Cara Renewal Lisensi Aruba Gampang Banget

Renew Aruba License

Cara Renewal Lisensi Aruba – Menggunakan software atau aplikasi dengan menggunakannya secara bijak adalah salah satu hal yang merupakan kewajiban. Salah satunya adalah dengan menggunakan software yang berlisensi atau tanpa melakukan aktivitas pembajakan. Dengan menggunakan software yang berlisensi, pastinya sangat bijak. Salah satu software yaitu Aruba juga menawarkan lisensi untuk setiap sofrtwarenya. Dan cara untuk melakukan renewal lisensi Aruba pun gampang banget!

Lisensi Software

Dalam menggunakan aplikasi memang sangat penting bagaimana dalam membeli lisensi sebuah software. Tentu saja ini sangat penting bagaimana Anda dapat menghargai developer aplikasi tersebut untuk Anda gunakan aplikasinya secara legal. Bukan hanya itu saja, namun ada banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Mungkin masih ada banyak yang berpikiran jika lisensi software ini tidak penting, tapi pada kenyataannya, lisensi sebuah software merupakan hal yang sangat penting bagaimana Anda bisa mendapatkan software dengan jaminan selalu update dan juga dijamin aka naman komputer atau laptop Anda karena software dengan lisensi menjamin keamanan data dan terhindari dari serangan cyber.

Awal Mula Lisensi pada Software

Floating licensing menjadi populer di akhir 1980-an, karena jaringan stasiun kerja teknik mulai digunakan secara luas. Untuk memahami mengapa itu menjadi populer, kita hanya perlu memahami apa yang diganti.

Pada awal 1980-an, metode lisensi perangkat lunak nomor satu adalah “tidak melakukan apa-apa dan berharap yang terbaik.” Selain itu, pada PC, sejumlah teknologi perlindungan salinan sangat populer (saya katakan populer dalam arti bahwa mereka banyak digunakan, bukan karena orang suka menggunakannya.) Pada workstation teknik, perangkat lunak sering “dikunci-simpul”sehingga akan berjalan hanya pada satu komputer, biasanya diidentifikasi dengan nomor seri mesin (atau “host ID”) yang merupakan bagian integral dari workstation.

Cerita lisensi mengambang dimulai di dunia Engineering workstation, di mana lisensi perangkat lunak seringkali berharga lebih dari $ 50.000 masing-masing. (Hari ini jumlah itu bisa lebih dari $1.000.000 per lisensi.) Paket dengan harga lebih tinggi ini adalah yang paling mungkin untuk dikunci node, dan pada saat yang sama, perusahaan tidak mau membeli lisensi untuk setiap workstation desainer, terutama jika hanya beberapa yang akan digunakan pada satu waktu. 

Keuntungan Menggunakan Lisensi

Bertanya tentang bagaimana keuntungan dari lisensi software, tentunya Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari menggunakan software dengan lisensi secara resmi. 

Ada beberapa keuntungan dari perangkat lunak berlisensi, terutama perangkat lunak dilindungi dari penyalahgunaan dengan membuat perjanjian perangkat lunak yang legal. Perangkat lunak lisensi seperti memasang pagar keamanan di sekitar properti penting. Adalah satu hal untuk memberitahu seseorang untuk tidak memasuki properti, itu adalah hal lain untuk memasang pagar dan mencegah masuk. 

Lisensi perangkat lunak mencapai keduanya. Ini adalah perjanjian hukum yang secara hukum melindungi perangkat lunak, dan melembagakan metode aktual untuk membatasi pembajakan perangkat lunak. Keuntungan lain adalah bahwa perusahaan yang membeli perangkat lunak akan sering menerima pelatihan dan dukungan terbaik.

Beberapa keuntungan dari lisensi perangkat lunak termasuk 3P dari lisensi: portabilitas, pembajakan, dan profitabilitas. Portabilitas dan fleksibilitas adalah keuntungan besar dari lisensi perangkat lunak, memungkinkan pelanggan Anda untuk mengakses produk Anda kapan pun atau di mana pun mereka mau. 

Keuntungan lain adalah pembajakan, atau mencegah pembajakan. Dengan lisensi perangkat lunak, Anda dapat mengontrol penggunaan dengan hak membatasi pembajakan. Keuntungan ketiga dari lisensi perangkat lunak adalah profitabilitas. 

Lisensi perangkat lunak memungkinkan Anda dengan cepat membuat titik harga optimal sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan aliran pendapatan baru ke arus kas Anda.

Renewal lisensi Aruba akan dilakukan jika lisensi sebelumnya sudah mendekati atau mungkin sudah kadaluarsa. Bagi beberapa orang ada yang berpikiran jika melakukan renewal lisensi sangatlah ribet, tapi untuk renewal lisensi Aruba caranya gampang banget.

Aruba adalah

Pertama-tama sebelum membahas bagaimana cara renewal lisensi Aruba adalah mengenal apa itu Aruba. Aruba adalah salah satu produsen dalam bidang software dan juga hardware yang fokus kepada berbagai perangkat wireless, switch, sdwan, dan berbagai software security. 

Aruba telah berulang kali diakui oleh analis pihak ketiga sebagai pemimpin dalam Wi-Fi 6, switching, SD-Cabang, dan visioner dalam jaringan Data Center. Perusahaan terbesar di dunia mengandalkan kami untuk menyediakan platform layanan tepi bertenaga AI yang aman yang menjangkau kampus, cabang, pusat data, dan lingkungan kerja jarak jauh.

Aruba merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jaringan komputer khususnya untuk produsen berbagai macam produk jaringan. Berbagai produk ini memang memiliki lisensi secara resmi ketika Anda membeli hardwarenya, otomatis Anda sudah membeli lisensi dari software tersebut.

Jadi, bisa dikatakan hardware dari Aruba sudah sepaket dengan lisensi yang ada. Apa saja sebenarnya produk dari Aruba yang perlu Anda ketahui?

Berbicara tentang produk, Aruba memiliki berbagai macam produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Diantaranya adalah: 

Access Point

Produk pertama dari Aruba adalah access point. Ini dapat digunakan untuk menyediakan konektivitas jaringan di lingkungan kantor, memungkinkan karyawan untuk bekerja di mana saja di kantor dan tetap terhubung ke jaringan. Selain itu, WAP menyediakan Internet nirkabel di tempat-tempat umum, seperti kedai kopi, bandara, dan stasiun kereta api.

Titik akses nirkabel paling sering dipikirkan dalam konteks seri 802 standar nirkabel, umumnya dikenal sebagai Wifi. Meskipun ada standar nirkabel lainnya, sebagian besar istilah hotspot Wifi dan WAP identik.

Fungsi Access Point

Access point merupakan perangkat keras atau node yang dikonfigurasi pada Local Arena Network (LAN) yang memungkinkan perangkat berkemampuan nirkabel dan jaringan kabel terhubung melalui standar nirkabel, termasuk Wifi atau Bluetooth. Fitur WAP pemancar radio dan antena, yang memfasilitasi konektivitas antara perangkat dan Internet atau jaringan.

Penyebar Sinyal Internet

Access point juga dikenal sebagai hotspot. Jadi, access point juga bisa menjadi penyebar sinyal internet.

Penghubung Antar Jaringan

Access point bisa digunakan penghubung antar jaringan. Access point bisa meneruskan paket data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Mengatur IP Address

Access point bisa diguanakan untuk mengatur IP address. Anda dapat membuat penamaan IP 192.168.0.1, maka secara otomatis Anda dapat memfordward IP 192.168.0.xxx pada client.

Sebagai Pengaman

Mengapa ini bisa menjadi pengamanan? Ini karena access point menggunakan fitur keamanan yang biasa disebut dengan key-authentication.

Cara Kerja Access Point

Access point bisa dikatakan dengan simple jika alat ini bekerja dengan menghubungkan langsung ke router broadband atau sakelar jaringan Anda dengan Ethernet atau kabel data. Ini menyediakan AP dengan koneksi internet dan bandwidth yang dibutuhkan. Ini kemudian mentransmisikan dan menerima sinyal nirkabel baik dalam rentang frekuensi 2.4Ghz atau 5Ghz (WIFI). Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan nirkabel ke Jaringan Area Lokal (LAN) dan internet.

Router

Jika berbicara tentang jaringan internet, tentu tak terlepas dari yang namanya router. Dan Aruba juga memiliki router dengan beragam jenis dan juga model yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Router adalah perangkat yang menyediakan Wifi dan biasanya terhubung ke modem.

Fungsi Router

Fungsi router beragam, diantaranya adalah:

Menghubungkan Jaringan

Fungsi yang ni mengirimkan informasi dari internet ke perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, dan tablet. Perangkat yang terhubung ke internet di rumah Anda ini membentuk LAN. Setelah modem membawa informasi dari internet, router mendistribusikan data ini ke perangkat pribadi Anda.

Mentransmisikan Informasi

Router memiliki transmisi informasi antar jaringan, baik itu jaringan yang sama atau juga jaringan yang berbeda, melalui proses pengiriman paket data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Menghubungkan Jaringan ke DSL

Teknologi router saat ini sudah semakin canggih, yaitu karena penggunaannya tidak hanya menggunakan sambungan kabel LAN, tapi juga dengan menggunakan teknologi wireless.

Packet Filtering

Packet filtering routers beroperasi pada lapisan jaringan dan transport dan selain menjalankan fungsi dasar perutean, mereka menggunakan aturan penyaringan untuk memfilter paket. Aturan ini menggunakan alamat IP, opsi IP, port TCP/UDP, dan jenis pesan ICMP dalam membuat keputusan penyaringan.

Peripherals and File Sharing

Fitur sharing file memungkinkan Anda berbagi perangkat penyimpanan USB yang terhubung ke router, (Drive USB atau Drive Hard Disk seluler) ke pengguna berkabel atau nirkabel lainnya di jaringan yang sama.

Apa Bedanya Router dengan Modem

Jika Anda bertanya apa bedanya modem dengan router, tentunya mungkin akan ada perbedaan yang mungkin signifikan. Walaupun memang kerap kali kedua hardware ini disama ratakan, namun faktanya router dan modem berbeda.

Modem adalah kotak yang menghubungkan jaringan rumah Anda ke Internet yang lebih luas. Router adalah kotak yang memungkinkan semua perangkat berkabel dan nirkabel Anda menggunakan koneksi Internet itu sekaligus dan juga memungkinkan mereka untuk berbicara satu sama lain tanpa harus melakukannya melalui Internet.

Cara Kerja Router

Router mengambil paket data dari perangkat dan mengarahkannya ke tempat yang tepat. Router sering menggunakan alamat IP untuk mengetahui di mana mencari informasi. Router memungkinkan komputer Anda untuk mengakses internet atau meminta file dari server. Itu juga memastikan bahwa informasi kembali ke perangkat yang memintanya.

Jenis Router

Router memiliki berbagai macam jenis. Semua ini terbagi-bagi menjadi beberapa kegunaan yang berbeda.

Router Aplikasi

Secara singkat, Router software/aplikasi merupakan sebuah program atau aplikasi yang memungkinkan sebuah PC dengan sistem operasi menjadi sebuah router.

Router Hardware

Selanjutnya adalah router hardware. Router hardware merupakan router berbentuk perangkat keras yang bertugas membagikan alamat IP kepada setiap jaringan internet yang tersambung.

Router PC

Router PC merupakan sebuah PC yang sudah disiapkan untuk dijadikan sebagai Router. PC ini tidak akan digunakan untuk kebutuhan komputer pada umumnya, namun akan difungsikan untuk menjalankan service dalam jaringan.

Static Router

Router static merupakan bentuk routing yang terjadi ketika router menggunakan entri routing yang dikonfigurasi secara manual, daripada informasi dari lalu lintas router dinamis.

Router Dinamis

Jenis router yang satu ini merupakan sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing secara otomatis. Dengan menggunakan lalu lintas jaringan dan juga saling berhubungan antara router lainnya.

Wireless Router

Wireless router juga dikenal sebagai perangkat WLAN (wireless local area network). Jaringan nirkabel yang terbentuk ini disebut jaringan Wi-Fi. Router nirkabel digunakan di rumah. bahwa Internet Service Provider (ISP) menggunakan router untuk terhubung ke xDSL atau kabel Internet jaringan.

SD-WAN

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan Local Area Network (LAN) di jarak jauh. Organisasi besar sering menggunakan WAN untuk menghubungkan berbagai kantor cabang dan lokasi mereka ke jaringan pusat perusahaan.

Namun, apakah SD-WAN sama dengan WAN?

Apa Itu SD-WAN

A software-defined WAN (SD-WAN) adalah arsitektur WAN yang lebih fleksibel yang dapat memanfaatkan berbagai platform perangkat keras dan opsi konektivitas. Perangkat lunak pengontrol bekerja dengan perangkat keras jaringan apa pun.

Mengapa Managed SD-WAN Penting?

Managed SD-WAN adalah tempat penyedia layanan menambahkan nilai ke jaringan dengan fitur tambahannya sendiri. Manfaat menggunakan SD-WAN penyedia sebagai layanan adalah organisasi dapat fokus pada tujuan bisnis daripada mengelola SD-WAN.

Keunggulan Managed SD-WAN

Berbicara tentang managed SD-WAN, banyak keunggulan managed SD-WAN yang bisa Anda dapatkan, diantaranya adalah:

Biaya Konektivitas Lebih Rendah

Salah satu manfaat utama SD-WAN adalah dapat mengurangi biaya WAN karena melengkapi atau menggantikan jaringan WAN pribadi khusus, yang biasanya MPLS, dengan konektivitas broadband reguler.

Performa Lebih Baik untuk Aplikasi Cloud

SD-WAN menggunakan fungsi kontrol terpusat untuk secara aman dan cerdas mengarahkan lalu lintas di seluruh WAN dan langsung ke penyedia SaaS dan IaaS tepercaya. Hal ini meningkatkan kinerja aplikasi dan memberikan pengalaman pengguna berkualitas tinggi, yang meningkatkan produktivitas dan kelincahan bisnis serta mengurangi biaya IT.

Multiple Link Resilience

SD-WAN dapat memungkinkan untuk banyak tautan dari ISP yang berbeda, inilah yang disebut dengan multiple link resilience. Dapat berguna untuk menghilangkan satu titik kegagalan yang dapat membuat jaringan terputus.

Lebih Lincah

Tentunya dengan managed SD-WAN performa akan menjadi lebih lincah daripada yang sebelumnya.

Optimized Use of Resources

SD-WAN dapat menetapkan aplikasi utama secara cerdas ke berbagai tautan, termasuk jalur internal dan koneksi internet sehingga bisa memberikan jaminan Quality of Service (QoS) yang berbeda

Manfaat SD-WAN

SD-WAN menghadirkan pilihan yang fleksibel bagi mereka yang mencari alternatif untuk konfigurasi jaringan MPLS atau hybrid. Itu karena SD-WAN dapat mengelola beberapa jenis koneksi termasuk MPLS dan broadband dan merutekan lalu lintas melalui jalur terbaik secara real-time. 

Virtualisasi jaringan bisnis Anda dapat menghasilkan manfaat tanpa akhir. Mari kita lihat masing-masing di bawah ini:

  • Peningkatan kinerja WAN
  • Enkripsi ujung ke ujung
  • Manajemen Jaringan yang Lebih Baik
  • SD-WAN memungkinkan Akses Cloud
  • Solusi yang lebih efisien untuk jaringan global
  • Lebih sedikit waktu henti untuk bisnis Anda
  • Semua manfaat digabungkan menciptakan dampak positif untuk bisnis

Perbedaan WAN dan SD-WAN

WAN SD-WAN
Itu bergantung pada pendekatan konvensional. Itu bergantung pada pendekatan konvensional.
Itu tidak menawarkan fleksibilitas dalam manajemen WAN. Ini menawarkan fleksibilitas dalam manajemen WAN.
Proses pengerjaan sangat memakan waktu. proses konfig cepat.
Konfigurasi WAN sangat tergantung pada ketersediaan sumber daya yang terampil. Konfigurasi SD-WAN tidak memerlukan campur tangan manusia.
Ternyata menjadi pilihan yang sangat mahal ketika Anda mencari konektivitas berkecepatan tinggi. Ini menjanjikan efektivitas biaya dan konektivitas berkecepatan tinggi.
Ini memperkuat kerumitan sehubungan dengan pengaturan infrastruktur, konfigurasi, dan manajemen. Ini mengurangi kompleksitas untuk sebagian besar, apakah Anda mempertimbangkan pengaturan infrastruktur, konfigurasi, atau manajemen.
Ini berjuang untuk berintegrasi dengan fitur keamanan seperti SWG (Security Web Gateway), WAN Optimization, dan Firewall. Itu juga gagal untuk menawarkan VPN yang aman (Virtual Private Network). Ini terintegrasi dengan lancar dengan fitur keamanan seperti SWG, WAN Optimization, dan Firewall. Ia juga menawarkan VPN yang aman.
Itu diamankan hanya melalui koneksi MPLS (Multi-Protocol Label Switching). Ini melindungi lalu lintas data melalui enkripsi ujung ke ujung.
Ini memberikan kinerja rendah saat terhubung dengan aplikasi berbasis cloud. Hal ini terjadi karena melewati hub perantara. Ini memberikan kinerja tinggi karena terhubung langsung dengan aplikasi berbasis cloud.

Mengenal Network Security

Network security atau keamanan jaringan adalah seperangkat teknologi yang melindungi kegunaan dan integritas infrastruktur perusahaan dengan mencegah masuknya atau proliferasi dalam jaringan dari berbagai potensi ancaman.

Arsitektur network security terdiri dari alat yang melindungi jaringan itu sendiri dan aplikasi yang berjalan di atasnya. Strategi keamanan jaringan yang efektif menggunakan banyak lini pertahanan yang terukur dan otomatis. Setiap lapisan pertahanan memberlakukan serangkaian kebijakan keamanan yang ditentukan oleh administrator.

Konsep Network Security

Multi layered untuk keamanan jaringan menerapkan kontrol di banyak titik dalam jaringan untuk menyediakan kontrol akses dan kontrol ancaman yang komprehensif.

  • Firewall: Firewall membangun penghalang antara area jaringan yang tepercaya dan tidak tepercaya.
  • Load Balancer: Load balancer mendistribusikan beban berdasarkan metrik.
  • IDS/IPS: IDS/IPS klasik digunakan di belakang firewall dan menyediakan analisis protokol dan pencocokan tanda tangan di berbagai bagian paket data.
  • Sandbox: Sandbox mirip dengan IDS/IPS, hanya saja tidak bergantung pada signature.
  • NTA/NDR: NTA/NDR melihat langsung lalu lintas (atau catatan lalu lintas seperti NetFlow) dan menggunakan algoritme pembelajaran mesin dan teknik statistik untuk mengevaluasi anomali dan menentukan apakah ada ancaman.

Lisensi Aruba

Lisensi adalah platform independen dan dapat diinstal pada pengontrol apa pun. Pemasangan lisensi fitur membuka kunci fungsionalitas fitur tersebut untuk kapasitas maksimum pengontrol. 

Banyak lisensi digunakan berdasarkan per-AP, atau per pengguna, dan tidak unik untuk perangkat keras tertentu. Jenis lisensi yang dapat dibagikan ini dapat ditetapkan ke kumpulan lisensi dan digunakan oleh perangkat apa pun dalam grup perangkat terkelola. Lisensi yang tidak dapat dibagikan dibuat menggunakan nomor seri pengontrol, dan hanya dapat digunakan oleh pengontrol individu yang membuatnya dibuat. 

Lisensi yang dapat dibagikan dan tidak dapat dibagikan dipasang menggunakan Mobility Master, yang memungkinkan administrator jaringan dengan akses tingkat akar untuk menambahkan lisensi dari jarak jauh ke kumpulan lisensi atau perangkat yang dikelola di jaringan. Untuk informasi selengkapnya tentang menambahkan lisensi ke perangkat yang dikelola dari jarak jauh.

Cara Renewal Lisensi Aruba

Sistem lisensi Aruba berbasis pengontrol. Kunci lisensi adalah string alfanumerik unik yang dihasilkan menggunakan nomor seri pengontrol dan hanya berlaku untuk pengontrol itu saja. Lisensi dapat diinstal sebelumnya di pabrik sehingga semua fitur berlisensi tersedia pada pengaturan awal. Anda juga dapat menginstal sendiri fitur lisensi.

Mengaktifkan Lisensi Baru di Pengontrol Anda

Langkah-langkah dasar untuk menginstal dan mengaktifkan fitur lisensi baru tercantum di bawah ini, bersama dengan referensi ke bagian dalam dokumen ini dengan informasi lebih rinci.

  1. Dapatkan lisensi perangkat lunak Aruba yang valid dari manajer akun penjualan atau pengecer resmi Anda (lihat Meminta Lisensi Perangkat Lunak di Email).
  2. Temukan nomor seri sistem pengontrol Anda (lihat Menemukan Nomor Seri Sistem).
  3. Gunakan nomor seri sistem Anda untuk mendapatkan kunci lisensi perangkat lunak dari situs web Manajemen Lisensi Perangkat Lunak Aruba: https://licensing.arubanetworks.com/ (lihat Memperoleh Kunci Lisensi Perangkat Lunak).
  4. Masukkan kunci lisensi perangkat lunak menggunakan salah satu prosedur berikut:
  • Navigasikan ke halaman Konfigurasi > Jaringan > Pengontrol > Pengaturan Sistem pada ArubaOS WebUI dan pilih tab Lisensi. Masukkan kunci lisensi perangkat lunak dan klik Terapkan (lihat Menerapkan Kunci Lisensi Perangkat Lunak di WebUI).
  • Luncurkan Wizard Lisensi dari tab Konfigurasi WebUI dan klik Baru. Masukkan kunci lisensi perangkat lunak di tempat yang disediakan (lihat Menerapkan Kunci Lisensi Perangkat Lunak di Wizard Lisensi).
  • Gunakan perintah tambah lisensi di CLI.

Mengaktifkan Lisensi Fleksibel Baru di Pengontrol Anda

  1. Dapatkan lisensi perangkat lunak Aruba yang valid dengan dukungan lisensi fleksibel dari manajer akun penjualan atau pengecer resmi Anda (lihat Meminta Lisensi Perangkat Lunak di Email). Anda akan dapat meminta jumlah lisensi yang disesuaikan saat memesan lisensi Anda.
  2. Sertifikat lisensi tunggal akan diterbitkan, yang berisi informasi berikut:
  • Nomor bagian (misalnya LIC-AP-FLEX)
  • Kuantitas (mis. 450)
  1. Ikuti langkah 2-4 dari Mengaktifkan Lisensi Baru pada Pengontrol Anda untuk menyelesaikan penginstalan.
  2. Batas lisensi baru akan segera berlaku.

Beli Lisensi Aruba

Jika Anda sudah tahu betapa gampangnya melakukan renewal dan mengaktifkan lisensi baru dari Aruba, sekarang adalah saatnya untuk mencari dimana yang jual lisensi Aruba dengan harga yang terjangkau dan juga terpercaya.

NetData bisa menjadi pilihan yang sangat tepat jika Anda ingin beli lisensi Aruba dengan harga yang terjangkau dan juga terpercaya. NetData sendiri merupakan distributor resmi Aruba Indonesia yang sudah terpercaya oleh banyak orang dan juga perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maupun di luar negeri.

Kesimpulan

Ketika Anda sudah tahu semudah apa itu untuk melakukan renewal lisensi Aruba dan juga betapa terjangkaunya lisensi dari Aruba, kini Anda tidak perlu lagi bingung dan ragu untuk mendaftarkan sofrtware atau hardware Aruba. Aruba memang menyediakan cara yang praktis untuk renewal lisensinya dengan produk yang berkualitas kaya akan fitur yang sangat berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup