Fungsi Dasar dari Perangkat Router Sebenarnya Adalah Sebagai Berikut

Fungsi Dasar dari Perangkat Router Sebenarnya Adalah Sebagai Berikut

Banyak yang masiuh bingung dengan hardware yang satu ini, apalagi kalau bukan router yang masih kerap kali disamakan dengan hub atau juga dengan switch. Padahal, ketiganya memang memiliki penjelasan yang berbeda serta fungsi yang berbeda juga. Walaupun memang, jika dilihat dari bentuknya masih ada yang sama satu dengan yang lainnya. Fungsi dasar dari perangkat router sebenarnya adalah sebagai apa? Mari kita bahas di artikel ini.

Walaupun memang masih banyak orang yang belum tahu bentuk fisik dari router, tentunya ini akan menjadi sangat penting jika Anda bekerja di sebuah kantor dimana mungkin saja Anda berada di bagian IT, Anda perlu tahu apa itu router dan fungsi dasar router yang sebenarnya.

Penjelasan Singkat Router

Mungkin jika dijelaskan secara panjang, banyak orang yang masih belum paham. Makanya berikut ini adalah pengertian singkat dari router beserta fungsi dasarnya.

Pengertian Router

Pertama, tentu yang kita akan bahas adalah penjelasan singkat tentang router. Router yakni perangkat jaringan yang diaplikasikan untuk menghubungkan beberapa network yang berbeda. Maksud beda disini yakni berbeda domisili jaringan atau domisili subnet mask-nya seperti seumpama menghubungkan jaringan kantor dengan jaringan internet. 

Dikarenakan berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, Router minimal mempunyai 2 network interface. 

Fungsi Router

Fungsi dasar dari perangkat router sebenarnya adalah sebagai penghubung beberapa network yang berbeda. Namun, masih ada berbagai fungsi router yang lainnya. Apa saja? Berikut ini adalah penjelasannya:

Penghubung Berbagai Informasi

Router memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data atau suatu info melalui internet atau jaringan dari lokasi tertentu ke jaringan lainnya.

Perangkat ini dibutuhkan untuk memberi pengarahan paket data hal yang demikian ke jaringan dan dengan rute yang cocok.

Fungsi Firewall dalam Router DSL

Dalam hal ini router berfungsi sebagai firewall yang akan menyaring paket berdasarkan sumber dan juga alamat tujuan paket. Router yang lazimnya melakukan fungsi ini lazim juga disebut dengan DSL router.

Namun, sebenarnya tak segala router mempunyai fungsi yang sama. Ada juga router yang tidak memiliki firewall, namun sekarang ini banyak juga produsen yang memproduksi DSL router.

Packet Filtering Router

Untuk bisa menjalankan fungsi ini, router yang diaplikasikan umum disebut packet filtering router. Router ini akan menentukan lalu lintas data yang terpancar via broadcast.

Sehingga akan mencegah terjadinya broadcast storm. Hal ini bisa menyebabkan daya kerja jaringan melambat.

Menganalisis Paket Data

Router juga mempunyai fungsi untuk menganalisa paket data yang masuk. Dalam menganalisa paket data, router akan menyeleksi paket hal yang demikian untuk masuk ke dalam jalanan yang paling optimal dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Data hal yang demikian kemudian akan masuk ke dalam tabel routing. Pengerjaan outing ini terbagi menjadi dua, adalah static routing dan dynamic routing.

Mentransmisikan Informasi

Fungsi dasar dari perangkat router sebenarnya adalah sebagai melakukan transmisi informasi atau data. Alat ini akan mentransmisikan informasi dari jaringan tertentu ke jaringan lainnya.

Fungsi ini mirip dengan bridge atau jembatan jaringan alias penghubung dari satu perangkat ke perangkat lain.

Jenis Router

Router juga memiliki banyak jenis dimana satu jenis dengan jenis lainnya bisa jadi memiliki fungsi tambahan, namun tidak menghilangkan juga fungsi dasar dari routernya. Dengan adanya berbagai jenis ini, tentunya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Router kabel

Nama itu sendiri mendefinisikan maknanya. Sebuah kabel tersedia untuk terhubung ke jaringan. Jika Anda mengunjungi bank, kampus atau kantor, Anda dapat mengamati bahwa PC atau laptop terhubung ke internet menggunakan kabel Ethernet, dan itu adalah router kabel. Ruangan tersebut memiliki access point Wi-Fi terpisah. Jika pengguna ingin terhubung ke telepon, maka mereka dapat menggunakan VIOP (teknologi voice-over IP). Ada ADSL (modem) yang memiliki dua jack untuk terhubung ke ethernet dan ponsel.

Router nirkabel

Ini biasanya ditemukan di kantor, rumah atau stasiun kereta api, dll. Router jenis ini menciptakan sinyal nirkabel. Misalkan Anda berada di kantor, Anda dapat terhubung ke internet menggunakan sinyal nirkabel karena laptop Anda berada dalam jangkauan.

Internet Connectivity Routers

Router jenis ini adalah router yang digunakan untuk mengkoneksikan berbagai hardware agar bisa terhubung satu sama lain dengan sinyal internet dan bisa mengakses internet secara bersamaan.

Edge Router

Edge router duduk di edge of backbone jaringan dan dapat terhubung ke router inti. Router ini bisa dalam bentuk kabel atau nirkabel dan akan mendistribusikan paket data internet antara satu atau lebih jaringan. Tapi itu tidak akan mendistribusikan paket data internet dalam jaringan.

Subscriber Edge Router (SER)

Subscriber Edge Router (SER) Juga dikenal sebagai router Customer Edge. Router Edge pelanggan mengaplikasikan protokol EBGP, yang diaplikasikan dalam organisasi (perusahaan).

Inter Provider Border Router

Router ini agaknya merupakan monitor untuk jaringan, karena memungkinkan interkoneksi antara ISP dan juga memelihara sesi BGP. Router inti – pusat atau tulang punggung LAN.

Core Router

Sebuah router menjadi komponen integral dari LAN (Local Area Network) disebut core router. Router inti menerapkan protokol BGP internal.

Router inti memiliki fungsi khusus dalam VPN, yang didasarkan pada kombinasi protokol BGP dan Protokol Pengalihan Label Multi-Protokol.

Router jenis SOHO

Salah satu jenis router lainnya yaitu router SOHO. Ini diaplikasikan untuk koneksi jaringan lain di kawasan geografis kecil yang diketahui sebagai konektivitas SOHO.

Manfaat dan Kelebihan Router

Jika Anda memiliki ruangan kantor atau bahkan rumah Anda yang memang memiliki beberapa network yang berbeda agar bisa berjalan dengan bersamaan dan terintegrasi dengan baik, mungkin Anda wajib mengerti manfaat dan kelebihan dari router. Berikut ini adalah kelebihannya:

  • Karena fitur saling bertabrakan, lalu lintas jaringan dapat dikurangi.
  • Karena broadcasting domain, lalu lintas jaringan dapat dikurangi.
  • Ini memberikan alamat MAC dan alamat IP yang akan memilih rute terbaik di seluruh jaringan.
  • Mudah untuk terhubung ke jaringan kabel atau nirkabel.
  • Sangat aman dengan kata sandi.
  • Tidak ada kehilangan informasi.
  • Itu dapat terhubung ke arsitektur jaringan yang berbeda seperti kabel ethernet, Wi-Fi, WLAN.
  • Router nirkabel mudah terhubung ke internet untuk laptop atau pc. Tidak perlu khawatir tentang banyak kabel.

Kelemahan Router

Namun, dibalik adanya kelebihan pasti ada kekurangan. Tak terkecuali untuk router, masih saja ada kekurangan dari router yang harus Anda perhatikan. Diantaranya adalah:

  1. Beroperasi menurut protokol jaringan yang bisa dirutekan.
  2. Mereka lebih mahal dibandingi dengan perangkat jaringan lainnya.
  3. Communications Komunikasi router dinamis bisa menyebabkan overhead jaringan tambahan. Ini menjadikan bandwidth yang lebih sedikit untuk data pengguna.
  4. Lebih lambat sebab mereka perlu menganalisa data dari layer-1 sampai layer-3.
  5. Memerlukan banyak konfigurasi awal.
  6. Perangkat yang bergantung pada protokol yang seharusnya memahami protokol yang diteruskan.

Cara Kerja Router

Bagaimana cara kerja dari router? Apakah hanya sekedar mencegah adanya tabrakan traffic? Menyambungkan berbagai network yang berbeda? Tentu saja ada yang lebih spesifik dari itu. Cara kerja router mungkin rumit, namun cara kerja router secara singkat dan jelas masih bisa dijabarkan dan dipahami.

Sederhananya, router menghubungkan perangkat dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim antar perangkat, atau dari perangkat ke internet. Router melakukan ini dengan menetapkan alamat IP lokal ke setiap perangkat di jaringan. Ini memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, daripada tersesat di dalam jaringan.

Bayangkan data ini sebagai paket kurir yang membutuhkan alamat pengiriman agar sampai ke penerima yang tepat. Jaringan komputer lokal Anda seperti jalan pinggiran kota, hanya mengetahui lokasi ini di dunia pada umumnya (yaitu World Wide Web) tidak cukup.

Paket dapat dengan mudah berakhir di rumah yang salah dengan informasi yang terbatas. Dengan demikian, router memastikan bahwa setiap lokasi (perangkat) memiliki nomor unik sehingga paket masuk ke alamat yang benar.

Jika Anda perlu mengembalikan data ke pengirim, atau mengirimkan paket Anda sendiri, router Anda juga melakukan pekerjaan ini. Meskipun menangani setiap paket secara individual, ia melakukannya dengan sangat cepat sehingga terasa seketika, bahkan ketika beberapa perangkat mengirimkan data sekaligus.

Kesimpulan

Kami telah belajar router adalah jaringan perangkat keras yang digunakan untuk memindahkan, menganalisis, dan menerima paket data internet di dalam jaringan atau jaringan. Ini memiliki lebih banyak fungsi jaringan daripada hub atau switch.

Jika Anda masih banyak pertanyaan mengenai fungsi dasar dari perangkat router sebenarnya adalah sebagai apa dan yang lainnya, Anda bisa bertanya ke NETDATA yang bisa membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan tentang router dari merk apapun itu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup