Penjelasan Dan Bahaya Malware Yang Bisa Terjadi Pada Komputer Kita

bahaya malware

Bahaya Malware – Baru-baru ini, sangat gencar sebuah malware yang bisa mencuri semua data yang ada pada komputer target dan sangat berbahaya karena email dan berbagai akun yang sebelumnya masuk di komputer tersebut bisa diambil begitu saja. Itulah salah satu bahaya malware, tentu mulai dari sekarang perlu adanya pemahaman yang lebih jelas tentang malware dan apa bahayanya jika terjadi di komputer kita.

Malware bukan hanya seperti itu saja, tapi ada berbagai macam malware yang diketahui sekarang ini yang bisa saja mengancam komputer Anda.

Apa Itu Malware

Malware adalah istilah umum untuk semua jenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau mengeksploitasi perangkat, layanan, atau jaringan apa pun yang dapat diprogram. Penjahat dunia maya biasanya menggunakannya untuk mengekstrak data yang dapat mereka manfaatkan dari korban untuk keuntungan finansial. 

Data tersebut dapat berkisar dari data keuangan, hingga catatan perawatan kesehatan, hingga email dan kata sandi pribadi, kemungkinan jenis informasi apa yang dapat dikompromikan menjadi tidak terbatas. 

Perbedaan Malware, Trojan, dan Virus

Sering kali dikaitkan malware ini dengan trojan dan virus. Jika dilihat memang komputer akan berdampak seperti terkena virus atau trojan, namun pada hakikatnya, semua ini berbeda.

Berikut ini adalah perbedaan malware, trojan, dan juga virus:

Malware

Malware adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup semua jenis perangkat lunak berbahaya. Malware dirancang untuk menyerang organisasi, perusahaan, dan individu dengan menghancurkan data dan sumber daya, menyebabkan kesalahan, dan memperlambat kinerja. Malware dapat dikirimkan ke sistem jaringan melalui email atau instalasi perangkat lunak atau berselancar melalui internet. Virus, trojan horse, worm, dan spyware adalah jenis malware bersama dengan beberapa lainnya yang lebih berbahaya.

Trojan

Trojan Horse juga merupakan jenis malware yang menggunakan nama palsu dan palsu untuk menyesatkan pengguna dari maksud sebenarnya dan mengeksekusi mereka. Trojan Horses umumnya menginstal pada sistem sebagai perangkat lunak yang sah dan berguna yang dapat memberikan akses tidak sah dan kontrol sistem kepada peretas. Back orifice, Rootkit dan Beast Trojan adalah beberapa dari Trojan horse umum yang lebih berbahaya.

Virus

Sedangkan untuk virus, adalah program atau perangkat lunak komputer yang menghubungkan dirinya dengan perangkat lunak atau program komputer lain untuk merusak sistem komputer. Ketika program komputer berjalan dengan virus, ia melakukan beberapa tindakan seperti menghapus file dari sistem komputer. Virus tidak bisa dikendalikan dengan remote.

Cara Kerja Malware di Website dan Komputer

Malware dapat menyebar dalam berbagai cara: saat Anda mengunduh dan menginstal program yang terinfeksi, saat Anda mengklik tautan yang terinfeksi atau membuka lampiran email berbahaya, atau bahkan jika Anda menggunakan media fisik yang rusak seperti drive USB yang terinfeksi.

Website

Cara yang bisa membuat malware tersebar adalah dari website. Ini merupakan salah satu celah yang sangat mudah malware dapat menyebar. Bahaya Malware dapat menyebar dari website dengan banyak cara, namun yang sangat umum dan sangat-sangat sering menjadi penyebabnya adalah 3 hal, yaitu:

Plugin

Plugin relatif lebih aman ketika Anda download secara resmi dari direktori WordPress (sebelum tampil disana, biasanya udah lewat filter). Jika Anda download dari website tidak resmi, maka terlampau berpotensi disisipi kode jahat (malware) apa-pun jenisnya (kebanyakan adware atau berbentuk iklan).

Tema Pada Komputer

Masih sama dengan plugin, tema pada website misalnya tema Google Chrome sangat bisa mengandung malware. Malware ini bisa sekali mencuri berbagai data yang tersimpan pada browser termasuk user dan password berbagai macam akun.

Perangkat Desktop

Ketika mendownload software, perlu hati-hati karena sangat bisa aplikasi tersebut disisipi oleh malware. Tidak jarang di dalam kode program terkandung backdoor yang digunakan untuk memberikan hak akses kepada pembuat malware supaya dapat mengakses jaringan komputer dari jarak jauh. Ini akan membahayakan perangkat komputer yang terkena dan juga perangkat komputer yang lainnya jika terhubung satu sama lain.

Cara Mengatasi Malware

Mengatasi bahaya malware paling ampuh adalah menghindarinya. Ya, jawaban tersebut memang sudah pasti karena malware sangat susah sekali dihilangkan. Tapi, terdapat juga berbagai aplikasi atau software yang bisa diandalkan untuk bisa menghilangkan malware atau setidaknya mendeteksi malware atau mencegah malware menyerang perangkat komputer atau menyerang website yang Anda kelola misalkan.

Antimalware

Antimalware adalah jenis program perangkat lunak yang dibuat untuk melindungi sistem teknologi informasi (TI) dan komputer individu dari perangkat lunak berbahaya, atau malware. Program antimalware memindai sistem komputer untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus malware.

Program antimalware dapat membantu dengan cara berikut:

  • Mencegah pengguna mengunjungi situs web yang diketahui mengandung malware;
  • Mencegah malware menyebar ke komputer lain dalam sistem komputer;
  • Memberikan wawasan tentang jumlah infeksi dan waktu yang diperlukan untuk menghilangkannya; dan
  • Memberikan wawasan tentang bagaimana malware menyusup ke perangkat atau jaringan.

Mengatasi Malware Pada Website

Anda bisa mencoba tool yang bernama Sucuri. 

Fungsi utama alat ini adalah untuk menemukan malware maupun file yang terinfeksi terhadap website Anda. Berikut adalah umpama hasil scan website yang terinfeksi malware bersama menggunakan Sucuri:

Ada dua pilihan untuk mengatasi hal tersebut:

  1. Melakukan restore backup halaman web. Syaratnya, Anda harus lakukan backup sebelum situs terinfeksi. Silakan tanyakan ke fasilitas hosting Anda apakah file backup untuk situs Anda bena-benar ada atau tidak.
  2. Menghapus file yang terinfeksi secara manual. Cara menyingkirkan malware situs bersama dengan langkah ini sifatnya hanya sementara. Kami tidak memberi saran Anda melakukannya terlebih dahulu.

Mengatasi Malware Pada Komputer

Terkadang sumber malware nampak dari perangkat desktop yang digunakan. Dikarenakan beberapa pengguna atau user sering mengembangkan website website lewat computer lokal yang kemudian diunggah ke server website website mengfungsikan koneksi FTP.

Sebelum diunggah kadang-kadang malware sudah masuk ke didalam folder atau file website web. Setelah diunggah malware makin lama banyak dan menyebar. Jadi, sebelum mengunggah file website website pastikan lebih-lebih dahulu bahwa tidak tersedia malware di dalamnya.

Ada beberapa cara yang mampu dilaksanakan untuk menghindari Bahaya Malware, yakni dengan melakukan pemindaian malware atau meneliti satu persatu file yang terdapat didalamnya. Melihat satu persatu file untuk meyakinkan tidak tersedia file yang mencurigakan.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup