Contoh Perusahaan yang Menggunakan Cloud Computing

Cloud Computing

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi cloud computing untuk menunjang berbagai pekerjaan yang dilakukannya. Cloud computing memang sekarang ini sedang menuju trend untuk berbagai perusahaan, karena mungkin Anda sudah tahu bagaimana keadaan sekarang ini yang sedang melakukan WFH (Work From Home).

Lalu, apa yang dimaksud dengan cloud computing? Cloud computing adalah adalah penyampaian berbagai layanan melalui internet. Sumber daya ini mencakup alat dan aplikasi seperti penyimpanan data, server, basis data, jaringan, dan perangkat lunak.

Cek Produk Router dari NetData disini :

Apa saja perusahaan yang menggunakan teknologi cloud computing? Ada banyak sebenarnya yang menggunakannya namun disini ada 2 perusahaan lokal dan perusahaan besar yang mungkin sudah Anda ketahui. Diantaranya adalah:

Provider XL (XCloud)

Seperti yang sudah Anda ketahui, XL adalah salah satu provider yang menyediakan jasa telekomunikasi seluler di Indonesia.

XL memberikan layanan jasa fasilitas yang berbasis teknologi jaringan GSM. Komitmen XL untuk terus beri tambahan mutu fasilitas yang handal dan pas guna akan keperluan pelanggan dikerjakan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Salah satu solusi fasilitas yang sudah dikembangkan XL di dalam mempermudah anda dalam aktivitas dan usaha spesial atau korporat adalah bersama mengfungsikan teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan.

Dalam dunia cloud computing, XL menyediakan tiga jenis cloud computing kepada customer. Diantaranya Adalah Platform as a Service (PaaS), Infrastruktur as a Service (IaaS), dan Software as a Service (SaaS).

  • PaaS

Vendor PaaS menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak melalui internet, dan orang menggunakan alat ini untuk mengembangkan aplikasi. Pengguna PaaS cenderung adalah pengembang atau developer.

  • IaaS

Layanan cloud computing IaaS menawarkan layanan seperti penyimpanan pay-as-you-go, jaringan, dan virtualisasi.

IaaS memberi pengguna alternatif berbasis cloud untuk infrastruktur di lokasi, sehingga bisnis dapat menghindari investasi dalam sumber daya di tempat yang mahal.

  • SaaS

Platform SaaS membuat perangkat lunak tersedia untuk pengguna melalui internet, biasanya dengan biaya berlangganan bulanan. Layanan ini memang digunakan oleh user, seperti Anda yang merupakan costumer dari XL.

Bagi perusahaan yang menyediakan layanan berupa jasa, XL juga memiliki sasaran dan juga pangsa pasar.

Perusahaan ini mendukung XL untuk memperluas pemasaran Digital dan Mobile Advertising sampai kawasan Asia Tenggara. Selain menambahkan kemudahan bagi pengiklan, kerjasama ini terhitung memudahkan XL di dalam laksanakan cross channel Digital advertising sehingga XL bisa menggerakkan campaign serving tidak hanya di Indonesia, melainkan terhitung Asia Tenggara lewat jaringan besar Axiata Group.

Google Drive

Sebagai salah satu perusahaan yang sangat besar, Google memiliki layanan cloud computing yang sangat terkenal dan juga sangat banyak usernya. Layanan apalagi kalau bukan Google Drive yang merupakan layanan cloud paling terkenal dan juga berbagai fiturnya yang sangat menguntungkan serta sangat mudah digunakan.

Google Drive adalah layanan penyimpanan awan yang sangat populer yang memungkinkan Anda menyimpan berbagai file ke awan dan kemudian mengaksesnya dari ponsel cerdas, tablet, atau komputer Anda. Itu sudah terpasang sebelumnya di sebagian besar ponsel Android baru, dan Anda sudah memiliki akun jika pernah menggunakan Gmail.

Jenis dari layanan cloud computing yang digunakan oleh Google Drive adalah Software as a Service.

Sasaran berasal dari sarana Google Drive adalah calon user yang butuh suatu sarana penyimpanan information yang terlampau besar agar dapat mengamankan information yang penting jika suatu waktu dapat diperlukan. Dampak berasal dari kualitas sarana yang diberikan oleh google drive adalah:

  • Semua data di server tersimpan secara terpusat

Keunggulan dari teknologi cloud Google Drive adalah pengguna sangat memungkinkan untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing tersebut.

Selain itu, pengguna terhitung tak perlu repot-repot kembali sediakan infrastruktur seperti data center, tempat penyimpanan/storage dan lain-lain dikarenakan semua sudah tersedia secara virtual.

  • Keamanan data

Keamanan data pengguna sanggup disimpan bersama safe lewat server yang disediakan oleh penyedia fasilitas Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan lain-lain.

  • Fleksibilitas dan Skalabilitas yang tinggi

Teknologi cloud dari Google Drive memiliki fleksibilitas bersama kemudahan information akses, kapan dan dimanapun kita berada bersama catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah tingkatkan atau kurangi kapasitas penyimpanan informasi tanpa perlu belanja peralatan tambahan seperti hardisk. 

Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa belanja memori fisik untuk menyimpan informasi seperti hardisk merupakan perihal yang percuma kecuali kita dapat menyimpannya secara virtual/melalui internet.

  • Investasi jangka panjang

Penghematan biaya dapat dalam inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dan lain-lain dapat menyusut gara-gara pengguna dapat dikenakan cost kompensasi teratur per bulan cocok bersama dengan paket sarana yang sudah disepakati bersama dengan penyedia sarana Cloud Computing. 

Biaya royalti atas lisensi software juga sanggup dikurangi gara-gara seluruh udah dikerjakan lewat komputasi berbasis Cloud.

Tertarik dengan Layanan Cloud Computing dari NetData? Anda bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup