Apa Itu Hybrid Remote Working Solutions

Hybrid Remote Working Solutions

Sejak masa pandemi covid-19 merebak di seluruh dunia banyak sekali perusahaan yang melakukan Hybrid Remote Working Solutions dan memberikan kebijakan untuk membuat pekerja mereka untuk bekerja dirumah yang biasa disebut dengan work from home.

Untuk mereka yang mungkin bisa bekerja secara remote mampu bertahan gejolak ekonomi yang sedang goyah akibat pandemi ini.

Maka dari itu saat ini setiap perusahaan berusaha untuk mencari solusi bagaimana caranya untuk bisa tetap beroperasi tanpa harus melanggar protokol kesehatan dengan cara menerapkan Hybrid Remote Working Solutions.

Apa itu Hybrid Remote Working Solutions? Hybrid remote atau juga bisa disebut remote part, berbeda dengan all remote yang memberlakukan seluruh karyawannya yang harus bekerja dirumah karena perusahaannya memang tidak memiliki kantor fisik yang harus dikunjungi.

Hybrid remote ini lebih luas daripada all-remote, karena lebih mudah untuk diterapkan oleh perusahaan besar dan mapan.

Skenario hybrid remote sendiri adalah menerapkan salah satu cabang perusahaan untuk seluruhnya diberlakukan bekerja secara remote. Sedangkan untuk cabang lainnya diberlakukan bekerja secara fisik masuk ke kantor.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Menggunakan Hybrid Remote Working Solutions

Untuk beberapa perusahaan, untuk beralih ke all-remote mungkin tidak akan bisa dilakukan atau tidak mungkin sama sekali.

Maka dari itu hybrid remote adalah solusi alternatif yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan yang tidak bisa menerapkan all remote.

Pada umumnya penerapan hybrid remote working solution lebih sulit daripada all remote mengingat lingkungan kerja dua tingkat. Dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menerapkan hybrid remote pada perusahaan:

Hanya beberapa hari di kantor

Untuk perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk masuk kantor 1 hari atau lebih per minggu harus memperhatikan tiga faktor penting berikut ini :

  • Hal ini dapat menghambat para karyawannya untuk mengadaptasi lingkungan kerjanya, karena mereka harus berada dalam jarak yang tidak jauh dari kantor.
  • Hal ini mencegah resource perusahaan dan tim perekrutan harus beroperasi di tempat yang berbeda. Sehingga karyawan yang baru masuk kerja diharuskan untuk pindah ke area kantor.
  • Ini akan mempersulit proses pengalihan ke alur kerja yang mengutamakan jarak jauh, karena kantor akan berfungsi sebagai penopang kolaborasi utama.

Rapat informal

Rapat informal atau rapat dadakan yang tidak terencana bisa mengakibatkan terganggunya tim hybrid-remote.

Walaupun terlihat sepele yang mana mengharuskan orang tersebut untuk meluangkan waktunya beberapa menit untuk menghadiri rapat, terkadang akan menciptakan gangguan pada aktivitas orang tersebut dan mengakibatkan proses pekerjaan menjadi tersendat.

Mungkin orang yang sedang melakukan remote diluar kantor tidak mengalami gangguan ini atau orang yang tidak diundang rapat.

Maka dari itu para leader harus memperhatikan para bawahannya apakah mereka siap untuk diajak rapat dadakan atau tidak sehingga bisa disepakati terlebih dahulu terlepas dimana lokasi mereka dan meminimalisir miskomunikasi.

Mengharapkan 

Tempat kepemimpinan di kantor

Tempat terbaik bagi para pemimpin dan eksekutif perusahaan di dalam lingkungan hybrid-remote adalah di luar kantor.

  • Hal ini untuk mencegah karyawan remote dari kurangnya waktu tatap muka dengan para pemimpin.
  • Hal ini mencegah para pemimpin eksekutif untuk melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang berlawanan dengan prinsip-prinsip yang mengutamakan remote.
  • Hal ini mencegah disonansi kognitif dari kepemimpinan tentang alat, teknologi, dan pelatihan apa yang perlu diprioritaskan untuk mendukung alur kerja jarak jauh pertama.
  • Ini mencegah anggota tim datang ke kantor untuk bergaul dengan para eksekutif.
  • Ini memperkuat bahwa kantor tidak lagi menjadi episentrum kekuasaan atau pengambilan keputusan.

Apakah Ada Keuntungan Dari Hybrid Remote Working Solutions?

  1. Karyawan dapat bekerja lebih fleksibel tanpa harus masuk ke kantor.
  2. Hemat biaya uang transport, waktu, dan tenaga yang biasanya harus mengeluarkan uang bensin, parkir, dan lainnya.
  3. Memiliki banyak waktu bersama keluarga.
  4. Bekerja lebih optimal.

Keuntungan Hybrid Remote Working Solutions untuk Perusahaan :

  1. Dapat menerapkan Protokol kesehatan dengan baik sesuai standarisasi kesehatan dari WHO.
  2. Dapat mengurangi biaya operasional.
  3. Memiliki pekerja dengan tingkat kinerja yang lebih optimal tanpa harus mengkhawatirkan jauhnya wilayah dan lokasi.

Gunakan Perangkat Yang Tepat Dalam Penerapan Hybrid Remote

Dalam sisi perusahaan harus bersiap menerapkan hybrid remote dengang berbagai perangkat jaringan yang mumpuni seperti :

Remote Server

Remote server ini adalah komputer khusus yang digunakan untuk keperluan remote, mengapa diperlukan remote server? Berikut beberapa fungsi remote server,

  1. Menyalakan dan Mematikan Server 

Fungsi remote server yang pertama adalah untuk mengontrol layanan remote itu sendiri. Sehingga remote server dapat mengaktifkan dan mematikan server dari jarak jauh dan memudahkan untuk maintenance dan konfigurasi server.

  1. Memantau Penggunaan Resource 

Layanan remote tentu akan menghasilkan banyak resource pada web server Anda, maka dari itu remote server dengan mudah memantau dan mengatur resource. Sehingga resource yang ada akan dioptimasi agar tidak penuh.

Jika resource melebihi batas maka bisa dilakukan upgrade server agar layanan remote tidak terganggu.

  1. Mudah memantau keamanan

Layanan remote memang memerlukan keamanan yang ekstra dimana remote ini hanya boleh diakses karyawan yang melakukan remote saja. Dengan remote server maka Anda bisa mendeteksi dan mencegah autentikasi yang tidak sah ke layanan remote Anda.

  1. Memudahkan Perbaikan Sistem 

Dengan remote server akan memudahkan Anda dalam perbaikan sistem. Semisal server mengalami error atau bug, Anda dapat mendeteksi dan memperbaikinya secara remote juga sehingga layanan remote dapat diperbaiki dengan cepat.

  1. Mengontrol Komputer Lain

Fungsi remote server yang paling penting adalah dapat mengendalikan komputer lain. Apabila komputer Anda didedikasi menjadi remote server maka Anda bisa mengontrol komputer klien yang terhubung ke server ini. 

Beli Perangkat Jaringan Terbaik Untuk Hybrid Remote Di NETDATA

Selain remote server tentu ada banyak lagi perangkat yang harus dimiliki seperti router, switch, dan cabling dengan kualitas yang terbaik untuk dapat menggunakan layanan remote dengan lancar.

NETDATA sebagai perusahaan yang menyediakan perangkat jaringan terlengkap di Indonesia siap membantu Anda dalam pemenuhan kebutuhan hybrid remote untuk perusahaan Anda.

Mulai dari penyediaan perangkat jaringan, server remote, hingga manage server untuk hybrid remote, sehingga Anda tidak perlu pusing lagi untuk membuat sistem remote ini. Jika anda tertarik dengan jaringan untuk melakukan Hybrid Remote Working Solutions anda bisa kontak kami untuk lebih lanjut Anda bisa menghubungi customer service NETDATA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup