Tips Setting Router : Langkah Menggunakan Router di Rumah

Setting Router

Apakah Anda memasang wifi atau setting router di rumah? Atau mungkin ingin menggunakan internet di rumah dengan menggunakan wifi tentunya Anda menggunakan perangkat yang dinamakan router. Router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau subjaringan packet-switched.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Router dapat melayani dua fungsi utama: mengelola lalu lintas antara jaringan ini dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dimaksudkan, dan memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi Internet yang sama.

Jadi, apakah Anda membutuhkan router ini di rumah Anda? Mari kita bahas bagaimana langkah yang benar untuk menggunakan router di rumah!

Cara Setting Router dirumah

Pikirkan router sebagai pengontrol lalu lintas udara dan paket data sebagai pesawat yang menuju ke bandara (atau jaringan) yang berbeda. Sama seperti setiap pesawat memiliki tujuan yang unik dan mengikuti rute yang unik, setiap paket perlu dipandu ke tujuannya seefisien mungkin. 

Dengan cara yang sama seperti pengontrol lalu lintas udara memastikan bahwa pesawat mencapai tujuan mereka tanpa tersesat atau mengalami gangguan besar di sepanjang jalan, router membantu mengarahkan paket data ke alamat IP tujuan mereka. 

Untuk bisa melakuakn hal tersebut, router harus di setting agar melakukan pekerjaannya dengan baik. Bagaimana cara settingnya? Cara nya cukup mudah. Mari kita bahas dibawah ini:

Hubungkan Modem dengan Router

Cara yang pertama adalah menghubungkan modem dengan router. Jangan mencolokkan router Anda ke stopkontak dulu. Sebagai gantinya, hal pertama yang akan Anda lakukan adalah menghubungkan modem Anda ke port WAN dengan kabel Ethernet.

  • Langkah 1: Tidak yakin apa itu port WAN? Sebagian besar router konsumen memiliki sekelompok port Ethernet, beberapa di antaranya disebut port LAN (jaringan area lokal) dan yang lain disebut port WAN (jaringan area luas).

Port WAN terlihat sama dengan port LAN, tetapi sering kali warnanya berbeda dan diberi jarak yang terpisah. Pada foto di atas, misalnya, port WAN berwarna kuning dan berlabel Internet. Terkadang akan diberi label WAN. Port ini dimaksudkan untuk menghubungkan router Anda ke modem dan dunia luar dari sana. Port LAN dirancang untuk menghubungkan ke perangkat lokal.

  • Langkah 2: Colokkan satu kabel Ethernet ke modem Anda dan ujung lainnya ke port WAN router Anda. Kemudian, colokkan adaptor daya router Anda ke dinding.

Sambungkan Komputer dengan Router

Selanjutnya, berikan router Anda waktu sebentar untuk memulai dan membuat jaringan. Setelah itu Anda bisa menyambungkannya ke komputer. 

Hubungkan komputer secara manual ke router menggunakan kabel Ethernet. Setelah Anda terhubung, buka halaman konfigurasi router Anda.

Membuka Site Admin Router lalu Lakukan Log In

Untuk melakukan setting router pada sebuah website. Halaman ini adalah situs web yang dihosting di router Anda, dan ini adalah cara tradisional untuk mengonfigurasi pengaturan router Anda. Cara menemukannya dapat bervariasi, tetapi hampir selalu berbagai router memiliki IP yaitu 192.168.1.1 dan Anda bisa mengetiknya pada bilah alamat browser pilihan Anda, lalu tekan Enter. 

Jika Anda menemukan halaman, lanjutkan dan lompat ke langkah berikutnya. Namun, jika alamat itu tidak berfungsi, router Anda mungkin menggunakan alamat lain sepenuhnya. Alamat ini dapat bervariasi tergantung pada router Anda, jadi lihat dokumentasi resmi router Anda jika alamat 192.168.1.1 tidak berfungsi.

Masukkan Informasi Mengenai Koneksi Internet

Aplikasi router Anda akan secara otomatis memandu Anda melalui prosedur penyiapan, jadi jawablah pertanyaannya dan isi formulir yang diperlukan. Untuk sebagian besar router baru, Anda akan diminta untuk membuat nama aplikasi (sekali lagi, ini disebut SSID) dan kata sandi

  • Langkah 1: Enkripsi WPA2 saat ini merupakan standar keamanan, dan Anda harus selalu memilihnya jika diberi opsi untuk protokol keamanan Anda. Pastikan Anda juga memilih kata sandi yang panjang, yang berbeda dari kata sandi admin yang Anda tetapkan sebelumnya. 
  • Langkah 2: Namun, router bekas mungkin sudah memiliki kata sandi dan perlu diatur ulang. Sebagian besar router memiliki tombol reset tersembunyi di bagian belakang. Menahan tombol Reset dengan penjepit kertas setidaknya selama 30 detik akan berhasil. Biarkan daya menyala, dan tunggu hingga router beristirahat. 

Itu harus menggunakan pengaturan default ketika restart, yang berarti nama pengguna dan kata sandi default sekarang akan memberi Anda akses ke pengaturan.

Setting Router

Aplikasi router juga harus memungkinkan Anda untuk mengatur pengaturan lain seperti kontrol orang tua, pembaruan otomatis, dan banyak lagi. Anda dapat mengubah pengaturan ini dan lebih banyak lagi nanti dari aplikasi, tetapi perhatikan panduan dan semua yang diajarkannya kepada Anda. 

Anda harus mempelajari tentang akses tamu, aktivitas pemantauan, dan banyak lagi. Setelah selesai, aplikasi akan mengonfigurasi pengaturan jaringan dan menyelesaikan pengaturan jaringan Anda. Anda bisa mempelajari lebih lanjnut konfigurasi yang Anda inginkan untuk router rumah yang akan Anda gunakan.

Cara Menggunakan Router

Setelah tahu bagaimana cara setting router di rumah, bagaimana sebenarnya cara menggunakan router yang baik dan benar agar sesuai dengan fungsinya?

Lakukan Pemasangan Kabel

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemasangan kabel. Hubungkan router Anda ke modem Anda. Router dan router nirkabel memungkinkan Anda untuk berbagi koneksi internet broadband Anda dengan beberapa perangkat. Untuk melakukannya, Anda perlu menghubungkan modem broadband Anda ke router. Untuk hasil terbaik, letakkan router Anda di dekat modem Anda.

Anda bisa menghubungkannya dengan menggunakan kabel ethernet.

Pemasangan kabel dilakukan juga dari router ke komputer. Pemasangan point sat uke point dua harus sesuai dengan arahan.

Lakukan Instalasi Router

Setelah terkoneksi, lakukan instalasi router. Anda dapat melakukan instalasi router dengan menggunakan IP address atau CD yang biasanya disediaikan oleh router itu sendiri yang tersedia pada paket pembelian.

Nyalakan Router

Jika ingin menggunakan router, tentunya adalah dengan cara menghidupkan router itu sendiri. Saat menyelakan router pastikan setiap lampu berwarna hijau yang menandakan router berjalan dengan baik.

Jika mengalami kendala pada router, segera untuk hubungi provider dari router tersebut.

Sambungkan Jaringan ke Perangkat

Setelah setting router selesai, saatnya menyambungkan jaringan ke perangkat. Pastikan Anda memasang username dan juga password yang jelas dan password yang sesuai saat proses instalasi.

Setelah itu, Anda bisa konekkan pada device Anda ketika koneksi pada router sudah muncul.

Reboot Router Jika Koneksi Mengalami Gangguan

Langkah yang paling jelas dan paling bisa menjadi andalan adalah reboot router jika Anda mengalami gangguan. Tinggal tekan tombol restart atau power maka otomatis router akan reboot. Tinggal tunggu saja router muncul koneksinya di device Anda.

Jika Anda tertarik dengan penawaran produk ataupun jasa dari kami silahkan Anda menghubungi kami melalui link ini atau bisa juga melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup