Cara Buat Akun Gmail Bisnis untuk Perusahaan

Gmail Bisnis

Gmail Bisnis – Identitas sebuah bisnis dapat diperkenalkan dengan memberikan nomor telepon ataupun menyerahkan email bisnis. Adapun beberapa platform email yang memberikan fasilitas pembuatan bisnis email seperti gmail yang bisnis. Bagaimana cara buat akun gmail bisnis? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Mengenal Gmail

Dilansir dari website wikipedia.org sejarah Gmail diawali sejak tahun 2004. Gmail dibuat untuk memberikan layanan webmail gratis tanpa menggunakan iklan dengan dukungan email dari Google.

Seiring berjalannya waktu telah terintegrasi dengan banyak layanan Google lainnya seperti Google+, Kalender Google, Google Drive, Google Hangouts, YouTube, dan Google Buzz.

Apa itu Gmail?

Sebelum membahas cara buat akun, alangkah baiknya adalah proyek yang dimulai oleh pengembang Google, Paul Buchheit, yang merancangnya secara web pada tahun 1990, sebelum peluncuran Hotmail, saat mengerjakan proyek pengembangan software pada saat menjadi mahasiswa.

Paul memulai rancangan Gmail pertamannya pada agustus 2001. Pada saat bergabung Google group ia merancang Gmail dalam satu hari yang dinamakan proyek kode Caribou. Singkat cerita Di tahun 2004 Gmail pertama kali di luncurkan secara publik.

Cara Daftar Gmail

Cara buat akun gmail untuk bisnis mungkin tidak terlalu berbeda dengan cara membuat akun Gmail pribadi, letak perbedaannya adalah website tempat pembuatan akun Gmail dan juga beberapa persyaratan yang perlu di penuhi untuk membuat akun gmail yang bisnis tersebut.

Sebelum membahas cara buat akun bisnis dan akun individu kita harus mengetahui apa definisi Gmail individu dan bisnis terlebih dahulu sebagai berikut.

Akun Gmail Pribadi

Akun Gmail pribadi adalah akun email yang dipergunakan untuk kebutuhan pribadi. Kegunaan penggunaan akun Gmail antara lain memberikan layanan akses ke semua produk dan layanan dari Google seperti Gmail, Blogger, Hangouts, dan Aktivitas Google Saya.

Gmail juga menyediakan layanan recovery email jika terjadi kata sandi yang lupa dengan alamat email web apapun seperti @yahoo.com, @hotmail.com, dll.

Mendaftarkan ke Gmail akan secara otomatis membuat nama email dengan akhiran “@gmail.com”.

Akun Gmail Bisnis

Akun bisnis  diperuntukan untuk Anda yang ingin membuat portal surat elektronik untuk kelas bisnis atau perusahaan.

Email perusahaan atau bisnis digunakan dengan nama ID email perusahaan misalnya misalnya untuk Netdata bisa jadi @netdata.com.

Kegunaan bisnis email bisa di integrasikan dengan Gmail, Kalender, Dokumen, Sites, Grup, dan Video.

Cara Buat Akun Gmail Bisnis

Ikuti langkah-langkah cara buat akun gmail bisnis berikut ini :

  1. Buka browser pada komputer atau smartphone Anda dan ketik alamat website berikut ini gsuite.google.com.
  2. Di halaman ini Anda diminta untuk melakukan proses pendaftaran.
  3. Pendaftaran akun ini Anda diminta untuk memberikan nama perusahaan, jumlah staff, dan negara asal Anda.
  4. Klik selanjutnya kemudian Anda diminta untuk memasukkan kontak bisnis yang ada.
  5. Masukan nama depan dan belakang kemudian alamat email yang sudah dimiliki sebelumnya untuk memudahkan admin G Suit dalam proses pembuatan akun.
  6. Selanjutnya Anda diminta untuk memberikan informasi tentang domain website bisnis Anda.
  7. Alamat domain website bisnis Anda diperlukan untuk menyelesaikan proses pembuatan Gmail untuk bisnis.
  8. Anda dapat membeli ataupun menggunakan domain gratis .page.
  9. Anda bisa membuat domain atau menggunakan domain gratis yang berlaku selama satu tahun dari Gmail. Khusus untuk domain gratis, setelah satu tahun berselang maka tersedia juga harga domain yang Anda gunakan.
  10. Jika sudah membuat domain maka proses akan dilanjutkan pembuatan alamat email yang profesional untuk mengakses Gmail, Dokumen, Drive, Kalender, dan lain sebagainya.
  11. Domain ini sudah menggunakan protokol yang aman yakni dilengkapi dengan proteksi HTTPS dan sertifikat SSL jika Anda ingin membuat situs.
  12. Penambahan domain nantinya bisa Anda lakukan.
  13. Untuk Gmail biisnis selanjutnya Anda bisa mengisi informasi bisnis Anda seperti alamat, baris alamat dua, kota, provinsi, kodepos, dan nomor telepon bisnis.
  14. Jika sudah selesai maka anda akan diantar ke halaman G Suite dan membuat alamat email bisnis. Masukkan nama pengguna dan sandi.
  15. Centang Saya Bukan Robot dan selesai.

Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi

Dari cara buat akun diatas dapat ditemukan perbedaan utama dari akun bisnis dengan akun Gmail pribadi adalah jenis akun dan beberapa fitur yang disediakan Google.

Untuk Gmail pribadi maka akan Anda kelola secara mandiri, sedangkan bisnis membantu pengguna dalam menggunakan layanan Google dalam satu platform saja.

Untuk bisnis yang berbeda dapat dijalankan dengan layanan Google karena email nya sudah sangat aman.

Akun email perusahaan dikelola dan dibayar oleh perusahaan. Akun Gmail individu hanya digunakan sebagai pengirim pesan dan pemberitahuan saja.

Untuk akun yang bisnis dapat memberikan pemberitahuan kepada semua jenis bisnis atau pengguna terkait. Sedangkan bisnis yang lebih besar, lebih disukai oleh pengguna reguler akun Gmail individu lebih diminati.

Buat Akun Gmail Bisnis Gratis

Itulah cara buat akun gmail yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah akun Gmail profesional yang profesional dengan harga yang cukup murah walaupun berbayar.

Pada awal pembuatan akun yang bisnis Anda akan diberikan masa uji coba pemakaian gratis selama 14 hari.

Jika dilihat dari banyakya perusahaan saat ini kebanyakan memang menggunakan akun yang bisnis dengan G Suite sebagai akun email bisnis mereka karena banyaknya fitur yang ditawarkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup