Cara Memilih Jasa Cloud Agar Tidak Menyesal

jasa cloud

Terkadang, Anda tidak tidak pernah memperhatikan secara mendetail dalam memilih jasa cloud yang Anda butuhkan untuk perusahaan Anda. Anda hanya berpikiran “Asal saya butuh dan memang harus ada hari itu juga, apapun jasa cloud nya tidak masalah”. Padahal, itu adalah sebuah kesalahan awal yang sangat besar jika Anda tidak meneliti dalam memilih jasa cloud yang Anda menginginkan kemajuan pada perusahaan Anda.

Jadi, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih jasa cloud agar tidak menyesal? 

Disini akan dibahas beberapa poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih jasa cloud agar nantinya Anda tidak menyesal. Simak pembahasan berikut.

Apa Saja yang Dijadikan Pertimbangan

Apa saja yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih jasa cloud? Ada beberapa faktor penting untuk memilih jasa cloud, antara lain:

Sertifikasi & Standar

Sangatlah penting untuk memperhatikan sertifikasi dan standar dari jasa cloud yang nantinya akan Anda pilih. Penyedia jasa cloud yang mematuhi standar yang diakui dan kerangka kerja kualitas menunjukkan kepatuhan terhadap praktik dan standar industri terbaik.

Meskipun standar mungkin tidak menentukan penyedia layanan yang Anda pilih, standar dapat sangat membantu dalam memilih pemasok potensial.

Jadi intinya, langkah awal adalah Anda sudah mengerti bahwa jasa cloud yang Anda inginkan bukanlah sembarangan, harus bersertifikasi.

Roadmap Teknologi & Layanan

Teknologi

Pastikan platform penyedia dan teknologi pilihan selaras dengan lingkungan Anda saat ini dan / atau mendukung tujuan cloud Anda.

Apakah arsitektur, standar, dan layanan cloud penyedia sesuai dengan beban kerja dan preferensi manajemen Anda? Menilai seberapa banyak pengkodean ulang atau penyesuaian yang mungkin harus Anda lakukan untuk membuat beban kerja Anda sesuai untuk platform mereka.

Roadmap teknologi

Tanyakan tentang roadmap pengembangan layanan penyedia – Bagaimana mereka berencana untuk terus berinovasi dan tumbuh dari waktu ke waktu? Apakah roadmap mereka sesuai dengan kebutuhan Anda dalam jangka panjang?

Faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah komitmen terhadap teknologi atau vendor tertentu, dan bagaimana interoperabilitas didukung. Juga dapatkah mereka mendemonstrasikan penerapan serupa dengan yang Anda rencanakan?

Dengan roadmap yang baik, tentunya ini membentuk sebuah kepercayaan kepada anda untuk nantinya cloud yang Anda miliki bisa selaras dengan service yang mereka lakukan.

Tata Kelola dan Keamanan Data

Manajemen data

Anda mungkin sudah memiliki skema klasifikasi data yang menentukan jenis data sesuai dengan sensitivitas dan / atau kebijakan tentang tempat tinggal data. Setidaknya Anda harus mengetahui peraturan atau aturan privasi data yang mengatur data pribadi.

Dengan mengingat hal itu, lokasi tempat data Anda berada, dan undang-undang setempat berikutnya yang mengaturnya, mungkin menjadi bagian penting dari proses pemilihan. Jika Anda memiliki persyaratan dan kewajiban khusus, Anda harus mencari penyedia yang memberi Anda pilihan dan kendali terkait yurisdiksi tempat data Anda disimpan, diproses, dan dikelola.

Penyedia jasa cloud harus transparan tentang lokasi pusat data mereka, tetapi Anda juga harus bertanggung jawab untuk menemukan informasi ini.

Informasi keamanan

Pastikan Anda menilai tingkat data dan keamanan sistem penyedia cloud, kematangan operasi keamanan, dan proses tata kelola keamanan. Kontrol keamanan informasi penyedia harus terbukti berbasis risiko dan dengan jelas mendukung kebijakan dan proses keamanan Anda sendiri.

Pastikan akses dan aktivitas pengguna dapat diaudit melalui semua rute dan dapatkan kejelasan tentang peran dan tanggung jawab keamanan sebagaimana diatur dalam kontak atau dokumentasi kebijakan bisnis.

Ketergantungan & Kemitraan Layanan

Hubungan vendor

Penyedia layanan mungkin memiliki beberapa hubungan vendor yang penting untuk dipahami.

Menilai hubungan penyedia dengan vendor utama, tingkat akreditasi, kemampuan teknis, dan sertifikasi staf mereka adalah latihan yang bermanfaat. Apakah mereka mendukung lingkungan multivendor dan dapatkah mereka memberikan contoh yang baik.

Pikirkan apakah layanan yang ditawarkan sesuai dengan ekosistem yang lebih besar dari layanan lain yang mungkin melengkapi atau mendukungnya.

Subkontraktor dan dependensi layanan

Penting juga untuk mengungkap semua dependensi dan kemitraan layanan yang terlibat dalam penyediaan layanan cloud. 

Kontrak, Komersial & SLA

Kontrak & SLA

Perjanjian cloud dapat terlihat rumit, dan hal ini tidak terbantu oleh kurangnya standar industri tentang cara pembuatan dan penerapannya. Khususnya untuk SLA (kontrak perjanjian kedua belah pihak), banyak penyedia cloud yang menyukai jargon masih menggunakan bahasa yang terlalu rumit, atau lebih buruk lagi, dengan sengaja menyesatkan.

Keandalan & Kinerja

Ini pastinya adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Keandalan bisa Anda lihat juga dari sertifikasi dan standar, atau bisa dengan mendengar feedback dari perusahaan yang juga pernah menggunakan layanan dari jasa cloud tersebut.

Jasa Cloud Indonesia yang di sediakan NDS

Jika Anda masih bingung dimana jasa cloud yang sangat tepat dan memenuhi standar kepuasan Anda, maka jawabannya adalah NDS (PT. NETWORK DATA SISTEM). NDS menyediakan banyak sekali layanan untuk cloud yang terdiri dari beberapa layanan. Diantaranya adalah:

Cloud Integrator Indonesia

Cloud integrator adalah produk atau layanan yang membantu bisnis menegosiasikan kerumitan migrasi cloud. NDS bisa diandalkan untuk cloud integrator yang andal. Ya, mengapa andal? Karena NDS memiliki banyak partner yang mempercayakan untuk urusan cloud integrator kepada NDS. 

Dengan ini, Anda jadi tidak perlu bingung lagi jika membutuhkan jasa cloud integrator, percayakan saja kepada NDS.

Cloud Solution Indonesia

Cloud solution mengacu pada layanan sesuai permintaan, jaringan komputer, penyimpanan, aplikasi atau sumber daya yang diakses melalui internet dan melalui infrastruktur cloud computing bersama dari penyedia lain. Ya, yang hanya bisa diandalkan untuk urusan cloud solution pastinya hanya NDS.

NDS menyediakan layanan cloud solution dengan biaya jasa yang lebih murah daripada Anda menyewa jasa cloud yang lain. Inilah salah satu alasan mengapa Anda tidak perlu ragu jika mengandalkan NDS untuk urusan cloud solution.

Cloud Service Indonesia

Layanan cloud adalah layanan apa pun yang disediakan untuk pengguna sesuai permintaan melalui Internet dari server penyedia cloud computing, bukan dari server lokal milik perusahaan. Jawaban yang sangat tepat jika Anda mencari jasa cloud service adalah NDS.

NDS memiliki roadmap yang jelas dan transparan kepada perusahaan Anda, jadi keamanan data yang Anda miliki sudah pasti sangat aman di tangan NDS.

Cloud Backup Management Indonesia

Cloud backup adalah layanan di mana data dan aplikasi di server bisnis dicadangkan dan disimpan di remote server. Cloud backup management pastinya sangat berguna bagi perusahaan Anda untuk menyimpan berbagai data penting yang dimiliki oleh perusahaan.

NDS adalah solusi yang sangat tepat jika Anda sedang mencari layanan cloud backup management Indonesia dengan berbagai keuntungan.

Anda bisa menghubungi kami untuk permasalahan Cloud dengan biaya layanan yang terjangkau, kinerja yang sangat optimal didukung oleh tenaga kerja profesional dan berpengalaman, dan sudah tersertifikasi pastinya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup