Apa yang Menyebabkan Kelangkaan Chipset Teknologi Pada Saat Ini?

Chipset

Chipset – Wabah COVID-19 tidaklah hanya merugikan bagi segi kesehatan, namun ada juga faktor yang sangat merugikan dari pandemi satu ini, adalah dimana banyaknya pasokan impor dan juga kesusahan dalam bidang ekspor yang memperburuk keadaan. Salah satu yang terdampak adalah pasokan chipset yang mulai sangat langka.

Apa yang menyebabkannya? Dan apa pentingnya chipset untuk komputer?

Pentingnya Chipset pada Komputer

Mengapa kelangkaan ini bisa menyebabkan kerugian dalam bidang teknologi dan informasi? Dan apakah memang sepenting itu chipset pada sebuah komputer?

Hal ini tentunya berkaitan dengan fungsi dari chipset itu sendiri dalam memproduksi seperti handphone dan juga komputer.

Fungsi Chipset Komputer

Chipset elektronik mengelola aliran data antar komponen pada motherboard. Ini adalah pengontrol lalu lintas antara CPU, GPU, RAM, penyimpanan, dan periferal. Para ahli menyebutnya sebagai “lem” motherboard. Chipset pada dasarnya adalah elektronik pada motherboard yang berkomunikasi dengan semua komponen yang terhubung.

Yang terpenting, chipset menentukan kompatibilitas antara semua komponen lainnya. Jika salah satu prosesor atau kartu memori tidak berkomunikasi dengan chipset, mereka tidak dapat mengirim atau menerima informasi dari motherboard.

Bagaimana Cara Kerja Chipset Komputer

Chipset memungkinkan board menjadi pusat dari semua operasi sistem. Ini menawarkan dukungan ke seluruh komponen melalui koneksi di antara mereka. Yang memungkinkan untuk menjalin kontak dengan bus; Selain itu, ia memiliki koneksi langsung dengan prosesor dan mengelola informasi yang datang dan meninggalkan bus prosesor utama.

Penting untuk diketahui bahwa produk ini menggunakan jembatan penghubung yang disebut north bridge dan south bridge; yang pertama memungkinkan untuk membuat hubungan antara mikroprosesor dan memori. Ini juga mengontrol akses informasi mikroprosesor; memori RAM; port grafis AGP atau grafis PCI-Express; serta komunikasi dengan south bridge, mereka disebut MCH (memori controller hub) atau GMCH (grafik MCH).

Macam Chipset pada Komputer

Seperti yang sudah disinggung diatas dapat dibedakan mencari 2 macam, yaitu south bridge dan north bridge. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Northbridge

North bridge terhubung ke CPU melalui FSB (Front Side Bus). Komponen yang dapat memberikan kecepatan transfer yang mendekati kecepatan CPU juga terpasang di north bridge.

Di komputer modern, ini adalah bus RAM dan PCI-Express. Umumnya, sebagian besar permintaan memori dirutekan ke RAM tetapi tidak semuanya.

Pengontrol memori yang ada di Northbridge memutuskan ke mana permintaan memori harus pergi; apakah ke RAM atau bus PCI-e. Keputusan ini dibuat dengan memanfaatkan peta alamat memori.

Southbridge

Bus yang jauh lebih lambat terhubung ke south bridge, karena ini jauh lebih lambat dalam operasinya daripada north bridge. Biasanya di antara bus yang terhubung adalah USB, PCI, IDE, dan LAN, audio, driver dan koneksi hard disk.

Kelangkaan Chipset di Masa Sekarang

Chipset memang sudah mulai langka, hal ini terjadi karena ada beberapa faktor. Namun, secara garis besar terdapat satu alasan mengapa sekarang, dan sudah terjadi dan diperkiraan akan berkelanjutan.

Penyebab Kelangkaan Chipset

Ini dikarenakan pasokan global dapat memperburuk kelangkaan chipset khususnya pasokan untuk berbagai negara di Asia. 

Negara Taiwan yang merupakan salah satu hub besar industri manufaktur chip sekarang tengah terjadi lonjakan kasus COVID-19. 

Berdasarkan laporan yang ada di South China Morning, penyebaran COVID-19 di Taiwan sangatlah massive. Sebanyak ratusan kasus telah dikonfirmasi hampir setiap hari dan memakan banyak korban jiwa.

Dampak Kelangkaan Chipset

Dampak yang sangat jelas adalah kelambatan dalam segi teknologi. Sudah dipastikan jika sekarang ini teknologi apapun itu yang berbasis komputer misalnya, sangat dibutuhkan. Dengan kelangkaan ini, tentunya sangat mempengaruhi kuantitas produksi alat elektronik dan juga kualitasnya pun ikut terdampak.

Mau bagaimanapun, setiap tahun bahkan setiap bulan saja kebutuhan akan teknologi akan semakin tinggi, banyak yang menginginkan adanya teknologi baru yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Jika produk ini langka, maka mau tidak mau teknologi yang dikeluarkan masih menggunakan produk yang lama hanya ditambahkan fitur yang seadanya saja.

Diperkirakan Hingga 2022

Perkiraan terburuknya, hal ini akan terus berlangsung hingga 2022. TSMC selaku pembesut chipset untuk Apple, Qualcomm dan banyak perusahaan teknologi lainnya memang belum terdampak pada hal ini. Namun, sejak April lalu TSMC sudah mengkonfirmasi adanya kekurangan produk tersebut yang bisa berlangsung hingga tahun 2022.

Menggunakan Third Party Maintenance Sebagai Solusi

Kelangkaan chipset pastinya akan berdampak pada segi perekonomian berbagai perusahaan yang berbasis IT karena tidak mendapatkan upgrade untuk hardwarenya. Dengan tidak adanya upgrade ini memberikan celah bagi penjahat cyber jika tidak teliti untuk maintenance secara rutin.

NetData bisa menjadi third party maintenance sebagai solusi perawatan komperhensif untuk asset perusahaan Anda dengan perawatan yang lebih demi mencegah kegagalan sistem. Perawatan serta perbaikan juga akan dilakukan jika terjadi masalah pada perangkat agar perangkat bisa berfungsi dengan baik dan juga lebih optimal.

Anda bisa mendapatkan pelayanan ini dengan biaya yang terjangkau. Dengan pengalaman yang sudah tidak diragukan lagi, NetData sudah pasti solusi maintenance asset hardware Anda yang paling bisa diandalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup