Mengenal Topologi Hybrid: Penjelasan, Keunggulan, dan Penerapan di Jaringan

topologi hybrid

Dalam membentuk sebuah jaringan komputer, tentunya bukan hanya sekedar memasang satu device dengan deivce yang lain dengan menggunakan kabel LAN. Bukan hanya seperti itu, tapi ada yang dinamakan topologi yang merupakan bagaimana cara menyusun berbagai macam hardware jaringan menjadi sebuah jaringan yang berjalan sesuai dengan semestinya. Topologi terdiri dari banyak jenis, dan salah satunya adalah topologi hybrid.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Mungkin dari namanya saja sudah tertebak bagaimana topologi ini di definisikan. Ya, pastinya adalah gabungan antara topologi yang memiliki jenis yang berbeda. Namun, sebenarnya apa definisi jelas tentang topologi hybrid? Apa saja keunggulannya daripada topologi yang lain? Dan bagaimana topologi ini diterapkan?

Apa Itu Topologi Jaringan

Kita mulai terlebih dahulu dari apa itu topologi jaringan. Topologi jaringan mengacu pada cara di mana link dan node jaringan diatur untuk berhubungan satu sama lain. Topologi dikategorikan sebagai topologi jaringan fisik, yang merupakan media transmisi sinyal fisik, atau topologi jaringan logis, yang mengacu pada cara data berjalan melalui jaringan antar perangkat, terlepas dari koneksi fisik perangkat. 

Contoh topologi jaringan logis termasuk Ethernet twisted pair, yang dikategorikan sebagai topologi bus logis, dan token ring, yang dikategorikan sebagai topologi ring logis.

Berbagai Macam Topologi Jaringan

Contoh topologi jaringan fisik termasuk jaringan topologi star, mesh, tree, ring, point-to-point, circular, hybrid, dan bus, masing-masing terdiri dari konfigurasi node dan link yang berbeda. Topologi jaringan yang ideal tergantung pada ukuran, skala, tujuan, dan anggaran setiap bisnis. Diagram topologi jaringan membantu memvisualisasikan perangkat komunikasi, yang dimodelkan sebagai node, dan koneksi antar perangkat, yang dimodelkan sebagai link antar node.

Penjelasan dari berbagai macam topologi jaringan adalah sebagai berikut:

Topologi Ring

Dua tautan point-to-point khusus menghubungkan perangkat ke dua perangkat yang terletak di kedua sisinya, menciptakan cincin perangkat yang melaluinya data diteruskan melalui repeater hingga mencapai perangkat target.

Topologi Mesh

Berikutnya ada topologi mesh. Tautan point-to-point khusus menghubungkan setiap perangkat di jaringan ke perangkat lain di jaringan, hanya membawa data antara dua perangkat.

Topologi Bus

Juga dikenal sebagai topologi jaringan backbone, konfigurasi ini menghubungkan semua perangkat ke kabel utama melalui drop line. Keuntungan topologi jaringan bus terletak pada kesederhanaannya, karena kabel yang dibutuhkan lebih sedikit daripada topologi alternatif, yang memudahkan pemasangan.

Topologi Star

Ini adalah salah satu topologi yang sering sekali digunakan untuk membentuk sebuah jaringan komputer karena memang yang paling umum dan paling mudah diaplikasikan. Topologi star menghubungkan setiap perangkat dalam jaringan ke hub pusat. Perangkat hanya dapat berkomunikasi satu sama lain secara tidak langsung melalui hub pusat.

Topologi Tree

Topologi ini terdiri dari hierarki induk-anak di mana jaringan bintang saling berhubungan melalui jaringan bus. Node bercabang secara linier dari satu node root, dan dua node yang terhubung hanya berbagi satu koneksi timbal balik.

Topologi Peer to peer

Topologi jaringan ini merupakan topologi yang sangat sederhana. Ini hanya menghubungkan 2 komputer. Ini akan dihubungkan dengan sebuah kabel RJ45 yang digunakan untuk saling mentransfer dan menerima data.

Topology Hybrid

Topologi yang satu ini memang terbilang sangatlah rumit dan bisa dibilang kompleks untuk dibentuk. Jadi, intinya adalah topologi ini adalah dimana menggabungkan antara 2 topologi atau lebih.

Pengertian Topologi Hybrid

Sekarang, bagaimana penjelasan yang lebih rinci dari topologi hybrid? Topologi hybrid adalah jenis topologi jaringan yang merupakan gabungan dari dua atau lebih topologi jaringan, seperti topologi mesh, topologi bus, dan topologi ring. Penggunaan dan pilihannya bergantung pada penerapan dan persyaratannya seperti kinerja jaringan yang diinginkan, dan jumlah komputer, serta lokasinya. 

Gambar di bawah ini menggambarkan struktur topologi hybrid yang berisi lebih dari satu topologi.

Namun, berbagai teknologi diperlukan untuk implementasi fisiknya, dan ia menawarkan struktur yang kompleks. Juga, itu termasuk keuntungan sebagai peningkatan fleksibilitas; itu dapat meningkatkan toleransi kesalahan, dan memungkinkan topologi dasar baru untuk ditambahkan atau dihapus dengan mudah. Topologi hybrid lebih berguna ketika Anda perlu memenuhi keragaman di jaringan komputer.

Keunggulan Topologi Hybrid

Terdapat beberapa keunggulan topologi hybrid yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Handal: Lebih dapat diandalkan karena memiliki toleransi kesalahan yang lebih baik. Jika sebuah node rusak di antara jaringan, mungkin dalam jaringan ini untuk memilih node yang rusak dari sisa jaringan. Juga, dalam hal ini, tanpa mempengaruhi pemrosesan jaringan, langkah-langkah yang diperlukan dapat diambil.
  2. Efektif: Ini adalah keuntungan terbesar dari topologi hybrid. Kelemahan dari beberapa topologi yang terhubung pada topologi ini diabaikan. Dan, hanya ada pertimbangan tentang kekuatan topologi yang berbeda ini. 
  3. Dapat diskalakan: Jaringan hibrid adalah jenis jaringan yang dirancang sedemikian rupa, yang membuatnya mampu untuk dengan mudah mengintegrasikan titik konsentrasi tambahan atau komponen perangkat keras baru lainnya. Tanpa mengganggu arsitektur yang ada, sangat mudah untuk memperluas size jaringan dengan penambahan elemen baru.
  4. Fleksibel: Salah satu manfaat besar topologi hybrid adalah fleksibilitas. Topologi ini dapat diimplementasikan untuk berbagai lingkungan jaringan yang berbeda saat dibuat. Jaringan hybrid dapat dibuat dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan sesuai dengan tuntutan korporasi.

Jaringan hybrid dirancang dengan menggabungkan berbagai jaringan yang menggunakan banyak teknik menghubungkan poin untuk perangkat seperti komputer pribadi dan komponen perangkat keras lainnya, yang terhubung ke server. Mereka juga menawarkan banyak manfaat seperti komunikasi data, kekuatan sinyal, throughput, serta peralatan kelas atas.

Ini memiliki kemampuan untuk mentransfer data dengan mudah di antara berbagai jenis jaringan.

Penerapan Topologi Hybrid di Jaringan Komputer

Karena fleksibilitas dan kemudahan penggunaan, topologi jaringan hybrid dapat dengan mudah diatur di mana saja, di kantor atau di rumah. Pengaturan keseluruhan tidak memerlukan arsitektur kompleks yang menghemat waktu dan tenaga.

Jadi, untuk penggunaan dalam skala besar misalnya daerah perkantoran, ini adalah topologi yang sangat cocok agar antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya bisa tetap berkomunikasi.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup