IT Maintenance dan Layanan IT Support Dari Netdata

IT Maintenance

Pernahkah Anda berpikir bahwa IT maintenance adalah sebuah hal yang sangat penting dalam perusahaan?. Ya sebenarnya IT maintenance ini adalah proses dimana perawatan atau pemeliharaan komponen-komponen IT yang ada dalam perusahaan tersebut.

IT maintenance atau bisa juga dibilang IT support ini adalah sebuah hal yang wajib dilakukan perusahaan untuk dapat melakukan hal yang terbaik.

sebab aktivitas maintenance mampu memelihara daya tahan alat yang digunakan supaya tidak mudah rusak dan bermasalah sehingga pihak perusahaan mampu kurangi pengeluaran biaya yang besar untuk mengganti alat yang rusak sebab maintenance memakan biaya yang lebih hemat.

Mari Membahas Teknologi Informasi

Sebelum kita membahas tentang IT maintenance, alangkah baiknya kita mulai terlebih dahulu dari teknologi informasi. Dalam dunia IT, teknologi informasi ini memang sudah menjadi hal yang paling penting untuk mengenalkan IT kepada orang awam. Nah apa sih pengertian dari teknologi informasi. Mari kita simak pengertian teknologi informasi berikut ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Secara umum pengertian teknologi Informasi adalah sebuah studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan, serta manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, biasanya perangkat keras dan perangkat lunak.

Pengertian teknologi informasi menurut ITTA (Information Technology Association of America), adalah sebuah teknologi yang mencakup sebuah studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Ya benar saja bahwa teknologi informasi ini memanfaatkan perangkat komputer dan perangkat lunak untuk mengubah menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan mendapatkan informasi secara aman.

Tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, teknologi informasi juga penting sebagai sarana bisnis untuk koordinasi dan pengarsipan dokumen penting.

Selaein itu teknologi informasi menjadi salah satu bagian penting karena dapat meningkatkan kompleksitas dari tugas manajemen, serta pengaruh ekonomi global yang lebih cepat dan tekanan akibat dari persaingan bisnis yang ketat.

Maka dari itu hendaknya IT maintenance memang selalu diterapkan agar dapat memberikan yang terbaik untuk bisnis Anda.

Fungsi Teknologi Informasi

Apasih gunanya teknologi informasi dalam hal IT maintenance. Ya tentu fungsi teknologi informasi sangatlah penting dalam kehidupan serta dalam bisnis. Adapun enam fungsi teknologi informasi yakni menangkap (capture), Menyimpan (storage), Transmisi (Transmission), mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Mencari Kembali (Retrieval).  Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi.

 Pemrosesan data dapat berbentuk dalam pengubahan data ke bentuk lain atau konversi, analisis, perhitungan, sistesis, dan segala bentuk data dan informasi. Adapun beberapa fungsi yang akan lebih memudahkan pengguna.

Pencari Kembali (Retrieval)

Fungsi teknologi informasi ini adalah menelusuri hingga mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan, misalnya yakni mencari pemasok yang sudah lunas dan sebagainya.

Terkadang data yang disimpan sulit untuk ditemukan karena terlalu penuh, dengan adanya fungsi ini maka akan memudahkan pengguna serta menghemat waktu juga.

Penyimpan (storage)

Teknologi informasi dapat merekam dan menyimpan data dalam suatu media yang dapat dipakai seperlunya. Contohnya disimpan ke hardisk, tape, disket, flashdisk, dan lainnya.

Menghasilkan (Generating)

Generating fungsinya sebagai alat yang mengorganisasikan sebuah informasi kedalam bentuk yang lebih terarah dan mudah dipahami. Misalnya grafik dan tabel.

Transmisi (Transmission)

Fungsi transmisi adalah mengirim data dan informasi ke tujuan lain lewat jaringan komputer. Contohnya mengirimkan data penjualan dari pengguna A ke pengguna lainnya. Sehingga kita tidak perlu menyalit satu persatu dengan menggunakan sharing saja.

Pengolah (Processing)

Kompilasi catatan rinci aktivitas, semisalnya menerima input dari keyboard, mic, scanner, dan sebagainya. Dengan adanya processing Anda akan lebih mudah mengolah data.

Menangkap (Capture)

Capture bisa diartikan sebagai input contohnya mic, keyboard, scanner, dan lainnya.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuannya teknologi informasi adalah untuk memecahkan masalah, memberikan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi melakukan pekerjaan.

Sehingga pemecahan masalah dapat membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan aktivitasnya, menjadi penyebab terciptanya teknologi informasi. 

Dengan adanya teknologi informasi maka manusia dapat bekerja dengan sangat mudah dan efisien. Memberikan solusi, kreativitas, efeksitivitas, dan efisiensi yang dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini diciptakan.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi khususnya dalam aktivitas sehari-hari sangatlah bermanfaat. Hal ini dapat digunakan sebagai penunjang kehidupan agar lebih baik karena teknologi informasi yang dapat membantu aktivitas menjadi lebih efisien dan efektif. Manfaat ini dapat dikategorikan berdasarkan kebutuhannya antara lain:

Untuk Teknik dan Pengetahuan

Teknologi informasi dapat digunakan dalam mempelajari struktur tanah, angin, serta cuaca. Akses ilmu pengetahuan juga bisa didapatkan dimana saja dan dapat diakses dengan mudah cukup dengan jaringan internet. Begitu juga dalam bidang teknik dan proyek-proyek tertentu.

Untuk Pendidikan

Teknologi informasi di dunia pendidikan terutama komputer, dapat membuat siswa menjadi lebih efektif dalam hal belajar. Komputer yakni merupakan sarana yang membantu siswa menjadi lebih kretif dan sekaligus sebagai sumber informasi.

Untuk Kedokteran

Dapat dimanfaatkan dalam mendiagnosa serta menganalisis penyakit dan mengmabil gambar semua organ tubuh dengan bantuan komputer. Bahkan teknologi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan bidang kedokteran seperti usg, scan, radiologi.

Untuk Hiburan dan Permainan

Teknologi komputer dapat digunakan untuk membuat animasi, periklanan, desain grafis dan juga audiovisual agar terlihat lebih menarik dan lebih baik. Dilihat saat ini banyak programer tertentu yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan baginya.

Untuk Bidang Kriminal

Teknologi dapat membuat memudahakan pihak berwajib dalam menyelesaikan permasalahan, dapat dengan mudah mendeteksi pelanggaran baik pelanggaran lalu lintas maupun sidik jari. Bahkan untuk kejahatan sekelas cybercrime yang dapat dengan mudah dilacak menggunakan teknologi.

Untuk Pemerintahan

Teknologi informasi yang dapat diaplikasikan dalam mengolah suatu data dan informasi yang ditujukan kepada masyarakat. Yang mana dapat meningkatkan hubungan antar masyarakat dengan pemerintahnya. Sehingga yang terjadi disuatu daerah tertentu dapat diketahui dengan cepat menggunakan teknologi.

Untuk Bisnis dan Perbankan

Transaksi dalam hal perbankan yang lebih maju. Serta akses yang dapat dikontrol dengan mudah cukup dengan teknologi saja.

Untuk Industri dan Manufaktur

Teknologi informasi yang dapat membantu membuat rancangan desain produk industri yang dapat mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang baik. Apalagi jika Anda ketahui bahwa industri membutuhkan kecepatan dalam proses porduksi khususnya dalam jumlah yang besar.

Tentang IT Maintenance

Nah saat ini kita akan membahas tentang IT maintenance yang mana menjadi topik utama diartikel kita kali ini. Nah pertama kita perlu membahas beberapa hal tentang komponen komputer, cara merawat komputer yang baik, dan lainnya yuk mari kita simak ulasan berikut ini.

Komponen Komponen Komputer

Komponen-komponen utama komputer adalah hardware, software, serta brainware. Sebagian besar komponen komputer ini telah terpasang di mainboard dalam satu kesatuan.

Hardware

Hardware dalam komputer adalah komponen yang dapat dilihat dan diraba. Komponen ini juga membentuk dalam satu kesatuan sehingga dapat digunakan dalam sistem komputer.

Keyboard

Keyboard dari dulu mengikuti perkembangan dengan adanya tombol tambahan seperti power down, cd player dan connect internet. Bahkan ada juga keyboard yang tidak membutuhkan kabel dalam operasionalnya.

Mouse

Mouse pada pertama kali di buat hingga saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dari yang menggunakan kabel hingga saat ini sudah ada yang wireless.

CPU

CPU atau otak dari komputer yang dapat memproses semua aktivitas yang ada dalam komputer. Semakin canggih CPU dan semakin banyak jumlah core yang ada dalam CPU tersebut maka akan lebih baik performa komputernya.

Printer

Printer adalah jenis hardware yang digunakan untuk mencetak dokumen di komputer. Biasanya untuk mencetak dokumen dibutuhkan kertas. Walaupun begitu printer juga dapat menggunakan scanning dan duplikat dokumen yang telah dicetak. 

Software

Software atau perangkat lunak adalah salah satu program yang terdapat perintah yang dimengerti oleh komputer. Operasional software ini harus dibarengi dengan hardware. Dengan adanya software pengguna dapat mengetik, menghitung, menggambar, mengeluarkan suara, dan lain sebagainya.

Brainware

Brainware ini adalah sebutan bagi pengguna komputer atau orang yang mengoperasikan komputer. Brainware in imemiliki tiga tingkatan yakni sistem analis, programmer, operator.

Beberapa Cara Merawat Komputer dengan Baik

Merawat komputer adalah salah satu upaya IT maintenance yang paling penting. Ya dengan merawat komputer dengan baik dan benar maka akan membuat komputer menjadi lebih awet dan terhindar dari gangguan yang dapat merusak komputer maka dari itu kita perlu mengetahui beberapa hal dasar dalam cara merawat komputer dengan baik dibawah ini.

Bersihkan Komputer

Membersihkan komputer dari debu yang menempel adalah hal yang paling dasar. Adapun beberapa komponen yang perlu dibersihkan antara lain seperti hardisk, VGA, RAM, power supply, LAN Card, dan lain sebagainya.

Suhu yang Sedang

Kontrol suhu pada ruangan, sebaiknya mengaturnya jangan terlalu panas dan komputer yang didalamnya terdapat ventilasi yang cukup.

Jika perlu Anda dapat memasangkan kipas angin di dekat CPU dan monitor agar tidak cepat panas. Hal ini juga dapat mencegah terjadi meningkatnya suhu pada komputer yang terlalu panas yang membuatnya mudah rusak.

Matikan Komputer Saat Hujan

Jika cuaca sedang buruk atau hujan badai sebaiknya Anda matikan terlebih dahulu komputernya supaya tidak tersambar petir. Ya memang hal ini terdengar konyol namun tidak ada salahnya Anda mematikan komputer yang terhubung ke wireless atau modem.

Uninstall Aplikasi atau Program tidak Terpakai

Program yang terlalu banyak dan tidak terpakai juga dapat memakan ruang hardisk yang membuatnya menjadi lebih lambat proses read dan writenya.

Adapun penyebab beban kerja pada komputer yang lebih berat maka jika lama kelamaan akan membuat hardisk menjadi cepat rusak dan tidak dapat digunakan lagi nantinya.

Mematikan Komputer dengan Benar

Sebaiknya mematikan komputer sesuai dengan cara yang benar yakni dengan menekan tombol Windows kemudian pilih menu shutdown.

Jangan sekali-kali Anda mencabut kabel listrik dari tempatnya atau menekan langsung tombol power di CPU. Dengan mematikan komputer dengan benar maka akan membuat komputer Anda menjadi lebih awet.

Instal Antivirus dan Selalu Update

Antivirus sudah menjadi hal yang wajar kita temukan diberbagai perangkat termasuk juga smartphone maupun komputer. Antivirus ini dapat mencegah komputer terkena virus komputer dari berbagai sumber.

Untuk dapat terhindar dari berbagai macam virus yang baru maka kita sebaiknya mengupdate antivirus secara berkala. Apabila komputer sudah terjangkit virus berbahaya dan tidak dapat disembuhkan dengan antivirus maka kita dapat melakukan instal ulang.

Intal ulang juga dapat memberikan dampak buruk pada hardisk yang lebih cepat rusak karena terlalu sering dilakukan format dan write yang intensif secara terus menerus.

Membersihkan File Sampah

Sebagian orang ada yang masih belum mengetahui cara menghapus file dengan benar, sebenarnya ada beberapa file yang berukuran kecil tidak langsung terhapus melainkan akan tertampung dalam Recycle Bin.

Hal ini bertujuan agar pengguna komputer tersebut dapat mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dengan cara membuka Recycle Bin dan klik Restore.

Sebenarnya file ini tidak langsung hilang dari hardisk karena akan ditampung di dalam recycle bin, maka dari itu sekiranya data tidak penting maka sebaiknya hapus seluruhnya.

Menutup Program yang Tidak Dipakai

Dalam menggunakan komputer sebaiknya kita menutup program atau aplikasi yang tidak digunakan. 

 Hal ini bertujuan agar RAM atau memory tidak penuh dan dapat menyisakan memori yang tidak terpakai untuk aplikasi lainnya.

Dampak akibat terburuknya jika tidak menutup program yang tidak terpakai maka akan berakibat buruk bagi komputer yang akan berjalan lebih lambat juga komputer akan terbebani.

Pakailah Kabel Ground

Biasanya casing atau bagian luar dari CPU ini jika disentuh terdapat aliran listrik yang sangat berbahaya yang dapat membuat yang memegangnya tersetrum.

Maka langkah menjauhi ada aliran listrik pada CPU kami hanya menempelkan atau mengaitkan ujung kabel yang udah di kupas lalu kupas juga anggota ujung lainya dan tanam di di dalam tahan.

Untuk panjang kabel sebaiknya kisaran 1 meter bergantung panjang cpu anda ditempatkan.

Tujuan dari pemasangan kabel Ground adalah untuk menetralisir arus listrik yang nyasar dan kecuali arus udah tidak nyasar maka dapat menghemat kekuatan listrik dan juga dapat membawa dampak computer lebih awet.

Jenis-Jenis IT Maintenance

IT maintenance ini dapat dibedakan menjadi 2 yakni maintenance sistem dan maintenance hardware, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Maintenance Sistem

Maintenance sistem merupakan maintenance yang dilakukan terutama di perusahaan yang bergerak di dalam bidang IT, maintenance ini dimaksudkan untuk menjaga dan memelihara sistem di dalam perusahaan tersebut agar dapat berjalan dengan stabil dan lancar.

Maintenance Hardware

Maintenance hardware ini merupakan pemelihraan yang dilakukan pada keseluruhan perangkat keras yang ada dalam suatu perusahaan. Misalnya saja yakni komputer, printer, scanner, perangkat server, perangkat jaringan, kamera CCTV, mesin produksi, dan perangkat lainnya.

Fungsi maintenance hardware adalah agar perangkat keras di dalam perusahaan tersebut dapat bertahan lama sehingga aktivitas pekerjaan selalu berjalan dengan lancar dan dapat mencegah perusahaan untuk membeli perangkat baru untuk mengganti perangkat yang rusak.

Manfaat IT Maintenance

Adapun manfaat IT maintenance tidak lain tidak bukan adalah untuk membuat perangkat keras maupun lunak di dalam perusahaan agar selalu awet dan selalu dapat diandalkan. 

Bagi perusahaan di bidang IT pemakaian teknologi Info adalah suatu hal yang sangat lazim gara-gara mereka memakai tiap tiap hari sepanjang bekerja terlebih servernya yang senantiasa aktif. Bagi perusahaan IT perangkat yang mereka memakai riskan untuk rusak gara-gara digunakan tiap tiap hari untuk bekerja dan mengimbuhkan fasilitas baik online maupun offline terhadap customernya jadi maintenance sangat penting bagi perusahaan untuk mengurangi ongkos pengeluaran. Berikut manfaat yang didapat kecuali perusahaan IT melakukan pemeliharaan secara rutin baik server maupun perangkat computer yang digunakan karyawannya:

  1. Karyawan sanggup bekerja bersama lancar tanpa tersedia kendala perangkat lambat maupun trouble jaringan.
  2. Customer berasal dari fasilitas online sanggup membuka fasilitas nya secara online bersama akses yang cepat berasal dari server sehingga menjadi puas.
  3. Tidak tersedia complain tentang service yang lemot atau hasil yang tidak cukup bagus gara-gara perangkat tidak memadai.
  4. Biaya pengeluaran sanggup tertanggulangi dan tidak sangat boros.

Layanan IT Maintenance Dari Netdata

Nah bagaimana menurut Anda ulasan tentang IT maintenance di atas sudah paham belum?. Jika sudah namun Anda bingung apakah ada jasa IT maintenance di Indonesia yang terpercaya. Jawabannya adalah NetData, ya NetData adalah salah satu perusahaan IT yang menyediakan solusi terbaik bagi perusahaan lain yang ingin memiliki infrastruktur IT yang berkualitas termasuk juga IT maintenance.

Adapun beberapa keuntungan jika menggunakan jasa IT support di NetData antara lain:

Perawatan Komputer Secara Menyeluruh

NetData menawarkan Anda solusi IT maintenance yang terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. NetData menyediakan IT outsource yang profesional dalam perawatan komputer server maupun klien perusahaan secara menyeluruh.

Dengan perawatan komputer yang menyeluruh maka akan membuat komputer menjadi lebih stabil dan lancar sehingga tidak mengganggu operasional bisnis di perusahaan Anda.

IT Maintenance Software dan Hardware Komputer

IT maintenance pada software dan hardwarea komputer, NetData menyediakan solusi yang menyeluruh tidak hanya dalam sisi hardware saja namun juga software komputer Anda. Dengan cara memberikan update software terbaru, memberikan aplikasi yang terbaik sesuai kebutuhan, hingga mengatasi troubleshooting yang ada pada sistem software Anda.

Dapatkan Banyak Keuntungan Menggunakan Layanan Dari Netdata

Ya benar sekali bahwa menggunakan jasa IT outsource NetData Anda akan mendapatkan banyak keuntungan mulai dari solusi yang dapat memecahkan masalah, staff IT yang profesional, hingga biaya yang tidak terlalu mahal cocok untuk perusahaan startup yang ingin mengembangkan bisnisnya di era modern saat ini.

Kunjungi Netdata Untuk Penawaran Menarik Lainnya

Selain IT maintenance Anda juga bisa mendapatkan penawaran solusi lainnya seperti pemasangan jaringan internal perusahaan, penyediaan perangkat jaringan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan IT. Tunggu apalagi segeralah kunjungi NetData untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa NetData ambil di artikel kali ini adalah IT maintenance adalah sebuah upaya yang penting dalam menjaga dan merawat perangkat komputer di perusahaan agar dapat berjalan dengan lebih baik dan tidak mengganggu berjalannya bisnis di perusahaan tersebut.

Untuk Anda yang ingin menggunakan jasa IT maintenance yang terpercaya Anda dapat menghubungi NetData memalui link ini atau form kontak disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup