Sudah Tahu Perbedaan HTTP dan HTTPS? Berikut Informasinya

HTTP dan HTTPS

Ketika Anda mengunjungi sebuah website atau Anda melihat sebuah link website Anda biasanya akan menyadari jika link tersebut diawali dengan “http” atau “https”. Memangnya jika dilihat lagi, apa perbedaan http dan https? Masih banyak memang yang bingung tentang http dan juga https. Ya mungkin saja ini tidak diperhatikan banyak orang, tapi ternyata perbedaan antara keduanya bisa dibilang krusial.

Jadi, perbedaan http dan https harus Anda ketahui pada sebuah URL. Apa itu URL? Apa itu website? Pada tulisan ini akan dibahas secara tuntas berbagai hal yang berkaitan dengan URL terutama https dan juga http.

Mengenal Website

sebelum membahas perbedaan http dan https, ada baiknya untuk mengehtahui apa yang dimaksud dengan website. Ini penting karena keduanya itu memang berkaitan dengan situs halaman web.

Pastinya Anda ketika mengunjungi sebuah website akan sering kali menemukan http atau https pada kolom URL yang ada pada browser Anda seperti berikut ini:

Pengertian Website

Situs web atau website adalah kumpulan terkait file World Wide Web (WWW) yang mencakup file awal yang disebut halaman rumah. Sebuah perusahaan atau individu memberitahu Anda bagaimana untuk mendapatkan ke situs Web mereka dengan memberikan alamat halaman rumah mereka. Dari halaman beranda, Anda dapat membuka semua halaman lain di situs mereka.

Sebuah sinonim dan istilah yang kurang sering digunakan untuk situs Web adalah “Web presence.” Istilah itu tampaknya lebih mengekspresikan gagasan bahwa sebuah situs tidak terikat pada lokasi geografis tertentu, tetapi “di suatu tempat di dunia maya.” Namun, “Situs web” atau website tampaknya lebih sering digunakan.

Cara Membuka Website

Bagi seorang pemula, mungkin cara untuk membuka website masih banyak yang tidak paham tentang itu. Para pemula tentunya hanya berpikiran hanya mencari sebuah website atau informasi melalui mesin pencarian saja. Padahal, faktanya ada website yang tidak terindex oleh mesin pencarian.

Artinya, tidak semua website akan langsung ditemukan dengan kata kunci yang Anda ketikkan di mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan mesin pencarian yang lain.

Pada sebuah browser, Anda bisa menemukan address bar yang bisa berfungsi sebagai tempat untuk menuliskan alamat web yang akan Anda kunjungi.

Jika Anda sudah tahu alamatnya maka Anda tinggal ketikan langsung saja URL pada address bar tersebut. Namun, jika Anda tidak tahu URL lengkap dari website tersebut, Anda bisa hanya sekedar menuliskan kata kuncinya yang Anda ketahui. Otomatis, akan langsung mengarah ke mesin pencarian.

Jumlah Website di Internet

Diatas sudah dijelaskan jika bisa saja website tidak akan terindex pada sebuah mesin pencarian. Jadi, jika dipikir lagi terdapat banyak sekali website yang ada di dunia ini yang bahkan Anda tidak akan tahu sebelumnya.

Menurut data dari situs Internet Live Stats, ada lebih dari 1,89 miliar website di internet saat ini. Pencapaian 1 miliar situs web pertama kali dicapai pada bulan September 2014. Atau butuh waktu sekitar 24 tahun sejak web pertama kali hadir dalam kehidupan manusia.

Dan apakah Anda tahu jika website pertama yang ada di dunia tercipta pada Desember 1990, yakni dengan URL info.cern.ch. Situs tersebut dibuat oleh Tim Berners-Lee, yang tak lain ialah sang pencipta dari World Wide Web (WWW) atau singkatnya Web yang kita kenal hingga saat ini. 

Menariknya, situs web ini masih ada sampai sekarang dan masih seperti tampilan website yang sangat jadul dan berisikan informasi tentang apa itu WWW.

Jenis Website

Sebagai seorang desainer atau pemilik usaha kecil, Anda harus terbiasa dengan semua jenis halaman web yang berbeda di luar sana, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang akan memenuhi kebutuhan Anda. Mempelajari apa yang dipilih pesaing dan melakukan pengujian memungkinkan Anda membuat format yang sempurna untuk setiap merek dan basis pelanggan mereka.

Terdapat banyak sekali jenis website yang eksis untuk sekarang ini. Berikut ini adalah berbagai jenis website yang perlu Anda ketahui sebelum Anda membuat halaman web sendiri:

Website Pribadi

Website pribadi bisa saja disebut dengan blog. Sebuah blog menampilkan artikel, foto, dan video yang diperbarui secara berkala. Blog dimulai dengan konten pribadi yang lebih kasual dibandingkan dengan majalah. Namun sejak itu, batasannya menjadi kabur, dan sekarang sangat umum bagi merek dan bisnis besar untuk memiliki blog sendiri. Menambahkan konten ahli meningkatkan kredibilitas keseluruhan perusahaan atau individu. 

Blog juga menyediakan materi untuk posting media sosial dan kampanye email. Namun, sebuah blog juga bisa menjadi rumit bagi perusahaan kecil.

Website Bisnis dan Website Perusahaan

Website bisnis umumnya berfungsi sebagai ruang untuk memberikan informasi umum tentang perusahaan Anda atau platform langsung untuk e-niaga. Baik Anda membuat situs web sederhana yang menceritakan sedikit tentang perusahaan Anda atau situs e-commerce yang lebih kompleks, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengatakan apa yang dilakukan perusahaan Anda – di beranda dengan istilah yang sederhana. 

Jangan membuat pelanggan mencari tahu apakah perusahaan Anda dapat melakukan apa yang mereka butuhkan.

Website Komunitas

Situs web komunitas adalah website mandiri yang menawarkan tujuan bagi anggota komunitas online untuk berkumpul, berkomunikasi, dan membangun hubungan satu sama lain. Situs web komunitas berbeda dengan platform media sosial di mana komunitas seperti grup Facebook atau subreddit ada sebagai bagian integral dari pengalaman media sosial anggota.

 

Manfaat utama dari situs web komunitas adalah kesempatan pemimpin komunitas untuk menciptakan komunitas, budaya, konten, dan merek mereka sendiri jauh dari gangguan dan tantangan platform media sosial. Selain itu, dengan situs web komunitas, pemimpin dapat membebankan biaya untuk keanggotaan, langganan, dan kursus online dengan cara yang bukan merupakan opsi di grup media sosial.

Website E-commerce

Situs web e-commerce adalah tujuan belanja online tempat pengguna dapat membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Halaman web e-commerce yang kuat memudahkan untuk menelusuri produk, memfilter menurut kategori, menyoroti penjualan khusus, dan melakukan pembelian.

Karena sistemnya saling berhubungan, penjualan, logistik, dan pemasaran selalu mengetahui apa yang berjalan dengan baik. Di bagian desain, platform e-commerce menawarkan beberapa templat yang sesuai dengan kebutuhan hampir semua jenis bisnis.

Manfaat Website

Hari ini, mempunyai company profile adalah hal yang sangat penting. Penelitian telah menemukan bahwa 6/10 pelanggan mengharapkan merek memiliki konten online tentang bisnis mereka. Mengapa menunggu lebih lama lagi pelanggan Anda mencari Anda! 

Jika Anda memiliki atau menjalankan bisnis yang belum mengambil langkah itu ke dunia online, berikut adalah manfaat yang akan membuat Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak melakukannya lebih awal.

Memperluas Jangkauan Promosi

Tempatkan alamat situs web Anda di semua materi promosi yang ada (kartu nama, brosur, dll.). Anda bisa melihat peningkatan penjualan. 

Misalnya: bahkan jika seseorang yang mengambil sepotong literatur produk tidak berencana untuk segera membeli, Anda telah menanam benih. Ketika mereka serius melakukan pembelian, materi Anda (dengan situs web Anda) ada di depan mata mereka. 

Situs Anda kemungkinan besar di mana mereka sekarang akan memulai penelitian produk mereka dengan sungguh-sungguh. Saat Anda menggabungkan materi promosi tradisional dengan sumber daya tambahan dari situs web Anda, bisnis Anda lebih cenderung “menempel” di benak pelanggan.

Media Tanpa Batas

Website merupakan media yang tidak memiliki batas. Anda dapat menyediakan informasi selama 24/7. Informasi yang Anda akan tawarkan kepada orang yang mencari tentang Anda akan mendapatkan informasi kapanpun dia mau.

Wadah Komunitas

Banyak ide yang bisa didapatkan dari website, salah satunya adalah mewadahi sebuah komunitas tertentu. Dengan adanya komunitas tak jarang juga orang yang masih kebingungan dalam mencari informasi mengenai komunitas yang sesuai dengan hobinya.

Misalnya saja, terdapat website yang membahas tentang tanaman kaktus. Pastinya ini akan sangat berguna bagi para pecinta tanaman kaktus untuk mencari informasi dan membentuk sebuah komunitas yang lebih besar untuk para pecinta kaktus di daerah Anda, di Indonesia, bahkan dunia.

Mengenal URL

Membahas perbedaan http dan https dan luput dari yang namanya URL. Mengapa ini sangat penting? Dengan Hypertext dan HTTP, URL adalah salah satu konsep kunci dari Web. Ini adalah mekanisme yang digunakan oleh browser untuk mengambil sumber daya yang dipublikasikan di web. 

Berikut ini adalah penjelasan yang harus Anda ketahui tentang URL sebelum membahas lebih lanjut perbedaan http dan https.

Apa Itu URL?

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. URL tidak lebih dari alamat sumber daya unik yang diberikan di Web. Secara teori, setiap URL yang valid menunjuk ke sumber daya yang unik. Sumber daya tersebut dapat berupa halaman HTML, dokumen CSS, gambar, dll. Dalam praktiknya, ada beberapa pengecualian, yang paling umum adalah URL yang menunjuk ke sumber daya yang sudah tidak ada atau telah dipindahkan. 

Karena sumber daya yang diwakili oleh URL dan URL itu sendiri ditangani oleh server Web, terserah kepada pemilik server web untuk mengelola sumber daya itu dan URL yang terkait dengan hati-hati.

Bagian-Bagian URL

Berbagai URL dapat diketikkan ke bilah alamat browser Anda untuk memintanya memuat halaman terkait (sumber daya).

URL terdiri dari bagian yang berbeda, beberapa wajib dan lainnya opsional. Bagian yang paling penting disorot pada URL di bawah ini termasuk scheme yang akan kita bahas terkait dengan perbedaan http dan https (detail disediakan di bagian berikut):

Fungsi URL

Setiap URL fungsi unik secara global dan dapat dikaitkan dengan alias fungsi atau ARN fungsi yang tidak memenuhi syarat, yang secara implisit memanggil versi $LATEST. Misalnya, jika Anda memetakan URL fungsi ke versi $TERBARU, setiap pembaruan kode akan segera tersedia melalui URL fungsi.

Di sisi lain, saya akan merekomendasikan pemetaan URL fungsi ke alias, sehingga Anda dapat dengan aman menerapkan versi baru, melakukan beberapa tes integrasi, dan kemudian memperbarui alias saat Anda siap. Ini juga memungkinkan Anda menerapkan pengalihan lalu lintas berbobot dan penerapan yang aman.

Cara Membuat URL

URL terdiri dari nama domain dan jalur file ke file atau halaman web tertentu. Jika Anda ingin membuat situs Anda sendiri atau mengunggah file ke Internet untuk dibagikan kepada orang lain, Anda dapat membuat URL gratis dengan mendaftar ke situs web yang menawarkan hosting web gratis, salah satu yang akan menjadi contoh adalah membuatnya di webs.com.

  1. Langkah 1

Buat situs web gratis di Webs.com. Anda akan membuat “alamat situs” selama pendaftaran yang akan menjadi URL gratis Anda. Setelah pendaftaran, Anda dapat mulai mengunggah file dan membangun situs web Anda.

  1. Langkah 2

Gunakan Google Sites untuk membuat URL gratis Anda. Anda dapat membuat beberapa situs web di bawah satu akun Google dan memilih alamat unik untuk masing-masing situs. Gunakan salah satu templat tata letak Google atau buat sendiri menggunakan editor HTML.

  1. Langkah 3

Daftar untuk situs web gratis dengan Bravenet. Nama pengguna yang Anda buat selama proses pendaftaran akan dimasukkan ke dalam URL gratis Anda. Bravenet menawarkan 5 GB ruang penyimpanan untuk file HTML, teks, dan gambar Anda.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Jika Anda sadar, mungkin pada sebuah URL yang Anda temukan memiliki perbedaan pada bagian scheme atau skemanya yaitu ada yang menggunakan http dan juga https. Mungkin itu adalah hal yang tidak dipermasalahkan banyak orang, namun ternyata ada perbedaan diantara keduanya.

Pengertian HTTP dan HTTPS

Sebelum membahas tentang perbedaan antara keduanya, mari bahas terlebih dahulu pengertian dari keduanya:

HTTP

Hypertext Transfer Protocol atau HTTP, dan itu adalah protokol – atau urutan dan sintaks yang ditentukan untuk menyajikan informasi – yang digunakan untuk mentransfer data melalui jaringan. Sebagian besar informasi yang dikirim melalui Internet, termasuk konten situs web dan panggilan API, menggunakan protokol HTTP. Ada dua jenis utama pesan HTTP: permintaan dan tanggapan.

HTTPS

S dalam HTTPS adalah singkatan dari “secure.” HTTPS menggunakan TLS (atau SSL) untuk mengenkripsi permintaan dan tanggapan HTTP, jadi dalam contoh di atas, alih-alih teks, penyerang akan melihat sekumpulan karakter yang tampaknya acak.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTPS adalah HTTP dengan enkripsi. Satu-satunya perbedaan antara kedua protokol adalah bahwa HTTPS menggunakan TLS (SSL) untuk mengenkripsi permintaan dan tanggapan HTTP normal. Akibatnya, HTTPS jauh lebih aman daripada HTTP. Situs web yang menggunakan HTTP memiliki http:// di URL-nya, sedangkan situs web yang menggunakan HTTPS memiliki https://.

Sertifikasi Digital

Perbedaan http dan https yang pertama adalah tentang sertifikat. Sertifikasi digital dimiliki oleh https, sedangkan untuk http tidak memilikinya. Sertifikasi yang dimiliki adalah SSL/TLS.

Pengiriman Pesan

Selanjutnya tentang perbedaan http dan https adalah dalam pengiriman pesannya. Untuk HTTP, pengiriman pesan lewat teks biasa dan mengakibatkan siapapun yang memiliki pengetahuan tentang instruksi dan sintax protocol dapat membaca dan memahaminya. Hal ini benar-benar berbahaya karena dikala pengguna mengirimkan formulir berisi data pribadi yang peka, akan gampang untuk diretas oleh pelaku jahat yang ingin menemukan berita itu. 

Sedangkan HTTPS menggunakan pesan yang ditransmisikan dengan keamanan data sehingga data lebih aman.

Penggunaan Port

Penggunaan port juga bisa menjadikan perbedaan http dan https. Port disini maksudnya adalah port logic yang tidak bisa dilihat dan dirasakan. Mengaitkan antara perangkat dengan protokol atau media lainnya adalah salah satu fungsi port ini.

Keuntungan Penggunaan

Perbedaan http dan https selanjutnya adalah dari protocol ini yaitu profit memakai salah satu dari keduanya. Tentu dari penjelasan di atas bisa disimpulkan apabila profit yang lebih besar nampak pada protocol HTTPS. Jadi apabila Anda menemukan laman dengan simbol terbuka karenanya hal hal yang demikian menandakan server memakai HTTP yang tak aman apabila dikunjungi. Lazimnya pengunjung akan dialihkan ke halaman lainnya karena kesusahan untuk membuka halaman laman.

Selain itu untuk keamanan HTTPS juga mempunyai profit kenyamanan dalam pencarian, sehingga pengunjung tak merasa cemas saat memberikan isu rahasia.

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Secara jelas dari perbedaan http dan https, https memiliki keunggulan yang lebih daripada http. Maka dari itu, ketika membuat URL tentunya harus membuat yang namanya URL dengan https didalamnya.

Menggunakan Enkripsi Agar Komunikasi Aman

Keamanan. Salah satu manfaat utama HTTPS adalah menambahkan keamanan dan kepercayaan. Ini melindungi pengguna dari serangan man-in-the-middle (MitM) yang dapat diluncurkan dari jaringan yang disusupi atau tidak aman. Peretas dapat menggunakan teknik tersebut untuk mencuri informasi sensitif pelanggan Anda.

Banyak Situs Terpercaya Menggunakan HTTPS

Lebih dari setengah (51,8 persen) dari satu juta situs web yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia sekarang secara aktif mengalihkan ke HTTPS, versi aman dari protokol HTTP tempat data antara perangkat dan situs web ditransmisikan, menurut statistik oleh peneliti keamanan, Scott Helme.

 Loading Time Lebih Cepat

Selain https memiliki keamanan yang lebih bagus daripada http, https memiliki loading time yang lebih cepat. Ini akan membuat berbagai konten yang ada dalam website Anda menjadi lebih cepat loadingnya. Anda juga bisa memanfaatkan SEO untuk hal tersebut.

Daripada http, gunakan saja https untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan manfaat loading time yang cepat.

Kesimpulan

NetData merupakan perusahaan yang bisa Anda andalkan untuk membuat sertifikat SSL gratis. Situs web apa pun yang mendaftar untuk layanan NetData dapat mengaktifkan HTTPS dan beralih dari HTTP dengan satu klik. Ini membuat enkripsi TLS tersedia secara luas, untuk melindungi pengguna dan data pengguna di seluruh Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup