Yuk Mengerti Tentang Kecepatan Bandwidth, Fungsi Dan Cara Kerjanya!

Kecepatan Bandwidth

Kecepatan Bandwidth – Pernah mendengar tentang bandwidth? Mungkin jika Anda membayangkannya secara umum dan secara yang pernah Anda dengan adalah kecepatan internet. Apakah itu adalah penjelasan dari bandwidth? Mungkin itu tidak bisa dibenarkan namun tidak bisa disalahkan juga. Jadi, apa maksud dari bandwidth?

Jadi, mungkin bandwidth sering Anda dengar apalagi saat membahas mengenai topik Virtual Private Server (VPS). Namun, sebelum membahas lebih detail tentang bandwidth, mari membahas permukaannya terlebih dahulu.

Sebelum Kecepatan Bandwidth, Mari Membahas Internet

Bandwidth memang erat kaitannya dengan internet, maka dari itu mari membahas terlebih dahulu apa yang disebut dengan internet. Karena memang internet adalah dasar dari Anda untuk memahami apa yang dimaksud denan bandwidth.

Pengertian Dari Internet

Internet adalah sistem telekomunikasi di seluruh dunia yang menyediakan konektivitas untuk jutaan jaringan lain yang lebih kecil; oleh karena itu, internet sering disebut sebagai jaringan dari jaringan. Hal ini memungkinkan pengguna komputer untuk berkomunikasi satu sama lain melintasi jarak dan platform komputer.

Internet dimulai pada tahun 1969 sebagai Badan Proyek Penelitian Lanjutan Departemen Pertahanan AS (ARPA) untuk menyediakan komunikasi langsung di dalam Departemen jika terjadi perang. Komputer kemudian dipasang di universitas-universitas AS dengan proyek-proyek terkait pertahanan. Ketika para sarjana mulai online, jaringan ini berubah dari penggunaan militer menjadi penggunaan ilmiah. Seiring pertumbuhan ARPAnet, administrasi sistem didistribusikan ke sejumlah organisasi, termasuk National Science Foundation (NSF). 

Pergeseran tanggung jawab ini memulai transformasi ARPAnet yang berorientasi pada sains menjadi Internet yang berpikiran komersial dan didanai yang digunakan oleh jutaan orang saat ini.

Fungsi Dan Tujuan Internet

Internet bertindak sebagai pipa untuk mengangkut pesan elektronik dari satu jaringan ke jaringan lain. Inti dari sebagian besar jaringan adalah server, komputer cepat dengan sejumlah besar memori dan ruang penyimpanan. Server mengontrol komunikasi informasi antara perangkat yang terhubung ke jaringan, seperti komputer, printer, atau server lain.

Manfaat Internet

Banyak manfaat dari internet yang perlu Anda ketahui, berbagai manfaat dari internet bisa Anda dapatkan dan bahkan sudah Anda rasakan untuk sekarang ini, diantaranya adalah:

Informasi, Pengetahuan, dan Pembelajaran

Seperti disebutkan sebelumnya, Internet berisi persediaan pengetahuan dan informasi tanpa akhir yang memungkinkan Anda mempelajari hampir semua topik atau pertanyaan yang mungkin Anda miliki.

Konektivitas, Komunikasi, dan Berbagi

Di masa lalu, butuh berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk menerima surat dari orang lain. Sekarang, komunikasi bisa lebih mudah.

Alamat, Mapping, dan Informasi Kontak

Dengan bantuan teknologi GPS, Internet membantu memetakan dan mengarahkan Anda ke hampir setiap tempat di dunia. Anda tidak lagi tersesat dengan adanya internet.

Perbankan, Tagihan, dan Belanja

Internet menyediakan akses ke rekening bank Anda untuk melihat saldo, melakukan transaksi, dan mengirim uang. Juga, banyak layanan memungkinkan Anda untuk melihat dan membayar tagihan secara elektronik.

Hiburan

Internet memberi setiap orang akses ke persediaan hiburan tanpa akhir, dengan akses untuk menonton video, menonton film, mendengarkan musik, dan bahkan bermain game online.

Dampak Internet

Internet memiliki dampak yang sangat signifikan. Dampak ini tidak selamanya positif, karena semua yang tercipta pastinya terdapat dampak negatif. Dampak internet yang sangat terasa adalah dimana Anda bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan dapat membuat informasi sangat luas sehingga wawasan menjadi lebih luas.

Namun, apa saja dampak dari internet baik itu positif dan negatif?

Dampak Positif

Berikut ini adalah dampak positif dari internet yang perlu Anda ketahui:

  • Ini menyediakan komunikasi yang efektif menggunakan layanan email dan pesan instan ke bagian mana pun di dunia.
  • Ini meningkatkan interaksi bisnis dan transaksi, menghemat waktu penting.
  • Perbankan dan belanja online telah membuat hidup tidak terlalu rumit.
  • Anda dapat mengakses berita terbaru dari belahan dunia mana pun tanpa bergantung pada TV atau surat kabar.
  • Pendidikan telah menerima dorongan besar karena buku dan jurnal yang tak terhitung jumlahnya tersedia secara online dari perpustakaan di seluruh dunia. Ini telah membuat penelitian lebih mudah. Siswa sekarang dapat memilih kursus online menggunakan internet.
  • Aplikasi untuk pekerjaan juga menjadi lebih mudah karena sebagian besar lowongan diiklankan secara online dengan aplikasi online menjadi norma.
  • Profesional sekarang dapat bertukar informasi dan materi secara online, sehingga meningkatkan penelitian. 

Dampak Negatif

Sedangkan, untuk dampak negatif dari internet yang perlu diawasi dan perlu dihindari adalah sebagai berikut:

    • Ketersediaan materi ilegal atau tidak pantas secara online yang tidak sesuai usia.
    • Kecanduan jejaring sosial dapat mengganggu kehidupan individu, baik secara pribadi maupun profesional.
    • Beberapa penjahat menggunakan internet untuk meretas akun orang untuk kegiatan palsu termasuk mencuri data atau informasi perbankan.
  • Namun yang lain diketahui menyalahgunakan internet untuk menyebarkan kebencian dan terorisme, dua skenario bencana yang berbahaya.

Gimana Sih Cara Kerja Bandwidth?

Sekarang kita akan membahas tentang bandwidth, yang merupakan pembahasan utama dari artikel ini. Bagaimana cara kerja bandwidth? Jenis bandwidth? Dan juga manfaat dari bandwidth yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Bandwidth

Bandwidth diukur sebagai jumlah data yang dapat ditransfer dari satu titik ke titik lain dalam jaringan dalam jumlah waktu tertentu. Biasanya, bandwidth dinyatakan sebagai bitrate dan diukur dalam bit per detik (bps).

Istilah bandwidth mengacu pada kapasitas transmisi koneksi dan merupakan faktor penting ketika menentukan kualitas dan kecepatan jaringan atau koneksi internet.

Bagaimana Cara Kerja Bandwidth

Semakin banyak bandwidth yang dimiliki koneksi data, semakin banyak data yang dapat dikirim dan diterima pada satu waktu. Secara konsep, bandwidth dapat dibandingkan dengan volume air yang dapat mengalir melalui pipa. Semakin lebar diameter pipa, semakin banyak air yang dapat mengalir melaluinya pada satu waktu.

Bandwidth bekerja dengan prinsip yang sama. Semakin tinggi kapasitas tautan komunikasi, semakin banyak data yang dapat mengalir melaluinya per detik.

Jenis Bandwith

Jadi, dalam dunia IT terdapat dua jenis bandwidth yang perlu Anda ketahui. Kedua jenis tersebut adalah bandwidth analog dan juga bandwidth digital. Apa saja perbedaan antara kedua jenis bandwidth tersebut?

Bandwidth Analog

Yang pertama adalah bandwidth analog, yang merupakan bandwidth dengan frekuensi sinusoidal maksimum dari sinyal analog yang digunakan oleh rangkaian.

Bandwidth Digital

Sedangkan untuk bandwidth digital circuitnya berbeda. Dari suatu rangkaian lebih kecil dari bandwidth analog karena sinyal digital terbuat dari nilai 1 dan 0 dan ini adalah sinyal gelombang persegi. Jika Anda memplot spektrum frekuensi gelombang persegi, konten frekuensi maksimum dalam sinyal lebih dari frekuensi gelombang persegi.

Manfaat Bandwidth

Memiliki bandwidth yang tinggi tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak. Ketika Anda memiliki bandwidth yang tinggi, manfaat yang Anda bisa dapat kan adalah sebagai berikut:

  • Performa aplikasi lebih cepat. Saat ini, orang menginginkan sesuatu dengan cepat. Bandwidth yang lebih tinggi secara substansial meningkatkan respons semua aplikasi situs web Anda.
  • Memungkinkan interaktivitas. Interaksi meningkatkan koneksi dan loyalitas pengguna ke situs web. Bandwidth yang lebih tinggi meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan memungkinkan mereka mengunggah dan/atau mengunduh konten, seperti foto dan video.
  • Peningkatan kemampuan transfer data. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan pengguna Anda mengunggah dan mengunduh data dalam jumlah besar ke situs web Anda.
  • Kecepatan transfer data lebih cepat. Manfaat interaktivitas situs web ditiadakan jika unggahan dan unduhan sangat lambat. Bandwidth yang lebih tinggi menghasilkan kecepatan transfer yang jauh lebih cepat sehingga mengurangi frustrasi dan kepuasan pelanggan yang lebih besar.
  • Memungkinkan lebih banyak pengunjung secara bersamaan. Semakin banyak lalu lintas situs web Anda dapat menampung, semakin cepat akan tumbuh dan semakin besar keuntungan Anda. Bandwidth yang lebih tinggi mencapai tujuan ini dengan memungkinkan banyak pengunjung sekaligus.
  • Mengurangi kerusakan, pantulan, atau “sinyal sibuk”. Jika pengguna frustrasi atau tidak dapat mengakses situs web Anda dalam jangka waktu tertentu, Anda akan kehilangan mereka. Bandwidth yang lebih tinggi membantu menghindari kompromi server Anda sehingga menghasilkan pengalaman yang jauh lebih lancar bagi pengguna Anda.
  • Mendukung beberapa sesi bersamaan. Pengguna jarang menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Dengan bandwidth yang lebih tinggi, Anda memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas dan memaksimalkan produktivitas mereka dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.
  • Streaming video lebih cepat. Menonton video yang terus-menerus membeku sangat membuat frustrasi. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan pengguna Anda untuk fokus pada konten video Anda daripada gangguan yang mengganggu.

Fungsi Dari Bandwidth

Adapun untuk fungsi dari bandwidth yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Mengukur Media Pengiriman Data

Bandwidth sangat berguna dalam distribusi jaringan. Inilah fungsi utama dan fungsi pertam dari bandwidth yang perlu Anda ketahui. Ukuran bandwidth biasanya digunakan sebagai tolok ukur pengguna untuk memilih provider atau penyedia layanan yang berhubungan dengan koneksi dunia online. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, maka tampak kian bagus pula layanan yang diberikan.

Membagi Kecepatan Transfer Data

Bandwidth bisa berguna sebagai pembagi kecepatan transfer data. Ini diperlukan agar distribusi jaringan akan bisa dirasakan secara adil untuk semua user. Pembagian ini juga berguna agar setiap user tidak berebut mendapatkan bandwidth.

Mengatur Besar Data Yang Ditransfer

Bandwidth juga bisa berfungsi untuk mengurangi traffic yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. trafik yang tinggi dalam waktu yang lama tentunya akan berpengaruh kepada stabilitas jaringan bukan?

Jenis Bandwidth Yang Ada Pada Komputer

Komputer memiliki bandwidth tersendiri yang berguna untuk bisa transfer data antara satu user dengan yang lain, dan ada juga yang bertindak sebagai media untuk mengakses internet. Namun, sebenarnya apa saja jenis bandwidth yang ada di komputer?

Berikut ini adalah beberapa jenis bandwidth yang ada di komputer yang perlu Anda ketahui:

Dial-Up

Yang pertama mungkin Anda tahu koneksi ini. Koneksi dial-up menggunakan saluran telepon standar dan modem analog untuk mengakses Internet dengan data transfer rate (DTR) hingga 56 Kbps.

Koneksi dial-up adalah cara yang paling murah untuk mengakses internet, tetapi juga merupakan koneksi yang paling lambat.

DSL (Digital Subscriber Line)

Lalu selanjutnya adalah DSL. Ini merupakan media komunikasi yang digunakan untuk mentransfer internet melalui jalur telekomunikasi kabel tembaga. Seiring dengan internet kabel, DSL adalah salah satu cara paling populer ISP menyediakan akses internet broadband.

TV Kabel

Tahukah Anda jika TV kabel adalah salah satu dari jenis bandwidth? Jadi, dalam TV kabel bandwidth yang dikirim melewati jaringan Kaca kabel dibagi menjadi banyak kanal (channel). Lebar TV kanal tiap sebesar 6 MHz. 

Hal ini dikarenakan signal Kaca dijadikan TV frekuensi 6Mhz (standard NTSC) atau 7 atau 8Mhz (standard PAL), untuk disesuaikan dengan bandwidth video standar yang sebesar 4,2 MHz, dan bandwidth HDTV (high definition Kaca) yang menggunakan dikompresi menjadi 6 MHz.

Jaringan Seluler

Jaringan seluler adalah salah satu dari jenis bandwidth. Namun, banyak orang secara keliru menganggap bandwidth seluler sebagai kecepatan internet; tapi tentu saja, keduanya sama sekali berbeda. Metafora umum yang digunakan untuk memperjelas perbedaan adalah dengan memvisualisasikan air yang mengalir melalui pipa.

Beberapa Cara Mengoptimalkan Kecepatan Bandwidth

Tidak selamanya Anda menikmati kecepatan transfer data yang cepat dan juga internet yang cepat bandwidth yang Anda miliki. Tapi terkadang ada kendala yang membuat kecepatan bandwidth Anda menjadi menurun, tentunya hal tersebut sangat mengganggu bukan? Tidak ada yang ingin internetan dengan kecepatan yang lambat.

Tapi tenang saja, ada beberapa cara mengoptimalkan kecepatan bandwidth yang bisa Anda coba.

Gunakan Qos

Jika Anda ingin membatasi jumlah bandwidth yang dapat digunakan perangkat yang terhubung, jika perangkat menggunakan terlalu banyak, Anda dapat membatasinya ke persentase dari total bandwidth yang tersedia. Ini dapat ditemukan di Qos di “Expert Mode” di bawah “Setting” lalu “QoS Control”. Secara default fitur ini dinonaktifkan.

Gunakan Cloud

Jadi, penggunaan cloud juga bisa mengomptimalkan kecepatan bandwidth. Cloud Storage menyediakan pemantauan bandwidth bagi Anda untuk melacak penggunaan bandwidth dari bucket proyek Anda ke layanan Cloud yang Anda miliki. Biasanya pemantauan bandwidth dikumpulkan berdasarkan wilayah dan melacak penggunaan selama 30 hari terakhir. Pemantauan bandwidth tidak tersedia untuk multi-wilayah.

Menghilangkan Penggunaan Internet Yang Tidak Penting

Cara yang satu ini cukup bisa mengoptimalkan kecepatan bandwidth. Misalnya saja ada pengguna yang devicenya tidak pernah terhubung ke jaringan Anda, Anda bisa menghapusnya. Karena terkadang ini sangat mengganggu. Atau ada orang yang masuk ke jaringan Anda tanpa sepengahtahuan, bisa untuk dihilangkan.

Update Backup

Tahukah Anda jika Menjalankan operasi “update backup” bisa mengurangi kinerja jaringan? Ya, backup yang selalu tertumpuk akan menambah beban storage, maka dari itu, lakukan selalu update backup. Anda bisa melakukan update backup diluar jam kerja.

Cara Mengukur Kecepatan Bandwidth

Apakah Anda bingung bagaimana cara mengukur kecepatan bandwidth? Mungkin Anda penasaran dengan jaringan yang Anda miliki seberapa besar bandwidthnya atau kasus lain seperti Anda heran kenapa kecepatan transfernya sangat lambat.

Berikut ini adalah cara mengukur kecepatan bandwidth yang mudah:

Ukuran Kecepatan Bandwidth

Sebagai awalannya, Bandwidth pada dasarnya diukur dalam bit per detik dan dinyatakan sebagai bps. Namun, jaringan saat ini biasanya memiliki bandwidth yang jauh lebih tinggi daripada yang dapat diungkapkan dengan nyaman dengan menggunakan unit kecil seperti itu. Sekarang umum untuk melihat angka yang lebih tinggi yang dilambangkan dengan awalan metrik, seperti Mbps, (megabit per detik), Gbps (gigabit per detik), atau Tbps (terabit per detik).

Menggunakan Tool Speed Test Di Browser Internet

Cara cepat dan mudah untuk mendapatkan cek bandwidth adalah dengan menggunakan tes kecepatan berbasis internet. Tidak ada yang perlu diinstal dan hasilnya tersedia dalam hitungan detik.

Anda bisa mengehtahuinya di website Speedtest.net atau Google Stadia bandwidth speed check.

Dengan Download File Besar

Jika Anda ingin kecepatan bandwidth yang real, Anda bisa download untuk file yang besar. Karena pada dasarnya, tes bandwidth ini bekerja dengan mengunduh dan mengunggah sejumlah data yang diketahui ke server mereka dan kemudian mengukur waktu yang diperlukan. Hasilnya (setidaknya Anda mendapatkan informasi tentang kecepatan unggah, kecepatan unduh, dan ping).

Menggunakan Software Bandwidth Meter

Bandwidth Meter Pro software jaringan yang mudah digunakan untuk pemantauan, pelaporan, dan pemberitahuan penggunaan bandwidth. Software ini memantau bandwidth melalui komputer yang diinstal, menampilkan kecepatan unduh dan unggah grafis dan numerik secara real-time (lihat tangkapan layar di bawah), mencatat penggunaan bandwidth, dan menyediakan laporan penggunaan bandwidth harian, mingguan, dan bulanan.

Berapa Kecepatan Bandwidth Standar Untuk Suatu Aktifitas

Membeli paket internet dari ISP harus memperhatikan kecepatan bandwidthnya. Perhatikan faktor kebutuhan Anda daripada Anda membuang-buang uang untuk membayar paket internet namun penggunaannya tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Ini adalah beberapa kecepatan bandwidth standar untuk berbagai aktivitas:

Kecepatan Bandwidth Online Meeting

Untuk kebutuhan online meeting, yang Anda butuhkan adalah sekitar kecepatan internet 300 Kbps – 2.6 Mbps. Tergantung Anda ingin mendapatkan kualitas meeting yang biasa atau yang HD.

Kecepatan Bandwidth Streaming Film

Bagi Anda yang sering streaming film, hal ini adalah hal yang sangat penting. Untuk bisa menonton streaming video dengan lancar pada kualitas SD 480p, pengguna memerlukan kecepatan internet 900 Kbps dan 3,5 Mbps untuk kualitas HD.

Kecepatan Bandwidth Live Streaming

Bagi seorang content creator yang sering melakukan live streaming, bandwidth yang Anda butuhkan masih sama dengan streaming film, yaitu yang Anda butuhkan adalah sekitar 900 Kbps hingga 3,5 Mbps. Untuk ini, ambil paling tinggi untuk kualitas streaming yang bagus.

Kecepatan Bandwidth Gaming

Bagi Anda yang suka bermain game khususnya game online, konektivitas dengan bandwith 25 Mbps dapat jadi pilihan terbaiknya. Alternatif ini juga dapat memenuhi prasyarat apabila kecepatan tersebut dapat dipakai untuk mengerjakan beragam hal seperti streaming juga. Cuma saja, itupun apabila kecepatan upload minimum 5 Mbps.

Kecepatan Bandwidth Download / Upload File

Anda yang sering download file dan juga upload file, bandwidth yang disarankan adalah sebagai berikut:

  • Besar File 1 GB dengan kecepatan 8 Mbps ( 8 Mbit/s) setara 1MByte/s selama 17 menit 53 detik.
  • Besar File 1 GB dengan kecepatan 10 Mbps ( 10 Mbit/s) setara 1,25 MByte/s selama 14 menit 18 detik.
  • Besar File 1 GB dengan kecepatan 100 Mbps ( 100 Mbit/s) setara 12,5 MByte/s selama 1 menit 25 detik.
  • Besar File 1 GB dengan kecepatan 300 Mbps ( 300 Mbit/s) setara 37,5 MByte/s  selama 28 detik.

Menghitung Kebutuhan Kecepatan Bandwidth Sebuah Kantor

Jadi, ada cara tersendiri untuk menghitung kebutuhan kecepatan bandwidth untuk sebuah kantor, Sistem simpel menghitung kebutuhan Bandwidth adalah dengan:

  • Asumsi bahwa 1 orang staf menerapkan 1 alat terkoneksi internet
  • Kelompokkan staf di kantor tersebut berdasarkan kebutuhan bandwidth jenis tupoksi profesi yang menjadi tanggung-jawabnya:
    • Pengguna RINGAN: 50Kbps (menerapkan Dunia misal cuma untuk surat elektronik atau browsing)
    • Pengguna SEDANG: 80Kbps (menerapkan Dunia misal untuk administrasi cara info, akses cara berbasis cloud, file gambar/video tapi pengirimannya per-batch, unduh rutin file, dan lainnya)
    • Pengguna BERAT: 120 Kbps (menerapkan Dunia rutin untuk file Besar dan Real Time misal CCTV, video conference, gambar resolusi tinggi, cara telepon VoIP, layanan Layar online, desktop sharing, dan lainnya)

Kesimpulan

Bandwidth memang menjadi hal yang sangat krusial jika Anda mengharapkan transfer data dan kecepatan internet yang bagus. Maka dari itu, memang penting untuk memperhatikan berapa bandwidth yang Anda butuhkan.

Jika Anda masih ada pertanyaan tentang bandwidth, kunjungi NetData untuk informasi lebih lengkap dan menarik lainnya tentang bandwidth!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup