7 Perintah Dasar Konfigurasi Fortinet Fortigate Firewall

Fortigate Firewall

Fortigate Firewall – Keamanan jaringan adalah hal yang sangat penting dan tidak akan bisa Anda biarkan saja jaringan yang merupakan asset Anda dimasuki oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Mungkin itu adalah salah satu keuntungan dari yang dimaksud dengan Firewall. Tapi, mungkin apakah Anda tahu jika ada salah satu vendor yang merupakan penyedia Firewall terbaik dan juga bisa diandalkan?

Ya, inilah Fortinet Fortigate yang merupakan salah satu penyedia Firewall terbaik yang sangat bisa Anda andalkan.

Firewall dari Fortigate adalah perangkat keamanan, hardware dan software yang dapat membantu melindungi jaringan Anda dengan memfilter lalu lintas dan memblokir orang luar agar tidak mendapatkan akses tidak sah ke data pribadi di komputer Anda.

Firewall tidak hanya memblokir lalu lintas yang tidak diinginkan, tetapi juga dapat membantu memblokir software berbahaya agar tidak menginfeksi komputer Anda.

Fortinet Fortigate Firewall

FortiGate menggunakan prosesor keamanan yang dibuat khusus dan layanan keamanan intelijen ancaman dari lab FortiGuard yang didukung AI untuk memberikan perlindungan terbaik, inspeksi kinerja tinggi dari lalu lintas teks yang jelas dan terenkripsi. 

Firewall generasi berikutnya mengurangi biaya dan kerumitan dengan visibilitas penuh ke dalam aplikasi, pengguna, dan jaringan serta memberikan keamanan terbaik. Sebagai bagian integral dari Fortinet Security Fabric, firewall generasi berikutnya dapat berkomunikasi dalam portofolio keamanan komprehensif Fortinet serta solusi keamanan pihak ketiga di lingkungan multivendor.

Apa itu Fortigate Firewall?

FortiGate mid-range next-generation firewalls (NGFWs) memberikan kinerja tinggi, keamanan canggih berlapis-lapis, dan visibilitas yang lebih baik untuk melindungi dari serangan siber sekaligus mengurangi kerumitan. Firewall FortiGate dibuat khusus dengan pemroses keamanan untuk memungkinkan perlindungan dan kinerja ancaman terbaik di industri untuk lalu lintas terenkripsi SSL.

Dengan memberikan visibilitas terperinci dari aplikasi, pengguna, dan perangkat IoT, peralatan ini dirancang untuk mengidentifikasi masalah dengan cepat dan intuitif. Layanan keamanan kami dari FortiGuard Labs memberikan pembaruan intelijen ancaman berkelanjutan untuk menjaga organisasi tetap terlindungi dari:

  • Eksploitasi dan malware terenkripsi
  • Situs web dan botnet berbahaya
  • Ransomware dan serangan tidak dikenal

Fungsi Fortigate Firewall

Firewall bertindak sebagai penjaga gerbang. Ini memonitor upaya untuk mendapatkan akses ke sistem operasi Anda dan memblokir lalu lintas yang tidak diinginkan atau sumber yang tidak dikenal.

Bagaimana cara melakukannya? Firewall bertindak sebagai penghalang atau filter antara komputer Anda dan jaringan lain seperti internet. Anda dapat menganggap firewall sebagai pengontrol lalu lintas. Ini membantu melindungi jaringan dan informasi Anda dengan mengelola lalu lintas jaringan Anda. Ini termasuk memblokir lalu lintas jaringan masuk yang tidak diminta dan memvalidasi akses dengan menilai lalu lintas jaringan untuk segala sesuatu yang berbahaya seperti peretas dan malware.

Sistem operasi dan perangkat lunak keamanan Anda biasanya dilengkapi dengan firewall yang sudah diinstal sebelumnya. Sebaiknya pastikan fitur tersebut diaktifkan. Juga, periksa pengaturan keamanan Anda untuk memastikan mereka dikonfigurasi untuk menjalankan pembaruan secara otomatis.

Untuk memulai, sistem firewall menganalisis lalu lintas jaringan berdasarkan aturan. Firewall hanya menerima koneksi masuk yang telah dikonfigurasi untuk diterima. Ini dilakukan dengan mengizinkan atau memblokir paket data tertentu, unit komunikasi yang Anda kirim melalui jaringan digital berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Fortigate Firewall akan bekerja seperti penjaga lalu lintas di titik masuk atau port komputer Anda. Hanya sumber tepercaya, atau alamat IP, yang diizinkan masuk. Alamat IP penting karena mengidentifikasi komputer atau sumber, sama seperti alamat pos yang mengidentifikasi tempat tinggal Anda.

Cara Kerja Fortinet Fortigate Firewall

Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara kerja dari Fortinet Fortigate Firewall, mungkin Anda akan mulai paham dari penjabaran dari urutan cara kerja dari Firewall Next Generation yang dijamin sangat aman dan terbaik ini.

Ketika komputer Anda memiliki perlindungan firewall, semua yang masuk dan keluar dimonitor. Firewall memonitor semua lalu lintas informasi ini untuk mengizinkan ‘data baik’ masuk, tetapi memblokir ‘data buruk’ memasuki komputer Anda.

Firewall menggunakan satu atau kombinasi dari tiga metode berikut untuk mengontrol lalu lintas yang mengalir masuk dan keluar dari jaringan:

Pemfilteran Paket

Bentuk paling dasar dari perangkat lunak firewall menggunakan aturan keamanan yang telah ditentukan sebelumnya untuk membuat filter. Jika paket informasi yang masuk (sepotong kecil data) ditandai oleh filter, paket tersebut tidak diizinkan masuk. Paket yang berhasil melewati filter dikirim ke sistem yang meminta dan yang lainnya dibuang.

Layanan Proxy

Server proxy firewall adalah aplikasi yang bertindak sebagai perantara antar sistem. Informasi dari internet diambil oleh firewall dan kemudian dikirim ke sistem yang meminta dan sebaliknya. Server proxy firewall beroperasi pada lapisan aplikasi firewall, di mana kedua ujung koneksi dipaksa untuk melakukan sesi melalui proxy. 

Mereka beroperasi dengan membuat dan menjalankan proses di firewall yang mencerminkan layanan seolah-olah berjalan di host akhir, dan dengan demikian memusatkan semua transfer informasi untuk suatu aktivitas ke firewall untuk pemindaian.

Inspeksi Stateful

Metode pemindaian firewall paling modern, yang tidak bergantung pada pemeriksaan intensif memori dari semua paket informasi adalah “inspeksi stateful”. Firewall “status” menyimpan atribut signifikan dari setiap koneksi dalam database informasi tepercaya, selama sesi berlangsung. 

Atribut ini, yang secara kolektif dikenal sebagai status koneksi, dapat mencakup rincian seperti alamat IP dan port yang terlibat dalam koneksi dan nomor urut paket yang ditransfer. 

Firewall membandingkan informasi yang ditransfer ke salinan yang relevan dengan transfer yang disimpan dalam database. Jika perbandingan menghasilkan kecocokan positif, informasi tersebut diizinkan, jika tidak maka akan ditolak.

Perintah Dasar Konfigurasi Fortinet Fortigate Firewall

Perintah dasar konfigurasi Fortinet Fortigate Firewall memiliki 7 perintah dasar konfigurasi yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah:

Pengaturan Port Konsol Perangkat

Setel IP Antarmuka

Ada empat peran untuk peran antarmuka: WAN, LAN, DMZ, dan Tidak terdefinisi. Setiap peran memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya, LAN dan Undefined dapat mengonfigurasi fungsi terkait DHCP.

Set Up Gateaway

Set Up DNS

Set Up NTP

Atur Zona Waktu dan Nama Host

Cadangan Konfigurasi

Cadangan konfigurasi dicadangkan hingga 192.168.1.1 melalui tftp. Nama cadangannya adalah configuration20200101.cfg

Kesimpulan

Jadi, bagaimana? Sangat mudah bukan perintah dasar Fortinet Fortigate yang bisa Anda terapkan di Fortinet Fortigate yang Anda miliki? Dengan cara yang sangat mudah tersebut, pastinya semakin menambah keuntungan dari Fortigate Fortinet Firewall untuk Anda terapkan di jaringan yang Anda miliki demi menjaga asset-aset perusahaan yang Anda miliki. Dan semua itu bisa di percayakan kepada Netdata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup