Jasa Perawatan IT Untuk Instalasi Jaringan? Ke Netdata Aja!

Jasa perawatan IT

Jasa Perawatan IT – Teknologi IT saat ini banyak diterapkan oleh banyak sekali perusahaan dan industri untuk berbagai kebutuhan. Salah satu kebutuhan yang paling penting adalah memberikan instalasi jaringan untuk membangun komunikasi dan berbagi data. Untuk dapat menggunakan instalasi jaringan yang stabil maka diperlukan perawatan khusus dari staff yang ahli. Eitsss, kalo kamu membutuhkan jasa untuk perawatan perangkat IT dan jaringan, bisa langsung klik tombol dibawah ini ya! Konsultasi gratis!

Konsultasi Via Whatsapp

Namun bagi sebagian perusahaan lebih memilih untuk menyewa jasa perawatan IT untuk instalasi jaringannya untuk menekan biaya yang lebih besar.

Nah khusus di artikel kali ini kita akan membahas lebih detail tentang jasa perawatan IT untuk perusahaan, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Yang Mungkin Kamu Cari

Mari Membahas Infrastruktur IT

Dalam membangun teknologi informasi dalam sebuah perusahaan tentu memerlukan pembangunan infrastruktur IT itu sendiri serta termasuk dalam jasa perawatan IT. Ada beberapa komponen yang perlu di perhatikan dalam membangun sistem informasi tersebut berikut penjelasannya.

Pengertian Infrastruktur IT

Dalam memahami jasa perawatan IT apa saja yang dibutuhkan maka dibutuhkan pengetahuan tentang Infrastruktur IT. Infrastruktur IT adalah sebuah layanan teknologi dimana teknologi tersebut menyediakan sebuah wadah untuk mendukung pekerjaan dari sebuah sistem atau orgranisasi. Infrastruktur ini memiliki sejumlah layanan yang dapat digunanakan oleh pengguna seperti misalnya:

  • Layanan untuk perangkat lunak atau aplikasi.
  • Layanan komunikasi antar pengguna dengan suara, gambar, data maupun video.
  • Layanan untuk menganalisa data perusahaan dan mengelolanya.
  • Layanan management IT yang bekerja dalam merencanakan sekaligus mengembangkan internet.
  • Layanan pengembangan infrastruktur teknologi informasi. 
  • Layanan menerapkan kebijakan standar teknologi informasi.
  • Layanan komputasi yang berhubungan dengan karyawan dan pelanggan.

Di dalam sebuah infrastruktur teknologi informasi ada beberapa komponen utama yang perlu diketahui dalam memahami jasa perawatan IT antara lain:

  • Platform peranti lunak komputer
  • Platform peranti keras komputer
  • Manajemen serta penyimpanan data.
  • Platform sistem informasi
  • Konsultasi integrasi sistem
  • Platform internet
  • Platform jaringan telekomunikasi

Jenis Infrastruktur IT Berdasarkan Area Kerjanya

Adapun berbagai jenis infrastruktur IT berdasarkan area kerjanya yang dibagi menjadi tiga bagian yakni:

Local Area Network(LAN)

Lan atau local area Network ini adalah jaringan yang menghubungkan beberapa komputer yang biasa digunakan didalam perusahaan ataupun organisasi. Jasa perawatan IT ini melayani perawatan dalam jaringan LAN.

Metropolitan Area Network(MAN)

Teknologi informasi ini yang menghubungkan jaringan antar kantor namun dalam area Kota yang sama. Biasanya MAN ini membutuhkan jasa perawatan IT untuk dapat berjalan dengan lancar tanpa perlu khawatir terjadi kesalahan.

WIde Area Network(WAN)

WAN ini merupakan jaringan yang memiliki sistem komputasi yang jarak jaringan antar negara maupun benua. 

Jenis Infrastruktur IT Berdasarkan Sistemnya

Untuk jenis infrastruktur IT dalam jasa perawatan IT berdasarkan sistemnya di bagi menjadi tiga juga antara lain:

Software

Perangkat lunak atau software ini adalah sebuah komponen yang tidak memiliki bentuk atau tak kasat mata. Perangkat ini terdiri dari aplikasi atau program yang memiliki tugas dalam mengolah data yang ada didalam hardware.

Software atau perangkat lunak adalah sebuah komponen yang tidak memiliki wujud, alias tak kasat mata. Perangkat jenis ini terdiri dari program yang bertugas untuk mengolah data yang sudah dimasukkan ke dalam hardware.

Hardware

Hardware adalah perangkat keras yang berbentuk fisik. Hardware ini dapat dioperasikan secara langsung dan berfungsi sebagai penghubung antar pengguna dengan sistem komputer. Adapun beberapa komponen hardware seperti monitor, mouse, keyboard, RAM, dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa jenis hardware yang dibagi menjadi empat yakni input device, output device, processing device, dan storage device.

Brainware

Brainware adalah pengguna dari komputer itu sendiri. Pengguna yang mana mmiliki kewenangan dalam menjalankan dan mengoperasikan komputer. Jika tidak ada pengguna maka komputer tidak dapat beroperasi secara maksimal. Brainware ini adalah programmer, sistem analis, operator, dan administrator.

Manfaat dari Penggunaan Infrastruktur IT

Manfaat penggunaan infrastrutkur IT dalam jasa perawatan IT adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan dalam mencari informasi, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya.
  • Dapat membuka peluang bisnis yang baru.
  • Memudahkan dalam pemasaran barang dagangan yang akan dijual secara online.
  • Mengurangi biaya pemasaran dengan cara mengupdate secara online.
  • Memudahkan masyarakat yang membutuhkan informasi rumah sakit yang dibutuhkan.
  • Memudahkan proses pembelajaran antara pengajar dan siswa.

Komponen Infrastruktur IT

Dalam sebuah jasa perawatan IT biasanya juga menawarkan berbagai komponen infrastruktur IT yang lengkap. Ya tentu saja dalam infratruktur IT akan ada beberapa komponen yang dibutuhkan agar dapat berjalan dengan baik seperti data center. Berikut ini adalah beberapa komponen infrastruktur IT yang dibedakan antara komponen di dalam data center dan diluar data center:

Data Center

Data center atau pusat data dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting sebagai infrastruktur yang dapat mendukung proses bisnis operasional data. Selain itu data center dapat juga difungsikan sebagai pusat perlindungan data dari berbagai ancaman, baik bencana alam atau juga bencana lain yang tidak diinginkan yang terjadi pada server lokal. Maka dari itulah mengapa kebanyakan perusahaan sekarang menggunakan jasa perawatan IT untuk menghemat biaya.

Server

Server ini merupakan bagian dari data center itu sendiri yang digunakan sebagai tempoat penyimpanan data-data dan informasi yang disimpan.

Sistem Penyimpanan

Sistem penyimpanan ini sebagai media penyimpanan berbagai macam data yang tersedia dalam perangkat komputer yang dalam waktu tertentu akan dibuka dan dikelola ulang didalam perangkat.

Perangkat Jaringan

Dalam jasa perawatan IT biasanya yang menjadikan prioritas utama adalah koneksi jaringan internet dan internal perusahaan. Koneksi jaringan internet untuk pusat data dituntut harus stabil dan cepat. 

Hal ini mengingat pusat data sebagai pusat dari semua informasi dan data, maka koneksi jaringan internet ini harus berjalan dengan stabil dan baik.

Peralatan Jaringan Khusus

Sebagai pusat data pasti memiliki peralatan jaringan khusus sehingga pusat data tidak boleh digabungkan dengan jaringan lain demi menjaga privasi dan keamanan server-server yang didalamnya.

Diluar Data Center

Infrastruktur IT diluar data center ini meliputi peralatan yang dapat menunjang infrastruktur IT yang ada di dalam data center itu sendiri seperti kabel optik, satelit, antena antariksa, dan lain sebagainya.

Kabel Optik

Kabel optik merupakan jenis kabel yang berfungsi mengubah listrik menjadi cahaya dan mengalirkan ke satu titik ke titik lainnya. Fungsi kabel optik ini biasanya mentransmisikan data dengan kecepatan tinggi dengan jarak yang jauh.

Satelit

Satelit dijadikan sebagai media untuk transmisi komunikasi. Satelit ini juga dapat meneruskan sinyal yang dikirim dari bumi dan dikirimkan dari satu titik ke titik yang lain.

Antena Antariksa

Antena antariksa atau juga disebut dengan antena full motion ini memiliki kemampuan dalam menerima dua frekuensi yakni frekuensi S dan X band dan bisa melakukan transmisi pada frekuensi S-band.

Router

Router adalah perangkat jaringan internet fisik yang dirancang untuk menerima, menganalisa, dan meneruskan paket data ke jaringan komputer antar server dan klien.

Agregator

Agregator di sini bentuknya bisa berupa router maupun switch yang berfungsi untuk data monitor di luar data center.

Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan yang dibutuhkan untuk memperkuat sinyal yang dikirim agar dapat diteruskan ke komputer lain pada jaringan internal.

Penyeimbang Beban

Penyeimbang beban berfungsi sebagai titik tunggal kontak untuk klien. Penyeimbang beban ini mendistribusikan lalu lintas data masuk dari beberapa target ke data center.

Fungsi Insfrastruktur IT

Dengan jasa perawatan IT memiliki fungsi infrastruktur IT yang memiliki fungsi untuk melakukan manipulasi dan mengolah kata-kata yang diperlukan untuk pembuatan dokumen atau untuk merangkum sesuatu. Misalnya: Microsoft Word, OpenOffice Writer, dan Lotus Word pro

Berikut ini ada enam fungsi dari jasa perawatan IT dalam infrastruktur IT antara lain:

Menangkap(Capture)

Menangkap ini dimaksudkan sebagai penginput data yang akan dimasukan misalnya menerima inputan dari mouse, keyboard, mic, dan lain sebagainya.

Mengolah(Processing)

Mengolah data yang dimasukan kemudian dijadikan informasi. Pengolahan dapat berupa konversi, menganalisis, dan menghitung kalkulasi.

Menghasilkan(Generating)

Yang dimaksud menghasilkan adalah mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain. Contohnya tabel, grafik, gambar, dan laporan.

Menyimpan(Storage)

Merekam dan menyimpan data dalam suatu media yang dapat digunakan untuk kegunaan lainnya. Misalnya adalah menyimpan ke hard disk, tape, flash drive, dan lain sebagainya.

Mencari Kembali(Retrival)

Mendapatkan kembali informasi yang sudah tersimpan misalnya mencari data penjualan yang sudah ada di dalam tempat penyimpanan data sebelumnya.

Mentransmisi(Transmission)

Mengirimkan data dan informasi dari sebuah lokasi ke lokasi lainnya lewat jaringan komputer. Contohnya dengan mengirimkan data penjualan dari pengguna A ke pengguna lainnya.

Cara Menjaga Sistem Keamanan IT

Keamanan system IT harus dilakukan secara menyeluruh dan memang benar-benar paham 100% tanpa terkecuali. Adanya pemahaman yang menyeluruh tentang system keamanan maka akan membuat infrastruktur jaringan menjadi lebih secure dan tidak gampang dimasuki oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, ada beberapa cara agar bisa menjaga sistem keamanan IT. Berikut ini adalah cara-caranya:

Menggunakan Password Yang Kuat

Pastikan Anda, staf, sukarelawan, dan siapa pun yang terlibat dalam operasi Anda menggunakan kata sandi yang kuat – termasuk ponsel cerdas, laptop, tablet, akun email, dan komputer.

Mendesain Sistem Yang Aman

Untuk pertimbangkan sisi keamanan dan keandalan sistem, kita mesti memandang dari beraneka faktor risikonya. Saat merancang keandalan sistem, kita mesti tetap berpikir suatu sementara nanti sistem dapat mengalami kegagalan. Saat merancang keamanan sistem, kita mesti tetap berpikir suatu sementara nanti sistem dapat diserang dan diretas. 

Walaupun keduanya terlampau penting, tetap tersedia tradeoff pada keamanan dan keandalan.

Memiliki Dasar Pengetahuan Tentang IT

Untuk bisa memahami dan membentuk jaringan IT yang aman, tentunya salah satu caranya adalah memiliki dasar pengehtahuan tentang IT yang sangat kuat. Pengehtahuan dasar ini sangat penting karena dengan memahami pemahaman secara mendasar, maka akan dengan mudah memahami kasus-kasus lainnya yang merupakan pengembangan pengehtahuan dasar tersebut.

Menghindari Link Berbahaya Saat Browsing

Biasanya sebuah situs menampilkan sebuah link yang jika di klik, akan mempunyai pengguna ke sebuah halaman situs lain. Untuk mencegahnya, Anda sanggup menaruh kursor pas di link tersebut tanpa mengkliknya.

Biasanya Anda akan mendapati sebuah preview link di sebelah kanan bawah layar atau sebelah kiri bawah layar. Preview link tersebut tunjukkan situs mana Anda akan dialihkan jika Anda mengklik link tersebut. dengan demikian, Anda sudah sanggup mempertimbangkan link tersebut aman atau tidak.

Tidak Membuka Email Masuk Sembarangan

Ajari diri Anda dan orang-orang yang bekerja untuk Anda tentang cara mengenali email yang mencurigakan. Memeriksa tanda-tanda yang jelas seperti tata bahasa yang buruk, permintaan agar Anda segera bertindak, dan permintaan pembayaran akan membantu Anda menghindari ketahuan. Jika terlihat mencurigakan, jangan percaya – dan peringatkan staf Anda juga untuk tidak mempercayainya.

Tidak Memberikan Dengan Mudah Tentang Informasi Pribadi

Anda harus membatasi siapa yang memiliki akses ke sistem dan bangunan TI Anda – Anda tidak dapat membiarkan sembarang orang masuk tanpa pendamping karena ini akan membuat sistem Anda rentan. Semakin sedikit orang yang memiliki akses, semakin baik. Pengunjung harus dapat diidentifikasi dengan jelas. 

Pastikan Anda membatasi akses TI untuk orang yang bekerja untuk Anda, jika memungkinkan. Jika seseorang meninggalkan perusahaan Anda, atau jika mereka tidak ada untuk waktu yang lama, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menangguhkan akses mereka ke sistem Anda.

Menggunakan Antivirus

Antivirus selalu menyala adalah cara yang paling tepat untuk menjaga sistem keamanan IT. Antivirus ini akan selalu memindai berbagai macam ancaman yang bisa dating ke komputer Anda baik itu saat Anda melakukan browsing atau mendownload sesuatu. Disini biasanya jarang sekali pengguna menggunakan antivirus sehingga jasa perawatan IT akan menginstal antivirus yang terbaik demi keamanan jaringan Anda.

Menggunakan SSL

SSL merupakan sebuah protokol keamanan. Semua browser punyai kekuatan untuk berinteraksi dengan situs server secara safe misalnya manfaatkan protokol SSL. Namun, browser dan server butuh sertifikat untuk keamanan sambungan tersebut.

Menggunakan Software Resmi

Untuk menghindari pencurian data atau malware, anda bisa menggunakan software yang dibeli secara resmi. Terkadang, software yang didapatkan dengan cara crack tidak aman sama sekali. Ada celah dimana hacker atau orang yang usil untuk bisa meretas PC Anda karena penggunaan software secara tidak resmi tersebut. Dan software yang digunakan secara tidak resmi tidak mendapatkan update secara berkala dan tentunya mengurangi keamanan data pada jaringan.

Menggunakan Cloud Computing

Pada dasarnya cloud security punya tujuan untuk mengimbuhkan rasa safe yang maksimal kepada para penggunanya. Sehingga mereka tidak bakal khawatir kehilangan knowledge dikarenakan rusak, dicuri atau dihapus oleh para hacker.

Sebagai entrepreneur online, kemungkinan sudah waktunya bagi Anda untuk menerapkan sistem yang sama waktu ini juga.  

Layanan Jasa Perawatan IT dari Netdata

Kebutuhan akan perawatan IT untuk berbagai perusahaan dan instansi memang menjadi perhatian secara khusus. Keamanan sistem yang baik tentunya akan membuat device yang berjalan pada jaringan tersebut menjadi lebih aman dan terhindar dari berbagai macam virus dan juga ancaman lainnya yang tidak diinginkan.

IT merupakan penunjangan utama roda bisnis perusahaan, untuk itu diperlukan suatu pengelolaan yang profesional berkuallitas dan handal.  

Apakah Anda mencari layanan jasa perawatan IT? Anda bisa mempercayakannya kepada NetData yang menyediakan layanan jasa IT Service, IT Support, IT Konsultan dalam bidang teknologi informasi murah dan berkualitas.

Gimana Sih Proses Layanan Jasa Perawatan IT dari Netdata

Untuk kenyamanan, keamanan data, dan efektifitas didalam suatu pekerjaan yang terkait dengan PC maka sangat diperlukan PC yang stabil dan mudah didalam mobilisasi suatu aplikasi. Tak sekedar itu, jasa perawatan PC dan jaringan yang NetData berikan termasuk sanggup juga pemeliharaan keamanan data didalam disk drive dari ancaman rusaknya dan virus PC dan trojan.

Untuk prosesnya, NetData memiliki prosedur secara khusus dan juga professional untuk melakukannya, yaitu adalah dengan:

Analisis Proses Manajemen Infrastruktur IT

Manajemen infrastruktur IT mewakili dirinya di dalam banyak cara, salah satunya berasal dari pengawasan virus-virus untuk peralatan survei untuk menandakan jika upgrade telah dekat. Tujuan berasal dari manajemen infrastruktur IT adalah untuk mencapai efektivitas berasal dari total sistem IT, kebijakan, data, sumber daya manusia, peralatan dan lainnya.

NetData akan melakukan proses analisis manajemen infrastruktur terlebih dahulu yang dilakukan oleh tenaga kerja yang professional.

Merancang atau Memodifikasi Infrastruktur IT

Infrastruktur teknologi Info sebagai pondasi dari kemampuan teknologi Info yang mencakup semua perusahaan di dalam wujud service yang bisa dipercaya dan seringkali budgeted-for dan di sajikan oleh divisi proses Info atau outsourced dan salah satunya yang terbaik adalah NetData.

NetData akan membantu dalam merancang dan memodifikasi infrastruktur IT jika terdapat kesalahan atau infrastruktur tersebut tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Memelihara Infrastruktur IT

Demi menjaga keberlangsungan operasional usaha perusahaan, pemeliharaan infrastruktur IT yang terencana dan berkala perlu selamanya dilaksanakan. Namun, waktu ini nyatanya tetap banyak perusahaan yang tidak cukup menyimak perihal tersebut. Akibat berasal dari ketidaktahuan pentingnya menjaga keandalan infrastruktur IT, seringkali perusahaan mengalami banyak kendala berasal dari perihal yang simple sampai yang kompleks.

Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan pemeliharaan infrastruktur IT yang selalu di monitor dengan teliti, NetData akan memberikan jasa perawatan IT terbaik demi menjaga infrastruktur IT berjalan dengan baik dan juga terhindari dari beragam ancaman dari luar.

Memilih Proses Perawatan IT Yang Tepat

Pastinya untuk setiap infrastruktur IT memiliki perawatan yang berbeda-beda. Setelah dilakukan pemeliharaan, NetData akan memilih proses yang mana yang sekiranya tepat untuk infrastruktur IT yang Anda miliki.

Pilihan pemeliharaan ini dijamin yang paling tepat dan paling sesuai dengan infrastruktur IT yang Anda miliki.

Meningkatkan Efisiensi, Mengelola Biaya dan Meminimalkan Resiko Keamanan

Manajemen risiko berperang mutlak untuk menjauhi risiko yang terjadi didalam sebuah perusahaan. Risiko disimpulkan sebagai akibat yang kurang menggembirakan dari suatu tindakan. Risiko menjadi kata yang tidak asing di telinga dan punya konotasi negatif. Contoh saja, jika kita mempunyai sebuah bisnis, namun karyawan-karyawan tidak jujur dan senang mencuri, maka ada risiko usaha akan rugi (kejadian yang tidak menyenangkan).

Meminimalisir adanya resiko keamanan data yang bocor adalah tugas dari NetData dan proses pelayanan jasa perawatan IT. Peningkatan efisiensi untuk setiap device, pengelolaan biaya agar perusahaan Anda tidak membuang-buang banyak uang untuk infrastruktur IT adalah tugas handal dari NetData yang dapat dipercaya.

Mengidentifikasi Masalah Operasional dan Resiko Perlindungan Data

Aset Info (hardware, software, sistem, informasi dan manusia) merupakan aset yang penting bagi suatu organisasi yang perlu dilindungi dari risiko keamanannya baik dari pihak luar dan didalam organisasi. Keamanan informasi tidak bisa cuma disandarkan terhadap tools atau teknologi keamanan informasi, melainkan perlu adanya pemahaman dari organisasi tentang apa yang sekiranya perlu untuk dilindungi dan memilih secara tepat solusi yang bisa mengatasi permasalahan kebutuhan keamanan informasi). 

Untuk itu butuh pengelolaan keamanan Info yang sistemik dan komprehensif dari NetData yang akan menjalankan identifikasi dengan cermat.

Apa Saja Sih Keunggulan Jasa Perawatan IT dari NetData?

Memilih NetData sebagai pihak yang Anda andalkan dalam hal keamanan jaringan IT pada perusahaan atau instansi Anda membawa banyak sekali keunggulan yang tidak akan Anda dapatkan ditempat yang lain.

Jasa perawatan IT dari NetData menyediakan  keunggulan diantaranya adalah:

Pemeliharaan atau Perawatan IT Secara Maksimal

NetData akan melakukan pemeliharaan dan perawatan IT secara maksimal. Jadi, apapun masalah yang dihadapi pada infrastruktur IT Anda, akan dilakukan dan dibereskan oleh NetData dengan cepat dan juga secara maksimal. Jadi, NetData akan menghilangkan semua masalah yang ada dengan mudah dan juga dengan maksimal sehingga tidak akan ada lagi factor resiko berikutnya yang merugikan infrastruktur IT Anda.

Jasa Perawatan IT Dengan Biaya Layanan Yang Sesuai

Tentu saja Anda akan memikirkan masalah biaya jika menggunakan pihak luar seperti NetData untuk pemeliharaan sistem infrastruktur IT yang Anda miliki. Banyak disana yang menawarkan jasanya dengan harga yang mahal, padahal belum tentu kualitasnya bagus.

Pastikan Anda mempercayakan saja kepada NetData. NetData akan memberikan jasa perawatan IT dengan biaya yang sesuai dengan layanan yang maksimal sudah pasti!

Jasa Perawatan IT Dengan Solusi Terbaik Dari Masalah IT Yang Dihadapi

Semua masalah IT yang Anda hadapi akan NetData bereskan dengan berbagai macam cara yang maksimal. Jasa perawatan IT NetData ini terkenal dengan solusi yang terbaik dan juga dengan jaminan tidak akan adanya lagi masalah yang akan datang karena dilakukan secara maksimal dengan solusi yang terbaik juga.

Kesimpulan

Perawatan infrastruktur IT ini memang sangat penting. Bagi perusahaan atau instansi yang Anda kelola, tentunya adalah hal yang sangat wajib anda lakukan jika Anda memang concern sekali terhadap infrastruktur IT Anda.

Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan layanan infrastruktur IT yang terbaik, professional, dan juga dengan biaya yang sangat terjangkau, Anda bisa mempercayakannya kepada NetData. Ada beberapa pilihan maintenance infrastruktur IT yang disediakan oleh NetData, Anda bisa memilihnya sekarang juga.

Jika Anda tertarik dengan penawaran jasa dari kami silahkan Anda menghubungi kami melalui link ini atau bisa juga melalui form kontak kami disini.

Pastikan NetData untuk layanan infrastruktur IT terbaik, terpercaya, dan juga professional!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup