Cara Setting Modem Cisco DPC2320

Cara Setting Modem Cisco DPC2320

Saat ini, kita tentunya tidak hanya menggunakan Internet, malahan kita mengandalkannya. Saat koneksi lambat atau lebih buruk seharian, tentunya kita akan merasa hari tersebut terasa sangat lama untuk dilewati.  Tetapi apakah Anda pernah berhenti untuk memikirkan bagaimana koneksi itu bekerja? Dari router Wi-Fi hingga perangkat seluler, komponen yang membentuk jaringan rumah Anda semuanya berbicara dalam bahasa digital yang berbeda, tetapi modem Anda adalah penerjemahnya, salah satunya adalah modem Cisco DPC2320

Dibutuhkan sinyal yang datang dari Internet Service Provider Anda, atau ISP, dan menerjemahkannya ke dalam koneksi Internet untuk router Wi-Fi Anda untuk disiarkan. Pada tingkat dasar, modem Anda memberi Anda akses ke Web, tetapi juga dapat membuat perbedaan besar dalam efisiensi Wi-Fi rumah Anda.

Apa itu Modem?

Modem adalah kependekan dari “Modulator-Demodulator”. Ini adalah komponen perangkat keras yang memungkinkan komputer atau perangkat lain, seperti router atau switch, untuk terhubung ke Internet. Ini mengubah atau “memodulasi” sinyal analog dari telepon atau kabel kabel ke data digital (1s dan 0s) yang dapat dikenali oleh komputer.

Tentunya dalam jaringan internet, Anda pasti bisa menemukannya. Dengan benda kotak itulah Anda bisa terhubung dengan internet.

Fungsi Modem Secara Umum

Sebenarnya, fungsi modem itu sangatlah kompleks, tidak hanya sesederhana menyambungkan komputer atau laptop Anda dengan internet.

Seperti yang sudah disinggung di pengertian modem diatas, modem memiliki fungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan sebaliknya secara khusus dulu ketika progres pengiriman data. Pelaksanaan pengubahan sinyal digital ke analog, dan sebaliknya, dinamakan modulasi dan demodulasi. Jadi, untuk bisa tersambung ke internet, modem mengerjakan pengubahan sinyal pada komputer.

Modem juga berfungsi untuk mengerjakan komunikasi dan pemeriksaan paket data. Inilah yang kemudian membikin penggunanya bisa mengakses internet. Di dalam progres komunikasi yang dijembatani oleh modem, perangkat ini juga meng-compress data yang dikirim melalui sinyal.

Jenis-Jenis Modem dan Karakteristiknya

Apakah Anda hanya tahu jika modem hanya yang GSM dan juga CDMA? Tentunya masih ada banyak jenis-jenis modem seperti modem kabel, ADSL, internet, eksternal, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah jenis-jenis modem beserta karakteristiknya.

Modem Eksternal

Modem eksternal mirip dengan modem internal karena juga memungkinkan akses ke Internet, tetapi tidak seperti modem internal, modem eksternal berada di luar komputer. Modem eksternal dapat digunakan ketika komputer tidak dapat memuat modem internal di dalamnya. Modem biasanya terhubung ke komputer melalui kabel serial atau USB, dan biasanya ditenagai oleh sumber eksternal, bukan komputer.

Modem Internal

Modem internal adalah modem yang dipasang di dalam komputer. Modem internal biasanya dikirimkan bersama komputer dan sudah diinstal sebelumnya. Namun, beberapa komputer mungkin tidak memiliki modem atau modem internal yang disertakan dengan komputer mungkin rusak atau rusak. Dalam kedua kasus tersebut, menggunakan modem internal tidak memakan ruang tambahan di luar komputer, dan dapat diberi daya menggunakan catu daya komputer itu sendiri.

Modem ISDN

Modem ISDN atau Integrated Services Digital Network (ISDN) ialah cara komunikasi yang memiliki layanan data, bunyi, dan gambar yang terintegrasi dengan jaringan yang lebih luas untuk konektivitas yang mencakup ruang lingkup lebih besar. Penerapan modem ISDN lebih hemat tarif karena cara integrasinya sifatnya terpisah.

Modem GSM

Modem GSM ialah modem yang memakai telepon seluler sebagai sistem transfer data. Modem ini bisa diterapkan untuk segala kartu koneksi asalkan provider-nya bersifat GSM.

Modem CDMA

Ini adalah modem yang mungkin menjadi pertama kali dikenal masyarakat Indonesia dengan harga yang murah, instalasi yang mudah, dan sangat terkenal. Modem CDMA ialah modem yang memakai frekuensi EVDO REV-A yang setara dengan 3G. Yang terbaru telah ada EVDO REV-B dengan kecepatan jaringan yang lebih tinggi.

Modem Analog

Singkatnya saja, modem analog adalah modem yang dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Modem ADSL

Modem ADSL atau Asymetric Digital Subscribe Line (ADSL) memungkinkan mengakses internet dan menerapkan telepon analog secara beriringan. Modem ADSL dilengkapi dengan splitter yang menghilangkan gangguan ketika pengaplikasian modem. Splitter inilah yang memungkinkan pengguna mengakses internet dan menerapkan telepon dalam waktu yang sama.

Wireless Modem

Wireless modem adalah modem yang melewati sistem telepon dan terhubung langsung ke jaringan nirkabel, di mana ia dapat langsung mengakses konektivitas Internet yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP).

Cara Login ke Modem Cisco DPC2320

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara login ke modem Cisco DPC2320. Caranya sebetulnya masih sangat mudah dan cepat. Berikut ini adalah caranya:

Temukan alamat IP router

Yang pertama kali Anda lakukan adalah menemukan alamat IP router, berikut ini caranya:

  1. Anda dapat menemukan domisili IP untuk router, seandainya memang domisili aslinya 192.168.0.1 melainkan tidak dapat diakses. Umumnya, IP diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.
  2. Lihat komponen belakang router, lazimnya ada penjelasan IP gateway dan user password untuk masuk ke halaman konfigurasi.
  3. Coba pakai perintah ipconfig di command prompt, lalu copy domisili IP pada kolom Default Gateway yang sedang digunakan. Ketik IP dengan angka, bukan penggabungan seperti 192.168.o.1
  4. Periksa juga apakah komputer menggunakan settingan IP dynamic atau tidak lewat Network and Sharing Center

Login router dengan user yang berlaku

  • Setelah menemukan IP router, hal yang kalian tinggal lakukan yakni login ke router supaya menerima hak jalan masuk penuh untuk mengontrol router.
  • Hati-hati dalam memasukkan data login karena router lazimnya akan memblokir pengguna yang memaksa masuk lebih dari 3x atau 5x salah nama pengguna.
  • Kalau tak ada nama pengguna atau password yang dapat diterapkan di atas, coba lakukan hard reset. Melainkan jangan lakukan reset seandainya kamu mendapat router dari ISP karena konfigurasinya akan sirna.

Lakukan konfigurasi pada router

  • Di sini, Anda dapat mengendalikan WLAN, Ethernet hingga blacklist hak jalan masuk pada device mencurigakan yang terhubung ke jaringan router.
  • Anda juga dapat menjalankan reboot lewat router, tanpa harus menekan tombol fisik seandainya memiliki hak akses. Reboot banyak menyelesaikan masalah, khususnya saat internet lambat.
  • Untuk blacklist perangkat, kalian dapat blokir mereka menggunakan MAC-Address filter, agar yang diblok perangkatnya

Periksa koneksi internet

  • Tentunya, kalian wajib untuk lihat apakah indikator LED pada router di komponen internet menyala atau dalam situasi mati, hal ini yang paling umum dilakukan.
  • Periksa apakah ada IP conflict yang terjadi di dalam konfigurasi router, jangan ganti setting-an bawaan dari ISP

Troubleshooting Modem Cisco DPC2320

Seringkali jika saat menggunakan internet, tiba-tiba saja terjadi kesalahan entah itu tidak mau terhubung ke internet atau hal lain. Padahal komputer atau laptop dalam kondisi yang masih benar. Ada kalanya Anda melakukan troubleshooting untuk modem Cisco DPC2320 yang Anda miliki. Berikut ini adalah caranya:

Periksa Kabel Ethernet

Apabila Anda mengunakan kabel RJ45 atau kabel LAN, periksa apakah kabel tersebut memang terhubung dengan bagus. Perhatikan indikator LED yang menyala pada router dan pada port di motherboard komputer kamu.

Meskipun cuma longgar, koneksi antara komputer dengan router dapat putus-putus dan menyebabkan error yang acap kali muncul. Adanya notifikasi limited access juga kadang terselesaikan dengan membetulkan atau mengganti kabel.

Apakah router bekerja normal

  1. Router yang terlalu lama tidak digunakan, lalu tiba-tiba menerima kekuatan arus listrik mungkin tidak ada masalah, tetapi periksa kembali apakah ada error pada LED indikator, apakah ada sebagian lampu yang mesti menyala tetapi tidak? bisa jadi aliran listriknya terputus.
  2. Apabila ya, pastikan Anda menulis domisili IP bukan dalam wujud campuran huruf seperti 192.168.o.1 atau 192.168.0.l di URL atau address bar kau, coba copy http://192.168.0.1 lalu paste ke browser Anda

Reboot / Restart router

Me-restart router mungkin hal pertama yang bisa kau lakukan, tetapi jangan asal reboot saja! Coba tips ini:

  1. Cabut kabel Ethernet dan segala kabel yang terhubung ke router sebelum dinonaktifkan.
  2. Matikan router apabila ada indikasi permasalahan yang akan atau sedang muncul di komputer. Apabila perlu, restart komputer nya juga.
  3. Nyalakan router setelah sebagian menit berlalu, jangan langsung colok kabel ke router di ketika-ketika ini.
  4. Pasang kabel ke komputer terlebih dahulu, lalu pasang ke router. Apabila masih bermasalah, lakukan hard reset.

Untuk Settingan Modem Cisco DPC2320 Lengkap Ada Di Netdata

Apakah Anda masih memerlukan lagi informasi terkait settingan modem Cisco DPC2320? Anda bisa kunjungi langsung situs NETDATA. Ada berbagai settingan modem Cisco DPC2320 yang lengkap yang dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah karena penjelasannya singkat dan juga jelas sehingga sangat mudah untuk Anda pahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup