Solusi Lisensi Microsoft Untuk Anda

Solusi Lisensi Microsoft Untuk Anda

Solusi Lisensi Microsoft Untuk Anda – Lisensi adalah sebuah hal legal pemakaian suatu perangkat lunak kepada perangkat keras yang digunakan.

Tujuan penggunaan lisensi sendiri adalah agar kita dapat menggunakan perangkat lunak tersebut secara legal, dapat mengakses fitur secara penuh, mendukung pengembang dalam mengembangkan perangkat lunak yang lebih baik, dan yang terakhir tentunya dapat menggunakan perangkat lunak secara maksimal.

Seperti halnya lisensi pada microsoft yang mana dijual kepada penggunannya agar dapat menggunakan perangkat lunak tersebut secara penuh.

Contohnya saja sistem operasi microsoft Windows 10 yang dijual bukanlah Osnya namun lisensinya. Anda bisa saja mendownload OS microsoft Windows 10 di website resmi microsoft tanpa lisensi namun konsekuensinya adalah ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses dan juga terdapat watermark atau tanda air di layar Anda.

Mungkin tidak sama pada halnya perangkat lunak lainnya yang mana harus menunjang operasional bisnis yang diciptakan microsoft. Apa saja macam lisensi yang digunakan microsoft untuk bisnis? Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Penggunaan CAL Suites

Microsoft menawarkan 2 jenis lisensi untuk Microsoft Client Access License Suites, lisensi Microsoft Core CAL Suite, dan lisensi Microsoft Enterprise CAL Suite. Dimana menyediakan hak akses kepada beberapa produk server dan layanan online.

CAL Suites kadang memberikan hak penggunaan yang setara dengan lisensi yang bukan CALs. Seperti contoh enterprise cal suite yang memberikan hak akses kepada produk manajemen dan beberapa layanan online.

Namun secara umum hak penggunaan pelanggan dengan produk dan layanan online tertentu sama seperti komponen dengan lisensi yang terpisah.

Satu-satunya pengecualian adalah pada pilihan perpengguna dan perperangkat yang tersedia di CAL Suites walaupun menggunakan kedua pilihan tersebut tidak tersedia di luar suite.

Contohnya Microsoft System Center Configuration Manager 2012 memiliki hak penggunaan per perangkat yang termasuk dalam bagian Core CAL Suites dan Enterprise CAL Suites, walaupun ditawarkan dengan lisensi sistem per operasi secara individual.

Tipe CAL Suites

Untuk tipe CAL Suites terdiri dari :

  • Windows Server CAL
  • SharePoint Server Standard CAL
  • Exchange Server Standard CAL
  • System Center Configuration Manager Client Management License
  • System Center Endpoint Protection Client Management License
  • Skype for Business Server Standard CAL

 Enterprise CAL Suite terdiri dari :

  • Semua komponen Core CAL Suite
  • Exchange Server Enterprise CAL with Services*
  • Exchange Online with Archiving for Exchange Server
  • SharePoint Server Enterprise CAL
  • Skype for Business Server Enterprise CAL
  • Windows Server Active Directory Rights Management Services CAL
  • Advanced Threat Analytics Client Management License
    *)Termasuk Data Loss Prevention and Exchange Online Protection

Jenis – Jenis Pembajakan Lisensi

Perlu juga kita ketahui terhadap pembajakan lisensi yang mana penggunaan perangkat lunak ini tidak memenuhi syarat.

Anda juga perlu mewaspadai dalam melakukan penggunaan perangkat lunak Microsoft yang termasuk dalam kategori pembajakan :

  • End User Copying, Kegiatan ini merupakan cara penggandaan atau memperbanyak perangkat lunak tanpa disertai dengan lisensi yang sah. Proses menggandakan perangkat lunak melebih batas jumlah lisensi yang dimiliki.
  • Hard Disk Loading, Kegiatan dilakukan oleh system builder yang mengetahui cara penggandaan dari satu lisensi yang sah ke beberapa perangkat sekaligus. Dalam kasus ini penjual biasanya tidak disertai dengan media dan dokumentasi pendukungan yang sah.
  • Counterfeiting, merupakan kegiatan membajak perangkat lunak dan membuat kemasan perangkat lunak yang KW alias tiruan. Dan juga menjualnya dengan harga perangkat lunak asli. Hal ini tentu tidak disertai dengan dokumentasi dan media pendukung yang sah.
  • Internet Piracy, penggunaan media internet untuk melakukan proses distribusi, penjualan, pengiklanan perangkat lunak yang sudah dibajak.
  • Mischanneling, kegiatan ini merupakan proses menjual perangkat lunak ke pasar dengan menggunakan lisensi yang ditujukan pada golongan tertentu (pemerintah, lembaga akademik, lembaga non profit) ke pihak lain yang memang tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan lisensi yang sudah ditentukan.

Jenis – Jenis Lisensi Microsoft

Microsoft menyediakan berbagai jenis lisensi yang sesuai dengan perangkat lunak baik untuk individu maupun untuk perusahaan :

Lisensi Microsoft SQL Server

SQL Server adalah produk database server yang memang dibuat oleh microsoft, ada 2 edisi yakni SQL Server 2014 yaitu SQL Server Standard.

SQL Server Business Intelligence dan SQL Server Enterprise. Berikut adalah ulasan tentang lisensi untuk microsoft SQL Server.

Lisensi Microsoft SQL Server

  • SQL Server Enterprise digunakan untuk data warehouse dan ideal untuk aplikasi untuk mission critical.
  • SQL Server Standard digunakan untuk database dasar, analitik, dan reporting.

Lisensi Microsoft Open Value

Lisensi Microsoft Open Value diperuntukan untuk solusi kepemilikan lisensi untuk perusahaan kecil dan menengah yang memiliki minimal 5 komputer dan ingin menggunakan manajemen lisensi yang sederhana, mengatur biaya pembelian lisensi, dan memiliki pengaturan yang lebih baik untuk investasi yang dimiliki.

Microsoft Open Value memperoleh keuntungan dari Software Assurance Benefit yang merupakan bagian dalam program tersebut.

Microsoft Open Value sendiri terdiri dari 3 pilihan yakni Open Value Perpetual Company Wide, Open Value Non Company Wide dan Open Value Subscription.

Open Value Perpetual – Company Wide

Lisensi Microsoft Open Value Company Wide digunakan untuk perusahaan yang ingin melakukan standarisasi untuk semua perangkat yang mereka miliki.

Standarisasi dapat mencakup 3 platform produk yakni Windows OS client (Windows 7 Professional Upgrade), Microsoft Office, dan CAL Suites.

Standarisasi pada advice dapat dilakukan dengan memilih salah satu dari 3 platform atau memiliki 3 platform yang sudah disediakan.

Agreement Open Value Perpetual adalah selama 3 tahun dan sesudah 3 tahun Anda juga dapat melanjutkan perjanjian pembelian Software Assurance saja atau Anda bisa tidak meneruskan perjanjiaan Open Value dan lisensi yang Anda beli menjadi hal milik Anda.

Metode pembayaran untuk Open Value Perpetual merupakan pembayaran secara tahunan atau dapat langsung membayar 3 tahun di depan.

Open Value Perpetual – Non Company Wide

Lisensi Microsoft Open Value Perpetual Non company wide dirancang untuk perusahaan yang menginginkan keuntungan dari program Open Value namun tidak menggunakan standarisasi ke semua perangkatnya.

Memilih versi yang rendah seperti menggunakan Office standard 2010 atau dapat memilih menggunakan program Open Value Perpetual untuk membeli lisensi pada produk server mereka.

Sama seperti Open Value Perpetual Company Wide, program Non company wide juga memiliki perjanjian 3 tahun dan pembayarannya bisa dilakukan tiap tahun selama masa perjanjian.

Jika perjanjian berakhir maka Anda bisa memilih melanjutkan dengan membeli Software Assurancenya saja atau berhenti dan akan mendapatkan versi yang terakhir dari produk Microsoft pada saat perjanjian telah berakhir.

Open Value Subscription

Lisensi Microsoft Open Value Subcription yang ditujukan untuk perusahaan yang memiliki untuk berlangganan.

Jika Anda membeli atau berlangganan program ini Anda harus melakukan standarisasi ke semua perangkat yang Anda miliki dengan memiliki standarisasi di 1, 2, dan 3 platform yang sama dengan Open Value Perpetual.

Selain ketiga platform tersebut Anda dapat membeli produk lain yang dijadikan sebagai produk tambahan.

Open value Subscription juga memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin memiliki lisensi yang ditentukan versinya oleh Microsoft yang mana dimiiki lewat OEM, FPP atau program Volume Licensing lainnya yang mana akan mendapatkan discount 50% pada pembayaran pembayaran tahun pertama lewat program Up to Date Discount.

Butuh Lisensi Microsoft?

Dari bahasan lisensi diatas pasti Anda sudah sedikit paham fungsi dan apa macam lisensinya.

Nah saatnya Anda mengetahui dimana tempat beli lisensi untuk microsoft yang terpercaya dan terlengkap di Indonesia yakni di NETDATA.

NETDATA menyediakan berbagai jenis lisensi untuk microsoft yang lengkap bagi individu maupun untuk perusahaan.

Mengapa memilih NETDATA? Karena lisensi yang disediakan NETDATA adalah lisensi microsoft original dan juga NETDATA siap memberikan bantuan pemasangan ke perangkat microsoft hingga dapat digunakan dengan optimal.

Tidak hanya itu saja NETDATA juga menyediakan managed service tentang lisensi untuk microsoft apa yang Anda butuhkan sehingga bisa mengoptimalkan kebutuhan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup