Sewa Wifi Indonesia Memiliki Layanan Terbaik

sewa wifi indonesia

Sewa Wifi Indonesia – internet merupakan sebuah teknologi yang sangat dibutuhkan oleh banyak individu maupun corporate saat ini. Tidak heran bahwa internet ini banyak kita temukan dimana-mana hingga di perkantoran sekalipun. Berbicara soal internet tahukah Anda bahwa internet ini adalah bagian besar dari jaringan lokal atau jaringan kecil yang banyak di sambungkan?. Tentu hal ini tidak banyak orang yang mengetahuinya bahwa LAN atau local area network adalah salah satu jaringan yang penting dalam sebuah perusahaan.

LAN ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer kedalam satu jaringan yang berada dalam satu atap. Perangka komputer tersebut seperti misalnya server, klien, printer, mesin fax, gateway. Tadi kita sudah bicara internet bahwa internet ini juga bisa menjadi satu dalam sebuah LAN. Tetapi LAN ini memang dibuat agar mempermudah komunikasi antar komputer dalam area lokal dengan mudah seperti misalnya ingin mentransfer file dengan komputer lain, ingin mencetak dokumen ke printer, dan bermain game dengan teman. 

Pengertian Jaringan Komputer

Sebelum membahas tentang LAN lebih jauh kita sebaiknya mengetahui apa jaringan komputer itu sendiri. Jairngan komputer adalah terhubungnya dua atau lebih komputer untuk menshare data. Jaringan komputer ini terhubung antara hardware dan softwarenya.

Untuk membuat sebuaj jaringan komputer minimal kita memiliki perangkat dua komputer.  Untuk switch dan router ini adlaah sebuah protokol dan algoritma dalam bertukar informasi dan mengantarkan ke tujuan yang diinginkan. Setiap tujuan atau endpoint dalam jaringan memiliki alamat yang unik yakni alamat IP atau alamat Media Access Control yang digunakan untuk menyatakan sumber atau tujuan transmisi. Endpoint ini bisa berupa server, computer pribadi, telepon, dan beragam type hardware jaringan.

Jiarngan komputer dapat diciptakan dengan memanfaatkan gabungan teknologi kabel dan wireless. Sewa Wifi Indonesia menyarankan Setiap perangkat jaringan berkomunikasi melalui wireless ataupun dengan kabel. Bagi jaringan yang menggunakan kabel seperti misalnya optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Kalau untuk wireless menggunakan koneksi data wireless untuk menhubungkan endpoint. Endpoint  ini terhitung radio siaran, radio seluler, microwave, dan satelit. Lalu jaringan ini bisa diubah menjadi private ataupun publik. 

Jaringan private sendiri merupakan jaringan yang terhubung ke jaringan dengan menggunakan user dan password. Jaringan publik bisa dikoneksikan tanpa kredensial apapun. Saat ini ada juga perusahaan yang menyediakan jasa sewa wifi Jakarta yang diperuntukan bagi Anda yang tidak ingin repot memasang jaringan lokal wifi di perusahaan atau rumah Anda. Baik kita akan membahas tahapan tahapan dalam membuat sebuah jaringan LAN yang mudah berikut ini.

Cara Membuat Jaringan LAN: Lengkapi Peralatannya

Sebelum membahas lebih jauh tentang Rental Wifi Indonesia kita harus menyiapkan perangkat sekaligus peralatan untuk membuat sebuah jaringan LAN, berikut peralatan-peralatannya:

  • Network switch atau router
  • Kabel ethernet 
  • Komputer
  • Semua perangkat yang dapat disambungkan

Cara Membuat Jaringan LAN: Sambungkan Komputer Pertama

Sebelumnya kita sudah membahas tentang switch dan router yang harus disiapkan, jika sudah siap maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur konfigurasinya. Pertama Anda harus menghubungkan komputer dengan kabel ethernet terlebih dahulu.

Pada pc Windows: Apabila Anda menyambungkan network switch atau router baru, maka dapat keluar wizard ‘Set up a network’ untuk mendukung Anda laksanakan pengaturan dengan lebih mudah. Bila tidak muncul, atau Anda dulu manfaatkan router selanjutnya sebelumnya, Anda bisa membuka menu Network plus Sharing Centre melalui Control Panel, lantas menentukan opsi ‘Set up a new connection or network’. Selanjutnya Anda cuma kudu menjalani sistem yang disediakan.

Pada pc Mac: Masuk ke System Preferences, lantas Network, Built-In Ethernet, Advanced. Di sini Anda dapat mendapatkan semua pengaturan yang dibutuhkan untuk sesuaikan jaringan baru.

Cara Membuat Jaringan LAN: Lakukan Pengaturan WiFi

Jika Anda ingin menggunakan jaringan wireless seperti misalnya perangkat smartphone, tablet, dan sebagainya. Maka Anda harus melakukan konfigurasi wifi pada router Anda. Biasanya pada router Anda terdapat pandual manual masing-masing untuk mengaktifkan fitur wifi ini. 

Pada setiap router atau switch bisa Anda berikan nama jaringan sendiri SSID, password, dan juga info login default. Alangkah baiknya Anda harus mengganti info login default ini dengan yang baru. Login ke router dengna info login yang sudah Anda set melalui browser atau pengaturan jaringan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Membuat Jaringan LAN: Saatnya Menghubungkan Perangkat

Kemudian jika sudah dilakukan maka Anda bisa menyambungkan semua perangkat Anda ke jaringan LAN atau menggunakan wifi. Perangkat ini bisa berupa komputer, smartphone, printer, dan perangkat lain yang bisa terhubung ke internet.

Dalam menghubungkan wifi Anda bisa menggunakan opsi wifi terlebih dahulu pada perangkat Anda baik itu laptop ke jaringan SSID yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Kemudian masukan password sesuai dengan yang Anda setting sebelumnya.

Jika pada jaringna yang menggunakan kabel ethernet prosesnya tentu akan lebih mudah karena tinggal colok kabel ethernet ke router atau switch lalu ke komputer Anda. Selain komputer juga biasanya perangkat lain seperti printer, scanner, speaker dan lainnya bisa langsung terhubung ke switch atau router. Jika Anda memiliki jaringan yang besar dan kompleks sebaiknya Anda menggunakan jasa Sewa Wifi Indonesia di NetData saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup