Aruba 2930M, Solusi Switch Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Aruba 2930M

Aruba merupakan perusahaan IT yang memproduksi berbagai produk jaringan yang berkualitas dan sudah banyak dikenal diberbagai negara termasuk Indonesia. Salah satu produk Aruba yang akan digunakan adalah Aruba 2930M yang termasuk dalam kategori switch.

Apa sih kelebihan dari switch Aruba 2930M, dan apa saja bahan pertimbangan untuk membeli produk dari Aruba yang satu ini? Mari kita simak artikel berikut ini.

Mari Mengenal Terlebih Dahulu Tentang Tranfer Data

Sebelum membahas produk Aruba 2930M lebih detail alangkah baiknya kita mengetahui tentang data dan transfer data agar lebih dapat memahami fungsi dari produk switch dari Aruba.

Penjelasan Tentang Data

Data berasal dari bahasa latin yakni kata datum yang artinya sesuatu yang diberikan. Data adalah kumpulan dari informasi atau keterangan yang didapatkan dari hasil informasi ataupun pengamatan yang berupa lambang, angka, atau sifat.

Definisi data

Data adalah sesuatu penyataan yang diterima apa adanya tanpa dilebih-lebihkan ataupun dikurangi. Atau juga dapat diartikan sebagai data yang dapat didapatkan dari berbagai sumber yang mejadi suatu anggapan atau fakta karena belum dioleh lebih lanjut.

Fungsi data

Fungsi data sendiri sebagai informasi bagi penerimanya, data juga dapat memiliki fungsi lain yakni sebagai dasar suatu perencanaan, alat pengendali terhadapa pelaksanaan atau juga implementasi suatu aktivitas, dan alat pembuat keputusan. Pada umumnya fungsi data adalah sebagai dasar evaluasi terhadap suatu kegiatan.

Jenis data berdasarkan sumbernya

Jenis data yang dapat dibagikan berdasarkan sumbernya, antara lain:

Data internal

Data ini umumnya didapat dari suatu organisasi atau lembaga dimana penelitian tersebut dilaksanakan. Contohnya seorang dosen yang mengadakan penelitian kinerja dosen dan segala aspek yang mempengaruhinya. 

Data eksternal

Jenis data eksternal ini didapatkan dari lembaga atau organisasi lain yang mana penelitian tersebut dilakukan.

Misalnya, peneliti hendak mengetahui pertumbuhan usaha suatu product UMKM. Peneliti berikut mencari information di luar perusahaan yang bersangkutan, seperti di Biro Pusat Statistik (BPS). Nah, information inilah yang disebut sebagai information eksternal.

Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data adalah banyaknya paket data yang dapat dikirimkan atau diterima sebuah komputer dalam satuan waktu.

Dalam mengirim sebuah data komputer akan menambah 1 bit di depan sebagai awal data dan 1 bit ke akhir data, sehingga setiap karakter 10 bits.

Misalnya kecepatan modem yakni 28.000 bps yang berarti modem yang tersebut dapat melewatkan data sebanyak 2.800, yaitu 28.000/10 karakter setiap detik.

Komputer dikenal satuan bit, yakni binary digit atau angka biner. Sehingga 1 bit sama dengan 1 karakter perhuruf di dalam sistem bilangan biner. Suatu paket data kebanyakan terdiri berasal dari sebagian bit bergantung sistem yang digunakan.

Secara umum, satuan paket data yang kerap digunakan di dalam komputer adalah sebagai berikut:

1 byte = 8 bit = 1 karakter

1 KB = 1 kilobytes = 210 bytes = 1.024 bytes

1 MB = 1 Megabytes = 220 bytes = 1.048.576 bytes

1 GB = 1 Gigabytes = 230 bytes = 1.073.741.824 bytes

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kecepatan Transfer Data

Adapun yang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan transfer data dalam suatu elektronik. Adapun lima aspek diantaranya adalah.

Transfer Data

Komputer yang digunakan untuk menggunakan internet memiliki komponen yang penting diantaraya RAM, Prosesor, Hard disk, LAN Card atau WiFi.

Modem

Modem ini memiliki pengaruh terhadap kecepatan internet yang berbeda-beda setiap spesifikasi dari perangkat itu sendiri.

Jaringan

Jaringan ini dapat diakses untuk internet dan beberapa layanan yang dapat mempengaruhinya. Misalnya yakni layanan line telepon, gprs, satelit atau fiber optic. 

Bandwidth

Bandwidth ini adalah luas atau lebar pita frekuensi yang ada dalam sinyal atau medium transmisi. Bandwidth ini memiliki peran penting dalam kecepatan akses yang berbeda-beda setiap ISP atau Internet Service Provider, bandwidth ini diukur dengan menggunakan satuan Hertz.

Pengguna

Pengguna yang menggunakan akses internet dalam jaringan akan mempengaruhi kecepatan internet. Karena internet yang digunakan secara bersamaan maka akan berdampak pada ketersediaan bandwidth yang ada.

Pembahasan Mengenai Switch

Setelah mengetahui apa itu data maka kita akan membahas tentang perangkat switch. Tak lengkap jika ada suatu jaringan tidak ada perangkat switchnya. Dimana switch berguna untuk membantu pertukaran data.

Jaringan pc memerlukan alat untuk menolong pertukaran data. Salah satu yang kerap dipakai adalah switch. Di sebuah proses LAN, alat ini berwujud kotak bersama banyak port saling tersambung.

Nah untuk teman teman yang tetap bingung mengetahui berkenaan apa itu switch dan terhitung kegunaannya, berikut kami paparkan ulasan lengkapnya untuk kamu semua.

Pengertian Switch

Pengertian swich adalah perangkat jaringan komputer yang berperan dalam penghubung antar komputer berkecepatan tinggi untuk bertukar data.

Switch akan menerima data dari sumber seperti server kemudian di teruskan ke perangkat yang meminta data tersebut. Sebaliknya hub juga dapat menerima semua data namun melakukan distribusi ke perangkat yang terkoneksi sebagai penerima.

Secara sederhana switch ini juga didefinisikan sebagai alat konektor ke jaringan komputer yang dapat meneruskan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Selain switch, ada alat lain yang punyai kekuatan dan kegunaan mirip yakni hub. Dua alat selanjutnya bahkan terlihat mirip yakni banyak port. Anda mesti menyadari perbedaan hub dan switch agar enteng menyadari langkah kerja, tipe, dan fungsi.

Fungsi Switch

Fungsi switch adalah sebuah penghubung antar perangkat jaringan untuk dapat berkomunikasi data satu sama lain. Adapun beberapa point fungsi switch yang dapat Anda simak berikut ini.

Perangkat Konektor

Fungsi switch utama adalah sebagai konektor. Dijaringan komputer Anda dapat memerlukan alat ini untuk terkoneksi ke perangkat, server, router, dan apa saja. Selain itu switch ini dapat membantu dalam mengelola jaringan komunikasi agar pertujkaran data dapat berlangsung dengan cepat.

Manajemen Data

Selain konektor, switch juga dapat digunakan sebagai manajemen data. Yang semua akan seger diolah dalam memastikan tidak ada kesalahan. Dan juga alat ini memberikan kep erangkat yang membutuhkan berdasarkan MAC address dan IP address. 

Perangkat Repeater

Repeater yakni penguat sinyal. Yang mana data dan sinyal dari sumber sangat lemat maka repeater akan memperkuat sinyalnya.

Looping Avoidance

Looping avoidance ini adalah kemampuan dalam mencegah perputaran data yang ada pada port-port switch.

Contohnya yakni ketika sebuah komputer melakukan pengiriman data yang tidak diketahui tujuan penerimanya. Sehingga switch akan meneruskan ke alamat MAC address tertentu dengan memblokir port yang ada pada perangkat lainnya.

Address Learning

Managed switch juga bisa dijadikan sebagai address learning yang dapat melakukan pencatatan MAC address antar perangkat komputer yang terhubung ke dalam satu jaringan.

Saat terjadi pengiriman data maka switch otomatis akan mencatat MAC address dari pengirim dan meneruskan pengiriman data yang sesuai.

Validator dan filter

Managed switch yang memeriksa apakah data yang masuk sudah valid serta menyeleksi sesuai keperluan. Apabila tidak cukup maka tidak mengirim ke perangkat lain. User dapat mengidentifikkasi secara langsung apakah serverf dan komputer lain yang ada dalam mengirim data benar atau tidak.

Jenis Jenis Switch

Switch di pasaran memang memiliki variasinya masing-masing. Biasanya yang paling umum switch ini di bedakan berdasarkan posisi dan fungsinya di jaringan.

Switch Layer 2

Switch layer 2 adalah konektor dari satu perangkat dan lainnya. Pertukaran data langsung kenakan mac address untuk identifikasi. Tipe ini dipakai terhadap jaringan LAN, rumah, dan kantor yang tidak butuh cakupan besar. Misalnya yakni alatnya adalah switch hub 8 port. Setiap port akan tersambung ke alat lain secara langsung.

Switch Layer 3

Switch layer 3 dapat diterapkan pada level internet yang lebih luas. Penggunaan MAC tidak lagi efisien sebab mesti kirim data ke banyak port. Contohnya, anda akses server untuk membuka web tertentu. Yang dipakai untuk identifikasi bukan mac address melainkan ip address.

Unmanaged Switch

Unmanaged switch ini adalah sebuah perangkat yang tidak dapat dikonfigurasi. Ya benar bahwa switch ini tidak dapat dikonfigurasi hanya dapat digunakan sebagai transfer data sesuai pengaturan defaultnya.

Managed Switch

Sedangkan managed switch dapat dirubah konfigurasinya sesuai kebutuhan kita. Salah satu kelebihan switch ini adalah jika terjadi error yang mana dapat diperbaiki dengan mudah dibandingkan unmanaged switch yang tidak dapat kita konfigurasi.

Ethernet Switch

Ethernet switch adalah salah satu perangkat yang dapat berjalan pada lapisan data link dari model referensi OSI. Ethernet switch ini dapat mendukung transfer data dalam jumlah besar lewat jaringan yang terhubung antar komputer.

ISDN switch

ISDN adalah pengembangan jaringan telepon IDN yang dapat menyediakan hubungan digital yang ada dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Modular Switches

Switch modular ini adalah jeni switch yang dapat menambah keamanan kabel seperti fiber optik dan juga kerapiannya. Ya benar saja bahwa modular switches ini biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding switch biasa.

Smart Switches

Smart switches adalah perkembangan teknologi switch yang menawarkan beberapa manajemen dan segmentasi, kualitas layanan, dan kemampuan keamanan, sehingga dapat menjadi alternatif yang lebih murah dibanding switch modular.a

Cara Kerja Switch

Cara kerja switch ini memang cukup mudah dipahami karena merupakan alat fisik. Misalnya Anda dapat membuat jaringan yang terdiri dari satu server yang ada tiga komputer sebagai pengguna.

Alat ini dapat dipasang bagian sedang sebagai konektor server ke user. Saat server mengirim data, penerima bukan seluruh user melainkan user spesifik dan yang lain tidak berpengaruh.

Teknologi Transfer Data Pada Switch

Teknologi transfer data pada switch ini dibagi menjadi beberapa point antara lain.

ATM Switch (Asynchronous Transfer Mode)

Asynchronous Transfer Mode adalah Teknologi pertama dari switch. Transfer data yang dilakukan secara asinkron yang mana antara penerima dan pengirim tidak harus memiliki waktu yang tersinkronisasi.

Peran switch di teknologi ini dapat memindahkan berbagai jenis trafik seperti suara, video, data, dan lainnya dengan cepat dan efisien. Circuit switching ini biasanya mensyaratkan bahwa paket ini diset ke posisi dalam frame berulang.

STM Switch (Synchronous Transfer Mode)

STM switch adalah proses pengiriman data yang ada dimana pengirim dan penerima berada dalam pengaturan dan waktu yang sama dengan tujuan data dapat dikirim kan dan diterima dengan baik oleh kedua perangkat komputer. 

Kelebihan dan Kekurangan Switch

Cara kerja dan fungsi, tahap berikutinya adalah pembahasan tentang kelebihan kekurangan yang menggunakan switch. Anda dapat mengetahui lebih lanjut sebelum menerapkan serta          memasang alat pada jaringan.

Kelebihan

Kelebihan switch adalah terletak dari kapabilitas dalam mengirimkan data ke koneksi yang membutuhkan. Pertukaran data terjadi pada yang membutuhkan. Cara kerja ini menjadikan switch lebih efisien dan fleksibel.

Kekurangan

Kekurangan switch adalah butuh usaha ekstra untuk setting. Selain itu, harga di pasaran lebih mahal berasal dari hub. Selanjutnya, kamu mesti belanja beberapa untuk jaringan yang kompleks. Jika keliru setting, butuh saat untuk perbaikan.

Switch Aruba 2930M

Seri switch Aruba 2930m merupakan switch Layer 3 yang dapat ditumpuk ini memberikan kinerja dan skalabilitas untuk perusahaan, usaha kecil dan menengah, dan jaringan kantor cabang.

Fitur Yang Ada Aruba 2930M

  • Ethernet multi-gigabit untuk kecepatan yang dioptimalkan untuk pengguna seluler dengan pendekatan kabel dan nirkabel terintegrasi, desain modular fleksibel dari sakelar yang cepat dan tangguh ini membuatnya mudah digunakan dan dikelola.
  • Sakelar Ethernet Layer 3 yang Kuat Menawarkan rangkaian fitur kelas perusahaan yang mencakup perutean statis, RIP dan akses OSPF, ACL, serta keamanan dan QoS yang tangguh.
  • Pertumbuhan jaringan yang fleksibel Menghadirkan ketahanan dan skalabilitas melalui penumpukan backplane 10-anggota dan catu daya redundan, hot-swappable, semuanya dalam faktor bentuk 1U yang nyaman.
  • Akses berkecepatan tinggi Menghadirkan kinerja tinggi pada lapisan akses dengan dukungan Ethernet multi-gigabit HPE Smart Rate, 1GbE, dan uplink 40GbE.
  • Kekuatan modular Catu daya redundan hot-swappable menghasilkan hingga 1440W IEEE 802.3bt class 6 PoE untuk mendukung titik akses dan perangkat IoT terbaru.

Spesifikasi Aruba 2930M

  • Port dan slot I/O
  • Saklar 1-slot 24G (JL319A):
  • 20 Port penginderaan otomatis 10/100/1000 (IEEE 802.3 Tipe 10BASE-T, IEEE 802.3u Tipe 100BASETX, IEEE 802.3ab Tipe 1000Base-T)
  • 4 Port SFP Kombo 10/100/1000BASE-T atau 100/1000 Mbps
  • Sakelar 1-slot PoE+ 24G (JL320A):
  • 20 Port penginderaan otomatis 10/100/1000 (IEEE 802.3 Tipe 10BASE-T, IEEE 802.3u Tipe 100BASETX, IEEE 802.3ab Tipe 1000Base-T, IEEE 802.3at PoE+)
  • 4 Port SFP Kombo 10/100/1000BASE-T atau 100/1000 Mbps
  • Sakelar 1-slot 48G (JL321A):
  • 44 Port penginderaan otomatis 10/100/1000 (IEEE 802.3 Tipe 10BASE-T, IEEE 802.3u Tipe 100BASETX, IEEE 802.3ab Tipe 1000Base-T)
  • 4 Port SFP Kombo 10/100/1000BASE-T atau 100/1000 Mbps
  • Sakelar 1-slot 48G PoE+ (JL322A):
  • 44 Port autosensing 10/100/1000 (IEEE 802.3 Tipe 10BASE-T, IEEE 802.3u Tipe 100BASETX, IEEE 802.3ab Tipe 1000Base-T, IEEE 802.3at PoE+)
  • 4 Port SFP Kombo 10/100/1000BASE-T atau 100/1000 Mbps
  • 40G 8 HPE Smart Rate PoE+ 1-slot Switch (JL323A):
  • 36 Port penginderaan otomatis 10/100/1000 (IEEE 802.3 Tipe 10BASE-T, IEEE 802.3u Tipe 100BASETX, IEEE 802.3ab Tipe 1000Base-T PoE+)
  • 8 port PoE+ tembaga 802.3bz 1/2.5/5 dan 10GBASE-T
  • 4 Port SFP Kombo 10/100/1000BASE-T atau 100/1000 Mbps
  • 40G 8 Smart Rate POE Kelas 6 Sakelar 1-slot (R0M67A):
  • 36 Port autosensing 10/100/1000 (IEEE 802.3 Tipe 10BASE-T, IEEE 802.3u Tipe 100BASETX, IEEE 802.3ab Tipe 1000Base-T PoE Kelas 6); Dupleks: 10BASE-T/100BASETX: setengah atau penuh; 1000BASE-T: hanya penuh
  • 8 port 802.3bz 1/2.5/5 dan 10GBaseT PoE Kelas 6
  • 4 Port SFP Kombo 10/100/1000BASE-T atau 100/1000 Mbps
  • 24 HPE Smart Rate PoE+ 1-slot Switch (JL324A):
  • 24 port Autosensing 1/2.5/5GBaseT PoE+
  • 24 Smart Rate POE Kelas 6 Sakelar 1-slot (R0M68A):
  • 24 Port autosensing 1/2.5/5GBaseT PoE Kelas 6
  • Sakelar (JL319A, JL320A, JL321A, JL322A, JL323A, R0M67A):
  • Dupleks: 10BASE-T/100BASE-TX: setengah atau penuh
  • 1000BASE-T: hanya penuh

Mengapa Memilih Aruba 2930M

Jika ditanya mengapa memilih Aruba 2930M, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri antara lain.

Aruba 2930M Menjadi Solusi Masalah Switch Anda

Aruba 2930M bisa menjadi solusi masalah switch Anda, ya jika sebelumnya Anda memiliki switch lama yang tidak memiliki fitur yang tidak selengkap Aruba 2930M maka akan terasa perbedaannya. Contohnya saja Aruba 2930M mampu di konfigurasi melalui cloud computing yakni Zero-Touch Provisioning yang mana bisa Anda kelola dimanapun dan kapanpun.

Aruba 2930M Switch Terbaik

Aruba 2930M adalah perangkat switch yang dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda terutama bagi sekelas perusahaan yang memang membutuhkan fitur yang lengkap dan mampu mendukung banyak perangkat sekaligus. Aruba 2930M bisa Anda dapatkan di NetData yang dijamin original maka pilihlah toko yang terpercaya seperti di nds.id.

Aruba 2930M Bergaransi

Aruba 2930M memiliki dukungan garansi yang lama jika Anda membeli di NetData yang merupakan distributor resmi dari produk Aruba yakni 1 tahun lamanya. Dan juga NetData menyediakan konsultasi yang gratis bagi Anda yang ingin memilih produk Aruba yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Aruba 2930M Harga Terjangkau

Aruba 2930M harganya mahal atau murah? Tentu hal ini sering dipertanyakan oleh beberapa orang yang membuatnya ragu untuk membelinya. Di NetData Aruba 2930M dijual dengan harga distributor sehingga jauh lebih murah dibandingkan dengan toko yang menjualnya eceran. Ya harga di NetData sudah paling murah dipasaran sehingga belilah switch Aruba 2930M hanya di website resminya yakni di nds.id.

Jika Anda membutuhkan produk ini untuk kebutuhan perusahaan/ pribadi bisa langsung menghubungi melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup