Bagaimana Cara Kerja CCTV?

CCTV

CCTV – Sistem kamera pengawas saat ini sudah menjadi hal yang sering kita temukan di berbagai tempat seperti di perusahaan, sekolahan, hingga rumah pribadi.

Mungkin beberapa orang masih penasaran bagaimana cara kerja dan apa saja kiat-kiat dalam memilih CCTV sesuai dengan kebutuhan. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu CCTV

Sebelum membahas cara kerja kita perlu membahas apa itu CCTV terlebih dahulu. CCTV adalah jaringan kamera pengawas satu atau lebih yang mengirimkan data video dan audio ke lokasi tertentu.

Gambar akan di kirim ke lokasi perekaman dan penyimpanan tertentu. Kamera menangkap gambar yang disebut dengan alat perekam, sedangkan  pemantauan adalah komponen dasar dari sistem pengawasan kamera video.

CCTV sendiri adalah singkatan dari kata closed circuit television, artinya menggunakan sinyal yang bersifat tertutup atau rahasia, tidak seperti televisi biasa yang menangkap sinyal  broadcast. Biasanya dipasang di beberapa tempat seperti bandara, kemiliteran, kantor, pabrik, dan toko.

Jenis CCTV

CCTV dibagi menjadi beberapa tipe dan jenis, apa saja jenis-jenisnya? Mari kita simak berikut ini:

IP Camera Static Indoor

IP camera merupakan kamera pintar yang dapat dilihat hasil rekamannya lewat koneksi internet ke smartphone dan sebaliknya dan suara dari smartphone.

IP Camera Static Outdoor

Smart outdoor static IP camera adalah kamera pintar yang memiliki fitur yang sama dengan kamera IP indoor yang dilengkapi dengan night vision yang membuat pemantauan dimalam hari.

IP Camera PTZ Indoor

PTZ camera adalah kamera yang dilengkapi dengan mode night vision dengan resolusi perekaman full HD dan mengirim gambar langsung ke smartphone yang dilengkapi dengan fitur putar hingga 360 derajat dan tilt hingga 60 derajat lebih luas dan lebih bebas dalam monitoring.

Cara Kerja CCTV

Berbicara soal cara kerja CCTV dibagi menjadi 3 jenis antara lain:

  • Cara Kerja CCTV IP

CCTV IP ini memanfaatkan IP atau internet protocol. Sehingga secara langsung mampu mengirimkan sinyal ke dalam jaringan dengan kategori 5/6 kepada perekam video jaringan, yang biasa disebut dengan NVR.

NVR mirip dengan DVR bedanya terletak di HDD untuk sistem perekaman video dan output yang berbentuk VGA atau HDMI yang terpusat pada jarak jauh namun lebih canggih dan menghasilkan rekaman yang berkualitas tinggi.

  • Cara Kerja CCTV Analog

Prinsip kerja kamera CCTV analog yakni mengirimkan sinyal kedalam perangkat video digital dengan menggunakan kabel BNC.

Hasil perekaman video bisa disimpan di lebih dari 1 HDD atau tempat penyimpanan. Dengan begitu sistem juga mendukung keluaran VGA atau HDMI. Kedua output tersebut memungkinkan dilakukan proses pemantauan secara terpusat melalui layar monitor.

  • Cara Kerja CCTV IP Nirkabel

Cara kerja sistem CCTV IP nirkabel ini sama dengan sistem CCTV sebelumnya namun tanpa menggunakan kabel yang mudah di konfigurasi. Untuk hasil perekaman video biasanya langsung tersimpan di memori micro SD.

Tips Memilih CCTV Sesuai Kebutuhan

Itulah cara kerja yang sudah kita ketahui, nah jika Anda ingin membelinya maka Anda perlu mengetahui beberapa hal yang sesuai dengan kebutuhan Anda antara lain:

  • Siapkan tempat untuk pemasangan

Untuk memasangnya Anda perlu mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu misalnya untuk area bisnis atau rumah guna mengawasi keamanan lingkungan sekitar. 

Tentukan tempat-tempat yang strategis untuk memasangnya Anda misalnya di area depan gerbang keluar masuknya orang kedalam rumah atau bisnis Anda.

Jika bingung Anda bisa meminta bantuan penjual yang lebih berpengalaman dalam mengetahui area mana yang tepat.

Untuk tempat indoor Anda bisa memilih yang khusus untuk dalam ruangan dengan jangkauan yang luas sedangkan untuk outdoor biasanya dapat merekam gambar dengan pencahayaan yang minim berkat fitur night vision dan infraret.

  • Instalasi Kamera

Dalam instalasi kamera diperlukan persiapan uji coba untuk memastikan perangkat ini dengan baik atau tidak seperti kabel, kamera, dan DVR benar-benar berfungsi dengan baik.

Setelah memilih tempat yang strategis maka Anda bisa memasang di tempat yang tinggi seperti plafon dinding ataupun untuk CCTV outdoor Anda tempatkan di tempat yang tinggi minimal 3 meter untuk menghindari jangkauan manusia. Untuk lebih jelasnya berhatikan berikut ini:

  • tempatkan dukungan pada tempat yang sudah Anda pilih.
  • Buatlah tanda di tempat tersebut dengan spidol ataupun paku.
  • Lubangi dengan bor sebagai tempat sekrup.
  • Palu untuk menempatkan pin moulding di tempat yang sudah dibor.
  • Posisikan sekrup ke tempat yang Anda inginkan dan tempelkan rakitan di dinding.
  • Pasang kamera dengan menyesuaikan sudut dan arah yang sudah ditentukan.
  • Jika kamera CCTV sudah terpasang dengan baik maka saatnya melakukan penghubungan perangkat pendukng lainnya seperti DVR hingga kabel BNC untuk dapat terkoneksi dengan baik.
  • Resolusi Kamera

Kamera CCTV memiliki jenis-jenis kualitas resolusi yang berbeda dengan yang lainnya misalnya kualitas HD atau TVL.

Pemilihan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia agar kamera berjalan dengan efektif.

Jika ingin memasang kualitas  yang bagus maka minimal Anda pilih resolusi yang full HD alias 1080p. terdapat juga jenis TVL yang tidak kalah resolusinya dengan resolusi HD seperti 600 TVL.

  • Penempatan DVR

DVR merupakan singkatan dari Digital Video Recorder yakni perangkat penting yang fungsinya untuk merekam gambaran kamera CCTV.  

Untuk pemakaian rumahan DVR biasanya ditempatkan di kamar tidur pemilik rumah atau tempat lain yang mungkin jauh dari jangkauan umum.

Harga CCTV

Harganya biasanya ditentukan oleh seberapa terkenalnya merk produsen yang memproduksi produk tersebut dan kelengkapan apa saja yang disediakan dalam satu paket pembeliannya misalnya kamera, DVR, perkabelan, dan tempat penyimpanan data.

Untuk harga berkisar antara Rp. 180 ribu hingga puluhan juta rupiah yang tergantung dari banyaknya jumlah kamera dan kualitas dari perangkat CCTV itu sendiri.

Rekomendasi Beli CCTV

Dari penjelasan cara kerja hingga tips-tips cara memilih mungkin membuat Anda lebih mantap lagi untuk memasang CCTV untuk di rumah ataupun tempat bisnis Anda.

Jika Anda ingin membeli yang lengkap dan juga terjangkau Anda bisa melihat halaman web NetData di nds.id.

Mengapa di NetData? NetData adalah perusahaan IT yang bekerja sama dengan brand-brand produsen jaringan terkenal di dunia seperti Cisco, mikrotik, Sangfor, Fortinet, dan lain sebagainya.

Selain peralatan jaringan NetData juga menyediakan perangkat CCTV dengan harga terbaik dan kualitas yang original.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup