Cara Buat Akun Gmail Bisnis untuk Perusahaan

Gmail Bisnis

Gmail Bisnis – Identitas sebuah bisnis dapat diperkenalkan dengan memberikan nomor telepon ataupun menyerahkan email bisnis. Adapun beberapa platform email yang memberikan fasilitas pembuatan bisnis email seperti gmail yang bisnis. Bagaimana cara buat akun gmail bisnis? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Mengenal Apa Itu Email

Mengirim pesan secara formal atau non formal memang sekarang ini sudah banyak yang menggunakannya, apalagi kalau bukan dengan menggunakan email. Bahkan, jika dipikir lagi, jika dihitung secara rata-rata maka hampir semua orang memiliki apa yang namanya email. Terlepas itu digunakan untuk apa entah itu digunakan untuk bisnis atau hanya untuk mendaftar media sosial saja.

Namun, sebenarnya apa itu email? Metode pertukaran pesan secara instan dari satu sistem ke sistem lain dengan bantuan internet disebut Email. Awalnya, penggunaan Email terbatas pada pengguna komputer yang sama, dan meminta pengguna untuk online untuk menerima pesan. Waktu berubah, dan sekarang kita tahu bagaimana tampilan kotak surat.

Sejarah Penggunaan Email

Email bermula tercipta dari seorang bernama Ray Tomlinson. Ia disebut sebagai bapak sistem email, dan dia mengirim komunikasi antara dua sistem komputer untuk ARPANET pada tahun 1970-an. 

Email disebut demikian karena merupakan surat elektronik yang dikirim ke seseorang atau ke suatu sistem, dan tidak seperti surat biasa, surat fisik atau kertas tidak diperlukan untuk hal yang sama. Alih-alih layanan pos dan alamat, alamat email dan koneksi internet diperlukan.

Apasih Email / Surat Elektronik Itu?

Email atau surat elektrok ini adalah metode untuk mengirim pesan dari satu komputer ke komputer lain melalui internet. Ini banyak digunakan dalam bisnis, pendidikan, komunikasi teknis, interaksi dokumen.

Layanan email digunakan di berbagai sektor, organisasi, baik secara pribadi, atau di antara sekelompok besar orang. Ini menyediakan cara mudah untuk berkomunikasi dengan individu atau kelompok dengan mengirim dan menerima dokumen, gambar, tautan, dan file lainnya. Ini juga memberikan fleksibilitas untuk berkomunikasi dengan orang lain sesuai jadwal mereka sendiri.

Jenis-jenis Email

Email memiliki berbagai jenis. Jenis-jenis email ini digunakan dengan cara yang berbeda. Dengan jenis yang berbeda namun inti dari penjelasannya adalah sama. Mungkin beberapa dari jenis email ini sudah pernah Anda gunakan atau Anda pernah menggunakannya namun Anda tidak sadar.

POP Email

POP bekerja dengan menghubungi layanan email Anda dan mengunduh semua pesan baru Anda darinya. Setelah diunduh ke PC atau Mac Anda, mereka akan dihapus dari layanan email. Artinya setelah email didownload, hanya bisa diakses menggunakan komputer yang sama. Jika Anda mencoba mengakses email dari perangkat lain, pesan yang telah diunduh sebelumnya tidak akan tersedia untuk Anda.

Email terkirim disimpan secara lokal di PC atau Mac Anda, bukan di server email.

Web Email

Webmail atau web email adalah akun email berbasis web. Ini biasanya akun email gratis yang dioperasikan dari situs web. Contohnya termasuk Hotmail, GMail dan Yahoo Mail.

Web email memungkinkan pengguna untuk mengakses email mereka selama mereka memiliki akses ke koneksi Internet dan browser web. Ini juga berarti bahwa pengguna tidak dapat membaca email lama atau menyusun email baru secara offline.

Forward Email

Forward email adalah layanan yang kami tawarkan gratis dengan nama domain ke semua pelanggan 123 Reg. Artinya, email yang dikirim ke satu alamat dapat diteruskan ke alamat lain tanpa disimpan di server email.

Ini bisa sangat berguna jika Anda memiliki alamat email yang panjang atau biasa-biasa saja, karena Anda dapat mengatur alamat forwarding yang lebih mudah diingat seperti namaanda@domainanda.co.uk. Dari sana, semua email yang dikirim ke alamat ini akan dialihkan ke alamat asli Anda.

Fungsi dari Email

Email memiliki berbagai fungsi. Secara diatas kertas, mungkin Anda berpikiran jika email itu hanya berfungsi untuk mengirimkan dokumen atau bercakap dengan orang lain saja. Namun sebenarnya ada lebih banyak lagi fungsi dari email yang perlu Anda ketahui.

Mengirim Pesan, File, dan yang Lainnya

Fungsi email yang paling utama adalah untuk bisa mengirimkan pesan, file, dan yang lainnya. Namun, perlu Anda ingat jika kapasitas untuk mengirimkan email adalah maksimal 25 MB sampai 30 MB dalam berbagai layanan email seperti Yahoo dan Gmail.

Namun, semua itu bisa diakal dengan cara mengupload file yang lebih besar dari 30 MB dengan menguploadnya di Google Drive seperti Gmail yang memanfaatkan Google Drive jika Anda ingin mengirimkan file dengan size yang besar.

Mengonfirmasi Identitas

Apakah Anda pernah masuk ke sosial media namun harus menggunakan email? Karena email ini nantinya bisa berfungsi untuk mengonfirmasi identitas. Karena pasti Anda pernah masuk ke sosial media dengna akun Anda dan harus mengkonfirmasi di email Anda. 

Alat Untuk Mendaftarkan Diri di Berbagai Platform

Selanjutnya adalah email berfungsi untuk mendaftarkan diri di berbagai platform. Masih menyinggung fungsi diatas tadi, email memang sangat berguna ketika Anda mendaftarkan diri di berbagai platform. Platform apapun itu termasuk sosial media, ecommerce, bahkan akun game sekalipun.

Sebagai Media Promosi Buat Pebisnis

Fungsi email yang satu ini bisa juga Anda gunakan untuk pemasaran online. Kebanyakan pebisnis online mengerjakan pemasaran lewat email untuk meningkatkan penjualnnya.

Pemasaran yang dilakukan lewat email ini adalah salah satu pemasaran online yang paling tua. Tetapi hingga kini email marketing masih termasuk ke dalam macam pemasaran online yang benar-benar tepat sasaran.

Menyimpan Kontak yang Ada di HP

Apakah Anda tahu jika sekarang ini Anda bisa melakukan back up kontak yang ada di HP Anda dengan menggunakan email? Salah satu layanan yang menyediakan ini adalah Google Email atau Gmail.

Anda bisa menyimpan nama, alamat e-mail, nomor telepon, dan lain-lain di Google Kontak.

Kontak yang disimpan ke Akun Google Anda akan disinkronkan dengan Google Kontak dan segala perangkat Android Anda.

Manfaat Menggunakan Email

Beberapa manfat email bisa Anda dapatkan di bawah ini:

  • Keuntungan utama yang bisa Anda pikirkan tentang email adalah tidak menggunakan kertas. Dokumen instruksi dan pembaruan status dapat dikirim melalui surat daripada mengetiknya di kertas dan mendistribusikannya. Hal ini membuat pekerjaan mudah dengan lebih sedikit kekacauan dan ramah lingkungan.
  • Ketika ada riwayat email yang akan dirujuk untuk dokumen tertentu. Peringatan dapat diatur untuk email, dan dapat dijadwalkan untuk mengirim email tepat waktu sehingga penerima menerima email pada waktu yang ditentukan.
  • Foto atau dokumen apa pun dapat dibagikan dengan mudah ke berbagai orang melalui satu surat, dan itu diterima lebih cepat oleh mereka. Juga, sebagai penyimpanan cloud, ini dapat disimpan secara permanen di kotak surat. Detail apa pun, termasuk waktu dan daftar penerima yang menerima pesan, dapat disimpan dan diurutkan jika diperlukan menggunakan email.
  • Pengguna dapat mengatur balasan otomatis untuk email yang mereka terima, dan ini membantu menghemat waktu.

Istilah yang Sering Muncul Didalam Email

Ketika Anda menggunakan email, terdapat berbagai istilah yang sudah pasti Anda akan menemukannya.

Email Inbox

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan tempat di mana pesan email diterima di klien email atau akun email online. Kotak Masuk adalah lokasi default untuk semua email masuk, kecuali jika aturan diatur untuk meneruskan pesan ke alamat email, folder, atau program lain.

Email Spam

Email spam, juga dikenal sebagai email sampah, mengacu pada pesan email yang tidak diminta, biasanya dikirim secara massal ke daftar besar penerima. Spam dapat dikirim oleh manusia nyata, tetapi lebih sering dikirim oleh botnet, yaitu jaringan komputer (bot atau spambot) yang terinfeksi malware dan dikendalikan oleh satu pihak penyerang (bot herder). 

Selain melalui email, spam juga dapat disebarkan melalui pesan teks atau media sosial.

Email Draft

Secara sederhana, e-mail draft adalah e-mail yang belum Anda kirim. Mereka disimpan di bagian konsep email dan dapat diambil kapan pun Anda mau. Mereka tetap di folder itu selamanya.

Penting untuk dipahami bahwa konsep email tidak sama dengan email di kotak keluar.

Mengenal Gmail

Dilansir dari website wikipedia.org sejarah Gmail diawali sejak tahun 2004. Gmail dibuat untuk memberikan layanan webmail gratis tanpa menggunakan iklan dengan dukungan email dari Google.

Seiring berjalannya waktu telah terintegrasi dengan banyak layanan Google lainnya seperti Google+, Kalender Google, Google Drive, Google Hangouts, YouTube, dan Google Buzz.

Apa itu Gmail?

Sebelum membahas cara buat akun, alangkah baiknya adalah proyek yang dimulai oleh pengembang Google, Paul Buchheit, yang merancangnya secara web pada tahun 1990, sebelum peluncuran Hotmail, saat mengerjakan proyek pengembangan software pada saat menjadi mahasiswa.

Paul memulai rancangan Gmail pertamannya pada agustus 2001. Pada saat bergabung Google group ia merancang Gmail dalam satu hari yang dinamakan proyek kode Caribou. Singkat cerita Di tahun 2004 Gmail pertama kali di luncurkan secara publik.

Cara Membuat Email

Membuat email adalah perkara yang sangat mudah. Yang perlu Anda pikirkan adalah data diri Anda dan Anda ingin membuat email dengan domain apa dan Anda ingin membuatnya dimana. Memang email merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. 

Simak penjelasan dibawah ini untuk membuat email baru Anda.

Cara Membuat Email Dengan Mudah

Sekarang ini, terdapat dua perusahaan yang menyediakan pembuatan email baru yang sangat terkenal, apalagi kalau bukan Google dan juga Yahoo. Masing-masing memiliki kelebihan masing-masing entah itu dari segi interface atau dari segi fitur.

Cara Daftar Gmail

Cara buat akun gmail untuk bisnis mungkin tidak terlalu berbeda dengan cara membuat akun Gmail pribadi, letak perbedaannya adalah website tempat pembuatan akun Gmail dan juga beberapa persyaratan yang perlu di penuhi untuk membuat akun gmail yang bisnis tersebut.

Sebelum membahas cara buat akun bisnis dan akun individu kita harus mengetahui apa definisi Gmail individu dan bisnis terlebih dahulu sebagai berikut.

Cara Buat Akun Gmail HP

  1. Buka Pengaturan perangkat Anda.
  2. Pilih Akun. Di iOS, pengaturan ini ada di dalam opsi Mail.
  3. Ketuk Tambah akun.
  4. Pilih Google.
  5. Pilih Buat akun.
  6. Ikuti petunjuk di layar dengan memasukkan informasi pribadi Anda, memilih nama pengguna, dll.
  7. Ketuk tombol Saya Setuju untuk membuat akun Google Anda.

Cara Buat Akun Gmail di Komputer

  1. Buka halaman Accounts.google.com Daftar.
  2. Masukkan nama, nama pengguna, dan kata sandi Anda.
  3. Pilih Berikutnya.
  4. Masukkan nomor telepon, email pemulihan, tanggal lahir, dan jenis kelamin Anda.
  5. Pilih Berikutnya
  6. Jika Anda memasukkan nomor telepon, Anda dapat memverifikasinya sekarang.
  7. Ikuti instruksi.
  8. Selesai!

Akun Gmail Lupa Sandi

Ketika Anda lupa sandi, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan jika akun Gmail lupa sandi:

  1. Buka Akun Google Anda. Anda mungkin perlu masuk.
  2. Di bawah “Keamanan”, pilih Masuk ke Google.
  3. Memilih sandi. Anda mungkin perlu masuk lagi.
  4. Masukkan kata sandi baru Anda, lalu pilih Ubah Kata Sandi.

Namun, jika Anda ingin melakukan reset password, berikut ini adalah caranya:

  1. Ikuti langkah-langkah untuk memulihkan akun Anda. Anda akan ditanya beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah akun Anda dan email akan dikirimkan kepada Anda. Jika Anda tidak mendapatkan email:
    • Periksa folder Spam Email Anda.
    • Tambahkan noreply@google.com ke buku alamat Anda.
    • Untuk meminta email lain, ikuti langkah-langkah untuk memulihkan akun Anda .
    • Periksa semua alamat email yang mungkin Anda gunakan untuk mendaftar atau masuk ke akun Anda.
  2. Pilih kata sandi yang belum Anda gunakan dengan akun ini. Pelajari cara membuat kata sandi yang kuat.

Akun Yahoo

Yahoo! Mail adalah layanan email yang pertama kali booming daripada Google Mail dan dibuat oleh perusahaan Amerika Yahoo, Inc. Ini menawarkan empat paket email yang berbeda: tiga untuk penggunaan pribadi dan satu lagi untuk bisnis.

Cara Buat Akun Yahoo di HP

  1. Sentuh bilah alamat browser web Anda, ketik mail.yahoo.com dan sentuh tombol Go untuk membuka situs web Yahoo.
  2. Sentuh Yahoo untuk teks seluler.
  3. Anda akan melihat halaman masuk Yahoo. Sentuh untuk Mendaftar untuk teks akun baru untuk membuat akun email Yahoo baru dari ponsel Anda.
  4. Halaman pendaftaran Yahoo akan terbuka dengan beberapa kotak. Isi semua kotak dengan informasi pribadi Anda untuk membuat akun email Yahoo baru menggunakan ponsel Anda.
    • Sentuh kotak Nama depan dan ketik nama depan kami.
    • Sentuh kotak Nama belakang ketik Nama belakang Anda.
    • Sentuh kotak nama pengguna Yahoo lalu Anda melihat saran, sentuh saran untuk memilih nama pengguna ini dari akun email Yahoo atau Anda dapat mengetik sendiri nama pengguna unik untuk akun Yahoo.
  5. Halaman baru akan terbuka dengan nomor ponsel Anda. Sentuh tombol Kirim SMS untuk mendapatkan kode verifikasi seluler Yahoo.
  6. Masukkan kode verifikasi tersebut dan pendaftaran akun Yahoo Anda telah berhasil.

Cara Buat Akun Yahoo di Komputer

  1. Kunjungi halaman Daftar Yahoo.
  2. Isi formulir dengan nama depan dan belakang Anda, nama pengguna yang ingin Anda gunakan untuk alamat email Yahoo Anda yang baru, kata sandi, nomor telepon Anda, tanggal lahir, dan secara opsional jenis kelamin Anda.
  3. Klik Lanjutkan.
  4. Pilih Kirimi Kunci Akun atau Hubungi saya dengan kode verifikasi untuk mengonfirmasi bahwa Anda pemilik telepon yang terkait dengan nomor telepon itu.
  5. Masukkan kunci untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki akses ke telepon itu, lalu pilih Verifikasi.
  6. Pilih Lanjutkan.
  7. Anda akan diarahkan ke halaman utama Yahoo. Untuk mengakses Yahoo Mail, pilih Mail (terletak di sudut kanan atas halaman), atau buka mail.yahoo.com.

Penyedia Layanan Email Selain Gmail

Selain Yahoo dan juga Gmail, masih ada penyedia layanan email lain yang mungkin masih baru bagi Anda namun ini bisa menjadi rekomendasi ketika Anda membutuhkan email untuk kebutuhan bisnis atau hal yang lain. Tentunya semua ini memiliki keunggulannya sendiri-sendiri.

Seperti sekarang ini yang sudah sangat terkenal adalah Microsoft Outlook dan juga iCloud Mail.

Microsoft Outlook

Outlook memungkinkan Anda mengirim dan menerima pesan email, mengelola kalender, menyimpan nama dan nomor kontak, serta melacak tugas Anda. Namun, meskipun Anda menggunakan Outlook setiap hari, Anda mungkin tidak mengetahui beberapa hal keren yang dapat dilakukan untuk membantu Anda menjadi lebih produktif.

iCloud Mail

Memiliki email iCloud menghubungkan semua file Anda dengan kotak masuk Anda, memungkinkan Anda mengirimnya dengan cepat dan mudah di mana pun Anda berada dari Mac, iPhone, atau iPad Anda. Aplikasi Mail Mac Anda akan secara otomatis mengunduh dari iCloud saat Anda mendaftarkan komputer Anda, dan hal yang sama berlaku untuk iPhone atau iPad Anda.

Cara Menghapus Email

Perlu Anda ketahui, sebelum Anda menghapus email Anda dan spesifiknya untuk yang akan dibahasnya saat ini adalah Google Mail memiliki beberapa resiko, antara lain:

  • Anda akan kehilangan semua data dan konten di akun tersebut, seperti email, file, kalender, dan foto.
  • Anda tidak akan dapat menggunakan layanan Google tempat Anda masuk dengan akun tersebut, seperti Gmail, Drive, Kalender, atau Play.
  • Anda akan kehilangan akses ke langganan dan konten yang dibeli dengan akun tersebut di YouTube atau Google Play, seperti aplikasi, film, game, musik, dan acara TV.

Untuk menghapus email Google caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka bagian Data & Privasi di Akun Google Anda.
  2. Gulir ke “Opsi data & privasi Anda”.
  3. Pilih Opsi lainnya lalu Hapus Akun Google Anda.
  4. Ikuti petunjuk untuk menghapus akun Anda.

Akun Gmail Pribadi

Akun Gmail pribadi adalah akun email yang dipergunakan untuk kebutuhan pribadi. Kegunaan penggunaan akun Gmail antara lain memberikan layanan akses ke semua produk dan layanan dari Google seperti Gmail, Blogger, Hangouts, dan Aktivitas Google Saya.

Gmail juga menyediakan layanan recovery email jika terjadi kata sandi yang lupa dengan alamat email web apapun seperti @yahoo.com, @hotmail.com, dll.

Mendaftarkan ke Gmail akan secara otomatis membuat nama email dengan akhiran “@gmail.com”.

Akun Gmail Bisnis

Akun bisnis  diperuntukan untuk Anda yang ingin membuat portal surat elektronik untuk kelas bisnis atau perusahaan.

Email perusahaan atau bisnis digunakan dengan nama ID email perusahaan misalnya misalnya untuk Netdata bisa jadi @netdata.com.

Kegunaan bisnis email bisa di integrasikan dengan Gmail, Kalender, Dokumen, Sites, Grup, dan Video.

Cara Buat Akun Gmail Bisnis

Ikuti langkah-langkah cara buat akun gmail bisnis berikut ini :

  1. Buka browser pada komputer atau smartphone Anda dan ketik alamat website berikut ini gsuite.google.com.
  2. Di halaman ini Anda diminta untuk melakukan proses pendaftaran.
  3. Pendaftaran akun ini Anda diminta untuk memberikan nama perusahaan, jumlah staff, dan negara asal Anda.
    • Klik selanjutnya kemudian Anda diminta untuk memasukkan kontak bisnis yang ada.
    • Masukan nama depan dan belakang kemudian alamat email yang sudah dimiliki sebelumnya untuk memudahkan admin G Suit dalam proses pembuatan akun.
  4. Selanjutnya Anda diminta untuk memberikan informasi tentang domain website bisnis Anda.
  5. Alamat domain website bisnis Anda diperlukan untuk menyelesaikan proses pembuatan Gmail untuk bisnis.
  6. Anda dapat membeli ataupun menggunakan domain gratis .page.
  7. Anda bisa membuat domain atau menggunakan domain gratis yang berlaku selama satu tahun dari Gmail. Khusus untuk domain gratis, setelah satu tahun berselang maka tersedia juga harga domain yang Anda gunakan.
  8. Jika sudah membuat domain maka proses akan dilanjutkan pembuatan alamat email yang profesional untuk mengakses Gmail, Dokumen, Drive, Kalender, dan lain sebagainya.
  9. Domain ini sudah menggunakan protokol yang aman yakni dilengkapi dengan proteksi HTTPS dan sertifikat SSL jika Anda ingin membuat situs.
  10. Penambahan domain nantinya bisa Anda lakukan.
  11. Untuk Gmail biisnis selanjutnya Anda bisa mengisi informasi bisnis Anda seperti alamat, baris alamat dua, kota, provinsi, kodepos, dan nomor telepon bisnis.
  12. Jika sudah selesai maka anda akan diantar ke halaman G Suite dan membuat alamat email bisnis. Masukkan nama pengguna dan sandi.
  13. Centang Saya Bukan Robot dan selesai.

Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi

Dari cara buat akun diatas dapat ditemukan perbedaan utama dari akun bisnis dengan akun Gmail pribadi adalah jenis akun dan beberapa fitur yang disediakan Google.

Untuk Gmail pribadi maka akan Anda kelola secara mandiri, sedangkan bisnis membantu pengguna dalam menggunakan layanan Google dalam satu platform saja.

Untuk bisnis yang berbeda dapat dijalankan dengan layanan Google karena email nya sudah sangat aman.

Akun email perusahaan dikelola dan dibayar oleh perusahaan. Akun Gmail individu hanya digunakan sebagai pengirim pesan dan pemberitahuan saja.

Untuk akun yang bisnis dapat memberikan pemberitahuan kepada semua jenis bisnis atau pengguna terkait. Sedangkan bisnis yang lebih besar, lebih disukai oleh pengguna reguler akun Gmail individu lebih diminati.

Buat Akun Gmail Bisnis Gratis

Itulah cara buat akun gmail yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah akun Gmail profesional yang profesional dengan harga yang cukup murah walaupun berbayar.

Pada awal pembuatan akun yang bisnis Anda akan diberikan masa uji coba pemakaian gratis selama 14 hari.

Jika dilihat dari banyakya perusahaan saat ini kebanyakan memang menggunakan akun yang bisnis dengan G Suite sebagai akun email bisnis mereka karena banyaknya fitur yang ditawarkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup