Fortinet SD-WAN Solusi Keamanan Jaringan Untuk Anda!

Fortinet SD-WAN Solusi Keamanan Jaringan Untuk Anda!

Bagi sebuah organisasi yang besar, tentunya jaringan yang dimiliki harus ada bantuan dari SD-WAN. Dengan adanya SD-WAN ini, selain digunakan untuk menghubungkan antara kantor pusat dengan kantor cabang, juga ada berbagai kelebihan lainnya. Kali ini, kita akan memperkenalkan Fortinet SD-WAN yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari SD-WAN berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Pastinya, kali ini akan membahas penjelasan tentang Fortinet SD-WAN beserta berbagai keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika menginstall SD-WAN berkualitas ini di jaringan Anda.

Penjelasan Lengkap Tentang Fortinet SD-WAN

Sebelum menjelaskan tentang detail produk, tentunya Anda harus tahu penjelasan secara rinci tentang SD-WAN.

SD-WAN (Software-Defined WAN) merupakan jaringan area luas yang ditentukan perangkat lunak (SD-WAN), dimana ini merupakan jaringan yang diabstraksi dari perangkat kerasnya, membuat overlay jaringan virtual.

Operator dapat mengelola dan menskalakan overlay ini dari jarak jauh, yang dapat menjangkau jarak geografis yang luas. Ini adalah aplikasi jaringan yang software-defined networking (SDN).

SD-WAN dapat menghubungkan beberapa lokasi cabang ke kantor hub pusat atau mencakup beberapa lokasi di kampus besar seperti kampus universitas. Karena diabstraksi dari perangkat keras, ini lebih fleksibel dan tersedia daripada WAN standar. Itu bergantung pada empat komponen utama:

  • Abstraksi konektivitas tepi
  • virtualisasi WAN
  • Manajemen terpusat
  • Manajemen lalu lintas yang elastis

SD-WAN menggunakan arsitektur abstrak untuk jaringannya. Dalam arsitektur abstrak, jaringan dibagi menjadi dua bagian: bidang kontrol dan bidang penerusan. Arsitektur SD-WAN memindahkan bidang kontrol ke lokasi terpusat seperti kantor pusat organisasi. Dengan begitu, jaringan dapat dikelola dari jarak jauh tanpa memerlukan staff IT lokal.

Fortinet FortiGate menghadirkan SD-WAN Aman yang kencang, skalabel, dan fleksibel untuk perusahaan global yang mengutamakan cloud, sensitif kepada keamanan, dan global. Security-Driven Networking dari Fortinet menggabungkan SD-WAN, Next Gen Firewall (NGFW), dan routing lanjutan ke:

  • Memberikan kualitas pengalaman yang unggul pada skala apapun
  • Mempercepat konvergensi jaringan dan keamanan, dan menyederhanakan arsitektur WAN
  • Atur jaringan dan kebijakan keamanan yang konsisten
  • Mencapai efisiensi operasional lewat otomatisasi, analisis mendalam, dan pemulihan diri

Keunggulan Fortinet SD-WAN

Selain dengan adanya teknologi Next Gen Firewall yang tentunya lebih bagus daripada firewall pada umumnya, ada berbagai keunggulan dari Fortinet SD-WAN yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

Beberapa Ketahanan Tautan (Multiple Link Resilience)

Biasanya, dalam lingkungan jaringan WAN tradisional hanya memiliki satu tujuan jaringan yang masuk ke setiap lokasi. Namun, dengan Anda memanfaatkan SD-WAN dari Fortinet Anda bisa menggunakan banyak tautan dari berbagai ISP yang tentunya masing-masing berbeda, lalu bisa menghilangkan masalah yang terjadi pada satu titik yang dapat membuat jaringan error.

Ketangkasan Lebih Tinggi

Mengatur jaringan dengan cepat dan juga aman adalah sebuah keharusan jika Anda membangun kantor cabang lagi. Dengan adanya Fortinet SD-WAN, Anda bisa mengatur jaringan dengan mudah, cepat, dan aman pastinya dengan ISP apa saja yang sesuai pada setiap lokasi.

Optimized Use of Resources

SD-WAN memungkinkan Anda untuk memastikan aplikasi utama secara cerdas ke bermacam link, termasuk trek internal dan koneksi Internet, memberikan jaminan Quality of Service (QoS) yang berbeda untuk masing-masingnya. Ini memungkinkan Anda mengaplikasikan sumber energi yang pas dalam setiap kondisi untuk mengembangkan kinerja dan produktivitas sambil meminimalkan biaya.

Performa Lebih Tinggi untuk Cloud

Sekarang ini, menggunakan teknologi cloud adalah sebuah keharusan bagi setiap perusahaan. Inilah yang menjadikan SD-WAN adalah pilihan terbaik, apalagi dengan memilih merk Fortinet. lalu lintas jaringan baru dapat ditambahkan dengan cepat dan mudah ke website yang memerlukan kapasitas yang lebih. Dengan mengaitkan website-website secara seketika ke internet, SD-WAN mengurangi hambatan dan penundaan yang awam terjadi pada WAN tradisional.

Biaya Konektifitas Lebih Rendah

Keunggulan lainnya dari SD-WAN ini merupakan bisa mengurangi biaya operasional yang sedang berlangsung dengan beralih ke jalur MPLS (Multiprotocol Label Switching) yang mahal ke broadband komoditas seperti serat, kabel, DSL, atau malah teknologi seluler.

Mengenal 4 Elemen Penting Fortinet SD-WAN

Sudah tidak diragukan lagi mengapa sekarang ini banyak vendor yang justru melompati langkah memproduksi SD-WAN karena tantangannya yang begitu berat. Ada berbagai elemen penting yang memang harus dilewati dan itu memang tidak mudah.

Fortinet memahami elemen-elemen tersebut, dan pastinya mengaplikasikannya pada Fortinet SD-WAN agar bisa menjadi SD-WAN berkualitas dan terbaik yang siap untuk Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Apa saja elemen penting tersebut?

Keamanan yang Terintegrasi Sepenuhnya

Dikarenakan SD-WAN secara dinamis menyesuaikan koneksi untuk memutuskan kinerja yang tetap, menerapkan perlindungan menerapkan alat keamanan statis tradisional, secara khusus ketika diaplikasikan sebagai solusi overlay, bermasalah.

SD-WAN tak cuma membutuhkan perlindungan ancaman tradisional, termasuk NGFW, anti-virus / anti-malware, dan pencegahan intrusi (IPS). Walaupun Fortinet memang sudah mengaplikasikan semua itu, tentunya ada berbagai elemen keamanan yang digunakan juga.

Fortinet menambahkan dengan adanya kontrol kinerja SSL dan IPSec VPN overlay tinggi, inspeksi mendalam dari lalu lintas terenkripsi pada kecepatan jaringan, penyaringan website, dan perlindungan ancaman lanjutan (ATP) seperti sandboxing. Selain itu, alat-alat keamanan ini mesti bisa diintegrasikan dengan mulus dan sepenuhnya ke dalam sisa jaringan terdistribusi, dari tepi ke cloud.

Manajemen Terpusat

Organisasi tidak lagi kapabel untuk jaringan mereka berfungsi sebagai kumpulan segmen yang terisolasi, yang berarti bahwa segala fungsi jaringan dan keamanan harus ada pada solusi manajemen panel kaca yang sama. Dengan memilih solusi SD-WAN yang mendorong manajemen terpusat, konfigurasi, dan alat pemantauan untuk WAN dan solusi keamanan meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen. 

Sementara secara signifikan mengurangi tarif penempatan dan manajemen. Dan strategi manajemen itu perlu diperluas ke segala jaringan terdistribusi.

Transformasi komputerisasi bisnis perlu terjadi tanpa perluasan permukaan serangan keamanan siber global yang tidak proporsional. Ini cuma bisa terjadi apabila kita memandang jaringan dan metode keamanan kita sebagai solusi holistik tunggal.

Solusi SD-WAN untuk perluasan WAN edge, seperti solusi yang dipakai di salah satu lingkungan tepi jaringan lain yang muncul, perlu tidak cuma memberikan fleksibilitas luas dan fungsionalitas dan layanan kinerja tinggi, melainkan juga beroperasi sebagai komponen dari keseluruhan kolektif. Dan dikala organisasi berupaya mengoptimalkan transformasi komputerisasi yang komprehensif, jaringan yang berkorelasi dan intelijen keamanan harus menjadi prioritas utama, karena para penjahat cyber juga gigih untuk mengambil profit dari lingkungan jaringan ini seperti halnya organisasi yang membangunnya.

Kebijakan yang Dapat Diadaptasi Secara Dinamis

Tiap-tiap solusi SD-WAN yang dipertimbangkan juga perlu dapat memodifikasi kebijakan WAN menurut hal-hal seperti kritikalitas aplikasi dan prasyarat kinerja, termasuk kebijakan keamanan, yang secara otomatis beradaptasi saat konfigurasi jaringan dan perubahan sumber energi. Oleh karena itu, kecerdasan multipath otomatis ialah layanan penting untuk dikasih oleh solusi SD-WAN baik untuk aplikasi bisnis maupun keamanan. 

Ini memungkinkan kesanggupan untuk melacak isu jalur WAN granular (seperti latensi, jitter, dan kehilangan paket) untuk memilih rute yang paling efisien untuk lalu lintas yang penting bagi bisnis. Dan jikalau jalur WAN hal yang demikian wajib menurun di bawah ambang berbasis kebijakan, karenanya jalur hal yang demikian wajib dapat secara otomatis dan mulus beralih ke tautan terbaik selanjutnya yang tersedia tanpa memengaruhi kinerja aplikasi.

Dukungan untuk Aplikasi Kritis Bisnis

Fungsi paling kritis yang disediakan oleh SD-WAN yakni luasnya solusi konektivitasnya. SD-WAN perlu mengenali dan mendukung aplikasi bisnis secara dinamis, memetakan fungsi bisnis ke sumber tenaga WAN, lalu memilih koneksi WAN yang paling efisien untuk merutekan aplikasi tersebut, sekalian secara beriringan menyediakan performa dan bandwidth yang memadai. Ini termasuk memprioritaskan aplikasi menurut kritikalitas bisnis, termasuk kecakapan menentukan kebijakan terpisah untuk sub-aplikasi.

Mengapa Membutuhkan Keamanan SD-WAN ?

SD-WAN memang sangat terkenal karena tingkat keamanannya yang tinggi. Dibandingkan dengan WAN tradisional, tentnya SD-WAN lebih baik dalam banyak point, salah satunya adalah keamanan. Keamanan SD-WAN akan sangat penting dikarenakan lalu lintas untuk jaringan yang besar tentunya membutuhkan tingkat keamanan yang besar juga.

Salah satunya adalah Fortinet SD-WAN. Fortinet mengadaptasi teknologi NGFW untuk meningkatkan keamanan lagi untuk lalu lintas jaringan.

Dimana Bisa Mendapatkan Fortinet SD-WAN ?

Mencari dimana tempat yang paling tepat untuk urusan jual Fortinet SD-WAN yang terpercaya dan juga dengan berbagai keunggulan lainnya yang sangat bisa diandalkan? Tentu saja jawabannya hanya di NETDATA.

NETDATA merupakan partner resmi Fortinet Indonesia yang memasarkan berbagai macam produk dari Fortigate Fortinet dengan jaminan asli dan juga dengan jaminan harganya lebih murah daripada Anda membelinya ditempat lain.

Untuk itu, jika Anda ingin beli Fortinet SD-WAN seri apapun itu dengan harga yang murah, pastikan NETDATA jawabannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup