Menggabungkan 2 Speed Internet Mikrotik

Internet Mikrotik

Kali ini akan dibahas bagaimana cara menggabungkan 2 speed internet pada Mikrotik. Ini digunakan untuk mempercepat koneksi dari 2 ISP yang berbeda. Kali ini akan menggunakan metode PCC (Per Connection Classifier).

PCC ini adalah sebuah teknik untuk pengembangan dari Load Balancing dimana load balance sendiri berfaedah untuk mendistribusikan beban traffic dari 2 atau lebih jalan koneksi (ISP) secara sepadan untuk menghindari terjadinya overload terhadap salah satu koneksi.

Cara kerja dari PCC adalah PCC bertugas untuk mengelompokkan trafik koneksi yang nampak masuk router menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan ini sanggup dibedakan berdasarkan src-address, dst-address, src-port dan dst-port.

Request DHCP-Client dari ISP-1 dan ISP-2

Langkah awal dari cara menggabungkan 2 koneksi internet dengan Mikrotik adalah adalah request DHCP-CLient dari ISP-1 dan ISP-2.

Internet mikrotik

Konfigurasi NAT

Langkah selanjutnya adalah cara menggabungkan 2 koneksi internet dengan Mikrotik adalah konfigurasi NAT yang bertujuan untuk Mikrotik mendapatkan 2 jalur koneksi ke internet dengan kedua ISP. Ingin tau cara setting mikrotik yang benar dan mendetail ? kalian bisa lihat lebih detailnya disini ya.

IP > Firewall > NAT

ISP-1 & ISP-2

  • ISP-1

Internet mikrotik

IP > Firewall > NAT

  • ISP-2

Internet mikrotik

Konfigurasi Mangle PCC

Langkah setelahnya untuk cara menggabungkan 2 speed internet dengan Mikrotik adalah konfigurasi Mangle PCC. ini punya tujuan untuk memberikan mark terhadap tiap tiap sistem routing yang terkandung terhadap masing-masing ISP dengan pengelompokan Src address dan Port. Ingin melihat produk – produk mikrotik ? Yuk cek dibawah ini :

Bandwidth Management

Mikrotik CCR

Networks

Mikrotik CSS

IP > Firewall > Mangle

PCC-ISP1

Internet mikrotik

PCC-ISP2

Untuk setting PCC pada ISP-2 adalah sebagai berikut:

PCC-ISP2

Konfigurasi Static Route + Routing Mark

Langkah terakhir untuk cara menggabungkan 2 speed adalah konfigurasi static route dan routing mark. Ini berguna untuk menyebabkan default router berasal dari segi router ke internet bersama dengan bersama dengan gateway ISP-1 dan ISP-2 dan tambahkan routing mark bersama dengan mangle PCC yang sudah dibuat sebelumnya

IP > Routes

Default Route ISP-1

Konfigurasi Static Route + Routing Mark

Tertarik dengan layanan cara menggabungkan 2 koneksi internet dengan mikrotik dari NetData ? Langsung hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup