Gimana Sih Cara Membangun Instalasi Jaringan Dengan Baik? Simak Informasi Berikut

Instalasi Jaringan

Instalasi jaringan didalam sebuah perusahaan atau korporasi adalah sebuah komponen yang perlu diterapkan untuk menghadapi persaingan global di era digital saat ini. Ya benar sekali dengan adanya installasi jaringan akan memudahkan pekerjaan serta membantu perkembangan bisnis perusahaan yang menggunakannya. Lalu bagaimana cara membangun instalasi jaringan yang baik? Mari kita simak pembahasan kita tentang instalasi Network dibawah ini.

Yang Mungkin Kamu Cari

Sejarah atau Perkembangan Jaringan Komputer

Berbicara tentang instalasi jaringan tentu kita perlu memahami terlebih dahulu apasih itu jaringan komputer. Jaringan komputer diawali oleh para peneliti di Amerika Serikat di tahun 1940an.

Proyek pembuatan jaringan komputer ini diawalai dari nama proyek MODEL I di laboratorium Bell dan grup riset dari universitas Harvard.

Proyek jaringan komputer ini dipimpin oleh seorang profesor yang bernama Prof. H. Aiken yang sekarang jaringan komputer sudah dapat dinikmati oleh banyak orang di seluruh duniae dan digunakan untuk berbagai kebutuhan dari kebutuhan pribadi hingga bisnis. 

Tujuan dari adanya jaringan komputer ini adalah untuk dapat menghubungkan banyak pengguna komputer secara bersamaan. 

Perkembangan Instalasi Jaringan

Proyek jaringan komputer ini kemudian dapat dirasakan manfaatnya oleh para pekerja yang dapat membantu kinerjanya hingga menjadi lebih maksimal dan mampu mengerjakan banyak proses tanpa perlu membuang banyak waktu.

Tugas ini tadinya dapat dikerjakan sendiri-sendiri namun akan memakan banyak waktu namun saat ini dapat dikerjakan secara bersamaan dan lebih efisien. Hasil proyek jaringan komputer ini kemudian akan menghasilkan progeram bernama batrch processing atau proses beruntun. Program ini dapat memungkinkan bayak pengguna dapat memanfaatkan beberapa komputer agar dapat menjalankan banyak program dan pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Tahun 1950-an: Sistem TSS

Sejarah komputer di tahun 1950 an mengalami perkembangan. Di tahun ke 10 setelah jaringan komputer dimulai, sistem jaringan komputer menjadi makin canggih. Perkembangan ini ditandai dengan installasi Network berbasis super komputer. Pada zamannya super komputer digunakan untuk dapat melayani serta menjalankan program secara bersamaan di beberapa terminal. Hal ini juga melatarbelakangi terciptanya sebuah sistem yang dikenal dengan TSS atau time sharing system. Setelah proses TSS ini mulai berkembang,  tepatnya di tahun 1970an sistem jaringan komputer ini baru akan mulai dikembangkan.

Tahun 1970-an: Lahirnya Internet

Setelah perkembangan sistem jaringan komputer yang baru dilakukan dengan melahirkan proses distribusi atau distribution processing. Latar belakang dari proses ini adalah karena beban kerja yang ditanggun sebuah komputer semakin banyak, disamping itu komponen dan harga komputer semakin mahal. 

Pengembangan sistem jaringan komputer yang baru mulai dilakukan dengan melahirkan proses distribusi atau disebut Distribution Processing. Latar belakang dari proses ini adalah karena beban pekerjaan yang ditanggung sebuah komputer semakin banyak, sementara itu di sisi lain komponen dan harga komputer sangat mahal. Maka dari itu, suatu data yang tersedia di dalam host atau server dibagi-bagi secara paralel dengan Host lainnya. Dengan proses ini, sebuah Host atau Server sanggup produksi data dan melayani banyak terminal dengan lebih optimal.

Di tahun 1972, Roy Tomlison berhasil mengembangkan sistem surat elektonik atau email. Setelah e-mail menjadi banyak diminati dan berkembang pesat, ia sesudah itu membangun jaringan bernama ARPANET. Email adalah cara paling cerdas untuk bertukar Info dengan cepat lewat jaringan komputer yang berada di bawah ARPANET. Semua komputer yang membuka wajib mendaftarkan diri ke ARPANET dapat memberikan fasilitas pengiriman surat elektronik.

Tahun 1980-an: Standarisasi Jaringan Internet

Jaringan komputer yang semakin berkembang adalah awal mula terlahirnya sistem protokol TCP atau Transmission Control Protocol dan juga istilah IP atau internet protocol. Protokol ini memungkinkan banyak komputer agar dapat saling terhubung ke dalam suatu jaringan internasional yang menghubungkan banyak pengguna di seluruh dunia.

 

Kemudian di tahun 1984 diperkenalkannya sistem domain. Sistem ini mampu menyeragamkan alamat-alamat yang berada di jaringan yang sama. Domain lantas disebut sebagai DNS atau Domain Name System. Di di dalam satu DNS terdapat beberapa alamat berbeda yang mampu dikunjungi oleh banyak orang jika membuka ke jaringan internet. Kemudian tahun 1988, Jakko Oikaren mengembangkan sistem chatting berbasis jaringan pc yang mampu digunakan secara luas memanfaatkan internet. Sistem bernama IRC (Internet Relay Chat) berikut memungkinkan setiap user mampu melaksanakan chatting dengan user lain melalui jaringan internet. 

Tahun 1990-an: Lahirnya WWW (Word Wide Web)

Kemudian di era 90an tim barness lee juga mengembangkan dan merancang sebuah program penyunting yang dapat melihat isi dari internet yang dikenal dengan WWWE atau world wide web.

Pengembangan www sebabkan antar komputer bisa jalankan penjelajahan dan beri tambahan akses bagi sesama komputer untuk membentuk suatu jaringan. Tepatnya tahun 1992 pengguna jaringan komputer bisa mengakses bersama lebih berasal dari 1 juta komputer. Saat www berkembang, user sudah bisa berbelanja online lewat website e-commerce. 

Selain itu, Yahoo merasa berdiri sebagai website pencarian ternama dunia. Selain website pencarian terhitung merasa nampak pemanfaatan netscape navigator yang dikenal sebagai browser. Browser adalah alat yang digunakan untuk mengakses lebih dari satu website atau alamat www yang sudah terdaftar di jaringan internet.

Jenis Jaringan Komputer Yang Umum

Setelah www dikenal dan berkembang, mesin pencari maupun browser mulai dikenal orang dan banyak digunakan, dunia jaringan komputer ini mulai terus berkembang hingga sekarang. Jaringan komputer adalah rangkaian komputer yang terhubung satu sama lain dan menjalin koneksi satu sama lain. Jaringan komputer ini bertujuan agar dapat memudahkan setiap pengguna untuk dapat mengakses data yang ada di dalam komputer lain dengan mudah dan cepat. Hingga sekarang ada 3 jenis jaringan komputer yakni:

LAN (Local Area Network)

Lan merupakan jaringan komputer dengan koneksi jarak depat dengan jarak maksimal 1 km. LAN ini menggunakan kabel untuk dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Dengan batasan kabel LAN maka hanya bisa digunakan pada sebuah gedung, rumah, atau area kecil saja. 

Keuntungan LAN ini adalah membantu mencegah kebocoran data karena ada server yang tidak akan dapat mengakses apabila komputer yang tidak terhubung ke jaringan tersebut.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan setiap komputer klien dalam jangakuan 1 daerah saja. Biasanya MAN ini digunakan olehj perusahaan dengan lokasi gedung yang terpisah tetapi masih dalam lingkup satu Kota.

WAN (Wide Area Network)

WAN ini merupakan jenis jaringan yang paling luas dan memungkinkan komputer dapat terhubung ke internet atau komputer lain dimanapun berada. WAN ini dapat mencakup wilayah sebuah negara dan benua. Dan setiap orang terhubung ke WAN yang dapat mengakses informasi dari belaehan dunia mana saja.

Instalasi Jaringan Komputer

Instalasi jaringan komputer adalah perangkat komputer maupun elektronik beserta perlengkapannya yang dipasang dan dapat dipergunakan. Instalasi jaringan komputer yang terpusat apda pengalamatan IP address. Pengalamatan 32 bit IP adalah pengalamatan yang terstruktur.

Keuntungan dari pengalamatan terstruktur ini adalah kemampuannya dalam mengangani pengalamatan yang sangat besar yakni 4,3 milyar. Skema pengalamatan hierarki terstruktur oleh Network dan host atau Network, subnet, dan host. 

Instalasi adalah perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang dipasang dan siap dipergunakan. Instalasi Jaringan Komputer berpusat pada pengalamatan IP address. Pengalamatan 32-bitIP adalah pengalamatan yang terstruktur, kebalikan dari pengalamatan flat. Keuntungan dari pengalamatan terstruktur ini adalah kemampuannya yang bisa menangani pengalamatan yang sangat besar, yaitu 4,3 Milyar. Skema pengalamatan hierarki terstruktur oleh network dan host atau network, subnet dan host. Alamat IP terdiri atas 32bit informasi.Bit ini terbagi jadi 4 bagian dimana masing-masing terdiri atas1 byte (8 bit).

Mengenal Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang dapat menghubungkan antar komputer agar dapat saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer ini adalah dapat menghubungkan antaer komputer baik yang meminta dan memberikan layanan atau service.

Pada pihak yang meminta adalah klien dan yang memberikan adalah peladen atau server. Desain ini disebut dengan jaringan komputer client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah pc yang tiap-tiap punya sebuah kartu jaringan, sesudah itu dihubungkan lewat kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapatperangkat lunak proses operasi jaringan dapat membentuk sebuah jaringan pc yang sederhana. Apabila idamkan sebabkan jaringan pc yang lebih luas ulang jangkauannya, maka dibutuhkan peralatan tambahan layaknya Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat jaringan komputer terdapat banyak sekali antara lain:

Jaringan komputer mampu memberikan fasilitas mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah sudah disebarluaskan melalui jaringan, semisal jaringan internet.

Jaringan komputer dapat melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.

Jaringan komputer dapat membantu orang dapat terhubung ke orang lain dari berbagai negara dengan mudah.

Selain itu pengguna juga dapat mengirimkan teks, gambar, audio, serta video secara bersamaan dengan jaringan komputer.

Kita juga dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet karena internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komputer yang terhubung menggunakan protokol sistem global yakni TCP/IP sebagai pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Rangkaian internet yang terbesar ini dinamakan internet. Cara menghubungkan rangkaian dengna kaidah yang dinamakan interetworking atau antar jaringan.

Fungsi atau Manfaat Internet

Adapun berbagai fungsi dan manfaat internet yang berpengaruh dalam kehidupan manusia modern antara lain:

Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Internet menyediakan berbagai informasi dan data yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang di seluruh dunia.

Komunikasi Menjadi Lebih Cepat

 Perkembangan internet dapat memberikan fasilitas komunikasi antar individu yang menajdi sangat mudah dan cepat. 

Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negeri walaupun dengan biaya yang sangat minim.

Mudahnya Belanja di Internet

Penggunaan internet dapat meningkatkan orang yang tertarik melakukan belanja online. Karena belanja online karena sangat mudah dan efisien.

Internet sebagai Wahana Hiburan

Internet ini juga dapat memberikan fasilitas hiburan bagi Anda yang ingin mendengarkan musik, menonton film, game online dan jejaring sosial.

Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah

Dengan adanya internet dapat berbagi file yang kita punya seperti pengalaman, tutorial, resep melalui akun media sosial ataupun blog pribadi.

Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan

Internet juga menjadi pusat bagi Anda yang mendapatkan pekerjaan dengan mudah melalui situs-situs yang menyediakan informasi lowongan kerja.

Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis

Internet juga dapat dimanfaatkan dalam segala bidang termasuk dalam bidang bisnis, maka tidak sedikit para pelaku bisnis menggunakan internet untuk meningkatkan bisnis mereka.

Komponen Instalasi Jaringan Komputer

Dalam membangun sebuah installasi jaringan komputer maka diperlukannya beberapa komponen yang penting antara lain:

Network Interface Card (NIC)

NIC adalah sebuah perangkat keras dalam komponen jaringan. NIC ini berbentuk sepertei kartu ekspansi, NIC ini memungkinkan setiap komputer yang dapat terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan komponen kabel jaringan. NIC ini juga disebut dengan berbagai nama seperti Kartu Jaringan (Network card), LAN Card dan juga Ethernet Card.

Hub

Hub atau pusatan ethernet adalah sebuah komponen jaringan komputer yang memiliki fungsi sebagai penghubung piranti-piranti dengan kabel ethernet atau serat optik agar menjadi satu petak jaringan. Hub ini bekerja terhadap susunan bentuk (lapis 1) di dalam acuan OSI (OSI model).

Repeater

Repeater adalah komponen jaringan ini memiliki fungsi sebagai penguat sinyal WiFi. Dengna alat ini maka simyal yang lemah akan diperkuat jangakauannya sehingga dapat digunakan dalam cakupan wilayah yang lebih luas. 

Bridge

Bridge jaringan adalah komponen jaringan yang memiliki fungsi untuk memperluas jaringan atau membaut sebuah segmen jaringan. Jembatan jaringan beroperasi ke dalam sebuah lapisan data-link pada model OSI.

Switch

Switch merupakan sebuah komponen penting dalam instalasi jaringan komputer dengan peran penting sebagai penghubung perangkat untuk digunaakn sebagai penghubung pertukaran paket data baik diterima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dituju.

Wireless

Jaringan wireless adalah komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel sama sekali. Jaringan nirkabel ini sering digunakan untuk jaringan komputer baik dari jarak dekat maupun jarak jauh.

Router

Router merupakan komponen instalasi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan jaringan baik dijaringan yang sama maupun berbeda. Routing ini adalah proses pengiriman paket data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Kabel Jaringan

Kabel jaringan ini adalah jenis komponen jaringan yang berfungsi sebagai penghubung satu perangkat ke perangkat lainnya. Contohnya komputer ke printer, pemindah, dan lain sebagainya.

UTP

UTP adalah kabel atau media transmisi yang terdiri dari 4 pasang kawat. Kabel UTP ini dimanfaatkan kedalam jaringan. Masing-masing dari delapan kabel tembaga individu dalam kabel UTP juga dapat ditutupi dengan bahan isolasi selain itu juga setiap pasang akan dililit dengan kabel lain satu sama lain.

Coaxial

Kabel coaxial adalah kabel transmisi jaringan yang terdiri dari 2 lapisan konduktor. Lapisan pertama posisinya juga berada di bagia ntengah berupa kawat tembaga padat yang dilapisi dengan isolator. Biasanya kabel ini digunakan untuk menghubungkan antar perangkat komputer.

Pemilihan Kabel Instalasi Jaringan

Tipe Kecepatan Jarak Konektor
UTP Kategori 5 10 Mbps ± 300 kaki RJ45
Kabel koaksial 10 Mbps ± 2500 kaki BNC Connector
Kabel Telepon Konverter RJ11
Wireless lebih dari  10 Mbps Tergantung jenis dan merek
Serat Optik 100 Mbps ± 3 mil ST (spring loaded twist)

 

Jaringan Wireless

Jaringan wireless merupakan jaringan yang tidak menggunakan media kabel sama sekali dalam hal media penyampaian data, namun menggunakan gelombang radio. Komponen jaringan wireless ini adalah berupa access point dan wireless client (wireless capture device).

Jaringan Serat Optik

Jaringan serat optik ini sama seperti sistem kabel tembaga. Namun serat optik ini mengandalkan sinyal cahaya. Kelebihan dari serat optik ini adalah kecepatan, jarak, bandwidth, ketahanan, dan pemeliharaan. 

Topologi Instalasi Jaringan

Dalam instalasi jaringan ada beberapa jenis topologi atau bentuk dari instalasi jaringan yakni:

Topologi Bus

Topologi ini menggunakan T-connector dengna terminator 50 ohm pada ujung Network, maka perangkat didalam jaringan lainnya dapat mudah terhubung satu sama lainnya.

Kesulitan utama berasal dari pemanfaatan kabel sepaksi yaitu sukar untuk mengukur apakah kabel sepaksi yang digunakan terlalu sesuai atau tidak. Karena sekiranya pengukuran tidak benar maka mampu menyebabkan kerusakan NIC (network interface card) yang digunakan dan kinerja jaringan jadi terhambat agar tidak raih kapabilitas maksimalnya. Topologi ini terhitung sering digunakan pada jaringan bersama dengan basis fiber optic (yang sesudah itu digabungkan bersama dengan topologi star untuk menghubungkan bersama dengan client atau node.).

Kelebihan

Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru juga dapat dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.

  • Hemat kabel.
  • Layout kabel sederhana.
Kekurangan

Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan.

  • Kepadatan di jalur lalu lintas. 
  • Diperlukan repeater untuk jarak jauh.

Topologi Star

Topologi bintang adalah bentuk topologi jaringan yang bentuknya konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi star menggunakan switch atau hub di node tengah yang saling terhubung dari client server menuju ke server atau sebaliknya.

Kelebihan
  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi.
  • Jarang terjadi gangguan.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Akses kontrol terpusat.
  • Mudah mendeteksi kerusakan.
  • Paling fleksibel.
Kekurangan
  • Node tengah mengalami kerusakan sehingga seluruh rangkaian akan terhenti. 
  • Banyak terdapat kabel disambung ke central point.
  • Hub dan switch jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.
  • Peran hub terlalu peka agar dikala terkandung kasus bersama dengan hub maka jaringan selanjutnya bakal down.
  • Jaringan tergantung terhadap terminal pusat.
  • Jika memakai HUB dan selanjutnya lintas data padat dapat memicu jaringan lambat.
  • Biaya jaringan lebih mahal daripada bus atau ring.

Topologi Star

Topologi ring merupakan topologi jaringan terbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya. Sedemikian sehingga dapat membentuk jalur melingkar mirip bentuk cincin.

Kelebihan
  • Mudah untuk dirancang dan diimplementasikan
  • Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi bus, bahkan untuk aliran data yang berat sekalipun.
  • Mudah untuk jalankan konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru.
  • Mudah untuk jalankan pelacakan dan pengisolasian kekeliruan didalam jaringan sebab pakai konfigurasi point to point
  • Hemat kabel
  • Tidak dapat berjalan tabrakan pengiriman data (collision), sebab terhadap satu waktu hanya satu node yang mampu mengirimkan data
Kekurangan
  • Peka kesalahan, agar terkecuali terdapat problem di suatu node mengakibatkan terganggunya semua jaringan. Namun perihal ini dapat diantisipasi bersama gunakan cincin ganda (dual ring).
  • Pengembangan jaringan lebih kaku, karena memindahkan, menaikkan dan mengubah perangkat jaringan dan pengaruhi keseluruhan jaringan.
  • Kinerja komunikasi di dalam jaringan benar-benar bergantung terhadap jumlah titik/node yang terdapat terhadap jaringan.
  • Lebih sulit untuk dikonfigurasi daripada Topologi bintang
  • Diperlukan penanganan dan pengelolaan tertentu bandles

Topologi Tree

Topologi tree merupakan kombinasi dari topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri dari kumpulan topologi bintang yang dihubungkan kedalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau komputer-komputer yang dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain dihubungkan ke jalur tulang punggung. 

Kelebihan

Dapat terbentuknya suatu group yang dibutuhkan terhadap tiap tiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk group yang terdiri atas terminal pembukuan, serta terhadap group lain dibentuk untuk terminal penjualan

Kekurangan

Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya pada akhirnya termasuk jadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif jadi lambat. Topologi ini mengfungsikan banyak kabel dan di Backbone (Kabel terbawah) yang merupakan pusat berasal dari topologi ini.

Beberapa Pertimbangan Memilih Topologi dalam Instalasi Jaringan

Ada beberapa pertimbangan dalam memilh topologi dalam instalasi jaringan antara lain:

  • Biaya, dimana biaya juga diperlukan dalam membuat topologi yang dipilih tentu akan mempengaruhi kualitas dari topologi tersebut.
  • Kecepatan, komunikasi maka kecepatan transfer data diperlukan sehingga sesuai kebutuhan kecepatan dalam pembuatan topologi.
  • Lingkungan, bila ketesediaan listrik atau faktor–faktor lingkungan yang lain yang miliki pengaruh pada type perangkat keras yang digunakan.
  • Ukuran (skalabilitas), tentukan seberapa besar jangkauan jaringan yang akan dibuat.
  • Apakah jaringan perlu fileserver atau sejumlah server khusus.
  • Konektivitas, apakah pengguna yang lain yang menggunakan computer atau laptop perlu terhubung jaringan dari beraneka lokasi.

Software Yang Digunakan Untuk Instalasi Jaringan

Software dalam pembuatan jaringan komputer yang paling sering digunakan adalah linux dan Microsoft Windows. Dengan sistem operasi Microsoft Windows server 2003, seseorang juga telah merancang jaringan LAN.

Realtime

Pengguna dapat memantau langsung aktivitas yang sedang terjadi di server. Data dapat diperbarui terus menerus dan setia paktivitas di laporkan segera setelaeh terjadi.

Security

Keamanan jaringan atau yang biasa disebut sebagai Network Security kebanyakan ditunaikan untuk menghindar dan memantau akses yang tidak sah, penyalahgunaan, modifikasi, dan lain-lain. Dimana tindakan pencegahan untuk melindungi jaringan selanjutnya merupakan tugas dari seorang administrator jaringan.

Reliabilitas

Keandalan atau reliabilits juga sebuah sistem yang bekerja sesuai fungsi yang diharapkan pada jangka waktu tertentu dan pada kondisi tertentu juga.

Skalabilitas

Kemampuan sistem terhadap mengangani penambahan beban yang diberikan atau potensi yang dapat ditingkatkan guna untuk menangani penambahan beban tersebut.

Prosedur Instalasi Jaringan

Konstruksi

Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana dalam jaringan komputer ini adalah tahap dimana sarana prasarana dibangun untuk jaringan komputer yang berupa komponen dan keperluan jaringan.

Elektris

Dapat mengalirkan berbagai sumber daya listrik ke dalam komponen dan keperluan jaringan. Lalu mengujinya apakah komponen dan jaringan tersebut sudah saling terhubung dengan sumber daya listrik.

Peralatan Yang Dibutuhkan

  • Test pen
  • Tang pemotong
  • Tang penjepit
  • Obeng belimbing dan obeng minus
  • Obeng belimbing bermagnet
  • Tester untuk mengetahui konetisitas kabel UTP jika ada.
  • Dan peralatan lainnya

Tim Instalasi

Orang-orang yang terlibat juga dapat melaksanakan instalasi suatu jaringan LAN. 

Hendaknya juga memiliki beberapa hal berikut:

  • Memiliki pengalaman dalam bidang jaringan komputer
  • Sehat secara fisik, mental, dan jiwa

Penempatan Server

  • Diletakan di tempat yang aman.
  • Dipasang pendingin udara AC.
  • Switch atau hub diletakan diletakan dekat server.

Pengkabelan

  • Melakukan pemeriksaaan terhadap kabel yang dipasang.
  • Menggunakan pipa untuk menutup kabel supaya rapi.
  • Pemberian tanda kepada kabel yang diterapkan.
Kabel Straight
Asal Tujuan
Putih Orange Putih Orange
Orange Orange
Putih Hijau Putih Hijau
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Hijau
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat

 

Kabel Cross
Asal Tujuan
Putih Orange Putih Hijau
Orange Hijau
Putih Hijau Putih Orange
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Orange
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat

 

Jasa Instalasi Jaringan Melalui Netdata

Jaringan yang bagus akan membuat kinerja yang Anda butuhkan untuk jaringan tersebut menjadi sangat maksimal. Ada kalanya memang Anda membutuhkan pihak ke tiga untuk urusan instalasi jaringan yang lebih professional demi menunjang aktivitas bisnis Anda menjadi lebih lancar dan minim sekali adanya gangguan.

NetData merupakan perusahaan yang melayani jasa instalasi jaringan dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Layanan pengelolaan jaringan yang dilakukan secara berkala tentunya sangat menguntungkan. Salah satunya adalah perusahaan atau organisasi dalam menghemat biaya pengeluaran untuk membeli hardware serta menghemat waktu pemeliharaan sistem komputer.

Pemilihan Perangkat Instalasi Jaringan Terbaik

Jaringan yang bagus adalah Anda yang paham kualitas dan kegunaan pada setiap perangkat jaringan tersebut. Akan ada kalanya perangkat tersebut mengalami error jika Anda tidak memilih perangkat instalasi jaringan yang baik. Topologi jaringan yang bagus juga akan menunjang sebuat jaringan tersebut berjalan dengan lancar.

Pemilihan perangkat yang bagus akan membutuhkan jasa instalasi network yang bagus juga. Karena jasa instalasi network ini akan dengan mudah memahami kebutuhan perangkat jaringan yang dibutuhkan demi menghemat pengeluaran dalam pendanaan jaringan tapi dengan kualitas network yang sangat optimal.

Masalah Jaringan Teratasi Menggunakan Jasa Instalasi Jaringan Dari Netdata

Mengalami masalah jaringan tentunya adalah hal yang tidak akan Anda inginkan. Masalah ini akan berakibat dalam terhambatnya pekerjaan yang ada. Jika sudah terhambat, maka akan merugikan Anda jika target pekerjaan tidak bisa dikejar dengan waktu yang seharusnya.

NetData bisa mengatasi masalah tersebut. Jasa instalasi jaringan dari NetData akan siap selalu memperbaikinya agar tidak mengalami gangguan yang sangat merugikan.

Penawaran Terbaik Jasa Instalasi Jaringan Hanya di Netdata

NetData memberikan penawaran terbaik jasa instalasi jaringan yang meliputi:

  • Jasa instalasi kabel data LAN
  • Jasa instalasi jaringan komputer
  • Jasa instalasi kabel backbone (Kabel antar core switch ke distribution switch)
  • Jasa instalasi kabel data UTP LAN di lantai yang sama, dengan harga instalasi LAN murah dan profesional serta berpengalaman
  • Jasa penarikan kabel LAN per titik maupun per meter
  • juga Jasa instalasi Wi-Fi dan pemasangan perangkatnya

penawaran terbaik dengan harga terbaik akan diberikan kepada Anda yang mempercayakan NetData untuk jasa instalasi network terlengkap dan professional dengan pengerjaan yang cepat.

Kunjungi Netdata Untuk Penawaran Menarik Lainnya

Jika Anda masih kurang atau ingin mencari informasi lebih lanjut lainnya untuk jasa instalasi jaringan network terbaik, Anda bisa mengunjungi NetData. Ada banyak penawaran menarik lainnya yang menanti Anda!

Kesimpulan

Pembahas tentang instalasi jaringan diatas kita dapat simpulkan bahwa banyak sekali hal-hal yang perlu disiapkan dalam membangun sebuah jaringan. Jika Anda ingin bisnis Anda lebih maju dan berkembang namun tidak mengetahui apapun tentang membangun instalasi jaringan. Maka Anda bisa menghubungi NetData di website nds.id untuk berkonsultasi tentang seputar intalasi jaringan yang terbaik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup