Apasih Spyware itu? Berikut Pengertian Spyware, Cara Kerja, Contoh-Contohnya, dan Cara Mencegahnya

Spyware

Apakah Anda mengetahui atau malah pernah mengalami sendiri terkena serangan dari spyware?. Penjelasan singkat tentang spyware sendiri adalah bahaya yang dapat mengintai semua aktivitas jagat maya hingga menyerang Anda jika ada kesempatan.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Banyak kasus orang yang terkena serangan spywarea ini tidak sadar bahwa ia adalah salah satu korban itu sendiri. tiba-tiba saja komputer atau perangkat ponselnya terasa aneh seperti semua password yang tersimpan sudah diubah hingga ada transaksi ilegal di rekening mobile banking Anda. 

Maka dari itu diartikel kali ini kita akan lebih dalam membahas tentang bagaimana sih spyware ini bekerja hingga bagaimana cara mengatasi ini. Mari kita simak beberapa penjelasan berikut ini.

Penjelasan Spyware

Spyware adalah sebuah program atau software yang bersifat jahat atau istilahnya malware, malware ini biasanya dipasang tanpa izin dan bertujuan untuk mengumpulkan data pribadi seseorang. Software ini adalah salah satu praktik kejahatan siber yang tertua di internet yang terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Jenis data yang dikumpulkan bervariasi tergantung pemilik data terebut mulai dari data logging website yang dikunjungi, data yang diunduh, pesan email yang masuk dan keluar, informasi rekening dan kartu kredit, hingga password dan username login sosmed Anda.

Cara Kerja Spyware

Cara kerja dari spywarea ini memang cukup unik dimana ia membutuhkan bantuan Anda sendiri dalam memasangkan pada perangkat komputer Anda.

Ya dengan tanpa sadar Anda sendiri yang memasangkan software ini kedalam komputer Anda untuk mencuri data Anda sendiri.

Berikut penjelasan cara kerja spyware:

  • Anda mengunduh aplikasi gratisan atau crack di website yang tidak jelas.
  • Mengunakan aplikasi bajakan baik itu film, aplikasi, lagu, hingga video game.
  • Membuka link di email yang tidak jelas alias spam.
  • Memberikan username dan password di website yang terlihat seperti website sesungguhnya.
  • Flashdisk yang terinfeksi akibat komputer lain yang terinfeksi spyware

Contoh Tindakan Spyware

Adapun enam macam contoh spyware yang perlu diketahui:

Keylogger atau Sistem Monitor

Keylogger merupakan salah satu spyware yang paling terkenal, dimana aplikasi ini akan diinstall pada komputer korban yang mampu merekam penggunaan keyboard si korban. Selain merekam ketikan keyboard, keylogger akan mengirimkan hasil rekaman ke server milik peretas. Baik itu password, data kartu kredit hingga informasi pribadi dapat disalahgunakan.

Adware

Adware adalah spyware yang berbentuk iklan, contohnya yakni banner iklan pada browser yang tiba-tiba saja muncul di layar komputer Anda.

Adware ini dapat mengganggu aktivitas Anda hingga berbahaya apabila tidak sengaja klik banner tersebut yang mana dapat mengarahkan Anda ke website phising hingga menginstal program secara otomatis. 

Trojan

Trojan atau trojan horse merupakan spyware yang dapat menyamar seperti layaknya software pada umumnya. Trojan dapat menjalankan perintah hacker untuk mengambil kendali komputer Anda.

 

Password Theft

Seperti namanya bahwa password theft dapat mencuri password dan informasi login lainnya. Jenis spyware ini dapat mengirimkan data yang telah di curi ke server milik peretas. 

Browser Hijacker

Pernahkah Anda melihat bahwa browser Anda berubah tampilan secara tiba-tiba? Jika iya besar kemungkinan komputer Anda sudah terjangkit browser hijacker. Singkatnya software ini mengambil alih browser Anda dalam menampilkan adware yang dapat mengganggu Anda pada saat browsing. Hingga kasus yang lebih parah browser Anda tertanam keylogger yang dapat mencuri semua aktivitas Anda di internet.

Rootkit

Rootkit dapat memungkinkan peretas untuk mengambil alih komputer Anda. Biasanya jenis ini dapat digunakan untuk mencuri data pribadi. Namun begitu hacker dapat menggunakan komputer Anda sebagai alat DdoS untuk menyerang komputer lain.

Pegasus

Pegasus ini memiliki fungsi dalam memantau semua data di perangkat korban, termasuk riwayat pengguna browser, lokasi gps, hingga semua catatan pesan chat atau email.

Kerugian yang Disebabkan Oleh Spyware

Lalu bagaimana kerugian spyware tersebut bagi korbannya? Mari kita simak berikut ini:

Memperlambat Perangkat dan Boros Baterai

Spyware akan secara otomatis berjalan di komputer Anda tanpa diketahui, berikut beberapa hal yang dapat terjadi di belakang layar:

  • Dapat merekam aktivitas keyboard
  • Menampilkan iklan pop-up
  • Merekam mic Anda
  • Menyalakan kamera
  • Mengambil screenshot layar
  • Memasang aplikasi pendukung spyware lain

Kegiatan ini akan memakan sumber daya pada komputer Anda dan bekerja terus hingga komputer Anda bekerja lebih keras. 

Kerusakan Sistem Perangkat

Spywarea ini tidak hanya mengambil data Anda namun juga dapat menghapus data file penting hingga merusak sistem operasi di komputer Anda.

 Efeknya tentu akan memperlambat kinerja komputer hingga merusak komputer Anda dan memaksa Anda untuk menginstal ulang perangkat Anda lagi yang berefek kehilangan data.

Mengarahkan Anda ke Website Tertentu

Spyware dapat mengarahkan atau redirect ke website tertentu tanpa Anda sadari bahwa alamat website yang Anda ketik akan mengarah ke website lain. Tak sedikit kasus bahwa website yang diarahkan tersebut adalah website berbahaya yang dapat menyebarkan virus, malware, hingga lainnya.

Menjadikan Perangkat Anda Sebagai Server

Hal yang paling mengerikan pada spyware adalah dapat mengambil perangkat Anda atau remote server. Artinya tanpa disadari bahwa Anda akan menyebarkan ke orang lain. 

Hal ini terlampau beresiko jika perangkat Anda digunakan untuk keperluan usaha dan berhubungan bersama dengan banyak orang. Sebab, mereka semua dapat terkena spyware berasal dari Anda. 

Tak menutup barangkali jika lebih dari satu berasal dari mereka termasuk dapat dijadikan server untuk menyerang lebih banyak orang lagi.

Identity Theft

Identity theft adalah tujuan utama spyware tersebut untuk mengambil semua data pribadi Anda yang dapat dikirim ke peretas dan menyalahgunakan data tersebut untuk kepentingan si pembuat spywarea atau pihak ketiga dalam membeli data tersebut.

Misalnya, laksanakan pembelian barang ilegal, menguras saldo rekening Anda, atau cuman untuk merusak reputasi Anda di jagat maya. Semua benar-benar merugikan

Nah, langkah terpopuler melancarkan aksi pencurian identitasnya adalah bersama pakai keylogger. Keylogger adalah aplikasi yang sanggup merekam tiap tiap huruf yang Anda ketik di keyboard. 

Artinya, tiap tiap Anda memasukkan username, password, no kartu kredit, hingga angka CVV akan diketahui oleh si pembuat spyware.

Bahkan ada jenis keylogger yang lebih canggih terhitung sanggup memonitor kamera dan mic Anda tanpa henti. Jadi, kegiatan apa-pun yang berlangsung di depan perangkat Anda akan diketahui oleh si pembuat spyware.

Cara Menghilangkan Spyware dari Komputer

Cara untuk menghilangkan spyware mungkin cukup sulit karena spyware ini bisa saja tidak terdeteksi sama sekali oleh antivirus terbaik sekalipun.

Memang benar sulit bukan berarti tidak mungkin berikut ini cara menghilangkan spyware yang dapat Anda gunakan:

  • Install antivirus paling baik yang membawa fitur pembasmi spyware. Lalu, jalankan scan menyeluruh terhadap proses Anda. Untuk anjuran antivirus.
  • Hapus aplikasi asing atau yang Anda mulai tak pernah memasangnya. Terutama, jikalau aplikasi selanjutnya hanya berukuran beberapa megabytes saja.
  • Bersihkan cookies, cache, dan riwayat jelajah terhadap browser Anda. Biasanya, spyware termasuk menyusup ke cookies browser Anda.
  • Install lagi proses operasi atau factory reset perangkat Anda. Cara ini merupakan langkah terakhir jikalau solusi yang lain gagal. Sebab, semua data dan aplikasi Anda di C:/ atau penyimpanan internal akan terhapus.

Beberapa Rekomendasi Software Anti Spyware

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ya sebelum Anda terkena spyware alangkah baiknya Anda menggunakan perlindungan tambahan seperti berikut ini:

Avira

Avira adalah antivirus yang cukup tereknal dimana ia menyediakan fitur spyware cleaner. Anda dapat mengatur seberapa sering Avira untuk memindai perangkat Anda. Apabila menemukan software di folder ataupun filenya maka avira akan mengkarantina sambil menunggu untuk Anda hapus secara manual.

TotalAV

TotalAV memiliki fitur mengakrantina file yang berisi malware namun juga dapat membersihkannya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi bahwa software komputer rusak apabila file-filenya harus dihapus.

Selain itu program ini dapat memblokir iklan di browser yang dianggap malware sehingga Anda dapat lebih nyaman dalam berselancar di dunia maya.

SpywareBlaster

Berbeda dari kedua software sebelumnya bahwa spywareblaster ini dapat berfungsi khusus yang dapat melindungi Anda dari program ini. Software ini tidak dapat mencari spyware dengan melakukan pemindaian namun juga dapat mencegah spyware tersebut terinstall di komputer Anda.

Bitdefender

Bitdefender ini merupakan yang dapat melindungi komputer dan perangkat mobile. Softwarea keamanan ini tersebut kompatibel yang dengan perangkat Windows, Mac, iOS, dan Android.

Selain dapat memindai secara otomatis, bitdefender dapat melindungi Anda dari spyware dari browser. Sehingga percakapan email, password, dan data transaksi online Anda aman dari hacker.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup