuah alat atau panel yang mampu menampung berbagai kabel menjadi satu sehingga lebih terorganisir dan lebih rapi yang biasa disebut dengan panel manejemen kabel. Panduit menyediakan produk kabel jaringan dengan berbagai seri dan jenis. 

Panduit RJ45

Panduit dalam lini produknya menyediakan berbagai alat pengkabelan dan akseoris pengkabelan yang sangat lengkap termasuk yakni alat manajemen kabel crimping Panduit RJ45, pengupas kabel dan alat penghenti untuk jack keystone, dan penutup debu pada pemasangan kabel jaringan.

RJ45 sendiri sejenis konektor kabel ethernet yang paling umum untuk dijadikan sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN.

Panduit RJ45 sendiri memiliki banyak sekali kategori seperti kategori 4, 5, 5e, hingga 6. Semakin tinggi kategorinya akan semakin cepat proses transfer data yang bisa dilakukan oleh konektor tersebut.

Panduit CAT 6

Panduit CAT 6 merupakan salah satu jenis kabel UTP yang memiliki kategori 6. Kabel UTP Panduit CAT 6 merupakan kabel UTP paling mahal diantara kategori dibawahnya. Harga yang mahal ini membuatnya memiliki kemampuan waktu delay hingga nyaris nol saat digunakan untuk transfer data.

Dan juga kelebihan dari kabel ini adalah memiliki panjang maksimal hingga lebih dari 100 meter dengan lebar data yang dapat dikirim yakni hingga 10 Gbit/s.

Cara Manajemen Kabel yang Benar

Berikut ini adalah tips yang dapat membantu Anda untuk menerapkan manajemen fasilitas pusat data dengan lebih efisien.:

Ukur Dua Kali, Potong Sekali

Mengukur kabel adalah hal yang paling penting dalam melakukan hal ini, karena selain membuat kabel kusut, potongan kabel yang berlebihan akan menjadi sia-sia.

Mungkin Anda berpikir memotong kabel 2 cm tidak ada apa-apanya. Namun jika di akumulasi jumlah kabel yang Anda potong bisa sangat besar jumlahnya yang tentu akan berbanding lurus dengan biaya yang Anda keluarkan juga semakin banyak.

Sehingga lebih baik Anda mengukur kabel dua kali sebelum memotong kabel untuk lebih menghemat waktu dan uang Anda.

Pelabelan Kabel

Kabel memiliki jenisnya masing-masing ada kabel listrik, dan kabel data. Untuk penggunaan label kabel memang diharuskan untuk membedakan kabel tersebut.

Penggunaan label pada kabel ini dapat memudahkan Anda dalam melakukan tracing kabel yang akan Anda maintenance. Lebih baik meluangkan waktu lebih untuk menempatkan label kabel pada setiap ujungnya daripada menyesal nantinya.

Pengujian Kabel

Pengujian kabel harus dilakukan sebelum dilakukannnya pemasangan. Apabila tidak dilakukan sesudah dipasang ternyata ada kabel yang rusak dari awal maka Anda akan kerepotan untuk mengganti kabel tersebut.

Dengan hal yang simple ini Anda bisa mencegah banyaknya pekerjaan ekstra yang bisa terjadi nantinya.

Pengikat Kabel

Penggunaan ikatan kabel untuk menyatukan beberapa kabel menjadi satu adalah suatu langkah yang tepat untuk mengamankan kabel ke komponen.

Ikatan kabel FOCC serba guna dan dapat digunakan kembali jika ingin melakukan penambahan kabel ataupun dipindahkan. Jika Anda menggunakan kabel zip pastikan Anda memotong ujung sisa ikatan dengan benar 

Kode Warna

Pemberian warna pada kabel akan dapat memudahkan Anda dalam mengidentifikasi visual dengan cepat.

Pengodean warna menyederhanakan manajemen dan dapat menghemat waktu jika Anda ingin melacak kabel yang akan di maintenance.

Pada kabel data sebaiknya menggunakan warna untuk mengidentifikasi peran atau fungsinya dari kabelnya.

Jika kabel daya maka gunakan warna yang berbeda untuk mengidentifikasi pasokan daya ganda untuk sumber daya yang berlebihan. 

Manajer Kabel

Jenis manajer kabel atau pengelola kabel ini adalah aksesoris kabel yang dapat menyederhanakan atau mengaitkan kabel yang jumlahnya banyak agar menjadi lebih rapi.

Manajer kabel ini jenisnya ada banyak yang mana ada yang memiliki bentuk yang rumit yakni memiliki penutup untuk menyembunyikan bundle kabel dan dapat membuat kabel menjadi lebih rapi.

Harga Kabel Manajemen

Harga kabel ini memang bervariasi tergantung dari merk dan juga ukurannya. Panduit sebagai penyedia peralatan koneksi jaringan yang terkenal menyediakan juga cable wire manajement.

Salah satu harga kabel manajemen dari Panduit adalah seri Cable Wire Management 1U PANDUIT [WMPFSE] dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp.300.000 an tergantung juga dari harga tokonya.

Jual Manajemen Kabel

NETDATA menyediakan alat pengkabelan dan aksesoris pengkabelan yang terlengkap di Indonesia termasuk juga merk Panduit.

Memilih produk Panduit merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Panduit yang berkualitas dan terjangkau.

Panduit mendesain produknya dengan desain yang kuat dan tahan lama. Sehingga dalam jangka panjang akan membuat kinerja server menjadi lebih efisien dan juga lebih hemat pengeluaran beban perawatan.

Tunggu apalagi segera beli kebutuhan kabel merk Panduit di NETDATA yang dijamin original dan terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup