Jasa Instalasi Server Untuk Perusahaan Anda

Instalasi Server

Instalasi Server – Dalam sebuah perusahaan, tentunya ada yang dinamakan sebuah tempat dimana untuk menyimpan data dan juga untuk menjalankan serta mengatur sebuah aplikasi. Hal tersebut adalah tugas sebuah server dalam sebuah jaringan komputer yang ada di sebuah perusahaan. Memang terdengar seperti menyimpan data hanya di hardisk saja sudah cukup. Tapi jika data itu digunakan secara bersama-sama tentunya butuh yang namanya server entah itu server proxy atau web server.

Kedua jenis server ini memiliki peranannya masing-masing, baik proxy server maupun web server sangat penting bagi perusahaan yang memiliki jaringan komputer yang kompeks maupun yang masih dalam tahapan merintis. Maka dari itu, jika Anda merasa ini adalah layanan yang penting bagi perusahaan Anda, inilah saatnya untuk mencari jasa instalasi server demi perusahaan Anda.

Membahas Tentang Server

Sebelu membahas tentang jasa instalasi server, mari pelajari terlebih dahulu tentang apa yang disebut dengan server dan jenis server berdasarkan dengan fungsinya.

Semua jenis server memiliki peranannya masing-masing. Tinggal Anda pilih saja mana yang sekiranya sangat penting untuk perusahaan Anda. Jasa instalasi server terkadang akan menawari Anda mana jenis server yang dibutuhkan.

Pengertian Server

Server adalah komputer berdaya tinggi yang dibuat untuk menyimpan, memproses, dan mengelola data jaringan, perangkat, dan sistem. Server adalah mesin yang menggerakkan organisasi dengan menyediakan perangkat dan sistem jaringan dengan sumber daya yang memadai. Untuk bisnis, server menawarkan skalabilitas kritis, efisiensi, dan kemampuan kelangsungan bisnis.

Baik itu menghosting situs web yang padat data, menyiapkan drive bersama untuk departemen, atau mengelola ribuan kueri setiap menit, server adalah kendaraan untuk menampung dan memproses beban kerja intensif yang melampaui kemampuan komputer tradisional.

Fungsi Utama Dari Server

Server dapat melakukan semua yang dapat dilakukan komputer desktop standar dan banyak lagi. Sebaliknya, komputer dapat menjalankan proses server, tetapi sejauh ini kurang produktif. Dalam skala perusahaan, dan juga instansi akan sangat perlu yang namanya server.

Berikut ini adalah beberapa fungsi server yang perlu Anda ketahui:

Melayani Permintaan Komputer Client

Semua perangkat server dikonfigurasi untuk mendengarkan semua permintaan dari mesin client melalui koneksi jaringan. Fungsionalitas ini dihadirkan seperti sebagai bagian dari sistem operasi yang dijalankan pada semua aplikasi.

Menyimpan Data atau Informasi

Jenis server yang digunakan untuk menyimpan, mengamankan, mengelola, dan mengakses data dan file digital dikenal sebagai server penyimpanan. Ini memungkinkan penyimpanan dan akses ke sejumlah kecil dan besar data melalui jaringan bersama atau melalui internet. Server penyimpanan kurang kuat dibandingkan server standar.

Menyediakan Database untuk Dijalankan

Pada server terdapat database yang bisa dijalankan. Server basis data digunakan untuk menyimpan dan mengelola basis data yang disimpan di server dan untuk menyediakan akses data bagi pengguna yang berwenang. Jenis server ini menyimpan data di lokasi pusat yang dapat dicadangkan secara teratur. Ini juga memungkinkan pengguna dan aplikasi untuk mengakses data secara terpusat di seluruh jaringan.

Mengatur Lalu Lintas Transfer Data atau File

Server bisa berguna untuk mengatur lali lintas transfer data. Server protokol transfer file menjalankan program yang menggunakan protokol transfer file dan memungkinkan Anda mengunggah dan mengunduh file. 

Secara default, protokol transfer file tidak aman karena data yang dikirimkannya tidak dienkripsi. Semua server protokol transfer file dalam daftar ini menyertakan opsi untuk mengenkripsi dan melindungi data dengan menggunakan protokol aman seperti SFTP atau FTP/FTPS.

Mengamankan dari Serangan Kejahatan

Server juga bisa digunakan untuk mengamankan serangan kejahatan. Server bisa berguna sebagai firewall. Firewall membantu melindungi server dari peretas yang menyuntikkan virus dan malware. Ini dilakukan dengan memblokir lalu lintas jaringan masuk yang tidak diminta dan tidak diinginkan. 

Selain itu, firewall memvalidasi akses dengan menilai lalu lintas masuk ini untuk segala sesuatu yang berbahaya seperti peretas dan malware yang dapat menginfeksi komputer Anda.

Jenis Server Beserta Fungsinya

Jika dilihat dari jenis dan juga fungsinya, server bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah web server, mail server, proxy server, file server, database server, DHCP server, dan juga ada lagi game server.

Berbagai jenis server ini memiliki fungsi yang berbeda rinciannya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya dari berbagai jenis server tersebut.

Web Server

Web server adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan protokol lain untuk menanggapi permintaan client yang dibuat melalui World Wide Web. 

Server web digunakan dalam hosting web, atau hosting data untuk situs web dan aplikasi berbasis web atau aplikasi web.

Fungsi Utama Dari Web Server

Tugas utama web server adalah menampilkan konten situs web melalui penyimpanan, pemrosesan, dan pengiriman halaman web kepada pengguna. Selain HTTP, server web juga mendukung SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol), yang digunakan untuk email, transfer file, dan penyimpanan.

Jenis-jenis Web Server

Ada beberapa jenis web server untuk sekarang ini diantaranya adalah:

Web Server Apache

Dikembangkan oleh Apache Software Foundation, ini adalah server web sumber terbuka dan gratis untuk Windows, Mac OS X, Unix, Linux, Solaris, dan sistem operasi lainnya; itu membutuhkan lisensi Apache.

Web Server Nginx

Server web open source yang populer untuk administrator karena pemanfaatan dan skalabilitas sumber dayanya yang ringan. Itu dapat menangani banyak sesi bersamaan karena arsitekturnya yang digerakkan oleh peristiwa. Nginx juga dapat digunakan sebagai server proxy dan penyeimbang beban.

Web Server IIS

Ini adalah jenis server yang dikembangkan oleh Microsoft untuk platform Microsoft; itu tidak open source, tetapi banyak digunakan.

Web Server Lighttpd

Jenis web server yang disediakan secara gratis yang dilengkapi dengan sistem operasi FreeBSD. Ini terlihat cepat dan aman. Dan menariknya ini mengonsumsi lebih sedikit daya CPU jadi dijamin cepat dan lancar juga.

Mail Server

Mail server atau email server pada dasarnya adalah sistem komputer yang mengirim dan menerima email. Saat Anda mengirim email, email tersebut melewati serangkaian server untuk mencapai tujuan akhirnya. Meskipun proses ini sangat cepat dan efisien, ada banyak kerumitan di balik pengiriman dan penerimaan email.

Komunikasi email melibatkan protokol dan proses yang kompleks. Biasanya server email adalah komputer atau mesin yang memiliki sistem yang lengkap dengan aplikasi atau layanan yang berbeda.

Kelebihan Mail Server

Terdapat beberapa kelebihan mail server yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah:

  1. Aliran email Anda dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda
  2. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan kerahasiaan data
  3. Anda akan memiliki kontrol yang lebih ketat atas data Anda
  4. Anda bertanggung jawab atas nasib Anda sendiri

Komponen Mail Server

Dalam membentuk sebuah mail server, terdapat beberapa komponen utama yang membangunnya, antara lain adalah:

  • MTA (Mail Transport Agent)

MTA atau Mail Transport Agent yakni suatu bagian dalam mail server yang berfungsi melaksanakan pengiriman serta penerimaan email dari satu server ke server lainnya. 

  • MUA (Mail User Agent)

Ada pula MUA atau Mail User Agent yang yakni salah satu bagian dengan fungsi mengirim, merapikan, serta menerima email. 

  • MDA (Mail Delivery Agent)

Sementara, MDA atau Mail Delivery Agent yakni software yang berfungsi menyalurkan email dari server MTA.

Protokol Mail Server

Protokol adalah aturan perangkat lunak jaringan yang memungkinkan komputer terhubung ke jaringan di mana saja sehingga Anda dapat berbelanja online, mengirim email, dan menjelajahi internet dengan bebas. Protokol ini adalah komponen penting dari aktivitas jaringan Anda.

Komponen server yang sangat penting adalah:

  1. SMTP

Protokol SMTP menangani permintaan email keluar dan mengirim email. Jadi SMTP adalah kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol dan merupakan server surat keluar. Kami dapat menganggap SMTP sebagai memindahkan email Anda di dalam dan di seluruh jaringan. Tanpa itu, email Anda tidak akan kemana-mana.

  1. POP / IMAP

Untuk server email masuk, ada dua jenis utama yaitu POP3 dan IMAP. Server POP3, kependekan dari Post Office Protocol versi 3, terkenal karena mengambil konten Kotak Masuk di hard drive komputer Anda. Server IMAP, kependekan dari Internet Message Access Protocol, digunakan untuk sinkronisasi seluruh kotak surat.

Cara Kerja Mail Server

Agar sistem komputer berfungsi sebagai mail server, sistem tersebut harus memiliki perangkat lunak mail server yang diinstal. Perangkat lunak ini kemudian memungkinkan administrator sistem untuk mengelola dan membuat akun email untuk salah satu domain yang dihosting di server.

Proxy Server

Selanjutnya adalah proxy server. Jenis server ini adalah sistem atau router yang menyediakan gateway antara pengguna dan internet. Oleh karena itu, ini membantu mencegah penyerang cyber memasuki jaringan pribadi. Ini adalah server, yang disebut sebagai “perantara” karena ia berjalan antara pengguna akhir dan halaman web yang mereka kunjungi secara online.

Ketika komputer terhubung ke internet, ia menggunakan alamat IP. Ini mirip dengan alamat jalan rumah Anda, memberi tahu data masuk ke mana harus pergi dan menandai data keluar dengan alamat pengirim untuk diautentikasi oleh perangkat lain. Proxy server pada dasarnya adalah komputer di internet yang memiliki alamat IP sendiri.

Fungsi Proxy Server

Bagaimana cara menggunakan proxy? Beberapa orang menggunakan proxy untuk tujuan pribadi, seperti menyembunyikan lokasi mereka saat menonton film online, misalnya. Untuk perusahaan, bagaimanapun, mereka dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa tugas utama seperti:

  1. Tingkatkan keamanan
  2. Amankan aktivitas internet karyawan dari orang-orang yang mencoba mengintip mereka
  3. Seimbangkan lalu lintas internet untuk mencegah crash
  4. Kontrol akses situs web karyawan dan staf di kantor
  5. Hemat bandwidth dengan menyimpan file atau mengompresi lalu lintas masuk

Manfaat Proxy Server

Menggunakan proxy server tentunya memiliki manfaat yang sangat diperlukan pada sebuah jaringan komputer yang kompleks. Proxy memberikan lapisan keamanan yang berharga untuk komputer Anda. Mereka dapat diatur sebagai filter web atau firewall, melindungi komputer Anda dari ancaman internet seperti malware. 

Keamanan ekstra ini juga berharga bila digabungkan dengan gateway web aman atau produk keamanan email lainnya.

Jenis-jenis Proxy Server

Sementara itu, semua proxy server memberi pengguna alamat alternatif untuk menggunakan internet, ada beberapa jenis yang berbeda dimana masing-masing dengan fiturnya sendiri.

Forward Proxy

Jenis forward proxy adalah yang duduk di depan client dan digunakan untuk mendapatkan data ke grup pengguna dalam jaringan internal. Ketika permintaan dikirim, proxy server memeriksanya untuk memutuskan apakah permintaan itu harus dilanjutkan dengan membuat koneksi.

Web Proxy

Ijni juga merupakan proxy yang ada di depan client atau jaringan client dan menangani lalu lintas ini atas namanya. Jenis proxy server ini adalah komputer lain yang terhubung ke internet dan juga komputer Anda, dan memiliki alamat IP sendiri.

Reverse Proxy

Tidak seperti forward proxy, yang berada di depan client, reverse proxy diposisikan di depan server web dan meneruskan permintaan dari browser ke server web. Ia bekerja dengan mencegat permintaan dari pengguna di tepi jaringan server web. Kemudian mengirimkan permintaan ke dan menerima balasan dari server asal.

Transparent Proxy

Jenis transparent proxy dapat memberi pengguna pengalaman yang identik dengan apa yang akan mereka miliki jika mereka menggunakan komputer di rumah. Dengan cara itu, “transparan”. Mereka juga dapat “dipaksa” pada pengguna, artinya mereka terhubung tanpa menyadarinya.

SSL Proxy

Secure Socket Layer (SSL) proxy menyediakan dekripsi antara client dan server. Karena data dienkripsi di kedua arah, proxy menyembunyikan keberadaannya dari client dan server.

Anonymous Proxy

Jenis anonymous proxy ini berfokus pada membuat aktivitas internet tidak dapat dilacak. Ia bekerja dengan mengakses internet atas nama pengguna sambil menyembunyikan identitas dan informasi komputer mereka.

File Server

Jenis berdasarkan server berdasarkan fungsi selanjutnya adalah file server. File server adalah komputer yang bertanggung jawab untuk penyimpanan dan pengelolaan file data sehingga komputer lain di jaringan yang sama dapat mengakses file. Ini memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi melalui jaringan tanpa harus mentransfer file secara fisik.

Server file mengambil peran komputer atau server untuk menyimpan dan menyediakan BLOB data untuk client, berfungsi sebagai lokasi pusat untuk menyimpan dan berbagi file untuk jaringan. Mereka dapat dibatasi pada satu Local Area Network (LAN) atau dapat terbuka ke internet.

Fungsi dan Manfaat File Server

Jadi, untuk fungsi dari file server ini sebenarnya adalah untuk membuat penyimpanan, pengamanan, dan berbagi file dalam organisasi menjadi lebih sederhana. File server adalah target umum bagi peretas dan ransomware, jadi perhatian khusus harus diberikan untuk mengamankannya dari serangan.

File server yang aman akan membuat berbagai file penting menjadi lebih aman.

Keuntungan File Server

Semua jenis server tentu memiliki yang namanya keuntungan dalam menggunakannya atau mengaplikasikannya pada sebuah jaringan komputer. Untuk keuntungan dari file server ini adalah terdapatnya penyimpanan sebuah data yang lebih tepat sasaran dan efisien dalam pengintegrasian data secara aman. Dengan kata lain, adanya file server hal yang demikian sangat berguna dalam penyimpanan dan pertukaran data secara local hal yang demikian.

Kelebihan dan Kekurangan File Server

Dalam menggunakan file server memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan ini mungkin bisa ditutup dengan Anda lebih concern dalam pemeliharaan file server agar tidak terjadi peretasan file.

Keuntungan dari server file:

  • Biaya yang relatif rendah
  • Mudah untuk diperpanjang dan disesuaikan
  • Bisa kapasitas tinggi
  • Bisa menjadi kinerja tinggi

Kekurangan dari file server:

  • Membutuhkan administrasi
  • Perlu diamankan
  • Metadata bawaan dan manipulasi file terbatas
  • Kapasitas ekstra perlu untuk adanya perencanaan

Database Server

Server basis data atau database server adalah mesin yang menjalankan perangkat lunak basis data yang didedikasikan untuk menyediakan layanan basis data. Ini adalah komponen penting dalam lingkungan komputasi client-server di mana ia menyediakan informasi penting bisnis yang diminta oleh sistem client.

Database server terdiri dari hardware dan software yang menjalankan database.

Fungsi Database Server

Untuk database server, ini adalah jenis yang seringkali banyak digunakan dan terbilang cukup rumit. Jadi, database server ini berfungsi untuk menjalankan sistem manajemen basis data dan menyediakan layanan basis data kepada client. Server mengelola akses dan pengambilan data dan menyelesaikan permintaan client.

Terdapat banyak command atau perintah yang ada di database server untuk mengatur sistem manajemen data.

Cara Kerja Database Server

Database server menyimpan Database Management System (DBMS) dan database itu sendiri. Peran utamanya adalah menerima permintaan dari mesin client, mencari data yang diperlukan, dan mengembalikan hasilnya.

DBMS menyediakan fungsionalitas server database, dan beberapa DBMS (misalnya, MySQL) menyediakan akses database hanya melalui model client-server. DBMS lain (seperti SQLite) digunakan untuk database tertanam.

Client mengakses server database melalui aplikasi front-end yang menampilkan data yang diminta pada mesin client, atau melalui aplikasi back-end yang berjalan di server dan mengelola database.

Standar ODBC (Open Database Connectivity) menyediakan API yang memungkinkan client untuk memanggil DBMS. ODBC membutuhkan software yang diperlukan di sisi client dan server.

Dalam model master-slave, server master database adalah lokasi data utama. Database slave-server adalah replika dari server master yang bertindak sebagai proxy.

DHCP Server

Untuk pengertian dari DHCP server merupakan server jaringan yang secara otomatis menyediakan dan menetapkan alamat IP, gateway default, dan parameter jaringan lainnya ke perangkat client. Itu bergantung pada protokol standar yang dikenal sebagai Protokol Konfigurasi Host Dinamis atau DHCP untuk menanggapi permintaan siaran oleh client.

DHCP server secara otomatis mengirimkan parameter jaringan yang diperlukan agar client dapat berkomunikasi dengan benar di jaringan. Tanpa itu, administrator jaringan harus secara manual mengatur setiap client yang bergabung dengan jaringan, yang dapat menjadi rumit, terutama di jaringan besar. DHCP server biasanya menetapkan setiap client dengan alamat IP dinamis yang unik, yang berubah ketika sewa client untuk alamat IP tersebut telah kedaluwarsa.

Perbedaan DHCP Server dan DHCP Client

Ada perbedaan yang mendasar antara DHCP server dengan DHCP client. Jadi, DHCP Server merupakan perangkat yang bertugas memberikan konfigurasi jaringan secara otomatis. Umumnya, DHCP Server hanya ada satu dalam satu jaringan. 

Sedangkan untuk DHCP Client merupakan perangkat yang mendapatkan konfigurasi jaringan dari DHCP Server tadi.

Fungsi DHCP Server

Berikut adalah beberapa fungsi server DHCP yang perlu Anda ketahui:

      1. Kelola dan Distribusikan Alamat IP

Secara umum fungsi dari perangkat ini adalah untuk mengatur dan mempermudah pendistribusian alamat IP ke komputer client.

      2. Mencegah Konflik IP

Konflik IP terjadi karena dua perangkat yang memiliki alamat IP yang sama. Jika ini terjadi, perangkat tidak akan dapat terhubung ke jaringan.

      3. Perbarui Alamat IP Secara Otomatis

Alamat IP yang diberikan oleh server biasanya memiliki waktu kedaluwarsa atau expired time.

      4. Mendukung Penggunaan Kembali Alamat IP

Alamat IP yang telah digunakan dapat digunakan kembali oleh komputer client. Namun, untuk menggunakan kembali, Anda perlu memastikan alamat IP tidak digunakan oleh komputer lain.

Cara Kerja DHCP Server

Cara kerja dari DHCP server ini sebenarnya cukup kompleks. Ketika pengguna menyalakan komputer dan menghubungkannya ke server dengan layanan ini, komputer akan secara otomatis meminta alamat IP ke server. Kemudian server menjawab permintaan tersebut hingga akhirnya komputer mendapatkan alamat IP dan terhubung ke jaringan.

Game Server

Apakah Anda tahu jika sebuah game online memiliki server tersendiri? Ya, banyak game yang memiliki server untuk menjalankan berbagai perintah dan data yang tersimpan pada sebuah game tersebut.

Game server digunakan oleh client atau pemain game untuk menjalankan game komputer multipemain melalui Internet. Server di-host baik secara lokal atau jarak jauh. Yang di-host secara lokal dapat diakses oleh yang ada di Intranet lokal, dan yang di-host dari jarak jauh dapat diakses dari seluruh dunia. Komputer dan video game yang dapat dimainkan di server game sering kali memerlukan biaya keanggotaan sebagai imbalan akses. 

Pengaruh Pemilihan Server Dalam Game

Tahukan Anda jika pemilihan server dalam game yang salah akan mengakibatkan pengalaman dalam bermain game menjadi terganggu? Apalagi game online.

Jadi, dalam game online bergenre apa saja, pemilihan server juga akan sungguh-sungguh mempengaruhi kenyamanan dalam bermain. Kalau memang game yang kamu mainkan itu punya sebagian server dengan lokasi yang berbeda-beda, karenanya pastikan Anda memilih server yang letaknya paling dekat dengan tempatmu bermain.

Hal ini akan berimbas kepada latensi ketika sedang bermain. Kian dekat lokasi server, karenanya latensi akan kian kecil. Dan itu akan membikin delay ketika menginput perintah, akan kian kencang. Serta, latensi yang kecil akan membikin game terasa kian lancar. Tentu saja dengan prasyarat bahwa perangkat PC, laptop, ataupun smartphone yang Anda pakai juga telah kompetibel untuk melakukan game dengan lancar.

Pengaruh Server Terhadap Kelancaran Bermain

Selain soal lokasi, kemampuan dari server juga akan mempengaruhi kelancaran dalam bermain. Sebab server juga akan punya batasan. Kian banyak pemain yang online secara beriringan, akan bekerja semakin keras. Dan jikalau rupanya server tak mampu untuk menampung serbuan pemain yang jumlahnya terlalu banyak, maka yang terjadi adalah server mengalami overload, dan mengakibatkan jalannya game jadi terasa lemot.

Jadi, walaupun Anda bermain memakai ROG Phone 5 sekalipun, namun jika memang servernya kewalahan, jalannya game akan terasa tak lancar. Dan untuk memecahkan hal ini, biasanya pihak publisher game akan menjalankan upgrade dan atau menambah jumlah server di lokasi tersebut. Demi bisa menampung seluruh pemain dengan lancar.

Jasa Instalasi Server di Netdata

Terkadang, memasang server sendiri akan mengalami kendala seperti server yang tidak berjalan dengan maksimal yang pada akhirnya akan membuang-buang waktu bagi karyawan yang memasangnya, sedangkan karyawan tersebut juga harus bekerja untuk pekerjaan intinya. Maka dari itu, Anda memerlukan pihak ke tiga untuk urusan jasa instalasi server.

Dimanakah Anda harus mencari jasa instalasi server yang terpercaya dan juga professional? Tentunya Anda bisa mempercayakannya saja kepada NetData yang sudah professional dalam jasa instalasi server jenis apapun itu baik itu server proxy maupun web server. Semua jenis server dijamin bisa!

Jasa Instalasi Server Dengan Jaminan Kemanan Data

Keamanan data adalah kunci utama dimana server bisa berjalan dengan lancar dan tanpa adanya gangguan dari pihak manapun. Server yang amana tentunya akan menimbulkan kenyamanan saat bekerja.

NetData adalah jasa instalasi server dengan jaminan keamanan data. Data pada server Anda akan diatur seaman mungkin oleh NetData.

Jasa Instalasi Server Harga Terjangkau

Jika Anda berpikiran jika jasa instalasi dari NetData adalah mahal karena kualitasnya yang bagus, tenang saja! Memang kualitasnya terbaik jasanya karena dikerjakan oleh orang yang berpengalaman dan professional, tapi untuk masalah harga jasanya, dijamin terjangkau daripada yang lain!

Maintenance Server Dengan Baik

Jadi, maintenance server adalah layanan tambahan untuk memudahkan Anda yang menggunakan layanan Dedicated Server atau Colocation. Bagi Anda yang menggunakan layanan tersebut, NetData akan memaintenance server dengan baik secara berkala.

Kunjungi Netdata Untuk Penawaran Menarik Lainnya

Apakah masih kurang Anda mendapatkan penawaran dari NetData? Anda bisa mengunjungi NetData untuk penawaran menarik lainnya untuk jasa instalasi server dan juga jasa untuk memaintenance server terbaik.

Dapatkan penawaran berupa potongan harga!

Kesimpulan

Sudah jelas jika memasang server pada perusahaan Anda dijamin sangat menguntungkan. Apalagi jika Anda menggunakan layanan dari NetData. NetData sudah dipercaya oleh banyak perusahaan untuk memaintenance servernya secara berkala dan terbukti tidak adanya kendala.

NetData selalu memberikan jasa instalasi server yang berkualitas, professional, dan dengan harga yang sangat terjangkau! Apabila Anda membuthkan jasa instalasi server dari kami, Anda bisa langsung menghubungi kami memalui link ini atau melalui form kontak kami disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup