Jangan Sembarangan Mengganti Urutan Warna Kabel LAN, Kenapa?

Jangan Sembarangan Mengganti Urutan Warna Kabel LAN, Kenapa

Pasti Anda pernah melihat bagian dari ujung kabel LAN yang mana memiliki warna-warna yang berbeda. Apa kah ada urutan warna kabel LAN yang spesifik? Atau apa ada fungsi khusus dari setiap warna pada kabel LAN? maka dari itu di artikel ini kita akan membahas lebih jelas tentang kabel LAN.

Kabel LAN atau kabel UTP biasa digunakan sebagai kabel yang menghubungkan komputer ke router agar dapat menggunakan fasilitas internet.

Dulu pada awal-awal tahun 2000an sebelum teknologi nirkabel alias wifi sedang trend, biasanya jika orang ingin menggunakan internet harus menghubungkan kabel LAN ke router atau modem.

Dalam mengurutkan warna kabel LAN jangan sembarangan karena selain tidak bisa digunakan Anda tidak bisa mengulang prosesnya dan harus menggunakan RJ45 yang baru. Maka dari itu berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memasang kabel LAN.

Local Area Network (LAN)

Sekilas tentang kabel LAN, LAN atau jaringan area lokal adalah sekelompok komputer dan perangkat yang berada di lokasi tertentu. Perangkat terhubung ke LAN dengan kabel Ethernet atau melalui Wifi. Rumah Anda mungkin memiliki LAN. Jika PC, tablet, smart TV, dan printer nirkabel Anda terhubung melalui Wi-Fi Anda, perangkat yang terhubung ini adalah bagian dari LAN Anda. Hanya perangkat yang Anda otorisasi yang memiliki akses ke LAN Anda.

Kabel LAN memang sangat berperan penting dalam menyambungkan satu device dengan device yang lain untuk bisa melakukan transfer data. Jadi, ini bukan hanya saja digunakan untuk mengkoneksikan ke internet, tapi banyak sekali yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan kabel LAN ini. Namun, terdapat jenisnya dengan urutan kabel LAN yang berbeda.

Sejarah Singkat Kabel LAN 

Sejarah LAN Pada 1960-an, semakin banyak universitas dan laboratorium penelitian mulai menggunakan komputer karena mereka menyadari bahwa itu membuat pekerjaan mereka mudah dan efisien.

Seiring dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan komputer, begitu pula permintaan akan jaringan terpusat di mana dua atau lebih komputer dapat dihubungkan bersama untuk membuat pekerjaan mereka lebih nyaman tanpa perlu memiliki jaringan terpisah untuk setiap perangkat komputer. Local Area Network (LAN) diperlukan untuk menghubungkan semua komputer di universitas dan laboratorium.

Dalam dekade berikutnya, pengembangan teknologi LAN dimulai dan beberapa orang datang dengan rencana yang sangat mengesankan termasuk Cambridge Ring oleh University of Cambridge dan Ethernet oleh Xerox PARC.

Cambridge Ring memiliki kapasitas 255 node yang mungkin menyebabkan ketidaknyamanan karena teknologi di bidang ini masih baru seperti anak yang baru lahir dan mengelola, mengendalikan, dan mengarahkan begitu banyak perangkat pasti akan membuat gangguan dalam layanan.

Sekilas Tentang Kabel LAN

Berbicara soal urutan warna kabel LAN kita akan membahas sekilas tentang kabel LAN dibawah ini.

Kabel LAN sendiri memiliki peran penting dalam membangun sebuah jaringan lokal antar perangkat seperti komputer, router, switch, akses point, dan perangkat lainnya.

Kabel LAN sering menggunakan kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair dengan konektor RJ 45.

Kabel UTP dipilih karena memiliki lebih murah daripada STP atau Shielded Twisted Pair. Jaringan LAN yang menggunakan kabel UTP biasanya dipakai di indoor, sedangkan untuk outdoor menggunakan STP yang mana lebih memiliki ketahanan yang lebih baik dari cuaca.

Pengertian Kabel LAN

Kabel UTP atau LAN adalah sebuah media transmisi yang dapat menghubungkan beberapa perangkat atau komputer dalam area yang terbatas, seperti rumah, kantor, ataupun sekolah.

Selain dapat menghubungkan perangkat jaringan ke perangkat lainnya dalam suatu jaringan, kabel LAN juga dapat dipakai sebagai media penghubung kabel telepon yang memiliki karakteristik yang fleksibel dan memiliki kecepatan data yang cukup baik.

Adapun jenis urutan warna kabel LAN yang digunakan adalah :

  1. Kabel Straight (lurus)
  2. Kabel Cross (silang)
  3. Kabel Roll

Urutan Warna Kabel LAN

Dalam sebuah kabel LAN biasanya terdapat warna yang berjumlah 8 warna kabel. Setiap kabel memiliki warna yang berbeda dan memiliki jenis urutan warna kabel LAN yang berbeda tergantung dari jenis urutannya. 

Namun yang paling umum digunakan adalah urutan warna kabel LAN berjenis straight atau lurus berikut ini:Putih-Orange

  1. Orange
  2. Putih-Hijau
  3. Biru
  4. Putih-Biru
  5. Hijau
  6. Putih-Coklat
  7. Coklat

Fungsi setiap Warna kabel LAN

mungkin Anda  tidak mengetahui bahwa setiap urutan kabel LAN ini memiliki fungsi masing-masing seperti di bawah ini.

Orange

Kabel warna Orange berfungsi sebagai media pengirim paket data.

Putih Orange

Kabel warna Putih Orange memiliki fungsi sebagai media pengirim paket data.

Hijau

Kabel yang berwarna hijau memiliki fungsi sebagai media pengirim paket data.

Putih Hijau

Kabel yang berwarna putih hijau memiliki fungsi sebagai media pengirim paket data.

Biru

Kabel warna biru berfungsi sebagai media pengirim paket suara.

Putih Biru

Kabel warna putih biru berfungsi sebagai media pengirim paket suara.

Cokelat

Kabel warna coklat berfungsi untuk pengirim tegangan DC.

Putih Cokelat

Kabel warna putih cokelat berfungsi untuk pengirim tegangan DC.

Mengapa Kabel LAN Harus Urut?

Kabel Ethernet Urutan kabel berkode warna ada sebagai standar industri perkabelan. Hal ini memungkinkan teknisi kabel untuk memprediksi dengan andal bagaimana kabel Ethernet diakhiri di kedua ujungnya sehingga mereka dapat mengikuti pekerjaan teknisi lain tanpa harus menebak atau menghabiskan waktu untuk menguraikan fungsi dan koneksi dari setiap pasangan kabel.

Jadi, pada intinya, kabel LAN terdiri dari beberapa warna. Jenis urutan warna kabel yang berbeda akan menghasilkan fungsi yang berbeda.

kabel LAN urutan

Kabel LAN jika memiliki urutan kabel yang berbeda-beda. Jika tidak urut, tentunya ini akan membuat kabel LAN tidak berfungsi atau bisa berfungsi tapi tidak berfungsi dengan semestinya.

Fungsi Kabel LAN

Kabel LAN tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk setiap urutan kabel LAN yang berbeda. Namun, secara garis besar, terdapat beberapa fungsi yang harus Anda ketahui. Ini juga merupakan penjelasan fungsi setiap Warna kabel LAN.

1.Menghubungkan Komputer dengan Komputer Lainnya

Dua komputer dapat dengan mudah dihubungkan untuk berbagi file di antara mereka atau untuk berbagi internet, printer di antara mereka. Prosesnya biasanya sederhana dan dapat dilakukan dengan beberapa perangkat keras dan sedikit pengetahuan perangkat lunak. Artikel ini akan memberi tahu Anda tentang berbagai cara untuk menghubungkan dua komputer.

Jadi, yang digunakan untuk ini adalah kabel dengan jenis. Jenis urutan warna kabel LAN ini adalah sebagai berikut:

kabel LAN

2.Menghubungkan Komputer dengan Router

Anda dapat menghubungkan komputer ke router menggunakan koneksi kabel atau nirkabel, tergantung pada modelnya.

Menghubungkan melalui kabel Ethernet sering kali memberi Anda koneksi internet yang lebih baik daripada Wifi. Yang Anda butuhkan hanyalah kabel Ethernet dan komputer atau laptop dengan port Ethernet.

Desktop selalu memiliki port Ethernet. Terkadang dua dalam konfigurasi yang dirancang untuk gaming dan workstation. Wifi sekarang lebih umum di desktop daripada beberapa tahun terakhir, berkat Wifi 5.

Urutannya adalah Twisted pair model UTP (Unshielded Twisted Pair), berikut ini adalah susuannya:

kabel LAN

3.Menghubungkan Komputer dengan Device Lain

Seperti pengertiannya, kabel LAN memiliki fungsi sebagai penghubung antara komputer dengan device lain.

Device yang bisa tersambung adalah seperti router, komputer, TV, dan lainnya. Pemasangan kabel LAN memiliki batas area tertentu mulai dari area ruangan yang kecil, rumah, sekolah, kantor, hingga area gedung yang luas.

4. Meremote Komputer

Remote desktop merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Windows XP, Windows Server 2003/2008, Vista, 7, dan di atasnya. Remote dekstop mengizinkan penggunanya untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh seolah-olah mereka sedang duduk di depan komputer yang sedang diremote.

Untuk mengaplikasikan fitur remote desktop ini, komputer yang mengontrol dan yang di atur seharusnya terkoneksi dengan jaringan (LAN/Dunia) yang sama, walaupun pada artikel kali ini kita akan membahas yang mengaplikasikan LAN, oleh sebab itu pastikan kedua komputer terhubung di dalam jaringan LAN yang sama.

Bagian pada Kabel LAN

Kabel LAN bukan hanya tentang kabel-kabel saja, namun terdapat bagian yang perlu Anda ketahui bagaimana fungsinya dan apa saja bagian pada kabel LAN.

1.Kabel UTP

Kabel UTP adalah cara yang lebih pendek untuk mengatakan twisted pair unshielded. Ini adalah salah satu kabel paling murah dan berfungsi untuk kebutuhan dasar sistem telepon sehingga merupakan salah satu yang paling umum dipasang di industri perumahan.

Pasangan twisted cable pairs berfungsi untuk membatalkan EMI (interferensi elektromagnetik) dari sumber eksternal. Ini akan menjadi gangguan dari radiasi elektromagnetik, air tanah, tekanan, sistem akar dan banyak lagi. Ini juga mengurangi crosstalk.

2.Connector RJ-45/RJ-11

Jack RJ-45 berbeda dengan RJ-11. Jadi, ketika disambungkan dengan kabel UTP memiliki fungsi yang berbeda.

RJ11 seperti yang telah dibahas sebelumnya banyak digunakan dalam telepon analog untuk menghubungkan instrumen telepon dan kabel. Sekarang sebagian besar digunakan untuk terhubung ke modem dan masih digunakan di telepon rumah. Ini adalah konektor 4 slot dan memiliki enam pin, yang berarti Anda tidak dapat memasukkannya ke dalam slot RJ45. Ini digunakan di saluran telepon PSTN untuk menghubungkan kabel telepon yang secara teknis berbeda dari kabel Ethernet.

Jack RJ-45 memiliki 8 pin dan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan kabel Ethernet ke sakelar atau modem data serial. Anda biasanya akan menemukan sakelar dengan konektor RJ45 di jaringan kabel tembaga. Beberapa sakelar memiliki port serat RJ45 dan SFP dan karenanya dapat digunakan dalam jaringan serat juga. Jadi, ini biasanya digunakan untuk jaringan komunikasi data di mana telepon suara IP mungkin juga ada di sana.

Perbedaan Setiap Jenis Kabel LAN

Setiap jenis kabel LAN memiliki jenis yang berbeda-beda. Tentunya inilah yang menjadikan kabel LAN banyak digunakan dan Anda harus mengehtahui perbedaannya agar Anda bisa tahu mana yang Anda butuhkan untuk sebuah kabel LAN.

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Unshielded twisted pair (UTP) adalah jenis kabel tembaga di mana-mana yang digunakan dalam kabel telepon dan jaringan area lokal (LAN). Ada lima jenis kabel UTP yang diidentifikasi dengan awalan CAT, seperti dalam kategori masing-masing mendukung jumlah bandwidth yang berbeda.

Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah kabel listrik dengan konduktor tembaga dan pelindung isolator di sekitarnya dan jaring logam yang dikepang yang mencegah gangguan sinyal dan pembicaraan silang. Kabel koaksial juga dikenal sebagai coax.

Konduktor tembaga inti digunakan untuk transmisi sinyal dan isolator digunakan untuk memberikan insulasi ke konduktor tembaga dan isolator dikelilingi oleh konduktor logam yang dikepang yang membantu mencegah gangguan sinyal listrik dan mencegah pembicaraan silang. Seluruh pengaturan ini sekali lagi ditutupi dengan lapisan plastik pelindung untuk memberikan keamanan ekstra pada kabel.

Kabel Fiber Optik

Fiber optik adalah teknologi yang digunakan untuk mengirimkan informasi sebagai pulsa cahaya melalui untaian serat yang terbuat dari kaca atau plastik jarak jauh.

Fiber optik kira-kira berdiameter sehelai rambut manusia dan ketika digabungkan ke dalam kabel serat optik, mereka mampu mentransmisikan lebih banyak data melalui jarak yang lebih jauh dan lebih cepat daripada media lain. Teknologi inilah yang menyediakan rumah dan bisnis dengan internet serat optik, telepon dan layanan TV.

Alat yang diperlukan untuk pemasangan kabel LAN

Sebelum melakukan pengurutan kabel LAN maka kita harus memerlukan alat yang dapat mempermudah dalam membuat kabel LAN antara lain :

Sebelum melakukan praktek konfigurasi, ada beberapa alat yang perlu disiapkan untuk mempermudah dalam pembuatan kabel, yaitu sebagai berikut :

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP adalah jenis kabel yang khusus untuk digunakan sebagai penghantar data dengna kecepatan berdasarkan kategorignya. Misalnya pada kabel UTP kategori 5 atau UTP Cat 5 memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.

Kabel UTP terdiri dari 8 kabel kecil yang memiliki warna berbeda-beda. Warna masing-masing adalah orange, orange putih, biru, biru putih, hijau, hijau putih, coklat, dan coklat putih.

Jack RJ-45

Jack RJ 45 merupakan jenis soket yang dapat digunakan sebagai penghubung kedelapan kabel kecil yang ada pada kabel UTP.

Crimping Tools

Untuk dapat merekatkan kedelapan kabel kecil pada kabel UTP pada RJ 45 yang mana harus menggunakan alat yang bernama Crimping tools. Alat ini mampu mengupas sekaligus memotong ujung pada kabel berwarna agar dapat menghubungkan pada penghantar.

Jenis Urutan Warna Kabel LAN

Untuk lebih jelas tentang jenis urutan kabel LAN yakni straigh, cross, dan roll berikut ini :

Straight

Jenis urutan kabel LAN yang pertama adalah straight atau lurus yang mana memiliki warna yang sama antara ujung yang satu dengan ujung lainnya. Kabel LAN jenis ini biasanya digunakan sebagai penghubung 2 perangkat yang berbeda, yakni untuk menghubungkan komputer, router, switch, dan lainnya.

Urutan kabel LAN straight sebagai berikut: 

Ujung 1 Ujung 2
putih orange putih orange
orange orange
putih hijau putih hijau
biru biru
putih biru putih biru
hijau hijau
putih coklat putih coklat
coklat coklat

Cross

Untuk kabel LAN cross over memiliki perbedaan antara ujung satu dengan ujung lainnya. Jenis kabel ini memiliki fungsi yang sama seperti kabel straigth yakni untuk menghubungkan perangkat sejenis dalam jaringan komputer, misalnya switch dengan switch, router dengan komputer.

Berikut penjelasan urutan warna kabel LAN jenis Cross-over adalah:

Ujung 1 Ujung 2
putih orange putih hijau
orange hijau
putih hijau putih orange
biru biru
putih biru putih biru
hijau orange
putih coklat putih coklat
coklat coklat

Rollover

Jenis urutan warna kabel LAN roll over mirip seperti cross over yang memiliki urutan warna yang berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya.

Kabel jenis ini digunakan untuk penghubung perangkat jaringan ke perangkat external, seperti menghubungkan switch dengan proyektor, switch dengan printer, dan lain sebagainya.

Berikut penjelasan urutan warna kabel LAN roll over adalah:

Ujung 1 Ujung 2
putih orange coklat
orange putih coklat
putih hijau hijau
biru putih biru
putih biru biru
hijau putih hijau
putih coklat orange
coklat putih orange

Keuntungan Menggunakan LAN

LAN memiliki keuntungan yang lebih pasti. Jika secara garis besar, ini adalah keuntungan menggunakan kabel LAN daripada Anda menggunakan koneksi wireless. Keuntungan menggunakan LAN adalah sebagai berikut:

Kecepatan

Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi ethernet jauh lebih besar dibandingkan dengan koneksi nirkabel. Menggunakan ethernet Anda dapat dengan mudah mencapai kecepatan 10Gbps, terutama dengan pasangan terpilin terbaru. Beberapa bisa mencapai 100Gbps.

Keamanan

Tidak seperti Wifi yang rentan terhadap serangan, koneksi ethernet memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Dengan koneksi ethernet, Anda selalu memiliki kendali atas siapa yang menggunakan jaringan.

Keandalan

Koneksi Ethernet memiliki keandalan tertinggi. Ini karena tidak ada interupsi dari frekuensi radio.

Efisiensi

Ada beberapa kabel ethernet seperti Cat6 yang mengkonsumsi daya yang jauh lebih rendah. Bahkan lebih rendah dari koneksi Wifi.

Informasi menarik urutan warna kabel LAN ada di NDS

Itulah beberapa informasi seputar urutan warna kabel LAN straight, cross, dan roll sehingga tidak salah lagi dalam memasang kabel LAN dengan urutan yang benar dan sesuati.

Bagi Anda yang ingin membeli kabel LAN atau perangkat jaringan yang lengkap dan terjangkau Anda bisa beli di NetData atau di websitenya nds.id.

NetData juga menyediakan berbagai jasa pemasangan kabel LAN sekaligus dapat mengkonsultasikan pemasangan jaringan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup