Mengatasi Masalah Dengan Wifi Solution

Wifi Solution

Adapun perkembangan teknologi dibidang internet membuat banyaknya inovasi lain seperti platform game online, video streaming, smart home, hingga koneksi internet yang kencang yang terkadang menimbulkan masalah didalam jaringan, akan tetapi tenang saja karena ada yang dinamakan wifi solution.

Internet dapat dinikmati dengan hotspot atau sinyal wifi dengan jangkauan sinyal yang baik. Namun apa jadinya jika wifi atau hotspot tersebut mengalami gangguan sehingga sebagai pengguna tidak bisa menikmati internet tersebut? Tentu menyebalkan bukan.

Maka dari itu di artikel kali ini kita akan membahas tentang troubleshooting atau pemecahan masalah jaringan wifi dengan wifi solution. Ingin tau detail tentang WMS ? kalian bisa baca lebih detail disini.

Masalah Yang Dapat Diatasi Dalam Wifi Solution

Masalah sinyal wifi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor baik itu kesalahan dari konfigurasi hingga kerusakan dari perangkat wifi itu sendiri.

Nah dibawah ini adalah beberapa masalah gangguan wifi yang mengalami gangguan sekaligus cara mengatasinya dengan wifi solution.

Restart Router, Modem, Atau Wireless Router

Wifi solution yang paling sederhana dalam mengatasi wifi yang tidak bisa akses ke internet adalah dengan melakukan restart router.

Caranya cukup mudah yakni dengan mematikan router atau modem dari perangkat wifi selama 30 detik untuk menyalakan kembali. Ketika sudah menyala tunggu hingga led DSL sudah tidak berkedip lagi.

Cara lain untuk restart modem adalah dengan masuk ke konfigurasi router dengan menggunakan browser.

Caranya masukkan IP router biasanya 192.168.0.1 atau192.168.1.1 kemudian enter. Login ke menu router dengan memasukan username dan password yang tertera di bawah router.

Setelah masuk ke halaman utama pilih bagian setting atau option kemudian klik menu Reboot, tunggu hingga router secara otomatis restart hingga selesai.

Mengubah Mode Wifi

Jika Wifi dengan restart tidak memecahkan masalah gangguan wifi Anda, maka Anda bisa mengubah mode dari perangkat wifi Anda.

Caranya masuk ke konfigurasi router dengan browser 192.162.0.1 kemudian login seperti sebelumnya. Masuk ke menu wireless setting lalu mudah mode wifi menjadi 11bgn mixed lalu klik Save.

Apabila perubahan setting sudah tersimpan maka lakukan reboot atau restart modem.

Memperbarui Driver Adaptor Wifi

Wifi solution selanjutnya apabila Anda menggunakan komputer lalu browsing menggunakan internet yang sudah terhubung yang bisa disebabkan oleh driver wifi yang belum tidak update.

Driver wifi ini adalah perangkat lunak yang dapat mengenalkan perangkat modem wifi yang ada di komputer dengan sistem operasi Anda. Sehingga ketika perangkat wifi sudah dikenali oleh komputer dapat bekerja dengan optimal.

Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak dapat mengakses internet khususnya pada PC, caranya yakni dengan membuka menu pada sistem operasi Windows klik My Computer > Properties Option > adapter jaringan > klik kanan driver adaptor wifi > Update Driver Software.

Ganti DNS dengan Google Public DNS

Wifi solution selanjutnya adalah dengan menggunakan konfigurasi DNS. Domain Name Server adalah sistem atau protokol mengubah URL menjadi IP address. Dengan kata lain DNS ini bisa diartikan sebagai kamus yang menerjemahkan URL menjadi IP.

Jika kita tidak bisa mengakses internet walaupun sudah terkoneksi ke wifi maka bisa disebabkan oleh DNS yang error.

Wifi solution yang tepat adalah dengan mengubah DNS yang ada seperti DNS Google. Caranya yakni dengan membuka Control Panel > pilih jaringan dan internet > pusat jaringan dan pusat berbagi. 

Pilih nama wifi yang terhubung untuk membuka jendela informasi, pilih Properties > TCP/IPV4 lalu klik Properties. Pilih “Gunakan alamat DNS berikut” kemudian pada jendela properti IPV4 lalu ketik DNS Google seperti 8.8.8.8 atau 8.8.4.4 kemudian klik OK. 

Jika sudah maka restart modem dan periksa jaringan internetnya.

Nyalakan mode pesawat

Wifi solution yang terakhir yakni dengan menyalakan mode pesawat pada komputer maupun ponsel pintar dan mematikannya pada saat kemudian.

Dengan solution ini bisa mengembalikan akses internet yang tidak stabil atau tidak bisa bekerja sama sekali. 

Agar lebih optimal maka bisa merestart kedua perangkat baik komputer maupun ponsel pintar yang Anda miliki.

Managed Service Solusi Wifi Solution

Jika kita tadi sudah membahas tentang solution secara mandiri, saatnya kita membahas tentang wifi solution yang termasuk dalam bagian managed service.

Kita perlu mengingat kembali bahwa managed service ini merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh perusahaan IT untuk membantu perusahaan lain yang ingin mendapatkan pembaharuan atau membuat infrastruktur IT.

Contohnya saja pada wifi solution yang memang sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar yang ingin memiliki infrastruktur jaringan khususnya internet yang terbaik. Ingin

Maka layanan managed service untuk solution ini cocok untuk Anda yang memiliki perusahaan yang memang sangat membutuhkan koneksi internet dan jaringan yang lebih terstruktur.

Service Netdata Untuk Perusahaan

NetData sebagai perusahaan IT juga menyediakan layanana managed service di bidang jaringan khususnya wifi solution.

NetData memiliki protokol pengerjaan wifi yang sangat terstruktur dengan ditangani oleh staff IT yang profesional yang siap membantu perusahaan Anda dalam memberikan solusi wifi atau wifi solution.

Wifi solution dari NetData akan memudahkan Anda dalam menggunakan SSID khusus dan bandwidth tertentu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

NetData juga menyediakan VAS (Value Added Services) atau layanan tambahan sesuai dengan paket yang Anda pilih.

Keuntungan memilih NetData adalah siap memberikan konfigurasi, pengelolaan, penerapan, hingga perawatan wifi.

Untuk berbicara soal biaya jangan khawatir bahwa NetData memberikan harga paket perbulan yang bersaing dengan penyedia layanan lain, yang tentunya tidak kalah soal kualitas layanannya.

Jika Anda memilih NetData Anda dapat menyerahkan sepenuhnya tentang wifi solution, sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis. 

Demikian bahasan tentang wifi solution yang mana dapat memberikan referensi tentang bagaimana menyelesaikan masalah jika wifi. Sekaligus untuk menginformasikan kepada Anda bahwa NetData juga menyediakan managed service terutama wifi solution.

Tertarik dengan layanan solution dari NetData ? Kalian bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup