Keamanan Jaringan dan Managed Service Security Indonesia, Hanya di Netdata!

Managed Service Security Indonesia

Managed Service Security Indonesia – Persaingan bisnis di era digital saat ini semakin ketat seiring banyaknya bisnis perusahaan yang mulai mengembangkan bisnisnya ke bisnis digital. Maka dari itu banyak perusahaan yang tadinya tidak memiliki infrastruktur jaringan internal mulai menerapkannya.

Nah, sebelum lanjut membaca artikel ini jika Anda berminat untuk menggunakan jasa kami jangan ragu untuk klik link dibawah untuk konsultasi gratis yah 🙂

Konsultasi Via Whatsapp

Bagi perusahaan yang baru memulai memasang infrastruktur jaringan adalah sebuah hal yang tidak mudah apalagi jika tidak ada ahli yang dapat menanganinya. Tidak hanya itu saja, mungkin ada juga perusahaan yang tadinya sudah menerapkan infrastruktur jaringan yang mungkin juga mengalami kendala seperti dalam hal pemeliharaan hingga penggantian perangkat jaringan yang tidak bekerja dengan baik.

Maka dari itu banyak perusahaan yang menawarkan solusi yakni layanan managed service untuk memberikan bantuan kepada perusahaan yang mengalami kendala dalam pembangunan, penerapan infrastruktur jaringan, hingga pemeliharaan. Mengapa penting sekali keamanan jaringan dan managed service security Indonesia? Mari kita bahas satu persatu di artikel kali ini.

Pentingnya Keamanan Jaringan

Dalam memahami pentingnya keamanan jaringan dan managed services Indonesia kita perlu memahami apa sih keamanan jaringan dan juga beberapa perbedaan antara keamanan jaringan dengan keamanan informasi dibawah ini.

Apa itu Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah perlindungan jaringan dan semua layanan secara menyeluruh, mulai dari pengubahan yang tidak sah, penghancuran dan pengungkapan data, dan penyediaan jaminan bekerja dalam situasi yang memiliki sifat berbahaya untuk penggunanya.

Keamanan jaringan juga dapat didefinisikan sebagai proses untuk identifikasi dan mencegah pengguna yang tidak berwenang pada jaringan komputer.

Hal Penting Dalam Menjaga Keamanan Jaringan

Adapun beberapa unsur penting dalam menjaga keamanan jaringan diantaranya:

Akses

Akses di sini adalah memberikan kewenangan pengguna dalam berkomunikasi ke dan dari jaringan tertentu.

Kerahasiaan

Menjaga informasi pada jaringan untuk tetap ada pada jaringan dan bersifat pribadi.

Otentikasi

Memastikan otentikasi pengguna pada jaringan kepada siapa yang mereka katakan identitas pengguna harus bersifat otentik alias asli.

Integritas

Menjaga integritas bahwa paket data yang dikirimkan diubah oleh pengguna yang asli dan tidak bisa dimodifikasi oleh orang lain pada perjalanan.

Non Repudiasi

Memastikan bahwa pengguna bahwa ia menggunakan jaringan dan tidak membantahnya.

Perbedaan Antara Keamanan Jaringan Dengan Keamanan Informasi

Keamanan jaringan berbeda dengan keamanan informasi, dimana keamanan jaringan lebih fokus dalam melindungi jaringan komputer meliputi akses, penyalahgunaan jaringan, dan modifikasi yang tidak sah. 

Sedangkan keamanan informasi adalah mencegah akses, penyalahgunaan, dan modifikasi yang tidak sah ke sistem informasi. Namun nyatanya bahwa perangkat lunak dan alat yang digunakan dalam mencapai keamanan jaringan dan keamanan jaringan yang mungkin saling tumpang tindih. 

Seperti contoh penggunaan software antivirus, firewall, dan skema otentikasi yang harus digunakan oleh kedua tugas itu namun dengan tujuan yang berbeda. Tak jarang bahwa kedua tugas ini saling melengkapi sampai tidak dapat memastikan bahwa jaringan tersebut aman atau tidak.

Jenis / Tipe Sistem Keamanan Jaringan

Berikut ini adalah jenis sistem keamanan jaringan yang perlu diketahui:

Network Security

Keamanan jaringan adalah jenis keamanan yang bersifat abstrak dimana keamanan ini dolakukan oleh benda yang tidak nampak seperti software dan perintah lainnya. Misalnya keamanan jaringan yang dilakukan oleh protokol firewall ataupun proxy yang digunakan untuk menyaring pengguna yang akan menggunakan jaringan.

Internet Security

Keamanan internet ini merupakan cabang keamanan jaringan yang berkaitan dengan jaringan internet seperti dalam penggunaan browser dan keamanan jaringan tingkat umum yang berkaitan dengan sistem operasi secara keseluruhan.

Tujuan dari internet security ini adalah menerapkan aturan dan langkah-langkah dalam mengatasi serangan yang dilancarkan lewat internet seperti lewat IP address. 

Endpoint Security

Serangan siber terkadang menyasar ke perangkat pribadi kepada pengguna yang menggunakan akses jaringan bisnis. Endpoint security digunakan untuk melindungi jaringan yang terkoneksi dengan perangkat remote. 

Cloud Security

Cloud security yang mengacu kepada perlindungan aplikasi, data, dan infrastruktur yang terlibat pada komputasi cloud.

Perlindungan dalam penerapan yang mencampurkan kebijakan, perangkat lunak, kontrol, dan teknologi terkait. Pada dasarnya keamanan cloud tidak terlalu berbeda dengan lingkungan lokal. Dari penyaringan lalu lintas dan pengelolaan perangkat lunak hingga otentikasi dan otorisasi yang menjadi inti adalah pengelolaan resiko keamanan.

Lingkungan cloud di umumnya dapat dikategorikan ke public cloud, private cloud, dan hibrid cloud. Lingkungan ini memiliki resiko keamanan dan kepatuhannya sendiri.

Application Security

Application security atau kemanan aplikasi mencakup kerentanan software di aplikasi web dan mobile dan juga programming interfaces (APIs).

Kerentanan ini biasa ditemukan di otentikasi atau otorisasi pengguna. Selain itu, mampu pula ditemukan di integritas kode dan konfigurasi, dan juga kebijakan dan prosedur.

Kerentanan aplikasi membawa dampak rentannya terjadi pelanggaran information security yang signifikan. Application security merupakan salah satu perimeter penting di dalam InfoSec.

Mengapa Menjaga Keamanan Jaringan Penting?

Bayangkan bahwa tidak ada keamanan jaringan yang melindungi koneksi jaringan Anda. Tentu akan membahayakan data Anda yang dapat diambil, password, akun hingga data yang sensitif lainnya.

Maka itulah alasan mengapa keamanan jaringan sangatlah penting. Tidak hanya untuk menjaga keamanan dalam skala kecil seperti misalnya keamanan jaringan rumah, keamanan data bisnis, negara atau juga informasi apa saja yang disimpan secara digital.  

Pada pas membuka ke internet maka banyak terima traffic. Traffic yang besar ini bisa membawa dampak persoalan kerentanan dan stabilitas terhadap sistem jaringan. Maka keamanan jaringan inilah berperan untuk menambah keandalan jaringan yang bisa menahan downtime atau makna kerennya adalah lagging. Hal ini hendaknya ditunaikan lewat pemantauan secara terus menerus terhadap setiap aktivitas yang mencurigkan yang bisa menyabot sistem.

Memilih Managed Service Security Indonesia di Netdata

Nah dari pemahaman keamanan jaringan diatas tentu bagi Anda yang ingin menerapkan managed services di Indonesia bingung memilih perusahaan managed services yang terpercaya bukan?. Tentang karena NetData sebagai perusahaan IT Indonesia menawarkan jasa Managed Service khusus untuk perusahaan di Indonesia dengan solusi-solusi yang terbaik hanya untuk Anda. 

Anda dapat menghubungi NetData di link ini atau juga bisa menggunakan kontak form di link ini.

Solusi Managed Services Oleh Profesional

NetData memiliki IT profesional yang siap membantu Anda dalam meningkatkan fokus para pekerja untuk dapat meningkatkan kinerjanya dalam melakukan pekerjaannya. 

Meringankan Beban Biaya IT

Dengan memanfaatkan jasa managed service perusahaan hanya mengeluarkan biaya langganan bulanan saja yang mana dapat menghemat biaya yang signifikan.

Meningkatkan Fokus Bisnis

Dengan managed service membuat perusahaan dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis. Dengan ketersediaan sumber daya yang dapat menunjang pertumbuhan bisnis supaya menjadi lebih maju, maka managed service digunakan untuk mengatasi masalah ini. 

Menjamin Keamanan Data Perusahaan

Managed service mampu meningkatkan keamanan dalam kerahasiaan data perusahaan. Dengan tenaga profesional dari NetData akan membantu Anda dalam alokasi data perusahaan sehingga lebih fokus dalam pengamanan data yang sensitif lebih maksimal.

Meningkatkan Kinerja Operasional Perusahaan

Dengan bantuan managed service dalam menerapkan infrastruktur yang kuat dan menambah daya saing di tengah bisnis yang ketat. Maka perusahaan akan dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada konsumen dengan kebutuhan dan analisis yang lebih tepat.

Menghemat Biaya Pemeliharaan IT

Keuntungan menggunakan jasa managed service dari NetData perusahaan juga dapat menghemat biaya pemeliharaan IT. Perusahaan tidak perlu mengalokasikan biaya pengeluaran untuk pemeliharaan server karena semua biaya perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur jaringan, biaya SDM ditanggung oleh NetData sebagai penyedia jasa managed service.

Kesimpulan

Dari pembahasan seputar keamanan jaringan dan managed service diatas kita dapat menyimpulkan bahwa keamanan jaringan sangatlah penting bagi perusahaan yang baru mulai menerapkan infrastruktur jaringan maupun perusahaan yang sudah memiliki infrasturktur jaringan sebelumnya.

Dan juga terlebih lagi jasa managed service juga sangat menguntungkan bagi perusahaan kecil atau menengah untuk menerapkan infrastruktur jaringan maupun pemeliharaan jaringan dengan lebih mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Untuk Anda yang berminat dalam menyewa jasa managed service yang terpercaya Anda bisa menghubungi NetData di link ini atau juga bisa menggunakan form kontak di link ini

Meta : Layanan Managed Service Security Indonesia di Netdata. Sistem Informasi Keamanan Jaringan Menjaga IP Address dan Data Komputer Tetap Aman.

Jika Anda tertarik dengan penawaran jasa dari kami silahkan Anda menghubungi kami melalui link ini atau bisa juga melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup