Mengenal Salah Satu Wireless Router Terbaik, Ruijie RG-WS6108

Ruijie RG-WS6108

Kebutuhan akan internet memang sekarang ini sangat penting. Bukan untuk kebutuhan pribadi saja, kebutuhan professional seperti perusahaan atau bisnis sekarang ini sangat membutuhkan yang namanya internet. untuk membentuk internet pada sebuah kantor misalkan, tentunya butuh yang namanya jaringan komputer, dan salah satu komponennya adalah Ruijie RG-WS6108 yang merupakan wireless router.

Sebelum membahas tentang produk dari Ruijie tersebut, ada pentingnya untuk mengehtahui apa yang disebut dengan jaringan komputer dan juga apa saja yang ada di jaringan komputer. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Mengenal Terlebih Dahulu Jaringan Komputer

Jaringan komputer sekarang ini adalah salah satu kebutuhan yang mendasar jika Anda ingin membuat sebuah kantor yang berisikan berbagai macam device komputer yang akan saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer ini sering dikenal sebagai topologi. Topologi jaringan komputer yang paling sederhana dan mungkin saja pernah Anda temukan adalah pada sebuah warnet.

Namun, apa yang disebut dengan jaringan komputer sebenarnya?

Apa Itu Jaringan Komputer

Jadi, yang dimaksud dengan jaringan komputer merupakan jaringan yang dibentuk dengan menghubungkan dua atau lebih komputer dan perangkat keras pendukung lainnya melalui saluran komunikasi disebut jaringan komputer. Hal ini memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain dan untuk berbagi perintah, data, dll, termasuk sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak.

Jaringan komputer ini memiliki caranya tersendiri dalam menjalankan jaringan yang memang tidak akan terputus, semuanya terkonek untuk satu dengan device yang lain untuk menjadikannya sebagai sebuah jaringan.

Bagaimana Sih Cara Kerja Jaringan Komputer

Secara sederhana saja, jaringan bekerja dengan mengirimkan paket data melalui perangkat komputasi, seperti kabel ethernet dan router, router misalnya kemudian menafsirkan data ini dan mengirimkannya ke tujuan yang relevan. 

Ketika data dikirim melalui jaringan, data dipecah menjadi potongan-potongan kecil yang merupakan paket-paketnya, paket-paket ini melalui kabel ke router, switch atau server misalnya dan data tersebut kemudian dikirimkan kepada Anda, ada begitu banyak cara di mana fungsi jaringan sulit untuk didefinisikan dalam satu ringkasan.

Apa Saja Kegunaan Jaringan Komputer

Jaringan komputer ini memiliki banyak sekali kegunaannya. Tanpa adanya jaringan komputer ini, mungkin saja perkembangan teknologi untuk sekarang ini tidak akan secanggih pada jaman sekarang yang Anda rasakan.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kegunaan jaringan komputer penting yang perlu Anda ketahui.

Beroperasi Secara Virtual

Berada di dalam jaringan internet, dihuni oleh orang-orang yang saling berinteraksi, berdialog dan bertukar pikiran, tapi tanpa mesti melaksanakan pertemuan secara lahiriah. Dan sebenarnya penghuni dunia maya tak cuma manusia, tapi tapi termasuk di dalamnya ada data, informasi, surat elektronik, ide-ide dan malah sampai pada ilmu pengetahuan. 

Dan perlu Anda ketahui, internet melalui jaringan komputer penuh lalu-lalang data dan informasi yang dikirim dan diterima oleh orang-orang yang melaksanakan.

Berintegrasi Pada Skala Yang Besar

Layanan jaringan modern mengaitkan jaringan komputer yang terdistribusi secara jasmaniah. Layanan ini bisa mengoptimisasi fungsi jaringan melalui otomatisasi dan pemantauan untuk membikin jaringan skala besar dengan kinerja tinggi. Layanan jaringan bisa diskalakan naik atau turun menurut permintaan.

Merespons Perubahan Kondisi Secara Cepat

Sekarang ini, banyak jaringan komputer yang kerjanya ditentukan oleh software. Lalu lintas dapat dirutekan dan dikendalikan secara terpusat dengan memakai antarmuka digital. Jaringan komputer ini menunjang manajemen lalu lintas virtual.

Memberikan Keamanan Data

Jaringan komputer membawa solusi untuk keamanan data. Semua solusi jaringan hadir dengan fitur keamanan bawaan seperti enkripsi dan kontrol jalan masuk. Solusi pihak ketiga seperti perangkat lunak antivirus, firewall, dan antimalware bisa diintegrasikan untuk membuat jaringan menjadi lebih aman.

Perangkat Yang Ada Di Jaringan Komputer

Untuk membuat jaringan komputer, terdapat banyak sekali hardware dan juga software yang diperlukan. Berbagai perangkat hardware ini memang sangat perlu dalam pembuatan jaringan komputer yang professional dan tentunya dijamin sangat aman.

Berikut ini adalah beberapa komponen yang ada di jaringan komputer yang perlu Anda ketahui penjelasannya.

Server

Yang pertama adalah server. Server adalah suatu metode komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Server akan menaruh beraneka macam dokumen dan menyediakan info untuk pengguna atau pengunjungnya.

Router

Secara singkat, router adalah perangkat yang berkomunikasi antara internet dan perangkat di rumah Anda yang terhubung ke internet. Seperti namanya, ini “merutekan” lalu lintas antara perangkat dan internet.

NAS (Network Attached Storage)

Ada lagi perangkat yang namanya NAS. NAS yaitu perangkat penyimpanan yang tersambung ke jaringan dan memungkinkan penyimpanan ataupun pengambilan data dari lokasi terpusat untuk pengguna jaringan dan klien heterogen yang resmi. Cara NAS fleksibel dan terukur, yang berarti saat Anda membutuhkan penyimpanan tambahan, Anda dapat menambahkannya ke perangkat yang Anda miliki.

Wireless Card

Wireless card atau kartu Wi-Fi adalah perangkat yang terhubung ke laptop Anda baik di port USB atau slot kartu yang lebih lebar. Kartu ini umumnya diarahkan ke jaringan Wi-Fi tertentu, jadi untuk menggunakannya Anda harus berada dalam jangkauan sinyal Internet nirkabel yang didedikasikan untuk jaringan tersebut.

LAN Card

Beberapa kartu, seperti kartu PCMCIA, dapat digunakan di laptop. Ada banyak cara lain untuk menghubungkan kartu LAN ke komputer. Beberapa kartu terhubung melalui port USB, beberapa melalui port PCI di dalam komputer, dan beberapa bahkan tertanam di dalam komputer. Sebagian besar laptop saat ini memiliki kartu LAN terintegrasi baik untuk jaringan kabel maupun nirkabel.

USB WiFi Adapter

Adaptor WiFi USB menggantikan fungsi nirkabel internal komputer, memberi Anda koneksi yang lebih cepat dan lebih andal ke sinyal jaringan yang tersedia melalui port USB. Karena sebagian besar komputer memiliki setidaknya satu port USB, Anda biasanya dapat menggunakannya di laptop dan desktop.

Modem

Selanjutnya adalah perangkat yang bernama modem. Modem mengubah data menjadi sinyal sehingga dapat dengan mudah dikirim dan diterima melalui saluran telepon, kabel, atau koneksi satelit.

Bridge

Sebuah bridge menerima semua paket dan menguatkan semuanya ke sisi lain. Jembatan adalah perangkat cerdas yang memungkinkan lewatnya hanya paket selektif dari mereka. Sebuah bridge hanya melewati paket-paket yang dialamatkan dari sebuah node di satu jaringan ke node lain di jaringan lain.

Hub

Hub jaringan adalah simpul yang menyiarkan data ke setiap komputer atau perangkat berbasis Ethernet yang terhubung dengannya. Hub kurang canggih daripada switch, yang terakhir dapat mengisolasi transmisi data ke perangkat tertentu.

Switch

Sedangkan jika switch, adalah perangkat yang menghubungkan perangkat (seperti komputer, printer, access point nirkabel) dalam jaringan satu sama lain, dan memungkinkan mereka untuk ‘berbicara’ dengan bertukar paket data. Switch dapat berupa perangkat keras yang mengelola jaringan fisik, serta perangkat virtual berbasis perangkat lunak.

Kabel Jaringan

Untuk menghubungkan semua perangkat, dibutuhkan yang namanya kabel jaringan. Kabel jaringan adalah perangkat keras yang mempunyai kegunaan sebagai koneksi jaringan. Lebih mudahnya, kabel jaringan dapat diartikan sebagai salah satu media transmisi yang digunakan pada jaringan komputer supaya setiap komputer atau perangkat yang tergabung di dalamnya dapat saling berkomunikasi.

Repeater

Sesuai dengan namanya, tujuan utama repeater adalah “mengulang”. Karena sifat arus listrik, sinyal akan memudar di kejauhan, menjadi tidak terbaca di beberapa titik. Repeater mengambil sinyal masuk yang memudar dan “memperbaikinya” sehingga bisa melakukan perjalanan lebih jauh.

Access Point

Perangkat ini adalah yang bertindak sebagai portal koneksi untuk perangkat lain dalam jaringan. Definisi lain berkaitan dengan access point sebagai perangkat mandiri yang berfungsi sebagai penghubung antara router dan Local Area Network (LAN) untuk mengaktifkan koneksi perangkat.

CCTV

Ini adalah perangkat sistem TV di mana sinyal tidak didistribusikan secara publik tetapi dipantau, terutama untuk tujuan pengawasan dan keamanan.

Network Video Recorder

Lebih dikenal sebagai NVR, ini adalah komputer khusus yang merekam rekaman video pengawasan keamanan dalam format digital ke hard drive.

Mari Membahas Lebih Detail Tentang Router

Setelah semua perangkat pada jaringan Anda paham, sekarang masuk ke penjelasan yang lebih detail tentang router. Seperti router dari Ruijie RG-WS6108 ini, ketika Anda paham pengertian fungsi, jenis, dan cara kerjanya maka akan sangat mudah Anda mengaplikasikannya.

Router memiliki kendali yang sangat penting dalam sebuah jaringan komputer baik itu yang kompleks maupun yang sederhana pun juga sangat bisa diandalkan.

Pengertian Router

Router yaitu sebuah alat yang mengirimkan paket data via sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, via sebuah pelaksanaan yang diketahui sebagai routing. Pengerjaan routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Online Protocol) dari stack protokol tujuh lapis OSI. 

Router memiliki fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, karenanya kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router yaitu adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain

Fungsi Router

Router dapat diaplikasikan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam sebagian subnetwork untuk meningkatkan daya kerja dan juga mempermudah manajemennya. 

Router juga kadang diaplikasikan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menerapkan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya kecuali dia dapat menghubungkan komputer dengan menerapkan radio, dia juga mendorong penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan.

Cara Kerja Router

Rumah biasa memiliki berbagai perangkat yang terhubung ke internet komputer pribadi, tablet, ponsel cerdas, printer, termostat, TV pintar, dan banyak lagi. Berkat router Anda, perangkat ini membentuk jaringan. Router rumah Anda mengarahkan lalu lintas internet masuk dan keluar di jaringan itu dengan cara tercepat dan paling efisien.

Informasi yang berjalan di jaringan rumah Anda dapat berupa email, film, atau umpan langsung dari kamera bayi Anda, yang masing-masing menggunakan jumlah bandwidth yang berbeda-beda. Memastikan bahwa informasi disampaikan dengan cepat dan benar adalah tugas besar dan semakin besar. Saat Anda menambahkan lebih banyak perangkat pikirkan Internet of Things Anda terus-menerus meminta router Anda untuk melakukan lebih banyak.

Jenis-Jenis Router

Router memiliki banyak sekali jenis. yang poerlu diketahui, setiap router memiliki definisinya masing-masing bahkan untuk pengaplikasiannya ada hal yang berbeda untuk tiap-tiap jenis. 

Berikut ini adalah beberapa jenis router yang sangat umum dan sangat banyak yang menggunakannya.

Router Kabel

Router jenis ini adalah jenis yang sangat umum sekali ditemukan bahkan sampai sekarang ini. Router berkabel terhubung langsung ke komputer melalui koneksi kabel. Mereka biasanya memiliki port yang terhubung ke modem untuk berkomunikasi dengan internet. Port lain atau port memungkinkan router kabel terhubung ke komputer dan perangkat lain untuk mendistribusikan informasi.

Router Nirkabel

Sering dikenal sebagai router wireless, Router nirkabel terhubung langsung ke modem dengan kabel. Ini memungkinkannya menerima informasi dari dan mengirimkan informasi ke internet. Router kemudian membuat dan berkomunikasi dengan jaringan Wi-Fi rumah Anda menggunakan antena internal. Ini menyediakan semua perangkat di jaringan rumah Anda dengan akses internet.

Core Router

Router ini atau core router adalah perangkat sistem komunikasi komputer dan tulang punggung jaringan, yaitu perangkat yang menghubungkan semua perangkat jaringan. Ini menyediakan beberapa antarmuka komunikasi data yang cepat. Kata “core” mengacu pada keseluruhan struktur fisik jaringan.

Edge Router

Jenis router selanjutnya adalah edge router. Edge router adalah router khusus yang terletak di batas jaringan yang memungkinkan jaringan internal terhubung ke jaringan eksternal. Mereka terutama digunakan di dua titik demarkasi: Wide Area Network (WAN) dan internet.

Berdasarkan Pengaplikasiannya

Berdasarkan pengaplikasiannya, router juga bisa dibagi menjadi 3 jenis, antara lain:

Router Aplikasi

Router tipe ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat anda instal pada metode operasi komputer, sehingga metode operasi computer hal yang demikian dapat bekerja seperti router.

Router Hardware

Yang kedua adalah router hardware. Router hardware yaitu sebuah hardware yang memiliki kesanggupan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda bisa membagi IP Address, Router hardware bisa diaplikasikan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah

Router PC

Selanjutnya, Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa diaplikasikan sebagai router. Untuk membikin sebuah router PC tidak patut memakai komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Berdasarkan Mekanismenya

Jika dilihat dari mekanismenya, router bisa dibagi menjadi tiga bagian juga, antara lain adalah sebagai berikut:

Router Statis

Administrator jaringan menggunakan router statis, atau router nonadaptif, untuk menentukan rute ketika ada satu rute atau rute pilihan bagi lalu lintas untuk mencapai tujuan. Perutean statis menggunakan tabel perutean kecil dengan hanya satu entri untuk setiap tujuan

Router Dinamis

Sebaliknya, router dinamis kadang-kadang disebut routing adaptif, lebih kompleks daripada routing statis karena menciptakan lebih banyak kemungkinan rute untuk mengirim paket melalui jaringan. Rute dinamis biasanya digunakan dalam jaringan yang lebih besar dan lancar di mana router statis akan rumit untuk dipelihara dan sering dikonfigurasi ulang. Karena routing dinamis lebih rumit, ia menghabiskan lebih banyak bandwidth daripada routing statis.

Router Wireless

Router nirkabel atau wireless, juga dikenal sebagai hub Wi-Fi, adalah perangkat elektronik kecil yang disediakan oleh penyedia layanan internet Anda yang memungkinkan Anda terhubung ke internet.

Ruijie RG-WS6108

Sekarang kita masuk dalam membahas Ruijie RG-WS6108. Ruijie RG-WS6108 High-Performance Wireless Controller dirancang untuk mendukung jaringan nirkabel berkecepatan tinggi generasi berikutnya. Kontroler Nirkabel RG-WS6108 dapat digunakan di jaringan Layer 2 atau Layer 3 untuk berkomunikasi dengan access point (AP) tanpa perubahan arsitektur atau perangkat keras, menawarkan kontrol nirkabel yang mulus dan aman. 

RG-WS6108 Wireless Controller dapat mengelola hingga 32 AP nirkabel secara default dan kapasitas maksimum 320 AP (atau maksimum 640 AP Lisensi untuk Wall AP) dengan peningkatan lisensi.

Fitur Yang Ada Ruijie RG-WS6108

Berikut ini adalah beberapa fitur yang sangat penting dan menarik yang ada di Ruijie RG-WS6108:

  • Wireless Controller Ruijie RG-WS6108 dengan server portal internal secara cerdas mengidentifikasi jenis perangkat pintar.
  • RG-WS6108 Wireless Controller bekerja sama dengan Ruijie AP untuk menawarkan waktu akses yang sama untuk perangkat pintar yang menjalankan standar berbeda seperti 802.11g, 802.11n, 802.11ac, dll.
  • Pada LAN nirkabel kepadatan tinggi, RG-WS6108 Wireless Controller bekerja sama dengan Ruijie AP untuk secara cerdas mendistribusikan pengguna di antara AP yang berbeda sesuai dengan jumlah pengguna dan lalu lintas data secara real time.
  • RG-WS6108 Wireless Controller memiliki database pengguna lokal, yang menawarkan integrasi yang mulus dengan server portal built-in, untuk otentikasi lokal pengguna nirkabel yang mudah melalui otentikasi web.
  • Selain Otentikasi Web tradisional dan Otentikasi 802.1X, Pengontrol Nirkabel Ruijie RG-WS6108 juga mendukung Otentikasi PEAP, Otentikasi SMS, dan Otentikasi Kode QR.

Spesifikasi Ruijie RG-WS6108

Hardware

Model RG-WS6108
Service Ports 8 Gigabit copper ports 2 Gigabit fiber ports (combo)
Management Ports 1 console port
Operating Temperature 0ºC to 45ºC
Operating Humidity 5% to 95%RH (non-condensing)
Storage Temperature -40ºC to 70ºC
Storage Humidity 5% to 95%RH (non-condensing)
Power Consumption <40W
Security Standard GB4943, EN/IEC 60950-1
EMC Standard GB9254, EN301 489
Dimensions (W ×D×H ) (mm) 440 × 200 × 43.6
Weight 2kg
Installation 19-inch rack

Software

Model RG-WS6108
Performance Default Number of Manageable APs 32
Maximum Number of Manageable APs 320 / 640 (for Wall AP)
Maximum Number of Configurable APs 2048
Maximum Number of Manageable Users 10K
802.11 Performance 8Gbps
VLAN 4K
Maximum Number of Clients Supported by the Built-in Portal 7500
ACL 64K
MAC Address Table 16K
ARP Table 12K
IPv6 Neighbour Table 10K
Local Authentication 300 wireless clients
Inter-AC Roaming Switch Time ≤50ms
WLAN 802.11 LAN Protocol 802.11, 802.11b, 802.11a, 802.11g, 802.11d, 802.11h, 802.11w, 802.11k, 802.11r, 802.11i, 802.11e, 802.11n
CAPWAP Layer 2/Layer 3 network topology between an AP and an AC
Enable an AP to automatically discover an accessible AC
Enable an AP to automatically upgrade its software version from an AC
Enable an AP to automatically download configurations from an AC
Network Address Translation (NAT) traversal
Roaming Intra-AC Layer 2/Layer 3 roaming
Inter-AC Layer 2/Layer 3 roaming
Local forwarding intra-AC Layer 2/Layer 3 roaming
Local forwarding inter-AC Layer 2/Layer 3 roaming
Forwarding Centralized forwarding
Local forwarding
Flexible forwarding based on service
Wireless QoS AP-based bandwidth limiting
WLAN-based bandwidth limiting
Static speed limiting and smart speed limiting based on user
Fair balancing
User Isolation User isolation based on ACs in the whole network
User isolation based on AP
User isolation based on WLAN
Reliability Fast switching between 2 ACs
Multi-AC redundancy (1+1 A/A and A/S, N+1)
Multi-AC clustering (N+N)
Remote Intelligent Perception Technology (RIPT)
Uninterrupted service upgrade
STA Management AP-based STA limiting
SSID-based STA limiting
AP-based load balancing
AP traffic-based load balancing
5G priority access
RSSI threshold
STA RSSI Threshold 0 to 100
STA Idle Timeout 90 to 86,400 seconds
STA Average Data Rate Threshold 8 to 819,200 with the accuracy of 8 kbps
Adjusting Transmit Power of Beacons and Probe Responses Yes
Offline Syslog Yes
RF Management Setting country codes
Manually setting the transmit power
Automatically setting the transmit power
Automatically setting working channels
Automatically adjusting transmission rates
Support blackhole compensation
Support RF interference detection and avoidance
Security IPv4 Security Web authentication
802.1x authentication
PEAP authentication
SMS authentication
QR code authentication
IPv6 Security 802.1x authentication
Web authentication
802.11 Security and Encryption Multi-SSID
SSID hiding
802.11i-compliant PSK authentication
WPA and WPA2
WEP (WEP/WEP128)
WAPI
TKIP
CCMP
Protection against ARP spoofing
SMP Integration with SMP
CPP Yes
NFPP Yes
WIDS Yes
Internet Protocols IPv4 Protocol Ping, Traceroute
DHCP Server
DHCP Client
DHCP Relay
DHCP Snooping
DNS Client
NTP
Telnet
TFTP Server
TFTP Client
FTP Server
FTP Client
FTP Client
IPv6 Protocol DNSv6 Client
DHCPv6 Relay
DHCPv6 Server
TFTPv6 Client
FTPv6 Server
FTPv6 Client
IPv6 CAPWAP
ICMPv6
IPv6 Ping
Manual tunnel, automatic tunnel
Manual configuration address, automatic local address
IPv6 Traceroute
IPv4 Routing Static routing, OSPF
IPv4 Routing Table Capacity 8K
IPv4 Static Routing Table Capacity 1K
IPv6 Routing Static routing
IPv6 Routing Table Capacity 1K
IPv6 Static Routing Table Capacity 1K
Management Network Management SNMP v1/v2c/v3
RMON
Remote probe
Syslog
Network Management Platform Web management (Smart-web)
RG-SNC management
RILL management
Heat Map diagram
User Access Management Login via console port
Login via Telnet
Login via SSH
Upload to FTP

Mengapa Memilih Ruijie RG-WS6108

 

Ruijie RG-WS6108 Menjadi Solusi Masalah Router Anda

Router dari Ruijie ini adalah solusi masalah router Anda yang sering mengalami gangguan dan juga masalah keamanan tentunya. RG-WS6108 Wireless Controller memungkinkan layanan jaringan berbasis peran dengan keamanan mutakhir dan teknologi pengelompokan. Teknologi pengelompokan berbagi basis data pengguna nirkabel di antara beberapa pengontrol dan memungkinkan pengguna untuk menjelajah dengan mulus di berbagai area dalam jaringan.

Ruijie RG-WS6108 Router Terbaik

Mengapa bisa ini adalah router terbaik yang bisa Anda dapatkan? Visibilitas yang tinggi adalah yang terdepan untuk wireless router ini. Wireless router RG-WS6108 memungkinkan kontrol dan pengelolaan AP terpusat, memberikan transparansi dan visibilitas tinggi.

Ruijie RG-WS6108 Bergaransi

Garansi adalah yang menjadi hal paling menguntungkan yang bisa Anda dapatkan. Ruijie RG-WS6108 memiliki garansi yang panjang dan juga dengan jaminan jika terdapat kerusakan akan ditangani dengan cepat tanpa proses yang ribet.

Ruijie RG-WS6108 Harga Terjangkau

Apakah Anda tahu? Ruijie RG-WS6108 dengan segudang fitur yang sangat membantu dan kualitas yang sangat bagus bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau? Ya, daripada Anda memilih merk yang lain, Ruijie RG-WS6108 dijamin lebih murah dengan kualitas yang lebih bagus!

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan yang lebih luas tentang Ruijie RG-WS6108. Dengan segudang fitur menarik yang sangat membantu Anda dan router yang dijamin handal, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Namun, pertanyaan selanjutnya adalah beli dimana jika Anda menginginkannya? Tentang saja! NetData bisa membantu Anda!

NetData adalah salah satu distributor resmi dari Ruijie yang menyediakan berbagai macam produk dari Ruijie yang dijamin asli dan juga terpercaya. semuanya dijamin lengkap termasuk router Ruijie RG-WS6108.

Dapatkan penawaran yang sangat menarik dari NetData lainnya untuk Ruijie RG-WS6108 dan juga produk dari Ruijie yang lain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup