Cari Jasa Instalasi Server? Pertimbangkan Netdata Yuk!

Jasa Instalasi Server

Jasa Instalasi Server – Server ya mungkin sudah tidak terdengar asing lagi ditelinga kita dalam kehidupan modern saat ini. Apa sih yang dimaksud dengan server?

Biasanya perusahaan-perusahaanlah yang menggunakan server ini untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah untuk menghubungkan jaringan internal agar setiap komputer di perusahaan tersebut dapat terhubung satu sama lain untuk dapat berkomunikasi dan bertukar data.

Nah bagi Anda yang mungkin ingin mencari jasa instalasi server di Indonesia makanya kita simak terlebih dahulu apa sih yang membuat perusahaan ingin membangun server internal sendiri. 

Mari Mengenal Server Terlebih Dahulu

Server itu atau pelayan ini adalah komputer yang memang digunakan sebagai pelayan atau pusat dari komputer dari jaringan tertentu. Nah berikut adalah pengertian sesungguhnya server itu.

Server Adalah

Server adalah perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi termasuk juga dengan hardware dan software khusus yang dapat memberikan layanan yang diminta oleh klien yang ada dalam satu jaringan.

Layanan ini termasuk dalam mengontrol sumber daya, mengelola jaringan, mengatur lalu lintas data, hingga mengaktifkan dan menonaktifkan program dalam jaringan.

Jenis Server Beserta Fungsinya

Adapun beberapa jenis server yang beserta fungsi yang dapat dibedakan antara lain.

Web Server

Web server adalah seperangkat lunak yang dapat dipasang pada server yang dapat berfungsi untuk menyediakan layanan berupa permintaan dengan protokol https atau http yang dapat diakses dengan menggunakan browser.

Mail Server

Mail server yang memiliki fungsi yang melayani client khususnya dalam hal berkirim surat. Surat ini dapat disimpan didalam mail tersebut pula. Selain menyediakan layanan yang dapat berkirim surat, mail server ini yang dapat mengorganisir yang dapat menuliskan surat yang dimiliki oleh client. 

Database Server

Server jenis ini digunakan untuk melayani client yang membutuhkan layanan untuk menyimpan database. Port yang digunakan biasanya menggunakan 3306 ( Mysql ) dan 5432 ( PgSQL ).

File Server

File server adalah sebuah komputer yang berfugnsi untuk menampung berbagai data yang dimiliki oleh client yang bersangkutan. Biasanya memiliki kapasitas yang dimilki oleh server ini bergantung pada hardisk yang ada pada server tersebut.

DHCP Server

DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang digunakan oleh server yang dapat memudahkan penyebaran alamat IP yang secara otomatis ke perangkat lainnya.

Proxy Server

Proxy server adalah sebuah server yang dapat berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan dalam bentuk konten dalam sebuah internet.

FTP Server

FTP server adalah server yang memiliki protokol FTP yang dapat dilakukan sebagai protokol yang dapat untuk transfer data.

Game Server

Game server adalah server yang dapat digunakan untuk pusat yang dapat menghubung antar  pemain dengan pemail lainnya di seluruh dunia. 

Fungsi Server

Server sendiri memiliki fungsi utama yakni dalam bertanggun jawab dalam memenuhi permintaan data dari komputer klient. Berikut ini adalah beberap fungsi server lainnya.

Penyimpanan Data Digital

Fungsi lain dari server ini adalah sebagai tempat penyimpanan data yang dikirimkan dari klien. Data ini tersimpan dalam bentuk dokumen dan informasi yang kompleks. Untuk dapat menampung data yang banyak server ini tentu harus memiliki kapasitas yang besar. Klien ini dapat menyimpan dan mengakses data dengan klien lainnya.

Sebagai Layanan Komputer Klien

Fungsi server adalah akan melayani segala permintaan dari klien yang dapat diproses. Baik itu permintaan data atau aplikasi yang dapat dijalankan oleh klien. Dalam mendukung fungsi tersebut server biasanya menggunakan sistem operasi yang aman serta cepat. 

Mengatur Traffic Data

Server dapat mengatur komunikasi dan mengirimkan informasi kepada klien. Server memang akan sibuk dalam memenuhi permintaan dari klien. Maka dari itu perangkat server biasanya memiliki hardisk dan RAM yang tinggi.

Bentuk Perlindungan Dari Serangan Hacking

Fungsi server ini berfungsi untuk melindungi komputer dari berbagai gangguan dan serangan peretas. 

Cara Kerja Server

Cara kerja dari server ini sederhananya server bekerja atas permintaan dari client sehingga setiap server memiliki cara kerja yang mirip yakni mengikuti permintaan dari client. Bedanya yakni implementasi layanan, fungsi, tugas masing-masing server saja.

Memperoleh Alamat IP Dari Nama Domain

Server bekerja pertama dengan cara memperoleh alamat IP dari alamat nama domain untuk dapat membuat klien untuk terhubung dalam satu jaringan.

Browser Meminta URL Lengkap

Kemudian klient meminta url lengkap di browser ke server.

Server Web Merespons Permintaan

Kemudian server akan menerima permintaan dari klien dan memprosesnya lalu mengirimkannya kembali ke komputer klien.

Browser Menampilkan Halaman Web

Kemudian client akan menerima hasil respon dari server yang akan dimunculkan ke browser.

Menggunakan Jasa Instalasi Server Dari Netdata

Bagaimana sudah paham bukan apa yang dimaksud dengan server itu sendiri. Dan apa saja fungsi server yang penting bagi perusahaan bukan?

Jika sudah maka Anda yang berminat untuk mencari jasa instalasi server di perusahaan Anda maka pastikanlah mencari penyedia jasa intalasi server yang terpercaya seperti NetData.

NetData adalah perusahaan IT yang menyediakan berbagai produk jaringan serta menyediakan jasa manage service yang paling lengkap di Indonesia termasuk juga jasa instalasi server. Apabila Anda tertarik dan membutuhkan jasa instalasi server dari Netdata, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau  melalui form kontak kami disini.

Professional

NetData memiliki tenaga profesional yang siap membantu Anda dalam menyediakan solusi instalasi server yang terpercaya.

Transparan dan Fleksibel

Selain profesional, NetData juga akan memberikan solusi yang terbaik dan dibutuhkan oleh perusahaan Anda sehingga setiap solusi yang diberikan akan diberikan secara transparan dan fleksibel.

Biaya yang Terjangkau

Jasa instalasi server mahal? Tenang NetData akan memberikan solusi yang terbaik untuk Anda sesuai dengan budget dari anggaran yang ada sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan serta mendapatkan solusi yang terbaik.

Produk Yang Terbaik

Untuk produk server yang ada di NetData dijamin berkualitas dari merek atau brand yang sudah terkenal akan kualitasnya misalnya saja dalam pemilihan kabel, prosesor, ram, router, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari artikel diatas kita dapat menyimpulkan bahwa server sangatlah penting bagi perusahaan yang ingin memiliki jaringan internal sendiri. Maka dari itu jika Anda tidak berani membangun instalasi server sendiri maka sebaiknya serahkan kepada yang ahli yakni NetData.

NetData menyediakan jasa instalasi server yang terpercaya serta menyediakan solusi yang terbaik untuk Anda tanpa perlu takut kemahalan, serta NetData menyediakan konsultasi dengan menghubungi customer service di website resmi NetData yakni nds.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup