Mengenal VPS : Pengertian VPS, Cara Kerja VPS, Kelebihan VPS, dan Kapan Anda Harus Menggunakan VPS

Mengenal VPS

Mengenal VPS – Dalam membuat website mungkin masih dalam skala biasa saja, memilih hosting yang murah adalah pilihan yang sangat tepat. Mungkin hal ini memang sangat jelas karena kebutuhan website misalkan hanya digunakan untuk portofolio perusahaan Anda yang masih merintis. Namun, untuk skala yang lebih besar, tentunya menggunakan hosting dengan harga yang murah bukanlah jawaban yang tepat.

Sebelum membaca dan mengenal VPS  lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Mengapa demikian? Karena hosting yang murah biasanya hanya menggunakan shared hosting. Jadi, otomatis ini membuat website berjalan tidak optimal. Maka dari itu, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan cara menggunakan VPS. Apa itu VPS? Kita harus Mengenal VPS dan bagaimana cara kerjanya dan kelebihannya? Dan apa saja yang tepat untuk menggunakan VPS? Mari kita bahas!

Penjelasan VPS

Mari mengerti terlebih dahulu tentang pengertian dan Mengenal VPS. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. 

Dalam istilah awam, server adalah komputer canggih yang menyimpan semua data dan file yang membentuk situs web Anda. Saat seseorang mengetik nama domain Anda ke browser web mereka, komputer canggih itu “menyajikan” situs web Anda ke layar pencari.

Sekarang untuk aspek virtual: VPS menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi satu server kuat yang baru saja kita bicarakan menjadi beberapa server virtual. Pikirkan seperti ini: ini adalah salah satu hardware fisik yang berfungsi seperti beberapa server terpisah.

Kata pribadi berarti apa yang tersirat. Server virtual Anda disediakan untuk Anda, jadi Anda tidak perlu berbagi RAM, CPU, atau data apa pun dengan pengguna lain.

Cara Kerja VPS

VPS Hosting mensimulasikan pengalaman server khusus meskipun Anda masih berbagi server fisik dengan pengguna lain.

Penyedia hosting web Anda memasang lapisan virtual di atas operating system (OS) server menggunakan teknologi virtualisasi. Memisahkan server ke dalam kompartemen individu dengan dinding virtual, lapisan ini memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri.

Karena VPS memisahkan file Anda dari pengguna lain di tingkat OS, itu benar-benar server pribadi. Ini berarti situs web Anda berada dalam wadah yang aman dengan sumber daya server yang terjamin.Rruang disk, inti CPU, dll. Anda tidak perlu membaginya dengan orang lain.

Kelebihan dari VPS

Jika bertanya tentang beberapa kelebihan dari VPS dibandingkan dengan sharing server, tentunya ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah:

  • Kontrol – Yang paling jelas kelebihan dari VPS Hosting menawarkan kontrol tingkat tinggi, berkat akses root penuh yang disediakan. Oleh karena itu, Anda mendapatkan kontrol penuh atas pengelolaan bagaimana sumber daya server disebarkan.
  • Penyesuaian – Pengguna mendapatkan akses root dengan VPS Hosting, memungkinkan mereka untuk menginstal skrip dan perangkat lunak untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka.
  • Sumber Daya Terjamin – Dengan VPS Hosting, Anda tidak berbagi sumber daya server dengan pengguna VPS di server fisik yang sama. Oleh karena itu, Anda mendapatkan jaminan akses ke semua sumber daya yang dialokasikan untuk Anda.
  • Skalabilitas – Anda dapat dengan mudah meningkatkan dengan VPS Hosting. Anda dapat memulai dengan paket minimal dan kemudian perlahan-lahan membeli lebih banyak sumber daya atau melakukan peningkatan seiring pertumbuhan bisnis Anda.
  • Keamanan – VPS Hosting hadir dengan fitur keamanan yang ditingkatkan jika dibandingkan dengan Hosting Berbagi Pakai. Ini membantu meminimalkan risiko keamanan.
  • Stabilitas – Karena VPS Hosting menawarkan server pribadi, fluktuasi atau lonjakan yang terkait dengan pengguna lain yang berbagi server fisik tidak memengaruhi situs web Anda. Ini membantu menjaga stabilitas situs web Anda.

Fungsi VPS

Sebagai private server untuk website atau hosting lebih tepatnya, VPS memiliki berbagai macam fungsi, antara lain:

      1. Web Hosting

Yang paling jelas tentu saja VPS berfungsi sebagai web hosting. Dengan mengandalkan server private, Anda memiliki kebebasan yang lebih untuk mengontrol website Anda. Dan juga tentunya untuk skala yang professional, ini adalah pilihan yang sangat tepat.

      2. Menyimpan File Perusahaan/Pribadi

Sebagai private server yang menggunakan sistem cloud, tentunya ini juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file perusahaan yang penting. Bukan hanya perusahaan, namun file penting milik pribadi juga bisa disimpan di VPS.

      3. Game Server

VPS bukan hanya sebagai web hosting, tapi juga biasa digunakan sebagai game server. Mengapa demikian? Tentunya tidak akan bisa jika game online menggunakan server sharing, pasti akan sangat lambat. Maka dari itu, penggunaan private server sangatlah penting. Jadi, hanya pemain game saja yang menggunakan server tersebut yang dijamin game online menjadi lebih stabil.

      4. Sebagai Layanan VPN

VPS juga dapat digunakan sebagai VPN atau Virtual Private Network. VPN secara singkat didefinisikan sebagai jaringan yang terhubung melalui internet, tetapi hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu.

      5. Mengembangkan dan Menguji Aplikasi

Jika Anda sedang mengembangkan perangkat lunak, aplikasi, sistem operasi, atau kerangka kerja, tentu Anda membutuhkan server dengan harga yang terjangkau, tetapi menyediakan fasilitas yang memadai untuk pengujian perangkat lunak atau aplikasi.

Anda bisa saja menggunakan dedicated server, namun harganya tentu sangat mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan layanan VPS untuk melakukan eksperimen. Layanan VPS relatif lebih murah daripada dedicated server, tetapi mereka sudah menyediakan fitur yang cukup untuk server tahap percobaan.

      6. Remote Desktop

VPS juga memungkinkan Anda untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server dari jarak jauh. Anda memiliki kendali penuh atas server tanpa dibatasi oleh lokasi. Anda dapat mengontrol server di mana pun Anda berada.

Tips Memilih VPS

Menguntungkan sekali bukan jika menggunakan VPS? Namun tunggu dulu! Jangan hanya karena berbagai keunggulan tersebut dibandingkan dengan shared server, Anda langsung menggunakan VPS. Ketahui terlebih dahulu berbagai tips berikut ini jika Anda ingin menggunakan VPS.

Identifikasi Kebutuhan Anda

Sudah pasti yang pertama adalah harus mengidentifikasi kebutuhan Anda terlebih dahulu. Jika hanya mungkin Anda membutuhkan server yang kecil-kecilan saja, mungkin menggunakan VPS akan sangat overprice mengingat harga langganannya yang tidak murah.

Pilihan Sistem Operasi

Pilihlah VPS yang menyediakan sistem operasi yang tinggi. Dengan server yang menggunakan sistem operasi yang tinggi, pastinya berbagai hal yang dilakukan oleh server tersebut bisa berjalan dengan lancar sekali dan dijamin multitasking lancar.

Kapasitas Bandwidth Bulanan

Jika berpikir tentang bagaimana server bisa berjalan dengan lancar, pastinya ada faktor yang dinamakan dengan bandwidth. Bandwidth bulanan yang besar, maka pengiriman data atau informasi menjadi lebih lancar.

RAM dan CPU

 Perhatikan juga RAM dan CPU yang digunakan pada private server tersebut. Setidaknya pilih yang memiliki CPU 8 core dan juga dengan RAM 16 GB untuk penggunaan yang normal-normal saja.

Ruang Penyimpanan

Storage terbaik adalah SSD. SSD dengan kapasitas yang besar dapat membuat penyimpanan data menjadi lebih cepat.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup