Solusi Misconfiguration BGP

Solusi Misconfiguration BGP

Solusi Misconfiguration BGP (Border Gateway Protocol) adalah protokol gateway eksterior standar yang dirancang untuk bertukar informasi perutean dan jangkauan antar sistem otonom di Internet. 

BGP seringkali menjadi masalah di Indonesia adalah seringnya misconfiguration BGP yang menyebabkan terganggunya jaringan internet dan sebagainya, padahal masalah yang ditimbulkan mungkin hanya sepele, missal lupa suatu hal atau konfigurasi yang salah.

Masalah yang sering terjadi adalah hanya copy paste konfigurasi dari internet, padahal mungkin ada sendiri konfigurasi yang harus ditambahkan.

Solusi Misconfiguration BGP ini bisa diatasi atau minimal diminimalisir dengan berbagai hal. Karena hanya dengan copy paste config merupakan hal yang tidak selamanya benar.

Fitur Kadabra

Dengan menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Kadabra, Anda bisa menggunakan fitur ini sebagai solusi mengatasi terjadinya misconfigurasi BGP:

  1. Kadabra mengumpulkan berbagai data dari internet di Indonesia
  2. Mengatasi jika terjadi misconfigurasi akan ada peringatan atau fitur alerting dengan recordnya dengan data-data yang lengkap
  3. Alerting bisa menggunakan email, dashboard, dan juga nomor HP pemilik resourceitem Pengolahan Data Kadabra

Sistem dari Kadabra dibuat dari 0, alias tidak menggunakan framework yang sudah jadi dan diedit. Kadabra menggunakan berbagai software open source. Jadi, software tidak monolite.

Kadabra memecah berbagai sistemnya sendiri-sendiri agar jika suatu saat ada gangguan, aplikasi yang lain tidak terganggu, itu merupakan sistem yang jadul, Kadabra menggunakan sistem yang terbaru dan lebih canggih.

Sistem Alert Kadabra

Sistem identifikasi config error dari Kadabra dapat memungkinkan menemukan error terletak pada bagian mana, tapi tidak sampai tahu config mana yang error. 

Karena pada dasarnya, collect data config error router tidak bisa, karena ini memang config router pribadi, jadi tidak mungkin collect data router dilakukan karena masalah privacy.

Solusi Kadabra Untuk Anda Menghindari Misconfiguration

Semua pengguna internet sangat bisa menggunakan Kadabra untuk mengatasi masalah misconfiguration BGP. Ini sangat menguntungkan, karena target pasar dari Kadabra bukanlah perusahaan-perusahaan besar.

Otomatis, Anda yang merupakan pengguna internet dengan salah satu ISP jika mengalami gangguan, Anda bisa menggunakan Kadabra untuk mengetahui “Dimana letak kesalahan internet rumah jika tiba-tiba mati”.

Tentunya ini sangat menguntungkan, karena Anda bisa sendirinya mengetahui dimana letak error pada jaringan internet yang Anda miliki. 

Anda jadi tidak perlu menghubungi pihak ISP untuk mengecek letak errornya dimana. Jika Anda sudah tahu letak errornya dimana, Anda mungkin bisa sendiri memperbaikinya, tidak perlu mengeluarkan biaya service.

Alasan Anda Menggunakan Kadabra

Ada berbagai alasan yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakan Kadabra, khususnya bagi Anda yang memang merupakan engineer:

  1. Bagi para engineer, jika menemukan gangguan atau misconfiguration dari Kadabra, dan ingin menanyakan masalahnya kepada engineer yang lain atau pada atasan, data dijamin transparan. Karena semua hal yang terkoneksi di internet itu transparan
  2. Kadabra merupakan public service, semuanya bisa menggunakan, semua bisa melihat, dan semua dapat melakukan berbagai hal di Kadabra
  3. Kadabra sangat ramah terhadap user baru, jadi jika Anda berminat untuk mempelajari Kadabra, bisa langsung hubungi IDNIC.

Review Para Pengguna Kadabra

Kadabra juga mendapatkan review dari pengguna yang sangat positif. Mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya Kadabra. 

Apalagi bagi para engineer, tidak semuanya bisa menggunakan CLI, dengan adanya Kadabra, semuanya bisa divisualisasikan, tidak seperti CLI yang hanya kotak hitam putih saja yang memang ribet.

Apa yang dicari dalam permasalahan internet, bisa dapat ditemukan dengan mudah dari Kadabra, dan pastinya divisualisasikan, jadi lebih mudah dalam segi pemahamannya.

Semura orang, engineer atau non engineer bisa dengan mudah belajar dan juga memecahkan solusinya di Kadabra, karena dengan divisualisasikan, lebih mudah daripada tutorial dengan console atau CLI.

Berbagai Program IDNIC

IDNIC (Indonesia Network Information Center) membantu para engineer bahkan non engineer, bisa belajar tentang teknologi dan informasi di IDNIC Academy. IDNIC akan menyiapkan berbagai materi dan juga praktek virtualnya agar pemahamannya lebih mudah.

IDNIC juga melakukan webinar untuk umum. Melatih para engineer yang ada di daerah. Semua hal yang berkaitan dengan jaringan internet, IDNIC selalu memberikan berbagai seminar-seminar yang disampaikan oleh berbagai narasumber yang sudah ahli.

IDNIC membuka kesempatan bagi para penggiat internet, bukan hanya  anggota IDNIC, tapi semua orang bisa untuk berkontribusi dalam pembelajaran internet. 

Jadi, bagi Anda yang memang tahu dan paham berkaitan dengan internet, Anda bisa berkontribusi secara materi dan menyampaikannya kepada orang lain agar bisa saling bertukar ilmu.

Ini Solusi Untuk Kamu Yang Sering Misconfiguration BGP!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup