Gimana Sih Sejarah Perkembangan Teknologi Radio Sampai Sekarang?

Teknologi Radio

Teknologi Radio merupakan teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk mentransimisikan informasi berupa gambar maupun suara. Teknik teknologi radio ini merupakan modulasi gelombang energi elektromagnetik yang sistematis yang disebarkan melalui udara. Modulasi gelombang radio ini menggunakan frekuensi FM dan maupun amplitudo AM.

Teknologi radio ini pertama kalia ditemukan pada tahun 1880 oleh Heinrich Hertz. Jika Anda melihat teknologi radio sekarang sudah tidak menggunakan analog lagi namun sudah menggunakan teknologi digital yang memanfaatkan internet. Untuk memahami perkembangan teknologi radio hingga saat ini maka kita perlu membahas sejarah awal penggunaan radio.

Sejarah Awal Penggunaan Radio

Pada awalnya cikal bakal perkembangan radio dimulai dari terciptanyae gramofon atau phonograph yakni Thomas Alfa Edison, yang merupakan ilmuan yang paling berpengaruh di tahun 1877.

Maka Helmholtz Hertz dan James Clerk Maxwell mulai melakukan riset fenomena elektromagnetik yang berhasil menemukan gelombang radio setelahnya.

Merekapun mulai menyimpulkan bahwa gelombang radio mampu merambat melalui benda berbentuk bulatan. Di tahun 1887 Heinrich Hertz berhasil menemukan pengiriman dan penerimaean gelombang radio.

Hingga akhir tahun 1901 ilmuan bernama Guglielmo Marconi melakukan penelitian tentang gelombang radio yang kemudian hasilnya dapat mengirim serta menerima gelombang menggunakan alat penerima. 

Ia mengirim sinyal berupa titik dan garis melalui pemancar yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Dengan hasil eksperimen inilah membuatnya disebut sebagai penemu radio.

Sejarah Radio di Masa Perang

Radio juga memegang peranan yang sangat penting ketika terjadinya peperangan. Radio mulai digunakan sebagai alat komunikasi sektor maritim untuk mengirim pesan telegraf dengan menggunakan sandi morse.

Sandi morse yang dikirim berupa titik dan garis yang dikirimkan antara kapal dan darat. Salah satu dari contoh yang paling cocok adalh penggunaan radio oleh angkatan laut Jepang semasa perang dunia ke 2.

Di masa perang dunia ke 2 radio juga digunakan oleh kedua belah pihak yang sedang berperang untuk mengirimkan perintah dari rantai komando tertinggi ke seluruh pasukan di Medan perang.

Selain sebagai alat komunikasi, perkembangan radio juga dapat digunakan untuk pencarian koordinat pesawat dan kapal yang menggunakan radar.

Sejarah Radio AM (Amplitude Modulation)

Radio AM atau Amplitude Modulation adalah jenis radio dengan prinsip modulasi gelombang radio dan audio.

Baik gelombang radio atau audio juga memiliki besaran yang tetap maka dengan proses modulasi maka gelombang radio dapat disesuaikan melalui amplitudo gelombang audio.

Di konsep ini gelombang radio menjadi gelombang pengantar suara yang akan menjadi gelombang pembawa informasi.

Guglielmo Marconi adalah ilmuwan yang pertama kali mengembangkan jenis radio frekuensi AM DI yang mampu mengirimkan sinyal suara jarak jauh hingga 12 mil. Marconi berhasil mengirimkan informasi lewat udara dari Inggris ke Prancis menggunakan osilator Tesla. 

Lalu John Fleming di tahun 1904 mampu membuat tabung audion yang dipakai sebagai alat penerima sinyal informasi dengan gelombang radio.

Kemudian ilmuan Lee deForest juga sudah mengembangkan tabung elektron yang disusun melalui tiga bagian yang disebut dengan triode audion. Namun alat buatan Fleming ini tergolong masih sangat lemat dalam menangkap sinyal.

Kemudian teknllogi ini diteruskan oleh Edwin H Armstrong di tahun 1912 dengan radio amplifier yang dapat memperkuat gelombang radio dan dengan menangkap sinyal radio dari transmisi elektromagnetik serta memberikan sinyal feedback dari tabung.

Dengan proses ini mampu memberikan sinyal yang lebih kuat 20 ribu kali perdetik. Suara yang ditangkap oleh receiver menjadi lebih kuat dengan alat ini. Penemuan Armstrong ini menjadi salah satu perkembangan radio terbesar di dunia.

Sejarah Radio FM (frequency modulation)

Radio FM atau frequency modulation adalah jenis radio yang dapat memodulasi frekuensi gelombang radio.

Gelombang radio ini dimodulasi frekuensinya untuk mengikuti gelombang suara. Bedanya dari AM, FM ini adalah jenis modulasi yang dilakukan, yang mana radio AM memodifikasi amplitudo gelombang sedangkan pada radio FM memodulasi frekuensi gelombang radio.

Dengan kata lain perkembangan radio FM adalah penyempurnaan dari radio AM yang dikembangkan sebelumnya.

Perkembangan Stasiun Radio

Stasiun radio pertama diciptakan oleh Reginald Aubrey Fessenden di Amerika Serikat. Stasiun radionya masih menggunakan frekuensi radio AM. Sebelum mendirikan stasiun radio, teknologi radio hanya digunakan untuk telegram wireless. 

Stasiun radio pertama ini merupakan cara baru menggunakan radio sebagai sarana siaran suara manusia pada tahun 1900. Jangkauan siaran radionya ini cukup luas hingga 50 mil, kemudian setelah ditemukan frekuensi radio FM dikembangkan oleh Armstrong sendiri yang hingga tahun 1960 sudah hampir 2000 stasiun radio di seluruh Amerika Serikat.

Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio

Tadi kita sudah sedikit membahas tentang sejarah teknologi radio. Yang mana radio ini juga erat kaitanya dengan penemu radio pertama yakni Guglielmo Marconi.

Guglielmo Marconi adalah orang yang pertama kali berkontribusi menciptakan radio. Ia lahir di Bologna, Itali 1874. Guglielmo Marconi ia lahir didalam keluarga kaya yang memiliki ayah Giuseppe Marconi serta Ibu Annie Jameson. Ayah Guglielmo adalah orang kaya dengan gelar tuan tanah. Guglielmo sendiri dilatih oleh seorang dosen di Livorno  Institute of Technology dan University of Bologna.

Di usia 20 tahun Guglielmo melakukan eksperimen dalam eksperimen yang dilakukan oleh Heinrich Hertz. Ia melakukan eksperimen dan penelitian terhadap gelombang elektromagnetik yang dapt menggerakan serta membawa pesan via udara. Ia adalah seorang pemilik gelar pengembangan teknologi komunikasi wireless jarak pendek. Penemuannya juga merupakan sejarah penting bagi umat manusia.

1. Masa Muda Guglielmo Marconi

Di usianya yang ke 20 Guglielmo dilatik oleh seorang guru, ia tertarik dengan penelitian dari Heinrich Hertz, penemu gelombang Hertz. Kemudian Guglielmo mengatakan bahwa gelombang elektromagnetic dapat digunakan untuk mengirim sinyal jarak jauh sehingga ia beranggapan bahwa ini akan menjadi pengganti telegram tanpa kabel. 

2. Guglielmo Marconi Menemukan Radio

Di tahun 1895, Guglielmo Marconi berhasil menciptakan penemuannya yakni alat yang dikenal sebagai radio di Inggris.

Guglielmo Marconi kemudian mendemonstrasikan alat yang cerdik yang kemudian dikenal sebagai radio di Inggris tahun 1986. 

Kemudian Guglielmo Marconi kemudian mematenkan penemuannya dengan cara membangun perusahaan serta menghasilkan serangkaian penemuannya. 

Perangkat radio yang ditemukan oleh Guglielmo Marconi pertama kali diluncurkan terhadap tahun 1898. Di masa sebelum , ditemukan teknologi untuk mengemukakan pesan lewat jaringan kabel atau kabel tembaga, layaknya telegram. Berdasarkan teori dan eksperimen Heinrich Hertz, Marconi mengusahakan raih terobosan baru bersama menciptakan alat komunikasi kabel, radio. 

Ini kembali ke ide bahwa gelombang elektromagnetik bisa digunakan untuk mengirim tanda dan pesan  jarak jauh  tanpa memakai kabel.

Dengan cara ini, orang terhadap sementara itu bisa berkomunikasi bersama lebih ringan  bersama orang lain, layaknya mengirim pesan dan informasi ke kapal yang tergeletak di sedang laut. Marconi mesti bekerja keras untuk menciptakan teknologi radio yang dia mengidamkan sepanjang bertahun-tahun. 

Pada tahun 1899, radio Guglielmo Marconi bisa mengirim pesan tanpa melewati Selat Inggris. Guglielmo Marconi konsisten menyempurnakan  radio saat mengerti bahwa penemuannya masih banyak kekurangan.

Dalam biografi Guglielmo Marconi, ia mendapatkan radio terhadap tahun 1900, yang diketahui berhasil mengirim pesan  dari Inggris melintasi Samudra Atlantik ke Newfoundland, Kanada.

Penemuan Radio Guglielmo Marconi-nya membawa faedah besar bagi umat manusia. Jelas bahwa radionya bisa lihat S.S. Republik rusak didalam tabrakan dan tenggelam ke basic laut terhadap tahun 1909.

3. Guglielmo Marconi Memenangkan Hadiah Nobel dalam Bidang Fisika

Tahun 1909 Guglielmo Marconi sempat memenangkan Hadiah Nobel Fisika karena penemuan radio ini. Ia berbagi hadiah nobel dengan fisikawan Jerman Karl F. Brown yang paling dikenal sebagai penemu tabung katoda.

Namun begitu banyak yang meragukan gelar Bapak Radio yang diberikan kepada Guglielmo Marconi.

Karenae di tahun 1895, seseorang fisikawan Rusia bernama Alexander Popov yang berhasil menyiarkan radio antar gedung. Kemudian Di India, pria bernama Jagadish Chandra Bose menggunakan gelombang radio yang dapat membunyikan bel, menyebabkan ledakan.

Kemudian di tahun 1901, ada ilmuwan listrik bernama Nikola Tesla yang menyatakan bahwa ia menemukan telegrafi wireless di tahun 1893. Karena itulah Mahkamah Agung AS mencabut emapt paten radio yang diajukan oleh Marconi karena sudah terlebih dahulu dikembangkan oleh Nikola Tesla.

Tetapi Radio Marconi sempat menyelamatkan nyawa ratusan orang. Berkat radio marconi perusahaan pelayaran menyadari bahwa penggunaan telegrafi wireless untuk komunikasi penumpang, pesan navigasi, serta sinyal darurat.

Adapun proses pengadilan terhadap patennya atas penemuan radio yang diselesaikan ketika marconi memutuskan untuk mendapatkan hak patennya. Namun ia juga melakukan penelitian penting di bidang komunikasi gelombang pendek serta gelombang mikro. Guglielmo Marconia hingga saat ini terkenal sebagai penemu radio pertama di dunia.

4. Guglielmo Marconi Meninggal Dunia

Selama 20 tahun ia berkarir, ketenarannya dalam teknologi radio ini marconi semakin meningkatkan penemuannya. Eksperimen dengan transmisi gelombang pendek, dan menguji jangkauan transmisi radio di atas sebuah kapal pesiar Elettra. Lalu marconi kembali ke Italia dan menjadi pengikut diktator Benito Mussolini.

Di tahun 1935, ia masih sempat melakukan perjalanan dari Brasil ke Eropa. Lalu dua tahun kemudian Guglielmo Marconi meninggal dunia karena serangan jantung di Roma, Italia, di tahun 20 Juli 1937.

Untuk menghormatinya, pemerintah Amerika Serikat, Inggris, dan Italia mengheningkan cipta selama satu menit. Karena penemuan radionya lah dapat membantu kepentingan orang banyak dan dikembangkan hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup