Ketahui Bahaya Adware, dan Cara Mengatasinya

bahaya adware

Bahaya Adware – Kebutuhan akan sarana informasi dan teknologi memang sekarang sudah sangat massive. Bayangkan saja jika pengguna teknologi ini tidak dibekali dengan pengehtahuan yang bagus sehingga asal saja menggunakan internet, maka akan sangat mungkin untuk terkena serangan virus. Salah satu virus yang sangat terkenal untuk sekarang ini adalah Adware yang bisa dibilang tidak terlalu bahaya namun sangat mengganggu.

Adware sudah menjadi concern untuk sekarang ini, bahkan sudah banyak yang terkena virus ini yang sangat mengganggu baik itu di handphone ataupun di computer. 

Apa Itu Adware?

Adware, istilah yang berasal dari “software yang didukung iklan”, adalah perangkat lunak yang menampilkan iklan di layar komputer atau perangkat seluler, mengalihkan hasil penelusuran ke situs web iklan, dan mengumpulkan data pengguna untuk tujuan pemasaran.

Tujuan adware adalah untuk menghasilkan pendapatan dengan menayangkan iklan ke pengguna internet saat mereka menjelajahi web atau selama instalasi awal program atau aplikasi seperti bilah alat atau permainan. Adware dapat mengambil berbagai bentuk dari iklan display dan banner hingga iklan layar penuh, video, dan pop-up.

Sebagian besar adware sah dan aman untuk digunakan, tetapi beberapa dapat bersifat berbahaya. Pengguna sering kali dapat menonaktifkan frekuensi adware atau jenis unduhan apa yang mereka izinkan dengan mengelola kontrol dan preferensi pop-up dalam browser internet mereka.

Jenis-jenis Adware

Bayangkan saja jika di sebuah desktop komputer menjadi banyak  sekali banner iklan yang sangat mengganggu dan setiap di tutup akan timbul lagi dan lagi, tentunya sangat membuat emosi. Inilah salah satu jenis dari adware.

Ada dua jenis adware yang selama ini sudah diketahui, yaitu:

Adware Personal Computer

Adware ini adalah salah satu jenis yang sudah disebutkan sebagian diatas. Tapi, ada juga yang memang adware ini tidak berbahaya.

Penting untuk membedakan antara adware yang tidak berbahaya dan yang berbahaya. Contoh adware meliputi:

Adware sah yang memungkinkan Anda menyetujui iklan dan promo perangkat lunak, mengimbangi biaya pengembang sehingga mereka dapat menawarkan perangkat lunak mereka secara gratis. Pengguna rela mengunduh jenis adware ini untuk mendapatkan produk gratis. Selain itu, Anda dapat memilih untuk mengizinkannya mengumpulkan informasi pemasaran. Terkadang iklan yang dipersonalisasi atau perangkat lunak pihak ketiga yang disponsori dapat diinginkan.

Adware yang sah dibuat oleh semua jenis pengembang, termasuk yang bereputasi baik. Ini adalah cara yang sah dan sah untuk memberi pelanggan produk gratis.

Namun, tidak semua unduhan aplikasi bersifat suka sama suka. Di sinilah batas-batas hukum menjadi kabur.

Potentially unwanted applications (PUA) mencakup program apa pun yang mungkin tidak Anda pilih untuk diinstal ke perangkat Anda. Ini juga dapat disebut potentially unwanted programs (PUPs).

Adware Android

Adware dapat masuk ke ponsel atau ponsel orang melalui aplikasi dalam kategori populer seperti hiburan dan game. Aplikasi ini dapat tampak tidak berbahaya tetapi, setelah diinstal, dapat berperilaku jahat.

Sekali lagi, ada spektrum dari yang relatif tidak berbahaya hingga yang jauh lebih berbahaya. Pada akhir yang tidak berbahaya, Anda dapat mengunduh aplikasi yang hanya mengirimi Anda spam dengan iklan setelah dipasang. Hal ini dapat mengganggu, terutama karena terkadang iklan dapat muncul dari luar aplikasi, sehingga sulit untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Dampak Kerugian Adware

Sudah pasti ada saja dampak kerugian atau Bahaya Adware , baik itu yang Adware aman ataupun yang memang menjadi virus. 

Dampak kerugiannnya adalah memperlambat komputer atau smartphone karena menggunakan memori sistem. Ini juga dapat memperlambat koneksi internet dengan menggunakan bandwidth untuk mengambil iklan. Stabilitas sistem juga dapat terganggu, karena adware sering kali memiliki pemrograman di bawah standar.

Cara Menghindari Adware

Untuk bisa menghindari Adware, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

Pasang Antivirus

Menginstal produk yang memiliki kemampuan “anti-adware” akan menjadi langkah pertama Anda. Dengan di scan, akan terdetect dengan antivirus ini dan bisa menghilangkan Adware.

Jangan Sembarangan Menginstal Aplikasi

Anda mungkin menginstal program atau aplikasi komputer gratis tanpa harus menyadari bahwa program atau aplikasi tersebut berisi perangkat lunak tambahan yang berisi adware. Ini memungkinkan pengembang aplikasi menghasilkan uang tetapi berarti Anda dapat mengunduh adware ke sistem Anda tanpa harus menyetujuinya.

Jadi, saran memang jangan sembarangan dalam menginstall aplikasi, pastikan saja menginstall aplikasi yang terpercaya misalnya dari Play Store atau App Store di handphone.

Hapus Adware 

Cara yang sangat ampuh untuk menghindari bahaya adware adalah dengan cara menghapus adware itu sendiri. Memang bukan cara yang mudah, tapi akan lebih mudah jika misalkan saja menghapus aplikasi yang sebelumnya diinstall.

Ciri-ciri Perangkat yang Terinfeksi Adware

Untuk PC atau handphone yang terkena Adware, ada beberapa ciri.

Adware pada PC ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Perubahan tak terduga di halaman beranda browser web Anda
  • Halaman web yang Anda kunjungi tidak ditampilkan dengan benar
  • Kewalahan dengan iklan pop-up — terkadang meskipun tidak menjelajah internet
  • Kinerja perangkat lambat
  • Perangkat mogok
  • Kecepatan internet berkurang
  • Pencarian internet yang dialihkan
  • Tampilan acak dari toolbar atau add-on browser baru

Di ponsel Anda, tanda-tandanya mirip seperti di PC:

  • Ponsel Anda lambat
  • Aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat
  • Baterai Anda cepat habis
  • Ponsel Anda memiliki aplikasi yang Anda tidak ingat pernah mengunduhnya
  • Ada penggunaan data yang tidak dapat dijelaskan dan tagihan telepon yang lebih tinggi dari yang diharapkan
  • Ada banyak pop-up iklan

 

Meta : Cara Mengatasi Adware dari iklan atau pop up untuk perangkat komputer atau android dari play store untuk menjaga kemanan jaringan.

Netdata adalah perusahaan kami adalah untuk menyediakan layanan berbasis teknologi dengan kualitas terbaik dan jika Anda berminat dengan layanan kami Anda bisa menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup