Kecepatan Internet di Indonesia Berada di Urutan No-2 Terlelet di Asia Tenggara

Kecepatan Internet

Tahukah Anda bahwa saat ini ada berita tentang peringkat kecepatan internet yang dirilis oleh salah satu website penyedia layanan penguji koneksi internet, Speedtest. Nah apakah Indonesia memiliki peringkat yang baik atau malah berada dibawah?

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Speedtest membuat peringkat ini berdasarkan rata-rata unduh mulai tahun depan bukan lagi merujuk pada performa rata-rata.

Walaupun begitu performa rata-rata saat ini masih menjadi standar yang mana menentukan kecepatan internet global dan peringkat tiap negara.

Pada tahun 2021 tepatnya pada bulan Oktober Speedtest Global Index saat ini memperlihatkan bahwa kecepatan rata-rata Indonesia tidak banyak berubah dengan bulan september.

Dibulan oktober ini kecepatan internet Indonesia untuk perangkat mobile mencapai angka unduh 23,10 Mbps sedangkan untuk uploadnya 12,37 Mbps dengan latensi  36 ms. Yang mana hal ini membuat Indonesia berada di peringkat 108 dari 141 negara.

Untuk area asia tenggara Indonesia tidak lebih baik dengan negara lainnya seperti di edisi sebelumnya.

Berikut ini adalah peringkat kecepatan internet mobiel di negara Asia Tenggara:

  • Singapura 107,12 Mbps (peringkat 18)
  • Brunei 72,27 Mbps (peringkat 32)
  • Thailand 67,35 Mbps (peringkat 36)
  • Vietnam 45,42 Mbps (peringkat 58)
  • Filipina 38,12 Mbps (peringkat 67)
  • Malaysia 34,46 Mbps (peringkat 77)
  • Laos 31,19 Mbps (peringkat 85)
  • Kamboja 25,19 Mbps (peringkat 100)
  • Indonesia 23,10 Mbps (peringkat 108)
  • Timor Leste 9,70 Mbps (peringkat 138)

Untuk soal kecepatan internet dengan fixed broadband Indonesia didunia, Indonesia memiliki kecepatan unduh rata-rata 29,55 Mbps, upload 18,18 Mbps, dan latensi 17 ms dengan ranking berada di urutan 116 dari 181 negara.

Peringkat kecepatan internet fixed broadband negera di Asia tenggara:

  • Singapura 257,15 Mbps (peringkat 3)
  • Thailand 223,72 Mbps (peringkat 8)
  • Malaysia 110,84 Mbps (peringkat 46)
  • Vietnam 84,12 Mbps (peringkat 58)
  • Filipina 71,08 Mbps (peringkat 67)
  • Laos 54,49 Mbps (peringkat 84)
  • Brunei 34,58 Mbps (peringkat 107)
  • Indonesia 29,55 Mbps (peringkat 116)
  • Kamboja 28,36 Mbps (peringkat 122)

Definisi Kecepatan Internet

Kecepatan akses internet merupakan kecepatan transfer data yang terjadi apabila menggunakan jaringan internet yang diukur dalam satuan bps (bit per second). Yang mana banyak bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya dalam setiap detiknya. Kecepatan akses internet terbagi menjadi dua macam yakni downstream dan upstream.

Downstream: kecepatan terhadap selagi mengambil alih data-data berasal dari server internet ke komputer. Misalnya saja selagi browsing, masuk ke search engine, dan lainnya.

Upstream: kecepatan transfer knowledge selagi mengirimkan knowledge berasal dari computer ke server.

Sejarah Internet

Internet berawal dari proyek dari ARPANET, nah apa sih ARPANET itu? ARPANET adalah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat di tahun 1969 yang dibuat oleh ARPA.

Proyek ini disebut dengan Advanced Research Project Agency Network atau ARPANET. Kemudian di tahun 1986 sistem nama domain mulai di perkenalkan kepada masyarakat atau ini kita kenal dengan DNS atau domain name system.

DNS memiliki fungsi sebagai sistem pemberian nama alamat kepada jaringan komputer. Kemudian di tahun 2000 internet semakin berkembang dengan sangat pesat hingga saat ini banyak sudah perangkat yang sudah mencapai 100 Mbps dan seterusnya.

Perkembangan Internet di Indonesia

Dulu kita jika ingin mengetahui berita informasi yang terbaru biasanya harus membeli koran, lalu kemudian di tahun 1997 kompas memulai mengeluarkan berita secara online. Maka perusahaan media lain ingin mengikuti perkembangan teknologi. Kemudian di tahun 2000 muncul berita online dan beberapa blog lain yang saling memberikan informasi atau prpoduk terbaru yang dapat dibutuhkan oleh masyarakat.

Adapun perkembangan internet secara singkat di Indonesia dimulai dengan tahun 2000an. Di tahun ini lah mulai banyak bermunculan portal online yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat untuk mengakses berita online. 

Terutama bagi para pekerja yang memerlukan informasi atau berita terbaru. Hingga seiring berkembangan teknologi, internet mulai berkembang dan banyak digunakan disemua aspek kehidupan. 

Faktor yang mempengaruhi Kecepatan Internet

Kecepatan akses internet memang tidak selalu stabil terkadang lambat terkadang cepat. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan tersebut yakni:

Modem 

Faktor pertmaa yang dapat mempengaruhi kecepatan internet biasanya adalah perangkat modem itu sendiri. kecepatan modem memiliki kecepatan yang bervariasi tergantung dari teknologinya. Tapi yang paling banyak yang digunakan adalah yang memiliki kecepatan 56 Kbps yang mana semaekin cepat kecepatan moden ini maka semakin cepat juga kecepatan akses internet yang digunakan.

Unit Komputer

Komputer ini memang sangat berperang dalam sebagaimana cepat komputer Anda mengakses internet yang digunakan. Diantaranya ada komponen RAM, prosesor, hingga hardisk yang juga ikut berperan penting dalam kecepatan akses internet. Apabila salah satunya tidak memiliki kecepatan yang mumpuni maka kecepatan akses pada internet juga ikut rendah.

Besar Bandwith

Bandwidth adalah luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya di ukur dengna satuan Hertz. Yang mana semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP yang mana kecepatan akses internet juga semakin cepat.

Jaringan Komunikasi yang Digunakan

Untuk mengakses internet ada beberapa layanan yang tersedia yakni satelit, GPRS, CDMA, dan kabel telepon. Masing-masing layanan memiliki kecepatan yang beragam dengan kecepatan yang rendah adalah dengan menggunakan kabel telepon.

Jumlah User yang Mengakses Internet Secara Bersamaan

Selain faktor diatas, ada faktor yang lain dalam mempengaruhi kecepatan internet adalah jumlah pengguna yang mengakses internet dalam waktu yang bersamaan. Biasanya, penurunan kecepatan ini biasnaya terjadi di jam-jam tertentu yakni di rentang waktu antara jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Jam-jam ini adalah jam yang paling sibuk sehingga turunkan niat Anda untuk menggunakan internet cepat di jam tersebut. Selain jam tersebut maka Anda bisa menikmati internet dengan cepat dan lebih menyenangkan dalam berselancar di dunia maya.

Kesimpulan

Dari bahasan tentang kecepatan internet diatas kita menyimpulkan bahwa kita tidak perlu marah karena Indonesia memang layak berada di urutan kedua dari bawah. Hal ini kita maklumi karena memang internet di Indonesia tidak secepatan negara Asia Negara lainnya. Namun begitu kita perlu syukuri bahwa dengan kecepatan internet yang sekarang ini membuat para provider layanan internet akan terus melakukan perkembangan internet hingga menjadi lebih baik lagi.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup