Modem Internal dan Eksternal, Apa Sih Perbedaannya?

Modem Internal dan Eksternal

Modem Internal dan Eksternal – Penggunaan internet sudah sangat banyak sekarang ini. Akses internet juga semakin mudah dengan adanya perangkat portable dan juga dengan teknologi nirkabel yang semakin menambah kemudahan dalam mengakses internet. Perangkat internet juga semakin lama semakin berkembang, dan salah satunya adalah modem yang merupakan perangkat jaringan yang penting sekali untuk mendistribusikan sinyal internet.

Modem memang dikenal dulu sekali sebelum adanya internet rumahan, pastinya modem adalah hal yang wajib dimiliki banyak orang untuk mengakses internet di rumah mereka. Semakin berkembangnya teknologi, modem bisa dibedakan menjadi dua, yaitu Modem Internal dan Eksternal. Sebenarnya apa bedanya?

Perangkat Komputer

Sebelum membahas tentang modem, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu dengan jelas perangkat komputer itu apa. Perangkat Komputer adalah sebuah komponen-komponen​​ yang ada terhadap PC di mana komponen berikut udah kerap dilihat sehari-hari bagi pengguna komputer.

Fungsi dari Perangkat Komputer ini sendiri adalah untuk mengkontrol sistem dari sebuah sistem PC di mana komponen dari perangkat PC ini sendiri dibagi jadi 2 macam yaitu hardware dan juga software.

Pengertian Jaringan Komputer

Perangkat komputer bisa dipecah lagi dan salah satunya adalah jaringan komputer. Jaringan komputer adalah salah satu perangkat komputer yang bisa melakukan aktivitas seperti mengirim dan menerima data dari komputer atau perangkat lain berupa data, file, dll. 

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang terhubung satu sama lain yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain dan berbagi sumber daya, data, dan aplikasi mereka.

Sebuah jaringan komputer dapat dikategorikan berdasarkan ukurannya. Sebuah jaringan komputer terutama dari empat jenis:

  • LAN(Local Area Network)
  • PAN(Personal Area Network)
  • MAN(Metropolitan Area Network)
  • WAN(Wide Area Network)

Perangkat Jaringan Komputer

Sekarang ini, terdapat banyak sekali perangkat jaringan komputer yang selalu dikembangkan untuk mendapatkan performa yang maksimal serta dengan berbagai fitur tambahan yang akan sangat mungkin membantu dalam proses yang ada pada jaringan komputer.

Berikut ini adalah berbagai perangkat jaringan komputer utama yang perlu diketahui:

Server

Perangkat jaringan komputer yang pertama adalah server. Server adalah sistem komputer yang menyediakan sumber daya untuk penyimpanan data terpusat dan layanan khusus.

NIC (Network Interface Card)

Selanjutnya adalah NIC atau Network Interface Card. NIC merupakan papan sirkuit elektronik yang dirancang untuk menghubungkan komputer atau perangkat berkemampuan internet lainnya ke jaringan komputer. Selain itu, NIC juga biasa disebut sebagai pengontrol antarmuka jaringan, adaptor LAN, atau adaptor jaringan.

Kabel Jaringan

Menghubungkan satu antara lainnya untuk perangkat jaringan komputer dibutuhkan yang Namanya kabel jaringan. Kabel tersebut nantinya bakal disambungkan melalui lubang yang tersedia terhadap kartu jaringan/NIC di bagian PC atau laptop.

Hub dan Switch

Kedua perangkat jaringan komputer ini memang terkadang sangat sulit dibedakan. Ini karena hub dan switch memiliki fungsi yang hampir sangat sama.

Hub dan Switch memang sering diintegrasikan ke dalam suatu perangkat jaringan secara bersamaan. Perangkat jaringan ini mempunyai manfaat utama yang nyaris sama: untuk meneruskan lalu lintas jaringan internet lewat koneksi port konektor.

Router

Router adalah perangkat yang menyediakan wi-fi dan biasanya terhubung ke modem. Ini mengirimkan informasi dari internet ke perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, dan tablet.

Bridge

Perangkat bridge bekerja pada lapisan data link model Open System Interconnect (OSI), menghubungkan dua jaringan yang berbeda bersama-sama dan menyediakan komunikasi di antara mereka. Bridge mirip dengan repeater dan hub karena mereka menyiarkan data ke setiap node.

Modem

Modem memodulasi sinyal digital yang keluar dari komputer atau perangkat digital lainnya menjadi sinyal Analog untuk saluran telepon twisted pair tembaga konvensional dan mendemodulasi sinyal analog yang masuk dan mengubahnya menjadi sinyal digital untuk perangkat digital.

Repeater

Yang terakhir adalah repeater. Repeater adalah perangkat jaringan yang beroperasi pada lapisan fisik model OSI yang memperkuat atau meregenerasi sinyal yang masuk sebelum mentransmisikannya kembali. Mereka tergabung dalam jaringan untuk memperluas area jangkauannya. Mereka juga dikenal sebagai penguat sinyal.

Jika Anda berminat untuk mencari produk-produk seperti router, modem dan beberapa perangkat jaringan lainnya, bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Pengertian Modem

Sekarang masuk ke pengertian dari modem itu sendiri. Memang, jika secara kasat mata saja, mungkin akan berpikir jika modem ini tidak ada bedanya dengan router. Namun, tentunya kedua hardware jaringan komputer ini memiliki fungsi dan definisi yang berbeda. 

Modem memodulasi dan mendemodulasi sinyal listrik yang dikirim melalui saluran telepon, kabel koaksial, atau jenis kabel lainnya; dengan kata lain, ini mengubah informasi digital dari komputer Anda menjadi sinyal analog yang dapat dikirimkan melalui kabel, dan dapat menerjemahkan sinyal analog yang masuk kembali menjadi data digital yang dapat dipahami oleh komputer Anda.

Kebanyakan modem yang berdiri sendiri hanya memiliki dua port: satu yang menghubungkan ke dunia luar, dan jack Ethernet yang terhubung ke komputer atau router.

Fungsi Modem

Modem digunakan untuk mengirimkan informasi digital melalui sistem analog. Kata “modem” berasal dari istilah “modulator-demodulator”. Fungsi penting modem adalah untuk memodulasi sinyal pembawa analog untuk membawa informasi digital; dan untuk mendemodulasi sinyal yang sama untuk memecahkan kode informasi digital dari sinyal pembawa analog.

Modulasi Sinyal

Fungsi penting modem adalah untuk menciptakan sinyal yang mudah ditransmisikan dan didekodekan yang memungkinkan data digital dikirim dari satu tempat ke tempat lain tanpa kehilangan informasi.

Kompresi Data

Untuk mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mengirim data dan untuk mengurangi jumlah kesalahan dalam sinyal, modem perlu menggunakan kompresi data.

Koreksi Kesalahan

Ketika informasi ditransmisikan antar modem, kadang-kadang bisa rusak — artinya ada bagian dari data yang diubah atau hilang. Untuk menyiasatinya, modem menggunakan koreksi kesalahan. Informasi dikelompokkan ke dalam batch, yang disebut frame.

Flow Control

Masing-masing modem mengirimkan informasi dengan kecepatan yang berbeda. Modem yang lebih cepat perlu diperlambat agar modem yang lebih lambat dapat mengejar, jika tidak, modem yang lebih lambat akan menerima lebih banyak data daripada yang dapat diprosesnya.

Keuntungan Menggunakan Modem

Modem adalah perangkat yang menerjemahkan sinyal komputer dari satu bentuk ke bentuk lainnya, biasanya agar dapat dikirim dan diterima dari internet. Ada berbagai jenis modem untuk jaringan yang berbeda, dari modem dial-up yang menggunakan saluran telepon tradisional hingga modem untuk jaringan kabel, satelit, seluler, dan serat optik yang lebih baru. 

Manfaat utama modem adalah memungkinkan Anda dan perangkat Anda mengakses internet dan berkomunikasi dengan dunia luar.

Kekurangan Menggunakan Modem

Namun, dibalik itu ada kekurangan modem yang perlu diketahui. Karena memang bisa mengakses internet dan berkomunikasi dengan dunia luar, modem sangat bisa untuk membawa berbagai mcam virus yang bisa menginfeksi komputer yang bisa memasuki jaringan.

Perbedaan Internal Modem dan Eksternal Modem

Modem bisa dibedakan menjadi dua, yaitu modem internal dan eksternal. Kedua jenis ini memiliki kegunaannya masing-masing yang berbeda.

Berikut ini adalah perbedaan Modem Internal dan Eksternal :

Modem Internal

Modem internal dapat berupa dial-up atau nirkabel (Wi-Fi). Dial-up menggunakan jaringan telepon untuk mengirim dan menerima sinyal. Mereka memerlukan otentikasi untuk terhubung. Dial-up jauh lebih lambat daripada jenis koneksi modem lainnya pada saat publikasi, kecepatan tercepat yang terdaftar untuk modem dial-up adalah 56,6 Kbps.

Modem Eksternal

Modem eksternal adalah unit diskrit yang ditempatkan dalam wadah terpisah. Biasanya, modem eksternal akan dihubungkan ke saluran telepon dan komputer melalui kabel. Modem internal adalah papan sirkuit yang dihubungkan ke motherboard komputer. 

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, jika tertarik dengan produk kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup