Tantangan Transformasi Teknologi pada Industri Layanan Kesehatan

Transformasi Teknologi

Berawal dari munculnya virus Covid-19 hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia, industri kesehatan menjadi salah satu sektor  Transformasi Teknologi yang vital dan menjadi tumpuan utama dalam penghentian penyebaran virus Covid-19.

Saat ini setidaknya ada 2 tantangan transformasi digital yang dihadapi oleh industri kesehatan (terutama pelayanan Kesehatan) yaitu sebagai berikut:

  1.     Keterbatasan Anggaran IT

Saat Covid, permintaan akan pelayanan kesehatan menjadi tidak biasa (dibandingkan dengan kondisi sebelumnya). Jumlah yang terus meningkat memaksa para pelaku industri kesehatan beradaptasi dengan kondisi tersebut. Sehingga perlu dilakukan penambahan fasilitas kesehatan dengan membangun infrastruktur baru. Dengan penambahan infrastruktur baru tersebut sudah tentu infrastruktur IT pun perlu dilakukan penambahan dan ini menjadi concern utama bagi manajemen agar operasional tidak terganggu.

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa ada banyak industri kesehatan (lebih tepatnya layanan kesehatan) yang berjuang untuk mencapai banyak hal dengan anggaran terbatas. Tetapi tidak peduli apa yang terjadi dengan anggaran dari tahun ke tahun, penyedia layanan kesehatan dituntut untuk tetap menawarkan layanan dengan kualitas terbaik sambil terus memenuhi persyaratan peraturan.

Belum lagi dalam proses merekrut, mempekerjakan, dan memelihara staf IT memakan banyak biaya. Ini tidak termasuk pelatihan dan pendidikan berkelanjutan yang diperlukan agar staf IT selalu mengetahui teknologi dan peraturan yang mempengaruhi perawatan kesehatan.

  1.     Ancaman Cybersecurity

Pandemi Covid-19 ini juga membuka kerentanan keamanan pada infrastruktur IT. Para penjahat siber memanfaatkan momen pandemi ini demi kepentingan mereka. Data critical seperti data pasien adalah salah satu data yang rentan bocor dan dieskpos ke public. Untuk rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan, keamanan siber harus menjadi yang terpenting mengingat data pasien dan nyawa benar-benar dipertaruhkan.

Kedua tantangan tersebut sebenarnya dapat diselesaikan sekaligus dengan Managed Service. Managed IT Service ditujukan secara khusus untuk membantu penyedia layanan kesehatan menangani banyak masalah IT. Namun dengan catatan hanya MSP (Manage Service Provider) yang memenuhi syarat lah yang dapat memberikan dampak positif pada anggaran rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan.

Dengan memanfaatkan Managed Service penganggaran untuk IT menjadi lebih mudah karena Anda akan tahu sebelumnya berapa biaya yang akan Anda keluarkan dan dapat merencanakannya dengan semestinya.

Bekerjasama dengan MSP bisa menjadi solusi dalam pengelolaan infrastruktur IT dan Transformasi Teknologi di masa seperti sekarang ini, dengan menyerahkan seluruh pengelolaan operasional IT ke MSP management dapat lebih fokus terhadap pelayanan pasien dalam rangka penghentian penyebaran virus Covid-19. MSP juga dapat menjamin keamanan data critical rumah sakit, dengan SDM yang berkualifikasi di bidang cyber security yang selalu mengikuti perkembangan tren serangan cyber di masa pandemi dapat menjadi jaminan akan keamanan data critical rumah sakit. Tertarik dengan layanan Transformasi Teknologi Dari NetData ? Kalian bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup