Sewa Router Jakarta Vs Access Point

Sewa Router Jakarta

Sewa Router Jakarta – Wireless Router dan access point merupakan kedua benda yang sama-sama digunakan sebagai perangkat jaringan. Namun begitu kedua benda ini memang memiliki perbedaan yang bisa Anda lihat di beberapa aspek. Selain itu juga dari masanya access point lebih dulu diciptakan terlebih dahulu ketimbang wireless router.

Bedanya antara wireless router dan wireless access point terletak di fungsi NAT firewallnya yang merupakan fitur security. Umumnya wireless access point tidka memiliki fitur NAT atau keamanan namun sebaliknya wireless router tidak memiliki fitur NAT firewall dan security lainnya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang perbedaan Access Point dan Wireless Router berikut beberapa pengertian antara perangkat jaringan tersebut.

Access Point adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi dalam menghubungkan setiap komputer klien secara wireless dan juga perangkat jaringan yang terhubung ke sebuah jaringan yang sama. Sehingga bisa di ibaratkan sebagai wireless akses poin juga dapat di hubungkan ke switch atau hub yang bertindak sebagai pusat yang berpusat berasal dari pemancar dan penerima pada sinyal radio. Access point merupakan sebuh node yang sudah dikonfigurasikan dengan tertentu pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network).

Wireless router merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk meneruskan paket data yang berasal dari jaringan ke jaringan lainnya seperti misalnya LAN ke LAN atau LAN ke WAN sehingga host-host yang tersedia akan dapat berkomunikasi dengan host lainnya.

Itulah pengertian antara access point dengan wireless router yang merupakan perbedaan pertama yang harus kita ketahui. Selain pengertian ada beberapa faktor yang bisa membedakan kedua perangkat ini. Berikut ini kita akan membahas informasi lain tentang ke dua perangkat ini.

Wireless Router

  • Wireless Router bisa menghubungkan lebih dari satu jaringan wireless yang berlainan atau beda subnet
  • Wireless Router bisa menjadi DHCP server, dimana umumnya perlu server untuk layanan DHCP ini
  • Wireless Router bisa membelokkan paket knowledge yang bertujuan ke server spesifik (Port Redirect).
  • Wireless Router bisa memetakan port layanan yang tersedia di pc/server ke port yang berlainan (Port Forwarding).
  • Wireless Router bisa digunakan untuk Internet Sharing atau akses internet ke lebih dari satu komputer.
  • Wireless Router bisa lakukan NAT, yang mana IP Public internet berasal dari ISP beda bersama IP lokal komputer. NAT bisa dianggap seperti firewall, karena jaringan lain di internet tidak bisa secara segera membuka computer anda, namun perlu lewat Router dahulu.
  • Wireless Router bisa menukar sebuah server jaringan yang sediakan akses internet berbagi atau bandwidth manager
  • Wireless Router bisa lakukan Traffic Shaping / Bandwidth Management.

 Access Point

  • Access Point berfungsi sebagai pintu gerbang bagi pengguna jaringan wireless untuk masuk ke di dalam jaringan.
  • Access Point tidak sanggup menjadi server DHCP
  • Access Point tidak miliki fasilitas Port Forwarding
  • Access Point tidak miliki fasilitas Port Redirecting
  • Access Point tidak sanggup menukar sebuah server jaringan / Internet sharing
  • Access Point tidak miliki fitur NAT, yang berarti tidak sanggup menghubungkan 2 jaringan yang berbeda.
  • Access Point semakin lambat respon di dalam jaringan terkecuali banyak user yang masuk / menggunakan jaringan
  • Access Point tidak memliki fitur bandwidth Management / Traffic Shaping

Itulah beberapa perbedaan antara wireless router dengan access point di atas yang merupakan perbedaan di sisi fitur. Untuk wireless access point memiliki kemampuan yang cukup terbatas yakni sebagai penghubung dari beberapa komputer klien. Sedangkan wireless router juga bisa difungsikan sebagai access point. Itulah inti utama perbedaaan antara router dan access point.

Setelah mengetahui perbedaan antara router dan access point tinggal kita tentukan apa yang Anda butuhkan baik itu router ataupun AP. Dalam kebutuhan akan jaringan khususnya internet ini tentu penggunaan perangkat jaringan seperti router atau access point ini akan dibutuhkan. Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan jasa sewa router Indonesia yang dapat memberikan solusi untuk kebutuhan perusahaan tersebut.

Melihat harga dari perangkat router sendiri cukup mahal sehingga perusahaan yang tidak memiliki staff ahli IT akan lebih memilih untuk menyewanya saja daripada membelinya.

Fungsi Rental Router Indonesia

Pengertian dari rental router Indonesia lebih jauh kita harus mengetahui apa saja fungsinya, dibawah ini beberapa fungsi router yang lengkap.

  • Menghubungkan Jaringan

Fungsi router yang paling mutlak adalah sebagai penghubunbg jaringan, seperti yang udah kami bahas sebelumnya bahwa router ini memiliki manfaat di dalam mengkaitkan dari satu jaringan ke jaringan lainnya agar dapat dipakai untuk mengirimkan knowledge ke sesama perangkat lainnya.

Koneksi dari satu jaringan ke jaringan lainnya ini dengan cara mendistribusikan IP address ke semua komputer di di dalam jaringan tersebut yang secara otomatis di atur di dalam DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol.

  • Mentransmisikan Informasi

Fungsi router seterusnya yakni dapat mendistribusikan informasi. Pendistribusian knowledge yang akan menjadi Info ke perangkat komputer di dalam jaringan adalah manfaat ke dua dari router ini. Secara tidak langsung router ini menjadi jembatan atau bridge antar jaringan ke jaringan lainnya.

  • Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi router yang ketiga yakni dapat menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL atau digital subcriber line. Teknologi router sekarang sebetulnya udah jauh lebih canggih agar pengguna tidak cuma pakai sambungan kabel LAN saja tapi termasuk dapat dengan sambungan nirkabel atau teknologi wireless.

 Rental Router Jakarta Di NetData

Jika kita sudah mengetahui fungsi yang paling penting dari router itu sendiri, tentu kita mengetahui bahwa router sangat penting untuk kebutuhan jaringan di sebuah perusahaan. Router bisa menjadi sebuah perangkat yang sangat krusial untuk perusahaan Anda. Jika Anda ingin rental router Jakarta yang terpercaya alangkah baiknya Anda menghubungi NetData atau mengunjungi website resminya di NDS.id. untuk mendapatkan solusi yang terbaik bagi pertumbuhan bisnis Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup