Pentingnya Managed Service Firewall Dalam Suatu Perusahaan

Managed Service Firewall

Managed Service Firewall – Pertukaran informasi melalui teknologi digital secara cepat dan akurat adalah sebuah hal yang sangat esensial bagi perusahaan maupun individual.

Informasi perusahaan membutuhkan sebuah keamanan yang baik untuk melindunginya dari orang yang tidak bertanggungjawab, akses keluar masuk yang tidak sah, hingga perusakan fasilitas server yang menyimpan informasi penting.

Keamanan informasi dipakai guna menjaga kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas sumber daya sebuah informasi dalam suatu perusahaan.

Berbicara soal keamanan jaringan tentu tidak jauh dari firewall yang saat ini banyak diterapkan oleh perusahaan dengan bantuan managed service firewall.

Apa itu firewall? Apa pentingnya managed service firewall bagi perusahaan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pentingnya Keamanan Dalam Sistem

Pentingnya keamanan dalam sistem tentu berkaitan dengan informasi dalam sistem itu sendiri. Informasi penting dalam sebuah sistem yang jatuh ke tangan pihak lain tentu akan merugikan pemilik informasi baik perusahaan maupun individu.

Keamanan informasi terdiri dari 3 hal utama yakni:

Melindungi Data Dan Informasi Perusahaan

Melindungi data dan informasi perusahaan dari pihak yang tidak berhak adalah suatu hal yang vital.

Aspek kerahasiaan adalah usaha dalam menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses data dan informasi perusahaan.

Privasi lebih terarah ke data-data yang bersifat rahasia dan penting. Usaha yang dapat dilakukan dalam meningkatkan privasi adalah menggunakan kriptografi. Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berkaitan dengan aspek keamanan informasi seperti autentikasi data, integritas data, dan keabsahan data.

Ketersediaan

Aspek ketersediaan berhubungan dengan metode dimana sistem mengecek apakah benar informasi adalah benar-benar asli atau juga bisa mengecek pihak yang mengakses informasi adalah orang yang berhak atau tidak berhak.

Watermarking atau digital signature adalah metode pertama yang dapat membuktikan keaslian dokumen.

Watermarking juga dapat difungsikan sebagai intelektual property seperti halnya menandatangani sebuah dokumen sah hasil dari karya pembuat.

Hal kedua yakni berhubungan dengan akses kontrol, dimana berkaitan dengan pembatasan orang-orang yang dapat mengakses informasi.

Orang yang ingin mengakses informasi harus dapat menunjukan bahwa ia adalah pengguna yang sah untuk mengakses informasi dalam sistem.

Informasi Yang Absolut

Informasi tidak boleh diubah ataupun di akses oleh seseorang yang tidak memiliki ijin atas informasi yang diaksesnya. 

Dengan adanya ancaman seperti virus, trojan horse, pemakai lain yang mengubah informasi tanpa izin.

Sistem informasi membutuhkan representasi yang akurat dari sistem fisik yang direpresentasikan.

Fungsi Firewall Dalam Perusahaan

Berkaitan dengan privasi informasi dan data perusahaan tentu membutuhkan sistem keamanan jaringan yakni firewall.

Penggunaan Firewall

Firewall merupakan sebuah metode atau mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri yang tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi kegiatan yang berhubungan dengan akses ke jaringan pribadi dari jaringan luar.

Sistem ini bisa berupa server, workstation, local area network atau LAN. Penggunaan firewall secara umum diperuntukan untuk melayani:

Mesin / Computer

Mesin komputer setiap individu yang terhubung langsung ke jaringan luar atau internet sehingga dapat melindungi informasi dan data yang ada di komputer.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer dan berbagai jenis topologi jaringan yang dipakai sehingga dapat dimiliki oleh perusahaan ataupun organisasi.

Fungsi Firewall

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa firewall merupakan sistem keamanan yang mampu memberikan perlindungan dalam sebuah sistem komputer maupun jaringan komputer. 

Sedangkan untuk managed service firewall adalah jasa penerapan firewall yang disediakan oleh perusahaan IT untuk perusahaan lain yang membutuhkannya.

Berikut adalah gambar ilustrasi tentang bagaimana firewall bekerja.

Mengatur Dan Mengontrol Lalu Lintas.

Selain membatasi akses, firewall juga mampu mengatur dan mengontrol lalu lintas data yang ada dalam sebuah sistem.

Di firewall next gen atau firewall generasi yang memiliki kemampuan mengontrol lalu lintas data.

Melakukan Autentikasi Terhadap Akses.

Fungsi utama dari firewall adalah melakukan autentikasi terhadap akses yang dilakukan orang apakah sah atau tidak.

Melindungi Sumber Daya Dalam Jaringan Privat.

Melindungi sumber daya dalam jaringan privat atau khusus merupakan kemampuan yang dibutuhkan dari firewall. 

Jaringan privat adalah sebuah jaringan yang hanya boleh diakses oleh pemilik jaringan saja baik organisasi ataupun individu dengan metode pembatasan akses.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Mencatat Semua Kejadian, Dan Melaporkan Kepada Administrator

Sistem log atau pencatatan kejadian adalah tugas dari firewall sehingga administrator dapat memantau dan melakukan tindakan yang tepat jika terjadi sesuatu.

Jenis Firewall

Firewall memiliki 4 jenis antara lain:

Personal Firewall

Personal firewall merupakan firewall yang dibuat untuk melindungi komputer yang terhubung ke jaringan sehingga akses yang tidak dikehendaki akan dibatasi oleh firewall.

Firewall jenis ini berevolusi menjadi sebuah kumpulan program yang bertujuan untuk mengamankan komputer secara keseluruhan seperti misalnya : Microsoft Windows Firewall

Network

Firewall jaringan didesain khusus untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Biasanya memiliki dua bentuk yakni perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang di instalasi di dalam sebuah server seperti : Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco PIX

IP Filtering Firewall

Adalah sebuah firewall yang bekerja pada level paket.

Proxy Server

Proxy server : cara kerja proxy server, terlihat saat user terhubung dengan proxy server dengan perangkat lunak client, yang mana proxy server akan menduplikasi komunikasi tersebut.

Keuntungan Managed Service Firewall

Kembali lagi ke managed service firewall yang semakin diminati oleh pelaku bisnis yang ingin menerapkan sistem keamanan jaringan demi kemajuan bisnisnya.

Lalu apakah managed service firewall menuntungkan bagi perusahaan atau pelaku bisnis? Berikut adalah 5 keuntungan managed service firewall:

Kemampuan Skalabilitas dan Tetap Terupdate

Skalabilitas adalah salah satu keuntungan managed service firewall bagi perusahaan Anda yang mampu meningkatkan sistem tanpa mengurangi kinerja.

Dalam mendukung pertumbuhan bisnis tentu Anda perlu melakukan penyesuaian layanan baik penambahan ataupun pengurangan layanan. Selain itu Anda dapat mempebarui sistem yang akan dilakukan oleh provider.

Kepatuhan dan Keamanan yang Terjamin

Ketika mengalokasikan seluruh data ke dalam penyimpan penyedia managed service firewall, maka penyedia layanan akan bertanggung jawab dalam meminimalisir terjadinya kerusakaan ataupun kehilangan data-data klien yang bersifat penting dan rahasia.

Usaha yang dilakukan adalah memasang firewall dengan sistem keamanan yang terbaru. Mencadangkan data dan pemulihan bencana juga termasuk hal yang menjadi pertimbangan managed service firewall.

Biaya Lebih Terjangkau

Dalam sebuah bisnis, pengeluaran adalah sebuah hal yang wajar dilakukan apalagi pengeluaran kebutuhan implementasi firewall di perusahaan.

Maka dari itu dengan menggunakan layanan managed service firewall maka perusahaan akan jauh lebih hemat karena hampir sebagian besar kebutuhan perangkat keras hingga biaya gaji karyawan, biaya perawatan yang dapat ditekan.

Meningkatkan Efisiensi dan Daya Saing

Dengan adanya analisis dan pengembangan yang tepat, maka pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan klien. Selain itu teknologi baru akan meningkatkan  efisiensi perusahaan.

Provider terkadang mengumpulkan sistem yang ada sehingga tidak perlu membangun kembali sistem dari awal dengan kata lain efisiensi sumber daya yang sudah ada.

Dengan managed service Anda tidak mengalami downtime lagi yang mana tidak akan menggangu aktivitas perusahaan.

Tetap Fokus Mencapai Tujuan Bisnis

Keterbatasan sumber daya dalam sebuah bisnis tentu menentukan keberhasilan bisnis Anda. Walaupun perusahaan memiliki staff dengan kinerja yang bagus namun tidak didukung dengan infrastruktur yang memadai maka kinerja yang dihasilkan tidak maksimal.

Maka dari itu managed service firewall dapat mengatasi permasalahan keamanan jaringan Anda yang kompleks. Maka staff Anda akan lebih fokus menjalankan pekerjaan dan pengembangan di sisi bisnis.

Kesimpulan

Kesimpulan dari ulasan managed service firewall diatas kita mengetahui bahwa perusahaan startup, menengah ke bawah akan membutuhkan keamanan jaringan yang mampu melindungi data dan informasi perusahaan.

Maka dari itu dengan adanya managed service firewall akan sangat membantu perusahaan dalam memiliki sistem keamanan jaringan yang lebih kuat dan sesuai dengan kebutuhan.

Daripada membuat infrastruktur jaringan dari awal maka akan lebih hemat menggunakan jasa managed service firewall.

Di Indonesia sendiri perusahaan yang menyediakan layanan managed service firewall ini mungkin sudah banyak. Namun salah satu perusahaan IT yang menyediakan managed service firewall terpercaya adalah NetData.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut managed service firewall dari NetData Anda bisa mengunjungi website nds.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup