Alat Pemantau Emisi CEMS

CEMS Emission Monitor

Alat Pemantau Emisi CEMS – Pencemaran udara merupakan salah satu keadaan sulit lingkungan hidup yang ketika ini menjadi perhatian segala dunia mengingat pengaruhnya yang dapat memunculkan gas rumah kaca yang dapat meningkatkan suhu permukaan bumi, gangguan kesehatan bagi manusia serta makhluk hidup lainnya. 

Oleh karena itu pengontrolan pencemaran udara yaitu CEMS (Continuous Emission Monitoring) merupakan salah satu hal yang harus dilaksanakan oleh industri sehingga pencemaran udara dapat terus dikurangi.

Salah satu upaya dalam pembatasan pencemaran ini yaitu dengan memantau kadar zat pencemar yang dibuang melewati cerobong asap dari fasilitas industri. Praktek pemantauan yang sebelumnya di lakukan di Indonesia yaitu dengan mengerjakan pemantauan manual dimana petugas dari lab lingkungan mengerjakan pengambilan sampling gas membuang dari cerobong asap fasilitas industri.

Kemudian, dilakukan analisis di lab untuk mengetahui tingkat zat pencemar antara lain SOx, NOx, CO, CO2, H2S dan lain sebagainya yang ada di dalam gas buang.

Layanan CEMS

Layanan yang bisa diberikan oleh CEMS adalah:

  • Anda melakukan pemantauan lengkap yang dapat mengukur 5 parameter kualitas udara berupa CO, CO2, SO2, NOx, O2 dan partikulat secara terus-menerus.
  • Membantu untuk menjaga lingkungan sekitar dari pencemaran udara.
  • Memanfaatkan IT sebagai sarana untuk menjaga linkungan.

Fitur CEMS

Beberapa fitur CEMS yang dapat Anda dapatkan diantaranya adalah:

  • Penganalisis, yang berfungsi untuk menilai konsentrasi gas dalam aliran
  • Peralatan untuk menasehati sampel aliran gas ke penganalisis, seandainya jaraknya jauh
  • Peralatan untuk mengkondisikan sampel gas dengan menghilangkan air dan komponen lain, karena bisa mengganggu pembacaan
  • Pneumatik pipa dengan katup yang diatur oleh PLC, untuk menasehati gas sampel ke dan dari alat analitik 
  • Sistem kalibrasi dan pemeliharaan, agar injeksi gas kalibrasi ke dalam jalur sampel
  • Sistem akuisisi dan penanganan data (DAHS), untuk mengumpulkan dan menyimpan setiap spot data serta bisa menjalankan perhitungan yang dibutuhkan untuk menerima emisi massa sempurna.

Keunggulan CEMS

Ada beberapa keunggulan CEMS yang bisa didapatkan, diantaranya adalah:

  • Akurat, handal, dan tahan ketika kondisi rugged
  • Tidak membutuhkan shelter atau ruang ber-AC
  • Dapat mengukur CO, SO2, NOx, CO2, H2O, HCL, CH4
  • Dapat digunakan non stop
  • Menggunakan teknik difusi gas
  • Tidak ada penyaring
  • Kalibrasi Online 
  • Perawatan mudah & simple

Dimana Beli CEMS?

Di beberapa daerah, sudah menerapkan Smart City yang juga mencakup tentang bagaimana cara mencegah pencemaran lingkungan. Dan dengan adanya regulasi dari pemerintah itulah yang membuat banyak pabrik yang memiliki sistem pembuangan udara berupa cerobong asap untuk selalu memperhatikan bagaimana polusi udara yang diakibatkan olehnya.

CEMS merupakan software dan juga hardware yang berguna untuk memantau emisi gas poluisi pabrik. Dan jika Anda membutuhkannya, Anda bisa mempercayakannya kepada NetData yang jual CEMS dengan biaya yang terjangkau dan juga instalasi yang akan dilakukan dengan cepat dan juga professional.

Harga CEMS

Demi untuk menjaga lingkukan, CEMS bisa Anda dapatkan dengan jaminan mutu dan kuaitas terbaik dan harga terjangkau. Untuk uji emisi atau mengukur partikel karbon dioksida (CO2), oksigen (O2), dan karbon monoksida (CO) pada cerobong asap industri atau boiler, turbin, furnace, dan incinerator.

Harga yang terjangkau menjadikan alat ini adalah alat yang semua perusahaan harus miliki.

Kesimpulan

Continuous Emission Monitoring System (CEMS) digunakan sebagai alat untuk memantau aliran gas buangan yang dihasilkan dari pembakaran dalam proses industri. CEMS dapat mengukur gas buang untuk oksigen, karbon monoksida, dan karbon dioksida untuk memberikan informasi bagi kontrol pembakaran dalam pengaturan industri.

Dengan manfaat yang banyak untuk menjaga lingkungan, tidak akan ada salahnya untuk instalasi CEMS pada pabrik Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup