Apa Sih Pentingnya Keamanan Cloud Untuk Sebuah Perusahaan

Keamanan Cloud

Keamanan cloud computing di era modern saat ini memang sangat penting bagi sebuah perusahaan yang notabene sudah menjadi kebutuhan yang wajib.

Dengan banyaknya perusahaan yang masih menggunakan metode tradisional yang mulai menerapkan bisnis digital dengan bantuan teknologi termasuk cloud computing.

Dengan berkembang pesatnya cloud computing saat ini tentu banyak sekali ancaman cyber yang dapat mengancam pengembangan bisnis perusahaan tersebut. Maka dari itu kita perlu mengetahui pentingnya keamanan cloud demi berkembangnya bisnis perusahaan di era digital saat ini.

Mengenal Cloud Computing Di Era Modern

Keamanan cloud dimulai dari teknologi cloud computing itu sendiri. Ya tanpa cloud computing perusahaan biasanya membangun jaringannya secara internal yang mana mungkin masih ada pada perusahaan yang besar yang notabene memiliki modal yang besar pula.

Cloud computing ini dapat memangkas pengeluaran pembelian server secara mandiri. Biasanya harga server yang ada di perusahaan sangatlah mahal sehingga akan memberatkan perusahaan menengah kebawah.

Cloud computing ini menjadi solusi yang inovatif dan trendi yang sangat cocok sekali diterapkan oleh perusahaan yang besar maupun kecil. Kini banyak perusahaan yang mulai membangun bisnis mereka dengan mengandalkan cloud computing sebagai manajemen data center.

Cloud computing atau biasa di bahasakan sebagai komputasi awan yang merupakan teknologi computing ini dapat membuat data dan program disimpan dan diakses lewat internet dari perangkat apapun dan dimanapun.

Saat ini banyak perusahaan layanan cloud computing yang menawarkan layanan IT berbasis cloud computing bagi perusahaan yang tidak memiliki banyak modal dalam membuat server mandiri di perusahaannya.

Banyak penyedia layanan cloud computing juga memiliki sistem keamanan cloud computing yang handal dan memiliki jaminan keamanan data hilang hingga aman dari bencana alam.

Tipe Cloud Computing Berdasarkan Layanannya

Cloud computing ini sebenarnya memiliki tiga macam berdasarkan layanannya, Berikut penjelasan lengkapnya.

Software-As-A-Service (Saas)

Untuk memahami keamanan cloud computing kita perlu mengetahui salah satu dari jenis cloud computing ini sendiri. Software-As-A-Service (Saas) adalah sebuah perangkat lunak yang dijadikan sebagai layanan yang bersifat daring. SaaS ini juga diberikan lewat metode pay-as-you-go atau on-demand atau yang artinya bayar sesuai dengan kebutuhan.

Infrastructure-As-A-Service (Iaas)

Pengertian IaaS atau Infrastructure as a Service merupakan jenis layanan cloud yang memiliki server fisik dan virtual server.

Bagi perusahaan yang menggunakan layanan IaaS ini tidak lagi perlu membeli komputer atau peralatan jaringan secara fisik lagi karena penyedia layanan IaaS menyediakan resource cloud seperti server, storage, jaringan, dan ruang data center.

Platform-As-A-Service (Paas)

PaaS atau Platform as a Service adalah jenis layanan cloud yang menyediakan framework bagi developer yang dapat membangun dan menggunakan untuk membuat aplikasi yang sudah disesuaikan. 

Menggunakan layanan model PaaS maka semua server, storage, dan jaringan akan di kelola oleh penyedia layanan, namun developer dapat mengelola manajemen aplikasi yang dibuatnya.

Kelebihan Teknologi Cloud Computing

Dari penjelasan seputar cloud computing diatas maka disimpulkan ada beberapa kelebihan dari teknologi cloud computing itu sendiri, antara lain:

Hemat Biaya

Ya benar sekali bahwa alasan biaya adalah faktor utama bagi perusahaan yang menggunakan layanan cloud. Penggunaan cloud computing secara langsung memang sangat menghemat pengeluaran perusahaan untuk alokasi perangkat kerasnya, serta perusahaan tidak perlu lagi memikirkan biaya maintenance serta pemakaian listrik.

Efisiensi Dan Skalabilitas Yang Tinggi

Cloud computing memiliki manfaat dalam kemampuannya yang dapat di scale up dan down sesuai dengan kebutuhan. Misalnya perusahaan membutuhkan prosesing yang cepat maka CPU dapat ditambahkan untuk menunjang kecepatan yang dibutuhkan. Begitu pula disisi storage yang jika membutuhkan penyimpanan yang lebih besar tinggal menggunakan paket yang lebih premium.

Penggunaan Yang Fleksibel

Data yang disimpan dicloud maka dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Serta penambahan kapasitas storage dapat ditambahkan secara otomatis dengan melakukan self-provisioning.

Data Terpusat Di Server

Cloud ini selama dapat diakses dimana saja selama ada akses internet. Misalnya jika pengguna yang memiliki data di cloud server sudah melakukan sinkronisasi antara komputer di perusahaan dan di gadget lainnya. 

Tingkat Keamanan Jauh Lebih Tinggi

Berbicara soal keamanan cloud tentu cloud ini sangatlah tinggi. Banyak orang yang mungkin masih beranggapan bahwa penyimpanan data di cloud ini berarti data perusahaan tidak aman. Padahal sebenarnya cloud ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi yang dibandingkan dengan solusi on-premise.

Aksesibilitas Yang Tinggi

Sejak dengan adanya cloud computing ini maka pengguna dapat mengaksesnya dari mana saja tanpa perlu datang ke kantor. Hal ini sangat membuat pengguna menjadi bebas dan fleksibel melakukan bisnis dimana saja dan kapan saja.

Kekurangan Cloud Computing

Itu tadi kita sudah membahas tentang kelebihan cloud computing, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari cloud computing yang tidak terpikirkan.

Bergantung Pada Koneksi Internet

Benar sekali bahwa cloud computing ini bergantung pada koneksi internet. Sehingga tidak adanya koneksi internet maka secara otomatis cloud computing akan terputus. Tentu hal ini menjadi hambatan di negara Indonesia yang masih banyak daerah yang tidak ada akses internet.

Harus Mencari Vendor Yang Sudah Standarisasi Untuk Menjamin Keamanan

Yang menggunakan sistem cloud computing maka perusahaan tersebut akan mempercayakan sepenuhnya data rahasia dan keamanan kepada penyedia layanan cloud. Maka dari itu diperlukannya memilih penyedia layanan cloud yang memiliki sertifikasi atau terstandarisasi ISO yang terjamin keamananya

Solusi Keamanan Cloud Computing Untuk Bisnis

Cloud computing ini merupakan sebuah inovasi bagi bidang teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis bagi perusahaan besar maupun kecil. Maka dari itu sangatlah penting bagi perusahaan untuk segera bermigrasi menggunakan solusi keamanan cloud computing ini untuk bisnis.

Cloud Storage

Keamanan cloud computing ini sering juga dijadikan sebagai data center atau penyimpanan data dan informasi user secara terpusat dalam sebuah media penyimpanan berbasis internet.

Dengan keamanan cloud yang terjamin maka data yang tersimpan di cloud akan lebih terjamin keamanannya.

Pentingnya Keamanan Dan Privasi Dalam Cloud

Banyak perusahaan yang menggunakan cloud computing ini berkaitan erat dengan privasi dan keamanan data. Penyedia layanan cloud akan memberikan jaminan keamanan data dari berbagai ancaman baik itu resiko hacking, dan pencurian data.

Privasi Data

Perlindungan data adalah hal utama yang diperhatikan dari keamana cloud dalam privasi data. Banyak pengguna yang mengintegrasikan cloud dalam perusahaanya. Yang mana hal ini menjadi prioritas untuk mengamankan setiap data dan informasi yang disimpan. Dalam penyimpanan cloud, maka data akan selalu tersedia dan dapat diakses melalui perangkat yang terhubung ke internet.

Keamanan Data

Keamanan data adalah esensi dari keamanan cloud computing yang memiliki beberapa fungsi dan keunggulan. Diantaranya adalah aksesibilitas yang mudah ke berbagai platform cloud lewat jaringan internet. Sehingga akan lebih mudah untuk mengerjakan berbagai aktivitas sekaligus dalam satu waktu. 

Tidak sedikit perusahaan yang mendapatkan hak untuk dapat berkonsultasi mengenai keamanan cloud kepada costumer service penyedia layanan yang dipilih. Ketika pemeliharaan dan pengelolaan sistem akan ditangani dengan baik demi meningkatkan keamanan data serta melakukan strategi rencana bisnis perusahaan.

Jika Anda tertari dengan keamanan cloud yang kami tawarkan, Anda bisa langsung menghubungi kami di link ini atau melalui form kontak kami disini. Dan dapatkan berbagai keuntungan menarik lainnya dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup