Ruijie Router, Solusi Jaringan Komputer Untuk Perusahaan Anda

Jaringan Komputer

Setiap device yang selalu terhubung misalnya router dengan hub, router yang menyambung ke PC, PC yang tersambung dengan PC lain bisa disebut dengan jaringan komputer. Untuk skala perusahaan, tentunya jaringan komputer bisa sangat besar. Bayangkan saja warnet, itu adalah salah satu topologi jaringan komputer yang bisa dibilang sederhana. Berbicara tentang jaringan komputer, salah satu devicenya adalah router. Apakah Anda tertarik dengan Ruijie Router?

Oke, sebelum membahas tentang Ruijie router, ada baiknya untuk membahas secara menyeluruh untuk jaringan komputer baik itu apa saja perangkat yang ada di perangkat komputer, membahas juga tentang router, fungsinya, dan juga cara kerjanya.

Macam Perangkat Jaringan Komputer

Bisa dibilang memang perangkat jaringan komputer tidak hanya satu atau dua saja. Tapi ada banyak sekali perangkat jaringan komputer yang bisa terhubung satu dengan yang lainnya. Walaupun memang tidak semuanya harus ada di sebuah jaringan komputer, namun tetap saja jika untuk skala perusahaan pastinya sangat butuh berbagai perangkat jaringan komputer, termasuk Ruijie router.

Berikut ini adalah berbagai hardware jaringan komputer yang perlu Anda ketahui:

Server

Server adalah komputer atau sistem yang menyediakan sumber daya, data, layanan, atau program ke komputer lain, yang dikenal sebagai klien, melalui jaringan. Secara teori, setiap kali komputer berbagi sumber daya dengan mesin klien, mereka dianggap sebagai server. Ada banyak jenis server, termasuk server web, server email, dan server virtual.

Sebuah sistem individu dapat menyediakan sumber daya dan menggunakannya dari sistem lain pada waktu yang sama. Ini berarti bahwa suatu perangkat dapat menjadi server dan klien pada saat yang bersamaan.

NIC (Network Interface Card)

Apakah Anda pernah dengar tentang perangkat yang satu ini? Network Interface Card (NIC) adalah komponen perangkat keras jaringan komputer yang tanpanya komputer tidak dapat terhubung melalui jaringan. Ini adalah papan sirkuit yang dipasang di komputer yang menyediakan koneksi jaringan khusus ke komputer. Ini juga disebut pengontrol antarmuka jaringan, adaptor jaringan atau adaptor LAN.

Kabel Jaringan

Tentunya untuk menyambungkan antara satu dengan yang lain perangkat jaringan komputer perlu ada media penghubungnya, itulah sebabnya, ada kabel jaringan. Kabel jaringan ini terdiri dari berbagai macam jenis yang dimana setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Jenis-jenis kabel jaringan diantaranya adalah:

Kabel Coaxial

Kabel ini berfungsi sebagai penyambung antar perangkat komputer. Kabel ini memiliki ketahanan yang bagus untuk bandwidth yang tinggi.

Kabel Twisted Pair

Kabel ini adalah kabel jaringan yang dimana didalamnya terdapat 8 kabel dengan warna yang berpasangan yang berbeda-beda. kabel ini terdiri dari 3 jenis:

FTP (Foiled Twisted Pair)

Istilah FTP adalah singkatan dari foil twisted pair. Kabel jaringan FTP sering mendukung LAN (Local Area Network) Ethernet. Kabel dirancang dan dibangun dengan pasangan bengkok atau beberapa pasang inti bengkok dengan pelindung pita foil keseluruhan yang dililitkan di sekitar rakitan.

STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel ini adalah jenis khusus kabel telepon tembaga dan LAN yang digunakan di beberapa instalasi bisnis. Ia menambahkan penutup luar atau pelindung yang berfungsi sebagai ground untuk kabel twisted pair biasa.

UTP (Unshielded Twisted Pair)

Yang terakhir adalah UTP. Adalah jenis kabel tembaga di mana-mana yang digunakan dalam kabel telepon dan LAN.

Kabel Fiber Optic

Seruing disebut sebagai kabel FO, kabel fiber optik ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang amat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikirim oleh FO ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan. Hal itulah yang membuat kabel fiber optik cakap mentransmisikan data lebih pesat dibandingkan kabel macam lain.

Hub dan Switch

Kedua device ini seringkali disamakan, namun faktanya keduanya memiliki perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. 

Hub adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk mengirimkan sinyal ke setiap port (kecuali satu port) untuk merespon dari mana sinyal itu diterima.

Sedangkan untuk switch adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk memungkinkan pembentukan koneksi dan pemutusan koneksi berdasarkan kebutuhan.

Router

Perangkat selanjutnya adalah router. Router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau subjaringan packet-switched. Ini melayani dua fungsi utama: mengelola lalu lintas antara jaringan ini dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dimaksudkan, dan memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi Internet yang sama.

Bridge

Jembatan jaringan atau bridge ini merupakan perangkat yang membagi jaringan menjadi segmen-segmen. Setiap segmen mewakili domain tumbukan yang terpisah, sehingga jumlah tumbukan pada jaringan berkurang. Setiap collision domain memiliki bandwidth tersendiri, sehingga bridge juga meningkatkan kinerja jaringan.

Modem

Apakah Anda familiar dengan perangkat jaringan yang satu ini? Modem adalah perangkat jaringan yang memodulasi dan mendemodulasi sinyal pembawa analog (disebut gelombang sinus) untuk penyandian dan penguraian kode informasi digital untuk diproses.

Repeater

Dalam jaringan komputer, repeater merupakan perangkat jaringan yang mentransmisikan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan lebih dan ke batas jaringan geografis atau topologi yang diperluas daripada yang mampu dilakukan dengan sinyal aslinya.

Wireless Card

Yang terakhir adalah wireless card. Perangkat jaringan komputer ini digunakan untuk mengakses jaringan melalui port USB di komputer atau laptop.

Mari Membahas Router

sekarang masuk untuk membahas sebenarnya apa itu router secara menyeluruh. Mungkin ini adalah perangkat yang sudah sangat sering Anda temukan di sebuah jaringan komputer. Bahkan, setiap jaringan komputer sudah pasti terdapat router yang bisa berguna untuk Anda bisa menggunakan jaringan internet.

Apakah hanya itu saja kegunaan dari router? Tentu saja tidak. Router memiliki kegunaan yang lain yang dapat Anda manfaatkan karena router sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Router

Router, setidaknya perangkat jaringan rumah umum yang biasanya disebut router, adalah bagian dari perangkat keras jaringan yang memungkinkan komunikasi antara jaringan rumah lokal Anda seperti komputer pribadi Anda dan perangkat lain yang terhubung dengan internet.

Router yang digunakan di rumah dan jaringan kecil lebih tepatnya disebut gateway perumahan, dan juga bisa digunakan untuk skala perusahaan yang sudah besar sekalipun untuk menopang kebutuhan dalam menggunakan jaringan internet.

Fungsi Router

Router adalah garis keamanan pertama dari intrusi ke dalam jaringan. Mengaktifkan tingkat keamanan tertinggi pada router akan mengaktifkan hal-hal seperti firewall, dan merupakan cara terbaik untuk menjaga sistem komputer dan informasi Anda aman dari serangan.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi router penting yang lainnya, yaitu:

Menghubungkan Jaringan

Router juga terhubung ke penyedia layanan dan bertindak sebagai gateway ke jaringan lain, biasanya ditemukan di perimeter atau tepi jaringan.

Mentransmisikan Informasi

Router juga bisa berfungsi sebagai transmisi informasi. Transmisi informasi ini dari suatu jaringan ke jaringan lain. Hal ini dijalankan dengan pola networking bridge atau menjembatani jaringan dunia maya agar data dari suatu jaringan dapat diterapkan oleh jaringan lain

Menghubungkan Jaringan ke DSL

Jadi, router bisa sebagai penghubung jaringan ke DSL. Fungsi ini membuat router dapat memblokir lalu lintas data yang mencurigakan. Intinya, Anda dapat memblock IP Address dengan router.

Packet Filtering

Maksud dari packet filtering yang ada di fungsi router adalah karena di Internet, penyaringan paket adalah proses melewatkan atau memblokir paket pada interface jaringan berdasarkan alamat sumber dan tujuan, port, atau protokol.

Peripherals and File Sharing

Router juga bisa digunakan untuk berbagi file. Caranya adalah menghubungkan perangkat penyimpanan eksternal ke port USB router untuk berbagi file seperti foto, video, dan konten multimedia lainnya yang disimpan di perangkat penyimpanan eksternal dengan perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi router.

Cara Kerja Router

Cara kerja router memang terbilang masih bisa dipahami dengan mudah. Jadi, router memeriksa alamat IP tujuan header paket dan membandingkannya dengan tabel routimg untuk menentukan hop terbaik paket berikutnya. Tabel routing mencantumkan petunjuk arah untuk meneruskan data ke tujuan jaringan tertentu, terkadang dalam konteks variabel lain, seperti biaya. Mereka berjumlah seperangkat aturan algoritmik yang menghitung cara terbaik untuk mengirimkan lalu lintas ke alamat IP yang diberikan.

Tabel routing sering menentukan rute default, yang digunakan router setiap kali gagal menemukan opsi penerusan yang lebih baik untuk paket yang diberikan. Misalnya, router kantor rumah biasa mengarahkan semua lalu lintas keluar di sepanjang rute default tunggal ke Internet Service Provider (ISP).

Jenis Router

Router memiliki berbagai macam jenis. dari setiap jenis, mungkin Anda bisa memilih salah satu yang Anda butuhkan. Memang pada dasarnya kegunaannya sama. Router pada intinya digunakan oleh ISP untuk meneruskan informasi di sepanjang backbone serat optik utama. Router perusahaan menghubungkan jaringan organisasi besar ke router inti.

Jenis router sangat beragam, antara lain adalah:

Router Aplikasi

Router jenis ini adalah router yang ada dalam bentuk aplikasi atau software. Router jenis ini memungkinkan untuk sebuah PC dengan sistem operasi bisa dijadikan sebagai router. Aplikasi router ini terdapat di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan juga MacOS.

Router Hardware

Router jenis ini adalah yang sering Anda lihat di sebuah jaringan komputer. Bentuknya adalah hardware bukan lagi software seperti router aplikasi. Salah satu router hardware adalah Ruijie router.

Router PC

Router ini adalah router dalam bentuk PC. Jadi sebenarnya, PC yang dibangun dan ada ini tidak akan digunakan sebagai komputer dengan tugas pada umumnya, namun disiapkan untuk menjalankan service dalam jaringan.

Static Router

Static router merupakan router yang sering digunakan untuk topologi jaringan sederhana dan tertutup, sedangkan perutean adaptif sering digunakan untuk topologi jaringan terbuka dan kompleks.

Router Dinamis

Berlawanan dengan static router, router dinamis ini bisa dibilang lebih kompleks. Router dinamis akan melakukan routing dengan teknik jaringan yang menyediakan routing data yang optimal. Tidak seperti static routing, router dinamis memungkinkan router untuk memilih jalur sesuai dengan perubahan tata letak jaringan logis waktu nyata.

Wireless Router

Router nirkabel atau wireless router bekerja dengan cara yang sama seperti router di LAN rumah atau bisnis yang terprogram, tetapi memungkinkan mobilitas yang lebih besar untuk notebook atau komputer portabel. Wireless router menggunakan spesifikasi 802.11g, standar yang menawarkan transmisi jarak pendek.

Apa Bedanya Router dengan Modem?

Sering dibandingkan dengan modem, sebenarnya router dengan modem apa saja bedanya?

Modem dan router sangat berbeda dan menjalankan fungsi khusus yang terpisah. Modem menghubungkan Anda ke Internet. Router menghubungkan perangkat Anda ke jaringan rumah Anda atau jaringan Wi-Fi dan kemudian perangkat Anda dapat berkomunikasi secara nirkabel satu sama lain. Sebuah router dengan sendirinya, tidak menghubungkan Anda ke Internet.

Ruijie Router

Membahas tentang router tidak akan Anda bisa lewatkan tentang Ruijie router. Salah satu produsen router dengan kualitas yang sangat bagus dan juga dengan harga yang lebih terjangkau daripada merk lainnya ini adalah salah satu router dengan skala perusahaan yang sangat bisa Anda andalkan.

Jadi, memang Ruijie ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki perusahaan baik itu yang masih baru Anda bangun atau yang sudah professional sekalipun. Karena tidak akan ada salahnya untuk Anda yang memiliki perusahaan baru menggunakan Ruijie router untuk perangkat router pada jaringan komputer perusahaan Anda.

Mengenal Perusahaan Ruijie Router

Ruijie adalah pemasok solusi jaringan terkemuka di Cina. Kami fokus pada manfaat pelanggan dan berusaha untuk meningkatkan pengalaman aplikasi jaringan pelanggan kami melalui inovasi teknologi yang berkelanjutan. Ruijie Networks menyediakan solusi jaringan end-to-end untuk operator telekomunikasi, layanan keuangan, lembaga pemerintah, pendidikan, dan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi jaringan pelanggan.

Ruijie Networks memiliki 40 cabang dengan penjualan dan layanan yang mencakup Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Saat ini, Ruijie memiliki lebih dari 4.000 karyawan, 2.000 di antaranya adalah insinyur R&D yang bekerja di 5 pusat R&D yang berlokasi di Fuzhou, Beijing, Shanghai, Chengdu, dan Tianjin.

Ruijie telah meneliti dan mengembangkan sendiri 8 lini produk, termasuk switch, router, wireless, cloud class, keamanan, gateway, manajemen IT, dan autentikasi & akuntansi.

Mengapa Harus Menggunakan Produk Dari Ruijie

Yang menjadi banyak pertanyaan adalah “mengapa harus menggunakan produk dari Ruijie?”. Memang masih banyak yang mempertanyakan ini, namun untuk berbagai sumber review, Ruijie ini memiliki penilaian yang sangat positif.

Salah satunya adalah produk dari Ruijie stabil dan dapat diandalkan, menjaga jaringan tetap bekerja dengan lancar dan memberikan layanan dengan stabil. Selain itu, layanan dari Ruijie juga berkualitas sangat baik. Semua Produk sangat bagus, Switch, access point, software asset management (SAM), dan manajemen jaringan perangkat lunak. Andal dan performanya luar biasa.

Keuntungan Menggunakan Produk Dari Ruijie

Tidak akan ada salahnya Anda menggunakan produk dari Ruijie, malah Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Dibandingkan dengan yang lain, Ruijie memiliki kelebihan berupa produk nirkabel yang bagus dengan harga yang kompetitif.

Produk nirkabel ini memiliki kemampuan yang cukup baik untuk memenuhi persyaratan standar dalam jaringan nirkabel. Dengan berbagai fitur yang lengkap dan selalu berinovasi dan up to date, tentunya adalah keinginan semua orang untuk mendapatkan barang dengan kualitas dan fitur yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Ruijie Cloud

Ruijie Cloud adalah salah satu platform manajemen jaringan terbesar di dunia, menyediakan layanan gratis, aman, dan andal kepada pelanggan. Ruijie cloud ini sangat memungkinkan untuk Anda akses terkelola cloud keluarga produk lengkap, memberikan akses ke pengguna mana pun.

Ruijie Cloud terus melakukan iterasi untuk memberikan nilai lebih, membuat berbagai proyek dapat dicakup untuk semua lini.

Ruijie Hardware

Ruijie memiliki berbagai hardware perangkat jaringan komputer yang handal antara lain adalah; switch, produk wireless, gateway, dan juga Ruijie router pastinya. Ada juga Reyee yang merupakan produk hardware dari Ruijie juga.

Reyee adalah sub-merek UKM yang diluncurkan oleh Ruijie pada tahun 2014, termasuk 4 lini produk utama: switch, router, nirkabel, dan produk rumah. Tujuan dari merek ini adalah untuk menyederhanakan jaringan dan memudahkan integrator/pemasang sistem kecil untuk melakukan bisnis.

Masa Depan Menggunakan Ruijie

Ruijie akan selalu berinovasi untuk sampai kapanpun itu. perusahaan seperti Ruijie yang selalui berinovasi ini akan membuat Anda menjadi beruntung untuk masa depan menggunakan Ruijie. Ruijie akan selalu terus menjadi ahli inovasi solusi berdasarkan scenario.

Spesialis Solusi Berbasis Skenario Inovatif

Ruijie bukan tidak ada alasan mengapa Anda bisa mengandalkannya untuk masa depan perusahaan Anda. Ruijie merupakan spesialis solusi dengan berbasis skenario yang inovatif.

  • Inovasi adalah kekuatan pendorong mendasar dari pengembangan kami. Inovasi terinspirasi oleh pengguna Ruijie.
  • Inovasi solusi berbasis skenario dan berpusat pada industri Ruijie bertujuan untuk menemukan masalah pengguna secara tajam, dan mencoba memecahkan masalah.
  • Untuk memberikan pengalaman aplikasi terbaik dari produk inovatif, Ruijie selalu berinteraksi secara mendalam dengan pengguna selama desain dan pengembangan produk, dan meminta pengguna untuk “berpartisipasi dalam produksi produk Ruijie”.
  • “Pengalaman terbaik” dikaitkan dengan iterasi dan peningkatan produk yang berkelanjutan.
  • Ini adalah jalan tak terelakkan dari semua produk dan solusi Ruijie serta semangat inovasi Ruijie yang tak henti-hentinya.

Membahas Terlebih Dulu Mengenai Subnetting

Sebelum membahas tentang Ruijie router, ada baiknya Anda mengerti terlebih dahulu mengenai subnetting karena ini sangat berkaitan erat dengan router.

Jadi, jaringan di internet terhubung satu sama lain melalui router. Router membawa lalu lintas dari satu jaringan atau subnet ke yang lain. Router memelihara tabel routing untuk memutuskan bagaimana merutekan paket IP. Setiap entri perutean terdiri dari alamat tujuan, subnet mask, dan “route to” field.

Beberapa Keuntungan Subnetting

Dalam subnetting, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukannya. Tentu saja subnetting ini ada beberapa keuntungannya, diantaranya:

Mencegah Broadcast yang Tidak Perlu

Subnet awalnya dirancang untuk memecahkan kekurangan alamat IP lewat Online. Teknik ini dapat memecah network terlalu besar dan ribet menjadi network kecil-kecil dengan nama baru yang lebih mudah dikendalikan. Subnetting ini sayangnya tidak dapat asal digunakan.

Meningkatkan Opsi Keamanan

Subnet juga bisa digunakan untuk meningkatkan opsi keamanan. Caranya adalah dengan memisahkan jaringan anda menjadi subnet, Anda bisa membatasi aliran lalu lintas menggunakan ACL, QoS, atau peta rute, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi ancaman, titik tutup dari masuk dan targetkan tanggapan Anda dengan lebih mudah. Anda juga bisa membagi jaringan Anda menggunakan router untuk mengaitkan subnet lewat konfigurasi ACL pada router dan switch.

Menyederhanakan Administrasi

Jika Anda mengatur router dan subnetting IP, Anda bisa menyederhanakan administrasi IP nya menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat dikelola dengan mudah.

Mengontrol Pertumbuhan

Kepadatan network traffic akan sangat sering terjadi. Dengan Anda menggunakan subnetting, Anda bisa mengontrol pertumbuhan traffic pada jaringan komputer Anda.

Beberapa Produk Ruijie Router

Salah satu produk dari Ruijie adalah router. Jika Anda ingin mendapatkan router dengan kualitas terbaik, Ruijie router sangat bisa diandalkan. Terdapat beberapa produk Ruijie router yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah:

Ruijie Router RG-RSR30-X

Seri Router RG-RSR30-X mendukung operasi bisnis dan konstruksi jaringan dengan fitur desain inovatif, ketersediaan tinggi, kinerja tinggi, multilayanan, keamanan yang kuat, hot swapping dan fitur siaga panas, yang secara efektif meningkatkan nilai jaringan sambil meminimalkan biaya konstruksi jaringan.

Seri Ruijie RG-RSR30-X mendorong skala batas desain router sesuai dengan kebutuhan pengguna untuk meminimalkan investasi pengguna.

Ruijie Router RG-RSR20-X

Seri Router Gigabit RG-RSR20-X, yang mengintegrasikan perutean, peralihan, dan keamanan menjadi satu kesatuan, adalah produk akses generasi berikutnya dari Ruijie sebagai perpanjangan dari Seri RSR (Router Multi-Layanan yang Dapat Diandalkan) yang sukses. 

Selain peningkatan komprehensif dalam hal kinerja, kepadatan port, kecepatan, dan keandalan, Seri RG-RSR20-X menyediakan solusi terintegrasi yang memungkinkan penerapan skalabel aplikasi baru untuk sektor keuangan, pemerintah, dan perusahaan sambil meminimalkan biaya investasi.

Ruijie Router RG-RSR10-01G-T 4G

Terakhir adalah seri Ruijie RG-RSR10-01G-T 4G Wireless Router dirancang khusus untuk usaha kecil dan menengah untuk memberi daya pada solusi jaringan generasi berikutnya. Perangkat terkemuka mendukung perutean, peralihan, keamanan, koneksi 4G/3G, semuanya dalam satu untuk beradaptasi dengan berbagai skenario penerapan. 

Fitur perangkat lunak yang luas juga tersedia untuk mendukung VPN, MPLS, aplikasi multicast dan sebagainya. Bersama dengan berbagai solusi pencadangan dan fitur H-QoS, router RG-RSR10-01G-T adalah pendamping ideal untuk solusi akses yang melibatkan data dan video.

Kesimpulan

Jaringan komputer bagi perusahaan memang menjadi sangat krusial untuk sekarang ini. Tentunya di berbagai pertimbangan, sudah pasti jaringan komputer dengan kualitas perangkat yang bagus adalah kunci utama dimana Anda dapat mendapatkan jaringan komputer terbaik demiu menunjang kemajuan perusahaan Anda.

Ruijie router adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang bisa Anda andalkan. Dengan berbagai fitur yang menarik dan memang dibuat untuk skala perusahaan, tentunya itu adalah keuntungan yang menarik.

Jika Anda ingin mendapatkan Ruijie router dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menghubungi NetData. Dapatkan penawaran menarik lainnya dari NetData untuk Ruijie router jenis apapun itu yang lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup